22 Daftar Tempat Wisata di Lembang yang Harus Masuk List Liburanmu

Daftar Tempat Wisata di Lembang yang Harus Masuk List Liburanmu

Nyero.ID – Lembang merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang menyajikan pemandangan alam khas dataran tinggi yang asri dan menyejukkan.  Berada di dataran tinggi menjadikan suhu udara di Lembang cenderung dingin dan sejuk.

Tidak heran jika wisata Lembang banyak didominasi oleh jenis wisata alam yang menenangkan.  Salah satu destinasi wisata di Lembang yang sangat populer adalah keindahan Kawah Tangkuban Prahu yang identik dengan kisah legenda Sangkuriang.

Selain Tangkuban Prahu, tentu ada banyak destinasi wisata Lembang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Baik berupa destinasi wisata alam maupun wisata hiburan dan sejarah yang akan menambah wawasan para pengunjung.

1. Grafika Cikole

Wisata Lembang Grafika Cikole
Photo by tommy_38

Tempat wisata yang menawan ini terletak di Jalan Tangkuban Prahu Km 8, Cikole, Lembang.  Objek wisata Lembang ini mengkombinasikan beberapa tema, mulai dari wisata alam, outbound, kuliner, hingga wisata kekinian dan juga penginapan.  Hasilnya, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai jenis aktivitas liburan yang seru dan menyenangkan.

Dengan konsepnya yang begitu lengkap, objek wisata ini sangat populer di kalangan anak muda.  Bahkan tak jarang banyak pengunjung yang menyempatkan singgah hanya untuk berburu spot foto unik yang instagramable.

Jika saat ini ada banyak rumah Hobbit ala film Lords of The Rings di beberapa tempat wisata di tanah air, maka di lokasi inilah awal mula rumah Hobbit menjadi booming di tanah air.

2. Benteng Pasir Ipis

Wisata Lembang Benteng Pasir Ipis
Photo by @gallang07

Terletak di Kampung Pasir Ipis, Desa Jaya Giri, Lembang, Jawa Barat, objek wisata yang satu ini menyajikan wisata sejarah yang menarik untuk dijelajahi.

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa melakukan kegiatan camping ataupun tracking sembari mengabadikan momen seru dengan background spot foto yang unik.

3. Taman Bunga Begonia

Taman Bunga Begonia wisata lembang
Photo by @dwins95

Berlokasi di Jalan Raya Maribaya No. 120 A, Cibogo, Lembang, Taman Begonia menyajikan keindahan alam dengan konsep kebun bunga yang begitu mempesona.  Aneka warna bunga yang bermekaran terlihat begitu menggoda.

Beberapa spot foto seperti rangkaian bunga berbentuk “Love” menjadi salah satu spot favorit yang banyak digunakan untuk berfoto.  Taman bunga nan eksotis ini buka setiap hari Senin-Minggu pada pukul 08.00-17.00 WIB.

4. Taman Lembah Dewata

Wisata Lembang Taman Lembah Dewata
Photo by anisopiyanii

Keberadaan danau yang terletak di Jalan Raya Tangkuban Prahu Km 3,7 Cibogo Lembang ini cukup viral di media sosial.

View danau yang mempesona dengan background perbukitan hijau menjadi spot foto yang sangat menarik dan memikat.  Dengan suasana alaminya yang bernuansa romantis, lokasi wisata ini sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk pengambilan foto pre wedding.

5. Tebing Karaton

Wisata Lembang Tebing Karaton
Photo by @aderidwaanaryadi

Terletak di Kampung Ciharegem, Ciburial, Lembang, Bandung, objek wisata Tebing Karaton menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona.

Tebing yang curam dengan view hutan pinus menghijau di bawahnya menjadikan tempat ini seolah melayang di atas permadani hijau yang menyejukkan mata.  Siapapun akan betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan alam di lokasi ini.

6. Rainbow Garden

Wisata Lembang Rainbow Garden
Photo by @mayasari_tita

Rainbow Garden adalah sebuah objek wisata yang terletak di Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang.  Pemandangan alam dengan aneka macam bunga warna warni yang sangat beragam menjadi daya tarik tersendiri yang memikat.

Pengunjung bisa menikmati keindahan berbagai jenis bunga sepuasnya sembari bersantai dan merefresh pikiran. Selain menyaksikan keindahan kebun bunga ini, pengunjung juga bisa membeli tanaman hias sebagai buah tangan.

7. Kampung Gajah Wonderland

Wisata Lembang Kampung Gajah Wonderland
Photo by @muhammadarsyadyahya

Kampung Gajah Wonderland menjadi salah satu tempat wisata hiburan terbesar di Lembang yang difavoritkan oleh wisatawan.  Setidaknya ada 30 wahana permainan yang disediakan bagi para pengunjung.

Mulai dari yang memicu adrenalin hingga waterboom yang seru dan menyenangkan.  Beberapa diantaranya adalah ATV, kuda tunggang, bumper boat, playground, sky rider, 4D rider, petik strawberry, kiddy pool, sepeda air dan berbagai permainan seru lainnya.

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 60 hektare, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, plus suasana alamnya yang menyejukkan.

Objek wisata Lembang ini terletak di Jalan Sersan Bajuri Km 3,8 Cihideung, Lembang.  Tempat wisata ini buka setiap hari Senin-Minggu pada pukul 08.00-17.00 WIB.

8. Observatorium Bosscha

Wisata Lembang Observatorium Bosscha
Photo by @inbandoeng

Objek wisata yang sarat dengan muatan edukasi ini terletak di Jalan Peneropong Bintang, Lembang dan bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bareng keluarga.

Objek wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1923 ini menjadi pusat peneropongan bintang tertua di Indonesia.

Selain berfungsi sebagai tempat wisata, Observatorium Bosscha juga digunakan sebagai pusat penelitian untuk mengamati benda-benda angkasa di Lembang.  Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, baik rombongan keluarga maupun pelajar dan mahasiswa.

Di tempat wisata edukasi ini para pengunjung bisa mengetahui bagaimana cara kerja teleskop, termasuk penjelasan dan informasi mengenai dunia astronomi.

Pengunjung juga bisa mencoba meneropong langsung ke langit dengan menggunakan alat teleskop Bamberg dan portable.  Objek wisata ini buka pada pukul 09.00-15.00 WIB dan pukul 17.00-20.00 WIB.

9. Maribaya Natural Hot Spring

Wisata Lembang Maribaya Natural Hot Spring
Photo by @anthony.adhiputra

Terletak di Jalan Maribaya No 105-212 Lembang, objek wisata alam ini merupakan salah satu kolam pemandian air panas yang bisa dikunjungi saat liburan.  Ada beberapa jenis kolam dan fasilitas yang bisa dinikmati di tempat wisata ini.

Seperti kolam renang Tirta Raga, kolam rendam Tirta Wening, Kolam tangkap dan pancing, Foot Spa, Donut Ball di kolam, Kids Adventureland dan fasilitas lainnya yang cukup memadai.

Mulai dari mushola, toilet, area berbeque, cafe, hingga spot-spot foto yang unik.  Objek wisata ini buka setiap hari Senin-Minggu pada pukul 08.00-20.00 WIB.

10. Taman Bunga Cihideung

Wisata Lembang Taman Bunga Cihideung
Photo by Kennybukankeni.wordpress.com

Objek wisata alam Taman Bunga Cihideung memiliki jenis tanaman hias yang terbesar dan terlengkap di Bandung.

Terletak di Desa Cihideung, Porongpong, Lembang, Jawa Barat, taman bunga ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dan juga florist karena koleksi bunganya yang lengkap.

Sejauh mata memandang, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang penuh warna dari bunga-bunga yang sedang bermekaran.  Objek wisata taman bunga ini buka setiap hari Senin-Minggu pada pukul 07.00-17.00 WIB.

11. Bandung Tree Top Adventure Park

Wisata Lembang Bandung Tree Top Adventure Park
Photo by @yourbandung

Mengisi waktu liburan dengan petualangan seru bisa dilakukan di Bandung Tree Top Adventure Park yang terletak di Jalan Tangkuban Prahu, Bumi Perkemahan Cikole, Lembang.

Ada banyak pilihan wahana permainan seru yang bisa dicoba untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan dan menguji adrenalin.

Salah satuanya bisa mencoba permainan flying fox dengan panjang lintasan 160 meter yang melintasi pohon pinus dengan ketinggian sekitar 20 meter.

12. Pine Forest Camp

Area Camping Lembang Pine Forest Camp
Photo by @bangdimz_

Bumi perkemahan dengan panorama yang memikat ini terletak di Kampung Cipanengah, Desa Cibodas – Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dengan ketinggian mencapai kurang lebih 1.200 Mdpl area perkemahan ini menyajikan hawa pegunungan yang sejuk dan menyegarkan.

Lingkungannya yang masih sangat asri dengan rindangnya pepohonan di hutan pinus semakin membuat lokasi wisata ini menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Area camping ground yang didirikan sejak tahun 2003 ini menawarkan konsep Camping Exclusive kepada para wisatawan sehingga para pengunjung bisa lebih leluasa menikmati liburan dengan berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan.

Untuk keperluan camping, pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas berupa Tenda Dome Charlie, Matras Spon dan juga Sleeping Bag yang nyaman.

Wisata alam di Lembang ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjung sehingga liburan semakin asik dan menyenangkan.

Beberapa diantaranya adalah fasilitas outbound training, paintball, outdoor party, flying fox dan wahana permainan seru lainnya.

Di lokasi wisata ini juga terdapat dua unit villa, tempat ibadah, aula terbuka, kamar mandi, jalur tracking, area untuk api unggun, kolam aktivitas dll.

Dengan fasilitas yang cukup lengkap, dijamin para pengunjung bisa menikmati suasana liburan dengan lebih nyaman dan pastinya betah untuk berlama-lama di tempat ini.

13. Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang
Photo by @dhanxgracious

Gunung Batu Lembang merupakan sebuah patahan lempengan yang menjadikan tanah di kawasan Bandung terputus dengan lempengan di permukaan Lembang. Puncak gunung batu lebih didominasi oleh bebatuan yang sangat besar.

Berdasarkan data ilmiah yang ada, gunung Batu terbentuk akibat aliran lava dari letusan Gunung Sunda purba sekitar 500 ribu tahun silam. Lokasi ini termasuk dalam Patahan Lembang dan menjadi salah satu objek penelitian LIPI.

Dengan ketinggian bukit sekitar kurang lebih 1.335 Mdpl, pengunjung bisa mencapai puncaknya hanya dalam waktu kurang lebih 20 menit saja, dan menikmati keindahan alam di atas ketinggian.

Deretan gunung di Jawa Barat terlihat seolah mengelilingi kota Bandung demikian juga dengan jajaran perbukitan di sisi sebelah timur.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di lokasi wisata yang mulai naik daun ini, mulai dari hiking hingga panjat tebing yang akan memicu adrenalin.

Kegiatan lain yang tak kalah seru untuk dilakukan adalah camping dan menikmati keindahan sunrise maupun sunsetnya di ketinggian. Tempat wisata ini terletak di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Akses menuju ke lokasi wisata ini juga tidak terlalu sulit karena wisatawan bisa mengambil arah dari pusat kota Lembang menuju ke Jalan Maribaya dan selanjutnya belok ke arah kanan ke Jalan Bukanegara, kemudian belok kiri ke arah Jalan Buniwangi dan bisa melihat jalur pendakian menuju ke puncak Gunung Batu.

14. Puncak Euard

Wisata Puncak Euard Lembang
Photo by Mulpix.com

Puncak Euard menjadi salah satu spot wisata Lembang yang saat ini sedangn hits dan viral di media sosial, dengan banyaknya pengunjung yang mengunggah foto lokasi wisata menawan ini.

Salah satu daya tarik yang memikat pengunjung adalah pesona landscape perbukitan dan hutan pinus yang begitu asri.

Belum lagi dengan spot foto menarik semacam gardu pandang yang didesign menjorok ke arah jurang. Semakin membuat siapa saja merasa penasaran untuk menyambangi tempat yang lagi hit di instagram ini.

Lokasi wisata Puncak Eurad terletak di perbatasan wilayah antara Subang dan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Meskipun berbagai fasilitas yang ada masih terus dibenahi dan dikembangkan, namun animo wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini tidak pernah surut dan semakin meningkat.

Beberapa spot foto menarik bisa dipilih untuk mengabadikan momen seru dengan panorama alamnya yang menakjubkan.

Selain menikmati keindahan alam dari ketinggian, nantinya objek wisata ini juga akan dilengkapi dengan akses jalan menuju ke Goa Jepang sehingga sensasi liburan yang didapatkan semakin lengkap.

Untuk menuju ke lokasi Puncak Euard, pengunjung bisa mengambil jalan ke arah Maribaya Lembang menuju ke jalur alternatif Lembang – Subang.  Tinggal ikuti jalan dan nanti akan sampai di lokasi wisata Puncak Euard.

15. Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga Rizal Lembang
Photo by Pergidulu.com

Pada awalnya Rumah Bunga Rizal yang didirikan sejak tahun 1978 ini merupakan sebuah kebun produksi yang berlokasi di Jalan Maribaya Km 2,4, Lembang, Kabupaten Bandung.

Berbagai jenis tanaman hias telah dibudidayakan, bahkan juga produk kreatif yang erat kaitannya dengan kegiatan berkebun, seperti cover pot, pot batok kepala, kawat gantung dll.

Baru di tahun 2002, Rumah Bunga mengubah konsep produksi menjadi kebun wisata dengan berbagai fasilitas pendukung yang cukup memadai demi kenyamanan pengunjung.

Di lokasi wisata kebun bunga ini pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dengan aneka warna bunga anggrek yang cantik bermekaran.

Taman wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00-16.00 WIB sehingga pengunjung bisa lebih leluasa menikmati suasana.  Sembari mencicipi berbagai menu hidangan lezat yang menggugah selera di kedai yang telah disediakan.

Selain menikmati keindahan kebun bunga yang menyejukkan mata, pengunjung juga bisa mengikuti pelatihan budidaya anggrek dan kaktus yang sangat bermanfaat,  termasuk mengetahui peluang bisnis dan prospek usahanya.

Pengunjung juga bisa membeli aneka jenis anggrek dan kaktus sebagai buah tangan dengan harga yang bervariasi.

16. Situ Lembang

Wisata Situ Lembang
Photo by @ahmadirawan96

Situ Lembang terletak di antara dua kaki gunung, yaitu Gunung Tangkuban Prahu dan Gunung Burangrang, tepatnya di Kertawangi, Cisarua, Lembang, Bandung Barat.  Dengan ketinggian mencapai kurang lebih 1.567 Mdpl, Situ Lembang menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona.

Danau yang ada di wilayah Bandung Barat ini memiliki luas wilayah hingga 68 hektare, dimana di kawasan danau juga terdapat hutan pinus, dan hutan pegunungan.

Pada awalnya danau ini merupakan kubangan besar yang terbentuk akibat adanya letusan Gunung Sunda purba di sekitar 2-3 juta tahun silam.  Kubangan ini kemudian dibangun menjadi Situ Lembang pada zaman penjajahan Belanda di tahun 1912.

Air di Situ Lembang berasal dari Hulu Sungai Cimahi yang bersumber dari mata air alami yang ada di sekitarnya.  Hingga saat ini Situ Lembang masih difungsikan sebagai sumber air bersih untuk menyuplai kebutuhan air di wilayah seperti Cisarua Lembang, Parongpong, Cimahi dan sekitarnya.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi, sumber air bersih dan irigasi, Situ Lembang juga  menjadi lokasi untuk latihan bersama bagi Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD yang sudah rutin diselenggarakan sejak tahun 1958.

Lokasi Situ Lembang memang sangat strategis untuk berbagai simulasi pertempuran dan pelatihan militer.  Meskipun lokasi ini sering digunakan sebagai medan untuk latihan militer, namun wisatawan tetap bisa menikmati pesona alamnya yang menakjubkan di beberapa area piknik yang tersedia.

Beberapa fasilitas juga disediakan bagi pengunjung agar pengalaman liburannya semakin menyenangkan, seperti wahana rekreasi, area memancing, kawasan lintas alam, berkeliling situ dengan perahu, dan fasilitas pendukung lainnya.

Ada juga beberapa warung di sekitar danau yang bisa dituju untuk sekedar menikmati secangkir teh atau kopi hangat.  Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

17. Taman Miniatur Kereta Api

Wisata Taman Miniatur Kereta Api Lembang
Photo by @dito_jan

Taman Miniatur Kereta Api ini merupakan salah satu spot menarik yang bisa dijumpai di Floating Market Lembang.  Spot unik ini menyajikan miniatur kereta api lengkap dengan bangunannya dengan design yang cukup detail dan menarik sehingga tampilannya seolah nyata dan hidup.

Spot wisata ini bisa menjadi media edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak sehingga bisa mengetahui informasi tentang sejarah kereta api di Indonesia.

Beberapa ornamen seperti stasiun, rel kereta api, jembatan, gunung, menara pengawas, terowongan dan berbagai ornamen lainnya tertata dengan rapi sehingga suasana dalam miniatur kereta api terlihat begitu hidup.

Terlebih dengan suara khas kereta api yang akan membuat suasana semakin menyenangkan.  Setelah mengunjungi spot unik ini wisatawan bisa membeli berbagai jenis souvenir berupa miniatur kendaraan yang unik sebagai kenang-kenangan.

Objek wisata ini buka setiap hari pada pukul 09.00-17.00 WIB dan di akhir pekan buka pada pukul 09.00-20.00 WIB.

18. Taman Hutan Jayagiri Lembang

Taman Hutan Jayagiri Lembang
Photo By Easytourbandung.com

Tempat wisata alam dengan konsep wana wisata ini berada di ketinggian 1.450 Mdpl dengan luas lahan mencapai kurang lebih 7 hektare, letaknya hanya sekitar 2 Km dari Kecamatan Lembang.  Sementara dari kota Bandung berjarak sekitar 17 km.

Hutan alami dengan dominasi pohon pinus ini menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Berada di kaki Gunung Tangkuban Prahu, Taman Hutan Jayagiri Lembang menyajikan panorama alam yang indah dan menyejukkan dengan suhu udara rata-rata 18-29 derajat Ceslius.

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, mulai dari hiking, camping atau hanya sekedar menikmati suasana alamnya yang sejuk dan menyegarkan.

Di lokasi wisata ini suda ada fasilitas toilet, papan penunjuk jalan dan juga shelter bagi para pengunjung yang ingin menaiki kawasan hutan.

19. Arena Pemancingan Bonita

Arena Pemancingan Bonita Lembang
Photo by Anekawisataseru.net

Arena Pemancingan Bonita terletak di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat No. 2 Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  Dengan luas area mencapai kurang lebih 1,3 hektare pengunjung bisa menyalurkan hobby memancing sekaligus liburan seru bareng keluarga.

Ada banyak jenis ikan yang bisa ditangkap, mulai dari ikan emas, bawal hingga gurami. Wisata Lembang yang satu ini menawarkan sensasi liburan yang menyenangkan dengan berbagai kegiatan asik bersama keluarga.

Selain memancing ikan dan dan menikmati hasil tangkapannya di saung-saung yang tersedia, pengunjung juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru lainnya.

Karena tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas outbound di alam terbuka, flying fox, play ground, hingga mini zoo.

Di lokasi wisata ini juga ada fasilitas mushola dan toilet serta berbagai menu hidangan lezat yang menggugah selera bagi para pengunjung yang ingin mencicipinya.

20. Imah Seniman Lembang

Imah Seniman Lembang
Photo by Ifanobi.com

Objek wisata terpadu yang satu ini terletak di Jalan Kolonel Matsuri No. 8, Desa Cikahuripan, Lembang, Jawa Barat.  Dengan konsep yang sangat kreatif, yaitu “Makan di Hutan dan Tidur di Danau” pengunjung bakal dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada.

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 15 hektare, wisatawan akan diajak untuk menikmati sensasi liburan yang paling seru dan asik.  Beberapa fsilitas yang bisa dicoba oleh wisatawan antara lain adalah seperti berikut:

a. Menginap di pinggir danau

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmati sensasi liburan dengan nuansa pedesaan yang khas dalam suasana alam yang begitu tenang.  Hawa yang sejuk, ditambah penerangan lampu yang romantis akan membuat siapapun merasakan sensasi liburan yang berbeda dan tak terlupakan.  Belum lagi dengan suara jangkrik dan katak yang membuat irama harmonis dengan kesunyian malam yang menenangkan.

Siapapun akan merindukan suasananya yang damai. Udara dingin bahkan tidak akan begitu terasa karena pengunjung bisa memesan hidangan tradisional seperti bandrek dan bajigur yang efektif untuk menghangatkan badan.

b. Menikmati hidangan lezat di hutan

Wisata Lembang semakin lengkap ketika pengunjung bisa menikmati lezatnya hidangan yang di sajikan di hutan dengan panorama alamnya yang menakjubkan.

Dengan konsep kafe dan resto yang begitu apik, spot kuliner ini menyatu dengan alam.  Bahkan pengunjung bisa memilih lokasi untuk menikmati hidangan, apakah dengan lesehan agar semakin menyatu dengan alam atau di bangku-bangku taman yang tersebar diantara rimbunnya pepohonan.

Suasana makan akan terasa lebih nikmat sambil bercengkerama dan ngobrol santai bareng keluarga atau sahabat.

c. Memancing ikan

Memancing di lokasi wisata ini bisa menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Sembari memancing, para pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan alam di sekitarnya.  Hasil pancingan pun bisa dibawa pulang setelah ditimbang dan dibayar.

d. Outbound activity

Di lokasi wisata ini pengunjung juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru yang menyenangkan, seperti rock climbing, flying fox, bersepeda, berkuda, offroad, ATV, jaring laba-laba ataupun hiking dengan jumlah peserta minimal 50 orang.

e. Mengunjungi galeri seni

Ada banyak jenis cenderamata yang bisa dibeli sebagai buah tangan di galeri seni, dimana pengunjung bisa membelinya dengan harga yang terjangkau.

Mulai dari miniatur becak, sepeda ontel, motor, mobil dll.  Selain itu, di tempat ini juga tersedia beberapa perlengkapan rumah tangga dari kayu sehingga cukup unik untuk melengkapi koleksi di rumah.

Pengunjung juga bisa melukis dengan media kendi, kaos ataupun tas sehingga nantinya bisa menjadi kenang-kenangan untuk dibawa pulang.  Kegiatan ini sangat rekomended untuk mengasah kreativitas anak dengan cara yang tentunya lebih menyenangkan.

21. Wisata Kebun Strawberry

Wisata Kebun Strawberry Lembang
Photo by Wisataterbaru.com

Wisata kebun strawberry Lembang bisa menjadi kegiatan menarik bagi keluarga.  Dalam kegiatan ini wisatwan bisa memetik buah strawberry langsung dari pohonnya sehingga lebih menyenangkan.

Objek wisata kebun strawberry menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena mampu memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Konsep yang ditawarkan dalam wisata ini sering disebut dengan istilah Strawberry Walk.  Dimana wisatawan bisa mengunjungi kawasan kebun strawberry yang berada di kawasan Lembang, mulai dari Cihideung, Kayu Ambon, hingga Jalan Tangkuban Prahu.

22. Wisata Kuliner Tahu Susu Lembang

Wisata Kuliner Tahu Susu Lembang
Photo by Pergidulu.com

Berlibur ke Lembang tidak akan lengkap tanpa mencicipi lezatnya kuliner tahu susu khas Lembang.  Berbeda dengan pembuatan tahu pada umumnya, produk tahu susu Lembang diracik dari bahan dasar kedelai dan campuran susu sapi segar sehingga menghasilkan rasa gurih dan lezat yang unik.

Selain gurih dan enak, tahu susu Lembang juga lebih sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet dalam proses pembuatannya.

Untuk mendapatkan tahu susu Lembang yang gurih ini, wisatawan bisa mengunjungi pusat produksinya di Jalan Raya Lembang No. 177 Lembang, Bandung, Jawa Barat.  Dengan harga yang sangat terjangkau.

Wisata Lembang menjadi salah satu destinasi yang cukup diandalkan karena menyajikan potensi wisata yang sangat beragam.

Banyak wisatawan yang terpikat dengan pesona Lembang dengan suasana alamnya yang asri dan hawanya yang sejuk menyegarkan.

Wisata ke Lembang bisa menjadi solusi terbaik bagi wisatawan yang ingin megeksplore keindahan alam dengan cara yang sangat menyenangkan.  Ayo liburan ke Lembang!