Air Terjun Kedung Pedut, Surga Tersembunyi di Bukit Menoreh yang Wajib Masuk dalam Weekend List!

Air Terjun Kedung Pedut
Photo by @ophadelines

Nyero.ID – Terkenal dengan wisata Kalibirunya yang eksotis, Kabupaten Kulon Progo rupanya juga menyimpan potensi wisata lainnya yang tidak kalah menarik.  Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut yang berada di wilayah Perbukitan Menoreh.

Tempat wisata alam ini resmi dibuka pada tahun 2015 dan langsung menarik perhatian para wisatawan.  Lokasi Air Terjun Kedung Pedut yang cukup tersembunyi menawarkan sensasi liburan yang seru dengan sedikit sentuhan petualangan di dalamnya.

Di lokasi wisata ini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang begitu menyejukkan.   Suara gemericik air, kicauan burung, dan hawa sejuk pegunungan memberikan setitik kedamaian yang akan membuat siapapun merasa rileks.

Keindahan alam di Air Terjun Kedung Pedut juga tidak perlu dipertanyakan lagi.  Aliran air yang jernih dengan nuansa biru tosca pada kolamnya terlihat begitu menawan ketika berpadu dengan tebing bebatuan dan pepohonan yang asri di sekitarnya.

Meskipun lokasi wisata di Kulon Progo ini cukup tersembunyi, namun untuk fasilitas tidak kalah dengan destinasi wisata populer lainnya.  Di lokasi wisata ini sudah tersedia fasilitas seperti kamar mandi, warung makan, gardu pandang hingga jembatan bambu yang cukup difavoritkan untuk keperluan foto-foto.

Bagi sobat Nyero yang berencana liburan seru di Air Terjun Kedung Pedut berikut ini adalah informasi lengkap seputar harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik dan tempat wisata terdekat, serta lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 3.000 saja.  Untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 sementara untuk mobil sebesar Rp 5.000.

Jam Buka

Air Terjun Kedung Pedut buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.  Waktu buka yang lumayan panjang memberikan keleluasaan tersendiri bagi pengunjung yang datang sehingga bisa sekalian mengeksplore destinasi wisata lainnya yang terdekat.

Fasilitas

Lokasi yang cukup tersembunyi rupanya tidak menghalangi pengelola untuk menyediakan ragam fasilitas yang cukup lengkap demi kenyamanan pengunjung.  Ya, di kawasan wisata ini sudah tersedia fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, warung makan, mushola, tempat duduk, jembatan, gardu pandang, pancuran, dll.

Daya Tarik

Air Terjun Kedung Pedut sebenarnya masih satu aliran dengan Air Terjun Kembang Soka, dimana keduanya memiliki mata air yang sama yaitu Mata Air Mudal.

Di kawasan air terjun ini terdapat beberapa kedung lainnya dengan pemandangan yang tdak kalah eksotis.  Yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak dan Kedung Merang.

Lokasi air terjun yang cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian kota rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melepas penat.  Meskipun perjalanan menuju ke lokasi wisata cukup jauh, namun hal itu tidak menghalangi wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan Air Terjun Kedung Pedut secara langsung.

Di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi wisata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mempesona.  Lokasinya yang berada di wilayah Perbukitan Menoreh menjadi daya tarik tersendiri karena menyajikan keindahan alam khas perbukitan yang asri dan sejuk.

Tiba di lokasi air terjun wisatawan akan dimanjakan dengan pesona alam yang luar biasa indahnya.  Aliran air yang jernih dengan suara gemericiknya yang bikin rileks terlihat semakin menawan dengan kolam di bawahnya yang bernuansa biru tosca.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di lokasi wisata ini seperti berenang dan bermain air serta mengeksplore spot-spot kece untuk berfoto.  Aktivitas lainnya yang tidak kalah menyenangkan untuk dilakukan adalah flying fox, cliff jump dan menikmati suasana dengan bersantai di atas hammock.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut yang berada di Perbukitan Menoreh rupanya juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik.  Beberapa diantaranya adalah Air Terjun Kembang Soka, Taman Sungai Mudal, Goa Kiskendo, Wisata Alam Kalibiru, Ayunan Langit, Watu Pule dan Waduk Sermo.

Jarak Air Terjun Kedung Pedut dari Air Terjun Kembang Soka cukup dekat, hanya sekitar 1 km saja.  Tepatnya di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 menit.  Seperti halnya Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka juga menyajikan keindahan alam yang begitu eksotis dengan aliran air yang cukup deras.

Sementara jarak Air terjun Kedung Pedut dari Taman Sungai Mudal hanya sekitar 5,2 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 12 menit.  Di Taman Sungai Mudal pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa alam yang begitu kental dan memanjakan mata.

Selain menikmati keindahan alam, di Taman Sungai Mudal pengunjung juga bisa melakukan aktiviats seru seperti berenang, flying fox, river tubing, camping, hunting spot foto, dll.  Bagi yang ingin total menikmati suasana alam bisa memanfaatkan gazebo yang tersedia untuk bersantai dan melepas penat.

Destinasi wisata lainnya yang bisa sekalian disambangi adalah Goa Kiskendo yang berjarak sekitar 4,7 km dari Air Terjun Kedung Pedut.  Tempat wisata alam ini menyajikan nuansa alam yang begitu eksotis dengan beberapa titik petilasan yang sarat akan mitos dan cerita sejarah di masa lampau.

Masih di wilayah Kecamatan Girimulyo, tepatnya di Desa Purwosari wisatawan juga menjelajahi Ayunan Langit sebagai salah satu spot wisata kekinian di Kulon Progo.  Jaraknya hanya sekitar 6,2 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 18 menit.

Sesuai dengan namanya, di tempat wisata ini pengunjung bisa merasakan sensasi main ayunan di atas ketinggian dengan suasana alam yang eksotis di sekitarnya.

Meskipun terbilang cukup ekstrem, namun sensasi berayun di ketinggian rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga penasaran untuk mencoba dan mengabadikannya dalam bidikan kamera.

Selain Ayunan Langit yang cukup menantang, di Perbukitan Menoreh ini pengunjung juga bisa sekalian mengeksplore keindahan Bukit Wisata Pulepayung yang berada di Desa Hargotirto, Kokap, Kulon Progo.  Jaraknya sekitar 5,3 km dari Kedung Pedut dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Di lokasi wisata ini tersedia beberapa spot foto kece dengan pemandangan alam khas perbukitan yang indah di sekitarnya.

Selain spot kursi langit, di tempat ini juga terdapat jembatan, spot lolipop, Sky Bike dan Sky Swing atau ayunan langit yang cukup menantang.  Di lokasi ini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas flying fox sehingga momen liburan semakin seru dan menyenangkan.

Jika masih mau melengkapi liburan seru di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, wisatawan bisa sekalian menuju ke Wisata Kalibiru yang berada di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo.  Jaraknya sekitar 6,3 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Lokasi

Lokasi Air terjun Kedung Pedut berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.  Jaraknya sekitar 35 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam saja.

Rute yang bisa dipilih dari pusat Kota Jogja dimulai dari Jalan Panembahan Senopati menuju ke arah barat hingga ke Jalan KH. Ahmad Dahlan kemudian Jalan RE. Martadinata.

Selanjutnya menuju ke arah Jalan Siliwangi-Jalan Godean, Jalan Raya Pasar Kenteng dan ikuti papan petujuk jalan hingga mencapai lokasi wisata Air Terjun Kedung Pedut.