Danau Batur Kintamani, Destinasi Wisata Eksotis dekat Desa Trunyan dan Batur Natural Hot Spring

Danau Batur Kintamani
Danau Batur Kintamani taken by @ady_poetra29

Nyero.ID – Danau Batur Kintamani merupakan salah satu destinasi wisata populer di Pulau Dewata Bali.  Danau yang terkenal dengan keindahan alamnya ini mampu membuat siapa saja terbius dengan pesonanya.  Lokasinya yang berada di ketinggian 1.050 mdpl menjadi daya tarik tersendiri karena menyajikan nuansa alami yang begitu kental dengan suasana yang tenang di sekitarnya.

Danau Batur Kintamani terletak di lereng Gunung Batur, tepatnya di Desa Penelokan Utara, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.  Dengan luas hingga 16,6 km persegi, Danau Batur Kintamani terlihat sangat indah dengan air yang berwarna hijau tosca.

Danau yang dikenal sebagai danau terbesar di Pulau Bali ini memiliki kedalaman hingga 65 meter.  Danau ini merupakan kaldera aktif dan menjadi kaldera terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara.  Dengan kandungan belerang di dalamnya warna air di danau pun senantiasa mengalami perubahan sehingga menyajikan pemandangan indah yang begitu epic.

Panorama danau terlihat semakin menakjubkan ketika momen sunrise dan sunset tiba.  Ketika sinar mentari perlahan muncul dengan bias warna kuning keemasannya yang begitu syahdu.  Dan ketika mentari kembali tenggelam dengan panorama jingga-nya yang begitu romantis.

Momen sunrise dan sunset di Danau Batur Kintamani memang tidak ada duanya, semakin dipandang maka akan semakin mempesona keindahannya.  Tidak heran jika lokasi wisata ini banyak dijadikan sebagai tempat untuk keperluan fotografi dengan view danau yang begitu eksotis.

Dengan berbagai pesona dan keindahannya tersebut Danau Batur Kintamani telah ditetapkan sebagai kawasan Global Geopark oleh UNESCO.

Bagi sobat Nyero yang saat ini sedang merencanakan liburan asik ke Danau Batur Kintamani, berikut ini adalah beberapa infromasi tentang harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Danau Batur Kintamani sangat terjangkau karena pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.  Sementara untuk parkir bus sebesar Rp 20.000.

Jam Buka

Danau Batur Kintamani buka selama 24 jam sehingga memberikan banyak kesempatan bagi wisatawan untuk berkunjung sesuai keinginan.  Dengan jam buka yang cukup panjang tersebut wisatwan juga bisa sekalian menyambangi beberapa destinasi wisata lainnya yang terdekat.

Fasilitas

Fasilitas di objek wisata Danau Batur Kintamani sudah cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi wisatawan yang datang.  Mulai dari area parkir, toilet, hingga warung makan dengan berbagai menu makanan dan minuman.

Daya Tarik

Danau Batur Kintamani menyajikan pesona keindahan alam yang begitu memanjakan mata.  Lokasinya yang berada di lereng Gunung Batur menjadi daya tarik tersendiri karena menciptakan nuansa alam yang begitu kental di sekitarnya.

Dengan luas hingga 16,6 km persegi, Danau Batur Kintamani menyajikan keindahan alam yang begitu eksotis.  Kandungan belerang yang ada di danau ini mampu membuat warna airnya senantiasa berubah sehingga terlihat semakin cantik dan ekstotik.

Perpaduan antara gunung, danau dan pepohonan hijau di sekitarnya menjadi sebuah harmoni yang mampu memberikan kedamaian tersendiri bagi wisatawan yang datang.  Hawa sejuk pegunungan dan teduhnya pepohonan rasanya cukup untuk mengikis segala kepenatan.

Bukan hanya membius dengan panorama alam dan keindahannya saja, momen sunrise dan sunset di Danau Batur menjadi salah satu daya tarik yang tidak luput dari buruan para penghobby fotografi.  Momen mentari terbit dan tenggelam di kawasan wisata Danau Batur memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Momen sunrise dan momen sunset di Danau Batur Kintamani menghadirkan nuansa romantis yang begitu syahdu, membuat siapapun akan terpana dengan sejuta keindahannya.

Selain berburu momen sunrise dan sunset yang begitu memikat, banyak diantara wisatawan yang menikmati keindahan alam di Danau Batur dengan berkeliling menggunakan perahu.  Dari atas perahu wisatawan bisa mengabadikan momen liburan mereka dengan pemandangan Danau dan Gunung Batur sebagai latarnya.

Sementara bagi yang memiliki hobby memancing bisa mencoba pengalaman memancing di Danau Batur dengan menyewa perahu dan peralatan memancing yang tersedia.  Berburu ikan di Danau Batur sembari menikmati keindahan alamnya menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Hal menarik lainnya selain mengelilingi danau dan memancing adalah menyeberangi danau menuju ke Desa Trunyan yang terkenal dengan pemakamannya yang unik dan anti mainstream.

Di Desa Trunyan yang terletak di pinggir Danau Batur ini jenazah orang yang sudah meninggal tidak dikubur melainkan dibaringkan di bawah pohon besar yang bernama taru menyan.  Pohon besar ini mengeluarkan aroma wewangian yang khas dan mampu menetralisir aroma busuk dari mayat.

Setidaknya ada tiga prosesi pemakaman sesuai dengan jenis kematiannya, yaitu kematian secara wajar, tidak wajar serta pemakaman bayi dan anak kecil.  Sementara bagi warga yang sudah dewasa namun belum menikah akan ditempatkan di Sema Muda atau Rumah Miarta Yasa.

Meskipun terlihat cukup menakutkan, namun hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Masih berada di kawasan Danau Batur Kintamani, pengunjung juga bisa sejenak menikmati hangatnya pemandian air panas Batur Natural Hot Spring yang aliran airnya berasal dari Gunung Batur.  Objek wisata ini dulu dikenal dengan nama Bali Toya Bungkah namun kemudian dinamakan Batur Natural Hot Spring dan dikelola oleh Desa Pekraman.

Mengunjungi pemandian air panas ini bisa menjadi pilihan yang tepat setelah berkeliling danau dan menikmati keindahannya.  Bukan hanya merasakan sensasi air hangatnya saja yang bikin rileks, kandungan belerang pada air hangat ini juga dipercaya mampu memberikan efek positif untuk kesehatan.

Dari area pemandian air panas ini pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Batur dengan view Gunung Batur sebagai latarnya, benar-benar momen yang bikin rileks tubuh dan pikiran.

Pemandian air panas di Danau Batur menyediakan beberapa kolam pemandian yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.  Yaitu kolam pemanidan air panas dengan kedalaman 80 cm untuk anak-anak serta kolam Natural Therapy Hot Spring Water dengan pancuran air panas bersuhu 38-40 derajat celsius yang bermanfaat untuk terapi kesehatan.

Di pemandian ini juga tersedia kolam Floating Sunburn bagi wisatawan yang ingin menikmati waktu santai dengan berendam dan sekaligus berjemur.  Dan yang terakhir ada kolam umum untuk berenang yang akan membuat momen liburan di Danau Batur semakin menyenangkan.

Selain menyambangi Desa Trunyan dan berendam air panas di Batur Natural Hot Spring, wisatawan juga bisa mengunjungi Pura Ulun Danu Batur yang berada di sebelah utara Desa Penelokan.

Menghabiskan waktu di Danau Batur Kintamani tidak akan lengkap tanpa berburu kuliner khasnya yang menggugah selera.  Salah satu menu yang direkomendasikan adalah olahan ikan khas Kintamani dengan cita rasa lezatnya yang memanjakan lidah.  Sembari menimati menu lezat, wisatawan bisa tetap memandang keindahan Danau Batur dari kejauhan.

Bagi wisatawan yang masih enggan untuk pulang dan ingin lebih lama menikmati suasana alam dan keindahan di Danau Batur Kintamani bisa menginap di beberapa hotel yang ada di kawasan wisata ini.

Lokasi

Lokasi Danau Batur Kintamani berada di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.  Jaraknya sekitar 65 km dari Kota Denpasar dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2-3 jam perjalanan.  Untuk mengetahui rute selengkapnya silahkan gunakan aplikasi Google Maps.