Gembira Loka Zoo Jogja, Objek Wisata Rekreasi dan Edukasi dengan Koleksi Satwa yang cukup Lengkap

Gembira Loka Zoo Jogja
Gembira Loka Zoo Jogja Taken by @asmelanidr

Nyero.ID – Gembira Loka Zoo Jogja bisa menjadi pilihan yang menarik untuk tujuan wisata bersama keluarga.  Tempat rekreasi ini menawarkan sensasi liburan yang seru dan asik dengan muatan edukasi di dalamnya.

Sejarah pembangunan Gembira Loka sendiri bermula ketika di tahun 1933 Sri Sultan Hamengku Buwono VIII ingin membuat sebuah tempat hiburan yang kemudian dikenal dengan nama Kebun Rojo.  Ide tersebut kemudian direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke-IX dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitek berkebangsaan Belanda.

Proses pembangunan Kebun Rojo sempat terhenti beberapa kali karena Perang Dunia II dan pendudukan oleh Jepang.  Setelah Perang Dunia II usai di tahun 1949 ide untuk melanjutkan pembangunan Kebun Rojo kembali ada namun baru terealisasi di tahun 1953 setelah terbentuk Yayasan Gembira Loka Yogyakarta yang diketuai oleh Sri Paduka Paku Alam VIII.

Di tahun 1969, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan tersebut karena kecintaannya kepada alam dan sumbangsihnya yang membuat Gembira Loka semakin berkembang pesat.  Hingga di tahun 1978 koleksi satwa di Gembiraloka semakin lengkap dengan jumlah pengunjung yang semakin meningkat.

Dalam perkembangannya, Gembira Loka Zoo menjadi salah satu ikon wisata di Jogja yang cukup difavoritkan wisatawan ketika menikmati waktu liburan di Kota Jogja.

Bagi yang sedang merencanakan liburan seru di Gembira Loka Zoo Jogja berikut ini adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Gembira Loka Zoo per Februari 2020 adalah sebesar Rp 30.000 per orang untuk hari biasa, dan Rp 35.000 per orang untuk hari Sabtu dan Minggu.  Sementara untuk Hari Raya Idul Fitri tiket masuknya sebesar Rp 40.000.  Bagi pengunjung dengan tinggi di bawah 80 cm bisa masuk secara gratis.

Tersedia pula Tiket Terusan Perahu Katamaran untuk rombongan dengan ketentuan harga tiket masuk ditambah Rp 5.000.  Sementara untuk Tiket Paket Hemat Kataring ditetapkan sebesar tiket masuk ditambah Rp 25.000.  Pada paket ini pengunjung bisa menikmat perahu katamaran dan kereta keliling sehingga lebih hemat.

Selain itu, Gembira Loka Zoo Jogja juga menawarkan paket diskon untuk rombongan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, mulai dari 10% hingga 50% sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

Jam Buka

Gembira Loka Zoo Jogja buka setiap hari Sabtu – Kamis mulai pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB sementara untuk hari Jum’at tutup.

Fasilitas

Sebagai salah satu ikon wisata yang terkenal di Jogja, Gembira Loka Zoo sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai.  Mulai dari area parkir yang luas, mushola dan masjid, toilet hingga sentral service berupa ruang laktasi bagi ibu menyusui dan toilet bagi penyandang disabilitas.

Fasilitas lainnya yang tersedia adalah stroller bayi, akses WiFi di beberapa titik di seluruh kawasan Gembira Loka, food court, kursi roda bagi para penyandang disabilitas, hingga gelang anak gratis untuk usia 3-6 tahun.

Daya Tarik

Gembira Loka Zoo Jogja merupakan salah satu objek wisata populer yang menjadi kebanggaan warga Jogja.  Kebun binatang ini memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap sehingga sangat cocok untuk rekreasi dan wisata edukasi.

Gembira Loka menawarkan paket wisata yang cukup lengkap dengan berbagai macam wahana di dalamnya, yaitu berupa wahana rekreasi dan wahana atraksi interaksi.  Salah satu aktivitas yang bisa dicoba di wahana rekreasi adalah Onta Tunggang.

Di wahana ini pengunjung bisa mencoba sensasi naik unta dan melintasi padang pasir ala Timur Tengah, selain itu pengunjung juga bisa berfoto dengan latar piramid.

Bukan hanya Onta Tunggang saja, di Gembira Loka Zoo juga tersedia wahana Gajah Tunggang yang tidak kalah seru untuk dicoba.  Pada wahana ini pengunjung akan diajak untuk mengelilingi arena dengan menunggang gajah yang dikenal sebagai salah satu mamalia terbesar di daratan.

Sementara di wahana Petting Zoo pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan berbagai macam satwa yang sangat jinak, seperti kuda poni, keledai, domba Batur, kelinci Jawa, kelinci German Giant, marmut, kambing Etawa, ayam Brahma hingga kura-kura Sulcata dan Emys.

Wahana rekreasi lainnya yang bisa dicoba adalah Zoo Express yang merupakan kereta mini dengan dua gerbong penumpang.  Kereta ini melewati rel kereta api yang asli dengan panjang lintasan hingga 300 meter.

Selain empat wahana tersebut di Gembira Loka Zoo juga tersedia beberapa wahana lain yang tidak kalah seru untuk dicoba.  Diantaranya adalah Kolam Sentuh yang memungkinkan para pengunjung untuk menyentuh berbagai macam jenis ikan dan aneka satwa aquatik secara langsung.

Ada juga Kolam Tangkap yang dikhususkan bagi anak-anak usia balita sampai 10 tahun.  Dengan kedalaman kolam yang hanya 30 cm anak-anak bisa dengan leluasa menangkap ikan-ikan kecil yang boleh dibawa pulang untuk dipelihara.  Bagi yang tidak berhasil menangkap ikan sudah tersedia bungkusan ikan kecil untuk dibawa pulang.

Sementara pada wahana Terapi Ikan pengunjung akan diajak untuk merasakan sensasi unik ketika lapisan kulit mati pada kaki digigit oleh ratusan ikan kecil dari jenis Garra Rufa.  Selanjutnya pengunjung juga bisa menikmati wahana Perahu Kayuh, Ninebot hingga Skuter Air untuk melengkapi aktivitas liburan di Gembira Loka.

Sedangkan atraksi interaktif di Gembira Loka Zoo terdiri dari Bird Show, Interaksi Reptil, Presentasi dan Edukasi Satwa, Feeding Time dan Atraksi Satwa.

Pada atraksi Bird Show pengunjung bisa menyaksikan bagaimana perilaku burung secara langsung, mulai dari elang Jawa, elang laut, burung kangkareng, burung kakatua jambul hingga burung hantu.  Pertunjukan burung ini bisa disaksikan secara gratis sesuai jadwal pertunjukannya.

Sementara di wahana Interaksi Reptil pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan berbagai macam satwa reptil mulai dari kura-kura, iguana, hingga ular python.  Pada atraksi ini pengunjung akan didampingi oleh para keeper sehingga lebih aman.

Pada wahana Presentasi dan Edukasi Satwa, pengunjung akan diajak untuk menyaksikan atraksi satwa yang sangat menarik tanpa dipungut biaya alias gratis.  Pertunjukan satwa ini meliputi pertunjukan burung linsang, orang utan, beruang madu, dan burung merak.  Atraksi lainnya yang tidak kalah menarik untuk disaksikan adalah Feeding Time dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Gembira Loka Zoo adalah naik Perahu Katamaran yang mampu menampung penumpang dengan kapasitas hingga 40 orang.  Perahu Katamaran ini menjadi salah satu aktivitas yang cukup difavoritkan oleh pengunjung karena bisa mengelilingi danau dan menikmati pemandangan indah di sekitarnya.

Selain Perahu Katamaran, pengunjung juga bisa mencoba sensasi naik speed boat dengan kecepatan tinggi atau bermain ATV dengan lintasan yang berkelok-kelok sehingga sensasinya lebih seru dan menyenangkan.

Sembari menikmati suasana Gembira Loka Zoo yang asri dan sejuk, pengunjung bisa memanfaatkan waktunya untuk berburu spot-spot kece untuk keperluan foto-foto.  Pastinya ada banyak spot kece di lokasi wisata ini yang bisa diabadikan dalam bidikan kamera.

Lokasi

Lokasi Gembira Loka Zoo Jogja berada di Jalan Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.  Lokasi objek wisata ini tidak jauh dari pusat kota sehingga sangat mudah untuk diakses, baik dengan kendaraan pribadi, angkutan umum maupun transportasi online.  Untuk mengetahui rute selengkapnya silahkan gunakan aplikasi Google Maps.