Bukit Bintang Jogja, Destinasi Wisata Hits buat Ngadem, Kulineran, dan Fotografi

Bukit Bintang Jogja
Photo by @objek_wisata_jogja

Nyero.ID – Bukit Bintang Jogja merupakan salah satu spot wisata kekinian yang sangat cocok untuk menikmati keindahan malam di Kota Jogja dari atas ketinggian.  Lokasinya yang berada di atas ketinggian 150 mdpl memungkinkan pengunjung untuk menatap landscape Kota Jogja lengkap dengan view Gunung Merapi-nya yang begitu epic.

Bukit Bintang sendiri dikenal dengan nama Bukit Hargo Dumilah dan merupakan salah satu pesanggrahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX di tahun 1972.  Sementara bangunan yang ada di kawasan ini awalnya difungsikan sebagai tempat untuk sekedar beristirahat bagi orang-orang yang sedang melintas.

Bukit yang awalnya hanya merupakan titik rest area ini semakin berkembang dengan banyaknya warga yang membuka warung, cafe, dan restoran di kawasan ini.  Bukit yang semula sepi akhirnya semakin ramai dan populer di kalangan wisatawan khususnya anak muda.  Terlebih dengan banyaknya postingan mengenai Bukit Bintang yang membuat tempat ini semakin hits dan bikin penasaran.

Meskipun spot wisata ini banyak direkomendasikan sebagai tempat untuk menikmati nuansa romantis di malam hari namun pesona Bukit Bintang tetaplah menawan di siang hari.  Seperti wisata bukit lainnya, Bukit Bintang juga memiliki pemandangan alam yang memanjakan mata dengan lingkungan asri di sekitarnya.

Dari atas ketinggian Bukit Bintang Jogja pengunjung bisa menikmati keindahan Kota Jogja dengan berbagai kesibukannya.  Udara yang sejuk dan pepohonan hijau di sekitarnya sangat cocok untuk aktivitas ngadem atau sekedar menyingkir dari keramaian.

Bagi yang sedang merencanakan liburan asik ke Bukit Bintang Jogja, berikut ini adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Bukit Bintang Jogja untuk saat ini masih gratis, dimana pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.  Meskipun gratis namun pemandangan di atas bukit ini dijamin bikin adem dan betah.

Jam Buka

Bukit Bintang Jogja buka selama 24 jam sehingga memberikan banyak kesempatan kepada wisatawan untuk berkunjung sesuai keinginan.  Dengan waktu yang cukup panjang tersebut, wisatawan juga bisa melipir ke beberapa destinasi wisata lainnya yang terdekat dengan Bukit Bintang.

Fasilitas

Fasilitas Bukit Bintang Jogja sudah cukup memadai karena tempat wisata ini dikelola dengan baik.  Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain adalah area parkir yang cukup luas, mushola, warung makan, cafe, restoran, toilet, penginapan, spot foto, dll yang akan membuat momen liburan di tempat ini semakin nyaman.

Daya Tarik

Bukit Bintang Jogja menawarkan wisata malam murah meriah dengan nuansa syahdu nan romantis di dalamnya.  Dari atas ketinggian Bukit Bintang, pengunjung bisa menikmati keindahan Kota Jogja dengan kerlap kerlip lampu dan bintang-bintang yang begitu epic.

Dikenal sebagai salah satu tempat nongkrong yang cukup hits di Jogja, Bukit Bintang membuat siapapun takjub dengan keindahan malam di Kota Jogja.  Tempat ini sangat rekomended untuk acara nongkrong atau kumpul-kumpul, ngadem, dan kegiatan fotografi.

Bukan hanya sekedar nongkrong bersama keluarga atau sahabat, di bukit ini pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner dengan berbagai menu yang menggugah selera.  Mulai dari jagung bakar, roti bakar, seafood, wedang jahe, dll.

Meskipun sangat direkomendasikan untuk datang di malam hari, namun pemandangan di pagi dan siang hari pun tidak kalah menawan.  Dimana pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dengan landscape Kota Jogja lengkap dengan view Gunung Merapi-nya yang berdiri kokoh.

Selain nongkrong dan kulineran, pengunjung juga bisa mengeksplore beberapa spot foto kece nan instagrammable yang wajib diabadikan dalam bidikan kamera.  Beberapa spot unik dengan latar lansdscape Kota Jogja bisa menjadi tempat yang sangat menarik untuk berfoto.

Bukan hanya menyajikan keindahan alam dan suasana malam di Kota Jogja saja, Bukit Bintang juga sangat nyaman untuk bersantai menghabiskan malam.  Tempat wisata ini dikelola dengan baik dan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas sehingga bikin betah siapapun yang datang.  Mulai dari area parkir, mushola, warung makan, cafe, spot foto, toilet, hingga penginapan.

Lokasi bukit yang berada di tepi jalan perbukitan juga cukup mudah diakses sehingga memudahkan siapa saja untuk singgah ke tempat wisata ini.  Selain itu lokasinya juga berdekatan dengan beberapa destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menawan.  Seperti Watu Amben, HeHa Sky View, Gardu Pandang Mangol Kencana, Taman Bunga Amarilis, dan Hutan Pinus Pengger.

Yang terdekat adalah Objek Wisata Watu Amben yang berjarak sekitar 1,4 km dari Bukit Bintang Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3 menit saja.  Sama seperti halnya Bukit Bintang, bukit wisata Watu Amben juga menyajikan pemandangan alam khas perbukitan dengan keindahannya yang memanjakan mata.

Dari atas ketinggian Watu Amben pengunjung bisa menikmati suasana alam dan view Kota Jogja dengan berbagai kesibukannya.  Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa spot foto selfie yang unik dengan panorama perbukitan hijau sebagai latarnya.  Sementara di malam hari kerlap kerlip lampu Kota Jogja terlihat begitu romantis dari atas ketinggian Watu Amben.

Destinasi wisata lainnya yang cukup dekat dengan Bukit Bintang Jogja adalah HeHa Sky View yang berada di Jalan Dlingo – Patuk No. 2, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.  HeHa Sky View menawarkan wisata alam sekaligus kuliner dan hiburan dengan konsep yang sangat menarik.  Tempat ini sangat cocok untuk acara kumpul-kumpul, kulineran dan pastinya fotografi.

Selain Watu Amben dan HeHa Sky View, destinasi wisata lainnya yang cukup dekat dengan Bukit Bintang adalah Gardu Pandang Mangol Kencana yang berjarak sekitar 2,7 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 7 menit saja.  Lokasinya berada di Dusun Gluntung, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Gardu Pandang Mangol Kencana menyajikan panorama alam di perbukitan dengan berbagai keindahan di dalamnya.  Dari lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmati momen sunrise dan sunset dengan view yang sangat romantis.

Sementara Taman Bunga Amarilis berjarak sekitar 2,9 km dari lokasi wisata Bukit Bintang tepatnya di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Patuk, Gunungkidul dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 8 menit saja.

Sesuai dengan namanya, taman ini menyajikan keindahan bunga amarilis yang sedang bermekaran.  Karena hanya mekar setahun sekali maka sangat disarankan untuk datang ke taman ini pada bulan November atau Desember.

Destinasi wisata lainnya yang juga berdekatan dengan Bukit Bintang adalah Hutan Pinus Pengger yang berjarak sekitar 4,9 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit saja.  Tepatnya di Jalan Dlingo – Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul.

Di kawasan wisata ini wisatawan akan dimanjakan dengan deretan hutan pinus yang berjajar dengan suasana alam yang begitu teduh dan sejuk.  Selain menikmati suasana alam yang bikin adem, pengunjung juga bisa berfoto di beberapa spot selfie dengan view alam perbukitan yang begitu eksotis.

Lokasi

Lokasi Bukit Bintang Jogja berada di kawasan Bukit Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.  Jaraknya sekitar 17 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 35 menit melalui Jalan Wonosari.  Untuk mengetahui rute selengkapnya bisa memanfaatkan aplikasi Google Map.