11 Gunung di Jawa Barat yang Layak untuk Ditaklukkan, dari Gunung Ciremai hingga Gunung Patuha!

Gunung di Jawa Barat
Gunung Papandayan Photo by @dy_regar

Nyero.ID – Selain mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik, momen liburan Jawa Barat juga bisa diisi dengan aktivitas mendaki gunung.  Ada beberapa gunung di Jawa Barat yang layak untuk ditaklukkan, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Gunung Ciremai

Memiliki ketinggian sekitar 3.078 mdpl, Gunung Ciremai menjadi salah satu spot pendakian yang menarik untuk ditaklukkan. Gunung di Jawa Barat ini terlatak di tiga kabupaten, yaitu Cirebon, Kuningan, dan Majalengka.

Gunung Ciremai memiliki dua buah kawah dan masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).  Tersedia 3 jalur pendakian yang bisa dipilih yaitu melalui Majalengka, Palutungan atau Linggarjati.

Gunung di Jawa Barat ini menyimpan banyak keindahan.  Mulai dari dua kawah biru, bunga edelweiss hingga momen sunrise di puncak Gunung Ciremai.  Dari puncak gunung, para pendaki bisa menikmati deretan keindahan Gunung Slamet, Sumbing, dan Sindoro diantara cahaya mentari yang mulai terbit.

  1. Gunung Gede

Gunung Gede memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdpl dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.  Gunung dengan tipe stratovolcano ini memiliki karakteristik yang khas dan terakhir meletus pada tahun 1957 dengan intensitas yang cukup ringan.

Gunung di Jawa Barat ini berada di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.  Tersedia tiga jaur pendakian menuju ke puncak, yaitu via Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana.

Keberadaan Alun-alun Suryakencana yang dipenuhi dengan padang rumput dan bunga edelweiss serta telaga biru di Gunung Gede menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang datang.

  1. Gunung Pangrango

Terkenal dengan Lembah Mandalawangi-nya yang eksotis, Gunung Pangrango memiliki ketinggian sekitar 3.019 mdpl dan menjadi salah satu spot pendakian yang cukup difavoritkan.

Dengan ketinggiannya tersebut, Gunung Pangrango disebut-sebut sebagai gunung tertinggi ke-2 di Provinsi Jawa Barat setelah Gunung Ciremai.

Lembah Mandalawangi dan taman bunga edelweiss di Gunung Pangrango menjadi salah satu spot menarik yang layak wajib diabadikan dalam bidikan kamera.  Selain itu juga terdapat air terjun dan sumber air panas yang bisa disinggahi untuk sekedar rehat sebelum melanjutkan perjalanan.

  1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut dan memiliki ketinggian sekitar 2.665 mdpl.  Dengan panorama alamnya yang indah, Gunung Papandayan menjadi salah satu spot favorit para pendaki di Jawa Barat, termasuk bagi para pendaki pemula.

Gunung ini memiliki tiga kawah yaitu kawah Mas, kawah Nangklak, dan kawah Manuk.  Selain kawah, Gunung Papandayan juga memiliki Tegal Alun yang sangat eskotis dengan hamparan padang rumput dan bunga edelweiss di sekitarnya.

Sebelum letusan di tahun 2002, Gunung Papandayan memiliki 4 buah kawah besar yang kemudian bergabung menjadi satu kawah besar dan bisa terlihat dari kejauhan.  Untuk mencapai puncak gunung dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan melalui jalur dari Alun-alun Pondok Salada.

  1. Gunung Salak

Gunung Salak masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun.  Letaknya di Kabupaten Sukabumi dan Bogor dengan ketinggian sekitar 2.221 mdpl.  Butuh nyali yang sangat besar untuk bisa menaklukkan Gunung Salak karena spot pendakian ini terkenal angker dan memiliki jalur pendakian yang cukup menantang.

Salah satu pesona Gunung Salak yang tidak boleh dilewatkan adalah keberadaan Kawah Ratu yang begitu indah.  Kawah yang terbentuk dari letusan dahsyat ini merupakan salah satu pos pemberhentian sebelum menuju ke puncak.

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Jawa Barat.  Gunung ini sangat lekat dengan kisah Sangkuriang-nya yang begitu melegenda.

Gunung di Jawa Barat ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 mdpl dan menyuguhkan panorama alam yang cantik dengan keberadaan kawah-kawah di sekitarnya.  Setidaknya ada 9 kawah di kawasan Gunung Tangkuban Perahu, yaitu kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman, dan Pangguyungan Badak.

  1. Gunung Guntur

Gunung Guntur memiliki ketinggian sekitar 2.249 mdpl dan menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona.  Gunung di Jawa Barat ini populer dengan julukan “Semeru Mini” karena karakteristik treknya berpasir dan berkerikil seperti di Gunung Semeru.

Gunung di Jawa Barat ini memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Masigit, Puncak Guntur, Puncak Parupayan, dan Puncak Kabuyutan.  Salah satu jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak adalah via Citiis.

Di kawasan puncak gunung terdapat dua kaldera yang sangat luas, sementara sebagian lainnya merupakan padang sabana yang ditumbuhi ilalang.  Spot ini menjadi lokasi favorit bagi para pendaki untuk mengabadikan momen pendakian dalam bidikan kamera.

Gunung Guntur juga menjadi lokasi terbaik untuk menikmati momen sunrise di pagi hari.  Dari atas ketinggian akan terlihat siluet Gunung Papandayan, Cukuray dan Gunung Ciremai.

  1. Gunung Cikuruay

Gunung Cikuruay terletak di wilayah Garut dan memiliki ketinggian sekitar 2.818 mdpl.  Gunung ini merupakan salah satu spot pendakian yang cukup populer dan difavortikan oleh para pendaki.

Setidaknya tersedia 3 jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncaknya, yaitu jaur Cikajang, Boyongbong atau Dayeuh Manggung.  Dari puncak Gunung Cikuruay para pendaki akan dimanjakan dengan keindahan alam dan panorama gunung di sekitarnya.

  1. Gunung Puntang

Gunung di Jawa Barat ini memiliki ketinggian sekitar 2.222 mdpl dan menjadi salan satu spot pendakian yang cukup difavoritkan.  Selain untuk kegiatan mendaki, gunung ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi untuk kegiatan kemah.

Gunung Puntang menyediakan jalur pendakian yang cukup bersahabat sehingga sangat cocok bagi para pendaki pemula.  Setidaknya butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk mencapai ke puncak gunung.

Puncak tertinggi Gunung Puntang dikenal dengan nama Puncak Mega dan menjadi salah satu spot favorit untuk berburu foto.  Dari puncak gunung, para pendaki bisa menikmati keindahan momen sunrise dengan view nan menawan di sekitarnya.

Gunung Puntang memiliki beberapa air terjun dengan pesona yang tidak kalah indah untuk dieksplore.  Diantaranya adalah Air Terjun Cigeureuh, Air Terjun Siliwangi, Air Terjun Cisaat, Air Terjun Gentong, dan Air Terjun Cihuripan.

  1. Gunung Malabar

Gunung Malabar terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.  Malabar sendiri merupakan salah satu puncak di Pegunungan Malabar selain Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman.

Dengan ketinggian sekitar 2.343 mdpl, gunung di Jawa Barat ini menawarkan jalur pendakian yang cukup bersahabat.  Pemandangan yang tersaji dari atas puncak gunung sangatlah menawan, seperti landscape Kota Bandung, Tangkuban Perahu, dan Bukit Tunggul.

  1. Gunung Patuha

Dengan ketinggian sekitar 2.434 mdpl, Gunung Patuha menyediakan tiga jalur pendakian yang bisa dipilih oleh para pendaki, salah satunya adalah jalur via Kawah Putih yang cukup ramah.

Meskipun keindahan Kawah Putih sangat eksotis, namun para pendaki harus tetap berhati-hati dan menggunakan masker.  Aroma belerang di kawasan kawah ini sangat kuat dan menyengat.

Butuh waktu sekitar 3-5 jam perjalanan untuk bisa sampai ke puncak gunung.  Di puncak Gunung Patuha para pendaki bisa berburu sunset di kala senja dengan penorama alamnya yang begitu syahdu.

Sementara di pagi hari, momen sunrise di kawasan puncak gunung juga tidak kalah menawan untuk diabadikan dalam bidikan kamera.