Gunung Andong Magelang, Spot Favorit untuk Berburu Golden Sunrise dengan Pemandangan Indah 360 Derajat

Gunung Andong Magelang
Photo by @olfatsky

Nyero.ID – Gunung Andong Magelang berada di di Kabupaten Magelang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga.

Tepatnya diantara Desa Ngablak dan Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang.

Gunung ini memiliki tipe perisai yang melingkari Kabupaten Magelang dan masih satu gugusan dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, serta Gunung Merbabu.

Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini tercatat belum pernah meletus dan menjadi salah satu tujuan yang difavoritkan oleh pendaki pemula.

Gunung Andong Magelang memang memiliki jalur trek yang cukup ringan dengan medan yang tidak terlalu terjal sehingga hanya butuh waktu sekitar 2 jam saja untuk mencapai puncaknya.

Lokasi Mdpl Gunung Andong Magelang
Photo by @wisnuw_sn

Setidaknya ada 6 basecamp yang bisa dipilih sebagai titik awal pendakian, yaitu di Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan Dusun Temu di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Sedangkan dua basecamp lainnya berada di Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum, Kembangan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Diantara keenam basecamp tersebut yang paling populer dan cukup difavoritkan adalah basecamp Taruna Jaya Giri di Dusun Sawit.

Rute yang dilalui dari basecamp menuju ke Pos 1 Kemuning berupa jalan setapak diantara pepohonan pinus.

Menuju Pos 2 Dewandaru jalur trek sedikit menanjak, sementara menuju ke Pos 3 Watu Wayang terdapat susunan anak tangga dari batu yang memudahkan pendaki untuk melanjutkan pendakian.

Di sepanjang perjalanan para pendaki akan disuguhi dengan pemadangan alam yang memanjakan mata sehingga rasa lelah pun sirna seketika.

Dengan panorama alamnya yang begitu eksotik, Gunung Andong rupanya memiliki empat puncak sekaligus yang berjajar dan membentang dari arah barat ke timur.

Keempat puncak tersebut adalah Puncak Makam, Puncak Alap-alap, Puncak Jiwa, dan Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi di Gunung Andong.

Rute Pendakian Gunung Andong Magelang
Photo by @veranithaa

Sementara Puncak Jiwa menjadi lokasi camping ground bagi para pendaki yang ingin menikmati momen sunrise.

Di puncak Gunung Andong Magelang ini para pendaki akan disuguhi dengan view panorama alam yang indah dan menakjubkan.

Mulai dari hamparan sawah dan deretan perbukitan, landscape Kota Magelang, Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Prau, Ungaran, Telomoyo serta puncak Gunung Andong lainnya.

Informasi Lengkap Destinasi Wisata Gunung Andong Magelang

Bagi yang sedang merencanakan liburan asik ke Gunung Andong Magelang, berikut ini adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

1. Harga Tiket Masuk

Untuk memulai pendakian di Gunung Andong Magelang para pendaki hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 saja dengan perincian Rp 6.000 untuk pemasukan kas Dusun Sawit dan Rp 4.000 untuk Perhutani, sudah termasuk asuransi.

Sementara untuk parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

2. Jam Buka

Gunung Andong Magelang buka selama 24 jam sehingga memberikan banyak kesempatan kepada para pendaki yang ingin menikmati keindahan malam di puncak Gunung Andong dan menunggu momen golden sunrise dengan berkemah.

3. Fasilitas

Gunung Andong sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai sehingga membuat para pendaki semakin nyaman.

Di basecamp, beberapa pos pemberhentian dan di puncak gunung terdapat beberapa warung yang menjual makanan serta minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

Para pendaki juga bisa memanfaatkan colokan yang tersedia untuk mengisi baterai HP maupun kamera.

Selain warung makan, di Gunung Andong juga tersedia fasilitas toilet dan pancuran air di sepanjang jalan pos dua dan di puncak.

Bagi yang ingin berkemah tetapi tidak membawa tenda, tersedia fasilitas penyewaan tenda sehingga lebih praktis.

Di kawasan Gunung Andong juga terdapat beberapa gazebo kecil yang bisa dimanfaatkan oleh para pendaki untuk sekedar bersantai atau beristirahat.

4. Daya Tarik

Jalur pendakian Gunung Andong Magelang yang tidak terlalu terjal dengan panorama indah di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri yang membuat gunung ini banyak difavoritkan oleh para pendaki, khususnya pendaki pemula.

Hanya dalam waktu sekitar 2 jam saja para pendaki bisa mencapai puncak gunung dan menikmati berbagai macam keindahannya.

Selain medan yang cukup bersahabat, Gunung Andong Magelang juga terkenal dengan golden sunrise-nya yang begitu menawan.

Puncak Gunung Andong Magelang
Photo by @vkundang

Dari puncak Gunung Andong para pendaki bisa menikmati momen golden sunrise yang ekostis dengan pemandangan indah 360 derajat.

Sinar mentari yang hangat perlahan terbit diantara Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Untuk menikmati momen sunrise ini pendaki bisa memilih spot di Batu Pertapaan karena posisinya berhadapan langsung dengan terbitnya matahari.

Bukan hanya sunrise-nya saja yang mampu menghipnotis dengan keindahannya, di Gunung Andong ini pendaki juga disuguhi dengan panorama alam yang tak kalah eksotis berupa lautan awan.

Lautan awan putih di Batu Pertapaan terlihat mengeliling puncak gunung dengan latar Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Lautan awan putih ini juga bisa dinikmati dari Puncak Makam dengan latar belakang Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Prau dari kejauhan yang membuat suasana terasa semakin syahdu dan menenangkan.

Trip Pendakian Gunung Andong Magelang
Photo by @melalakindonesia

Di Gunung Andong Magelang para pendaki bisa mengeksplore beberapa puncaknya dengan panorama alamnya masing-masing yang pastinya memanjakan mata.

Puncak pertama setelah Batu Pertapaan yang bisa disambangi adalah Puncak Alap-alap yang berada di ketinggian 1.692 mdpl.

Di puncak ini para pendaki bisa menikmati secuil ketenangan untuk sekedar melepas penat dan menyingkir dari kesibukan.

Selain Puncak Alap-alap, di Gunung Andong Magelang para pendaki juga bisa menyambangi Puncak Makam.

Di area puncak ini terdapat sebuah makam dengan ukuran 2×3 meter yang merupakan makam dari Kiai Abdul Faqih atau dikenal sebagai Ki Joko Pekik, seorang tokoh yang sangat dihormati oleh masyarakat setempat.

Puncak selanjutnya adalah Puncak Jiwa yang sangat identik dengan aneka warna tenda.

Di lokasi puncak ini memang menjadi lokasi favorit bagi para pendaki untuk berkemah.

Selain memiliki area yang cukup luas dan datar, view yang terlihat dari Puncak Jiwa juga tidak kalah eksotis dibandingkan puncak lainnya.

Sementara untuk menikmati panorama alam pegunungan dari titik tertingga para pendaki bisa langsung menuju ke Puncak Andong.

Puncak ini disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam dan deretan gunung di sekelilingnya.

Mulai dari Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di sebelah timur serta Gunung Lawu dalam ukuran yang lebih kecil.

Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Prau di sebelah barat, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran di sebelah utara. Serta Gunung Tidar dan pegunungan Menoreh di sebelah selatan.

Selain menikmati keindahan alam di puncak Gunung, para pendaki juga bisa singgah sejenak di Air Terjun Sumuran

Berjarak sekitar 5 km dari basecamp Dusun Pendem, tepatnya di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini memiliki aliran air yang tidak terlalu deras sehingga suara gemericiknya terasa sangat menenangkan.

Sementara di bagian bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang dibuat permanen dan aman untuk aktivitas berendam atau sekedar bermain air.

5. Lokasi

Gunung Andong Magelang terletak diantara Desa Ngablak dan Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Jaraknya sekitar 30,6 km dari pusat Kota Magelang dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 52 menit melalui Jalan Magelang – Kopeng atau Jalan Magelang – Salatiga.