27 Tempat & Destinasi Wisata Solo yang Paling Terkenal dan Hits Dikunjungi

Destinasi Wisata Solo dan Sekitarnya yang paling Terkenal
Photo by @soloindonesia

Nyero.ID – Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota budaya. Pada zaman dahulu, Solo masuk dalam wilayah Kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahan.

Namun sejak ditandatanganinya Perjanjian Giyanti di tahun 1775, Mataram pun terbagi menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Selain tradisinya yang masih lestari, potensi wisata Solo juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Desatinasi wisata di Solo cukup beragam, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, edukasi, hingga hiburan yang pasti menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Di sini kamu bisa menikmati perjalanan keliling Solo dengan bus bertingkat Werkudoro, kamu juga bisa menyusuri Sungai Bengawan Solo yang melegenda dengan perahu kayu.

Di samping kedua aktivitas yang menyenangkan tersebut, kamu bisa mengeksplorasi beberapa tempat wisata di Solo yang akan kami sebutkan di bawah ini:

Keraton Kasunanan Surakarta

Wisata Sejarah Keraton Kasunanan Surakarta
Photo by @visitsurakarta

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu tempat bersejarah yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Solo) yang kala itu berupa pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo.

Hingga saat ini kompleks keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Raja dan masih menjalankan tradisi kerajaan.

Pada sebagian kompleks keraton terdapat museum yang berisi benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keraton, kereta kencana serta gamelan.

Sementara pada tengah museum terdapat sebuah sumur yang konon digunakan raja untuk bersemedi.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi berkunjung kesini diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku, diantaranya adalah tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, topi, sandal jepit maupun jaket.

Jika kamu kebetulan mengenakan celana pendek maka dianjurkan untuk meminjam kain bawahan selama berwisata ke keraton.

Kamu juga tidak boleh merokok selama mengunjungi keraton serta membawa makanan ke dalam kompleks keraton.

Keraton Kasunanan Surakarta ini terletak di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Objek wisata Solo ini buka setiap hari Senin-Kamis dengan jam operasional pada pukul 09.00-14.00 WIB, sementara pada hari Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB dan hari Jum’at tutup.

Taman Sriwedari

Wisata Taman Sriwedari Solo
Photo by @thrsriwedarisolo

Taman Sriwedari merupakan Taman Hiburan Rakyat (THR) yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta,  Jawa Tengah.

Objek wisata budaya ini menyajikan berbagai atraksi kesenian dan hiburan bagi masyarakat.  Mulai dari pertunjukan wayang orang, pentas musik hingga dance.

Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain seperti wahana permainan seru, restoran dan juga stand-stand penjual souvenir.

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro Karanganyar Solo
Photo by @rifianapramitha

Agrowisata ini berjarak sekitar 5 km dari kota Solo, tepatnya di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah.

Pada awalnya area ini merupakan pabrik gula, namun kemudian dialihfungsikan menjadi objek wisata.

Suasana alam yang masih asri dengan pepohonan rindang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan karena menyajikan pemandangan yang menyejukkan.

Di tempat ini juga, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, seperti kolam renang dengan berbagai ukuran , spot untuk terapi ikan, pijat refleksi dan juga flying fox.

Yang tidak kalah uniknya terdapat monumen lokomotif, yang bisa kamu jadikan background foto.  Objek wisata Sondokoro buka setiap jam 08.00-17.00 WIB.

Pura Mangkunegaran

Wisata Sejarah Pura Mangkunegaran Solo
Photo by @angelinaanggun

Terletak di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, wisata sejarah dibangun pada 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II dengan memadukan gaya tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa.

Selain bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan, kamu juga bisa menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah di lokasi ini.

Kampung Batik Kauman

Wisata Kampung Batik Kauman Solo
Photo by @vindayurist

Kampung Batik Kauman terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Di sepanjang jalan kamu akan menjumpai showroom batik dan rumah-rumah yang memproduksi batik sekaligus menjualnya kepada wisatawan.

Dahulu kampung ini digunakan sebagai tempat untuk pembuatan kain batik bagi keluarga keraton.

Selain kampung batik Kauman ada juga kampung batik Laweyan yang terletak di Jalan Dr. Radjiman No 521, Laweyan, Surakarta.

Jika batik Laweyan didominasi dengan warna-warna terang maka batik Kauman cenderung menggunakan warna gelap.

Seperti halnya produk batik Laweyan, hasil produksi kampung Kauman juga banyak dijual ke luar negeri.

Museum Batik Danar Hadi

Wisata Museum Batik Danar Hadi Solo
Photo by @farrell_123

Museum Batik ini terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No. 261, Laweyan, Surakarta, jawa Tengah.

Tempat wisata yang menampilkan aneka macam koleksi batik dalam berbagai corak, dari seluruh nusantara. Baik berupa corak batik klasik hingga kontemporer.

Di tempat ini kamu juga bisa menyaksikan bagaimana proses membatik secara langsung.

Ngarsopuro Night Market

Wisata Ngarsopuro Night Market Solo
Photo by @ngarsopurokita

Objek wisata malam yang satu ini terletak di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Dengan jam operasional setiap Sabtu pukul 16.00-23.00 WIB, objek wisata ini menawarkan sensasi liburan seru di malam hari yang tak terlupakan.

Selain menyajikan wisata belanja, tempat ini juga sangat rekomended untuk menjelajahi wisata kuliner khas Solo.

Konsep pasar malam yang begitu kental dengan penataan yang rapi dan teratur membuat lokasi wisata malam ini disebut-sebut menyerupai Orchied Road di Singapura.

Galabo Solo

Wisata Kuliner Galabo Solo
Photo by @ganitri9

Mengunjungi Solo tidak lengkap tanpa menjelajahi wisata kulinernya yang menggugah selera.  Langsung saja menuju ke Galabo Solo yang merupakan singkatan dari Gladak Langen Bogan yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo di depan Pusat Grosir Solo.

Di sepanjang jalan kamu akan melihat aneka menu khas Solo yang bisa dicicipi sambil menikmati suasana malam di Solo.

Pada akhir pekan biasanya ada pertunjukan live music yang membuat suasana malam semakin meriah.  Wisata ini buka mulai pukul 17.00-24.00 WIB.

Kebun Binatang Taru Jurug

Wisata Kebun Binatang Taru Jurug Solo
Photo by @azzanuha

Kebun binatang yang dibangun sejak tahun 1939 ini terletak di Jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Konsep wisata alam dan edukasi terlihat begitu kental sehingga pengunjung bisa menikmati waktu bersantai dengan rekreasi dan belajar, terutama tentang koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini.

Selain koleksi satwa seperti gajah, macan tutul, zebra, komodo dan jenis satwa lainnya, kamu akan menemukan beberapa jenis pepohonan langka seperti akasia, trembesi, cemara, pinus dan lainnya.

Selain berkeliling menyaksikan aneka satwa, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada seperti taman bermain, kereta mini dan juga pertujukan seni berupa reog atau kesenian lainnya.

Pandawa Water World Solo Baru

Wisata Pandawa Water World Solo Baru
Photo by @ningsihpriya89

Taman rekreasi air ini terletak di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Objek wisata yang diresmikan pada tahun 2007 ini dibuat dengan konsep cerita pewayangan, dimana pada beberapa sudutnya terdapat patung-patung.

Patung berukuran besar yang menggambarkan tokoh-tokoh yang ada dalam dunia pewayangan.  Seperti Arjuna, Nakula, Sadewa, Drupadi dan tokoh lainnya.

Objek wisata yang berada di antara Solo dan Wonogiri ini menyediakan 27 wahana permainan seru yang sayang untuk tidak dicoba.

Diantaranya adalah wave pool, sight tower, slides, warm spa, areated spa, fantastic dan wahana permainan lainnya.  Objek wisata ini buka setiap pukul 08.00-18.00 WIB.

Baca: 7 Tempat Wisata di Jakarta paling Asik untuk Liburan bareng Keluarga, Dijamin Seru!

Taman Balekambang

Wisata Taman Balekambang Kota Solo
Photo by Angelinakusuma.blogspot.co.id

Taman dengan luas mencapi kurang lebih 9,8 hektare ini telah dibangun oleh Mangkunegoro VII sejak tahun 1921 dan dipersembahkan bagi kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Taman dengan dominasi pepohonan rindang ini memberikan suasana teduh dan asri, beberapa pohon bahkan telah berusia ratusan tahun dan masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Di beberapa sudut taman tersedia kursi dan bangku yang bisa kamu gunakan untuk duduk sembari mengobrol santai dan menikmati sejuknya angin yang berhembus.

Selain teduh dan asri, pihak pengelola juga melepaskan beberapa satwa jinak yang bisa menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

Beberapa satwa tersebut antara lain adalah angsa, rusa, beberapa jenis ayam hias dan satwa lucu lainnya.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB dengan beberapa fasilitas taman yang cukup memadai.

Lokas: Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Museum Manusia Purba Sangiran

Wisata Bersejarah Museum Manusia Purba Sangiran Solo
Photo by @keiynart

Objek wisata edukasi dan arkeologi masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain sebagai objek wisata, museum ini juga dimanfaatkan sebagai pusat penelitian tentang kehidupan pra sejarah. Bahkan museum ini menjadi pusat penelitian terlengkap di Asia dan dunia.

Tidak mengherankan jika museum ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang tertarik untuk mengetahui kehidupan zaman pra sejarah secara langsung.

Ada banyak koleksi yang dipamerkan di museum ini, mulai dari fosil manusia purba hingga fosil binatang purba yang cukup beragam.

Beberapa fasilitas yang tersedia di museum ini juga cukup memadai, seperti ruang pameran, ruang audio visual, gardu pandang Sangiran, dan juga beberapa kios souvenir yang menjual pernak pernik replika manusia purba.

Lokasi: Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.  (berada di Kaki Gunung Lawu, kurang lebih 17 km dari kota Solo)

Monumen Pers Nasional

Wisata Bersejarah Monumen Pers Nasional Solo
Photo by @rully_nurdiansyah

Menjelajahi wisata Solo akan semakin lengkap bilamana kamu mengunjungi Monumen Pers Nasional.

Monumen Pers ini telah dibangun pada sekitar tahun 1918 dan dikenal dengan nama “Societeit Sasana Soeka”, dan di tahun 1978 museum resmi dibuka dengan dilengkapi beberapa bangunan.

Museum ini pertama kali difungsikan sebagai tempat pertemuan bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Ada banyak koleksi menarik yang bisa kamu dapatkan di museum ini, mulai dari koleksi koran dan majalah, mesin ketik kuno, hingga kamera dan benda-benda lain.

Untuk menggiatkan kembali aktivitas di museum, pihak pengelola secara rutin menyelenggarakan seminar tentang pers, media dan komunikasi termasuk kompetisi fotografi yang cukup diminati oleh masyarakat.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No. 59, Surakarta, Jawa Tengah.

Tugu Lilin

Wisata Tugu Lilin Kota Solo
Photo by Kota.surakarta.go.id

Tugu yang ikonik ini dibangun pada tahun 1933 bertepatan dengan peringatan ke 25 tahun hari Kebangkitan Nasional.

Itulah mengapa Tugu Lilin juga dikenal dengan nama Tugu Kebangkitan Nasional.

Api lilin yang tergambar pada tugu ini pun memiliki makna filosofi yang cukup mendalam, yaitu sebagai simbol perjuangan yang tidak akan pernah padam.

Selain menyimpan sejarah yang sangat berarti, keberadaan Tugu Lilin juga bisa jadi spot foto yang keren.

Lokasi: Pertemuan 3 jalan yaitu Jalan Joko Tingkir, Jalan Dr. Radjiman dan Jalan Slamet Riyadi Makamhaji, perbatasan antara Solo dan Kartasura.

Monumen 45 Banjarsari

Wisata Monumen 45 Banjarsari Solo
Photo by @soloindonesia

Monumen 45 dibangun untuk mengenang peristiwa bersejarah di Solo, yaitu Serangan Emapt Hari pada tanggal 7-10 Agustus 1949.

Sebagai ikon publik, taman Monumen 45 Banjarsari atau biasa juga disebut taman Monjari dilengkapi dengan jalur pedestrian, air mancur, taman bermain dan juga hutan kota.

Taman ini bisa menjadi destinasi wisata edukasi sekaligus rekreasi keluarga yang murah meriah dan bermanfaat.

Lokasi: Banjarsari, Solo Kota.

Museum Radya Pustaka

Wisata Museum Radya Pustaka Solo
Photo by @soloindonesia

Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1890 dan kemudian dipindah lokasinya pada tahun 1913.

Di museum ini terdapat beberapa koleksi benda kuno yang merupakan peninggalan sejarah Keraton Mataram, dan juga beberapa benda lainnya yang erat kaitannya dengan kota Solo atau Surakarta.

Sebut saja gamelan, arca perunggu dan batu dari peninggalan zaman Hindu Budha, keramik dan pusaka tradisioal seperti keris dapat kamu temukan di sini.

Salah satu koleksi buku kuno yang banyak dicari adalah buku Wulang Reh karya Pakubuwono IV yang berisi tentang petunjuk pemerintahan.

Ada juga sebuah porselen antik yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte untuk Susuhunan Pakubuwono V.

Objek wisata edukasi di Solo ini buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB dan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk disinggahi saat berlibur ke Solo.

Museum Radya Pustaka berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta.

Benteng Vastenburg Fort

Wisata Sejarah Benteng Vastenburg Fort Solo
Photo by @maghrezailham

Benteng Vastenburg menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Solo yang bisa dikunjungi saat liburan.

Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda yang dibangun sejak tahun 1774-1779.

Bangunan ini didirikan atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff yang difungsikan sebagai pusat untuk mengontrol pemerintahan Keraton Surakarta.

Benteng ini diketahui bukan hanya digunakan untuk mengawasi aktivitas pemerintahan Keraton Surakarta saja tetapi juga sempat digunakan untuk kegiatan pesta pora dan penyiksaan terhadap pribumi.

Keberadaan tempat wisata bersejarah ini bisa menjadi media bagi masyarakat untuk mempelajari sejarah di masa penjajahan sekaligus menanamkan semangat nasionalisme.

Lokasi: Jl. Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Pasar Antik Triwindu

Tempat Belanja Pasar Antik Triwindu Solo
Photo by @fajarwsatria

Bagi penggemar barang antik, berwisata ke Solo bisa semakin lengkap dengan mengunjungi Pasar Antik Triwindu.

Di pasar ini, kamu akan menemukan berbagai koleksi lawas yang antik dengan nilai seni yang tinggi.  Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang dan koin kuno, ornamen wayang di papan kayu antik, onderdil otomotif yang sudah langka dll.

Bagi penggemar barang antik tentu butuh kejelian tersendiri untuk menemukan benda antik yang benar-benar kuno dan memiliki nilai seni tinggi.

Selain harus teliti dan jeli, kamu juga harus pandai melakukan tawar menawar dengan penjual agar mendapatkan barang antik dengan harga yang lumayan “miring”.

Selain membeli dengan uang cash, di pasar ini juga masih berlaku sistem barter terutama bagi kamu yang ingin menukarkan barang antiknya dengan barang yang diinginkan sesuai kesepakatan.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Taman Cerdas Jebres

Wisata Taman Cerdas Jebres Solo
Photo by @kotasolo_id

Kota dengan julukan The Spirit of Java ini memiliki Taman Cerdas yang tersebar di beberapa kelurahan.

Taman Cerdas ini bisa menjadi destinasi wisata yang murah meriah namun sarat dengan muatan edukasi yang sangat bermanfaat.

Salah satu Taman Cerdas yang bisa diakses oleh masyakarat adalah Taman Cerdas Jebres yang berada di Kelurahan Jebres.

Taman Jebres berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2000 meter persegi dengan berbagai fasilitas dan permainan yang megedukasi, baik fasilitas outdoor maupun indoor.

Di area Taman Jebres terdapat taman bermain untuk melatih ketangkasan anak.

Di lokasi wisata murah meriah ini juga terdapat panggung terbuka yang difungsikan sebagai media untuk aktulisasi diri anak.

Beberapa patung tokoh pewayangan juga bisa disaksikan berdiri kokoh, sementara di beberapa titik taman terdapat relief dan patung tembaga dari beberapa tokoh nasional Indonesia. Seprti Ir.  Soekarno, Bung Hatta dan juga Ki Hajar Dewantara.

Keberadaan patung dinosaurus dan manusia purba juga tak kalah menariknya untuk dijadikan spot foto sekaligus sebagai media pembelajaran bagi anak.

Selain fasilitas di atas, kamu juga akan dimanjakan dengan wahana baru berupa lukisan 3D yang terdapat di dinding sebelah selatan Aula Taman Cerdas Jebres.

Ada 4 tema yang ditampilkan dalam lukisan 3D, yaitu gajah yang seolah keluar dari lukisan, angkasa raya dengan beberapa planetnya, teleskop, dua ekor burung yang hendak terbang, dan juga buku yang seolah berada di balik dinding.

Sementara di bagian lantai terdapat lukisan 3D panorama kehidupan bawah laut yang terlihat penuh warna.

Lokasi: Kampung Kedung Belang, RW XIII atau di utara tanggul Sungai Bengawan Solo.

Baca: 30 Tempat Wisata di Bandung yang Kecenya Kebangetan

Taman Hutan Rakyat (Tahura)

Taman Hutan Rakyat Solo
Photo by Coupletreveller.blogspot.co.id

Tahura bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Solo ke arah kawasan Tawangmangu.

Akses jalan menuju ke kawasan wisata alam ini cukup menanjak karena berada di kawasan kaki Gunung Lawu, sehingga pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan fit.

Di tempat rekreasi alam ini kamu akan menjumpai berbagai jenis vegetasi dan juga tak kurang dari 34 jenis satwa yang bisa disaksikan sembari menikmati sejuknya alam di lereng pegunungan.

Selain difungsikan sebagai tempat rekreasi, Taman Hutan Rakyat ini juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan penelitian dan kegiatan perkemahan.

Selain fasilitas masjid dan MCK, di lokasi ini juga terdapat fasilitas lain berupa villa dan yang bisa disewa oleh wisatawan.

Di lokasi ini juga terdapat beberapa spot cantik untuk berfoto sehingga kamu bisa lebih leluasan untuk selfie maupun wefie bareng keluarga.

Kamu juga bisa memberi makan rusa yang berkeliaran di hutan, atau bisa juga berkuda dan menikmati fasilitas outbound yang dijamin pasti seru.

Lokasi:  Sukuh, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi Sukuh

Wisata Sejarah Candi Sukuh Solo
Photo by @fesaaprindak

Candi Hindu ini merupakan salah satu situs Warisan Dunia yang diusulkan oleh UNESCO sejak tahun 1995.

Situs ini ditemukan pertama kali pada tahun 1815 oleh Johnson yang ditugasi oleh Thomas Stanford Raffles untuk mengumpulkan data guna penyusunan buku History of Java.

Bentuk Candi Sukuh sendiri cukup sederhana seperti trapesium dan menyerupai kuil Suku Maya Chichen Itza di Meksiko, namun dengan bentuk bangunan yang tidak rapi dan seperti dibuat secara tergesa-gesa.

Keberadaan candi ini cukup kontroversial dengan adanya beberapa relief yang menggambarkan erotisme yang cukup vulgar.

Bahkan candi ini juga identik dengan beberapa mitos yang erat kaitannya dengan kesetiaan pasangan.

Lokasi:  Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi Cetho

Wisata Bersejarah Candi Cetho Solo
Photo by @silvesterkuncara

Candi Cetho hanya berjarak sekitar 4 km dari Candi Sukuh dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Solo.

Sama seperti Candi Sukuh, Candi Cetho juga merupakan Candi Hindu yang dibangun pada masa kerajaan Majapahit.

Candi ini juga menampilkan sisi erotisme yang cukup vulgar namun tidak sebanyak yang ada di Candi Sukuh.

Candi ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu yang berada di sekitar kawasan candi, sehingga bagi kamu yang berkunjung di sini wajib mentaati peraturan yang berlaku.

Salah satunya adalah kewajiban menggunakan kain poleng yang ditempatkan di pinggang.  Kamu kamu akan mendapatkan kain ini dari petugas pengelola setelah membayar tiket masuk.

Berada di jalur pendakian membuat suasana alam di sekitar candi terlihat mempesona, apalagi lokasinya berada di atas perkebunan teh di ketinggian sekitar 1.496 Mdpl.

Nah, ketika berwisata ke Candi Cetho wisatawan juga bisa sekalian singgah ke Rumah Teh Ndoro Donker untuk menikmati secangkir teh serta mencicipi menu lezat yang disajikan.

Untuk mencapai lokasi Candi Cetho pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima karena akses jalan yang ditempuh cukup terjal dan menanjak.

Setelah sampai di lokasi wisata sejarah dan budaya ini kamu bisa menjelajahi candi dan menikmati suasana alamnya yang menyejukkan mata.

Lokasi: Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar, provinsi Jawa Tengah.

Kebun Strawberry Karanganyar

Wisata Kebun Strawberry Karanganyar Solo
Photo by Meganisa23.blogspot.co.id

Dengan lahan seluas kurang lebih 2.000 meter persegi dan view perbukitan di sekitarnya, agrowisata ini menawarkan sensasi liburan seru yang asik dan berkesan.

Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana proses penanaman bibit strawberry dan juga perawatannya.

Selain itu, kamu juga bisa memetik buah strawberry langsung dari pohonnya untuk dimakan ataupun dibawa pulang sebagai buah tangan.

Lokasi: Desa Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah Solo
Photo by @agrowisata_amanah

Satu lagi destinasi wisata keluarga yang bisa dikunjungi untuk sensasi liburan yang seru dan mengedukasi, yaitu di Agrowisata Amanah.

Objek wisata seru ini menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Mulai dari area outbound, penginapan, tempat makan enak, hingga kolam renang dan perkebunan yang tertata apik.

Lokasi: Jl. Tawangmangu Km 34, Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar.

Edupark Intan Pari

Wisata Edupark Intan Pari Karanganyar Solo
Photo by @eduparkkaranganyar

Menjelajahi Wisata Solo, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Taman Edupark Intan Pari atau Dirgantara Edupark.

Di lokasi wisata ini terdapat sebuah pesawat asli jenis Boeing 737-300 yang diparkir dan juga helikopter jenis Bolco yang bisa dijelajahi oleh wisatawan.

Tak jauh dari lokasi pesawat dan helikopter terdapat kolam renang yang bisa disambangi.

Sambil menjelajahi pesawat dan helikopter yang terparkir, kamu bisa berfoto-foto dalam berbagai gaya yang keren.

Lokasi: Gatot Subroto, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar.

Bumi Perkemahan Sekipan

Bumi Perkemahan Sekipan Solo
Photo by @ayu_pujia

Selain berkemah dan melakukan kegiatan outbound yang seru, kamu juga bisa menikmati suasana alam dengan menginap di beberapa villa yang tersedia.

Adanya fasilitas waterpark di lokasi wisata ini juga menambah keseruan liburan bagi para pengunjung yang datang.

Di sini, kamu juga bisa menjelajahi Rumah Papua dan Kampung Helloween yang akan memberikan pengalaman unik dan berbeda.

Lokasi: Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Telaga Madirda

Wisata Alam Telaga Madirda Solo
Photo by @explore.solo

Dengan view perbukitan yang hijau dan asri, Telaga Madirda menyajikan suasana alam yang begitu mempesona.

Berada di kawasan Candi Sukuh, objek wisata alam ini bisa disambangi sekalian mengunjungi Candi Sukuh agar pengalaman liburan semakin lengkap.

Air telaga terlihat sangat jernih dan suhu udara di sekitar danau pun sejuk, membuat siapa saja betah untuk berlama-lama berada di tempat ini.

Lokasi: Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

Baca: 30 Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru dan Paling Hits, ada “Tangga Menuju Surga” lho!

Selain wisata Solo yang begitu menarik, ada ragam pilihan wisata lainnya di sekitar Solo yang bisa disinggahi agar liburan semakin lengkap.

Seperti Batu Seribu di Sukoharjo, Bukit Cumbri Wonogiri, Edupark Intanpari Karanganyar, hingga Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso Karangayar yang memikat.