10 Gunung di Jawa Tengah yang Layak untuk Ditaklukkan, dari yang Tertinggi hingga yang Ramah bagi Pendaki Pemula!

Gunung di Jawa Tengah
Gunung Merbabu taken by @gramountadventure

Nyero.ID – Berada dalam kawasan Cincin Api atau Ring of Fire menjadikan Indonesia memiliki banyak gunung yang hampir tersebar di seluruh wilayahnya.  Salah satunya adalah deretan gunung di Jawa Tengah yang menjadi salah satu spot favorit bagi para pendaki untuk menaklukkan ketinggiannya.  Sebagai referensi berikut ini adalah 10 gunung di Jawa Tengah yang layak untuk ditaklukkan.

1.  Gunung Slamet

Dengan ketinggian mencapai 3.428 mdpl, Gunung Slamet termasuk dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Tengah.  Dengan ketinggiannya tersebut banyak pendaki yang merasa tertantang untuk datang dan menaklukkannya.

Gunung di Jawa Tengah ini berada di 5 kabupaten, yaitu Brebes, Purbalingga, Banyumas, Pemalang dan Tegal.  Untuk mencapai puncak tertinggi Gunung Slamet para pendaki bisa melalui jalur pendakian di Blambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja.

Setidaknya ada 9 pos yang harus dilewati oleh para pendaki dimana estimasi waktu tempuh dari satu pos ke pos lainnya sekitar 15 menit – 3 jam perjalanan.  Sementara untuk sumber mata air hanya bisa ditemui pada pos 5 (Samyang Rangkah).

Salah satu spot yang cukup dafavortikan adalah Pos Plawangan yang merupakan jalur terbuka dengan vegetasi yang mulai berkurang.  Dari pos ini bisa terlihat panorama alam di sekitarnya yang begitu indah, terlebih ketika momen sunrise tiba.

2.  Gunung Sumbing

Gunung Sumbing memiliki ketinggian sekitar 3.371 mdpl dan memiliki puncak Sejati sebagai puncak tertingginya.  Gunung ini termasuk dalam kompleks “Triple S” yang merujuk pada Gunung Slamet, Sumbing, dan Sindoro.

Gunung ini berada di perbatasan 3 kabupaten, yaitu Magelang, Wonosobo, dan Temanggung.  Gunung Sumbing sendiri dikenal sebagai gunung kembar bersama Gunung Sindoro karena letaknya yang berdekatan, seperti halnya Gunung Merapi dan Merbabu.

Ada banyak jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak, diantaranya adalah via Garung, Capit Parakan, Butuh Kaliangkrik, Bowongso dan Sipetung.  Jalur via Dusun Butuh bisa menjadi pilihan yang menarik karena para pendaki bisa menyaksikan deretan perkampungan yang unik ala Nepal.

3.  Gunung Sindoro

Gunung Sindoro memiliki ketinggian sekitar 3.153 mdpl dan tercatat meletus terakhir kali pada tahun 2011.  Butuh waktu sekitar 5-6 jam untuk bisa mencapai puncak tertinggi Gunung Sindoro.

Gunung di Jawa Tengah ini merupakan salah satu tujuan yang difavoritkan oleh para pendaki.  Gunung berapi yang masih aktif ini memiliki Kawah Jolotundo pada puncaknya dan masih mengeluarkan asap serta gas sulfur.

Gunung Sindoro menyajikan keindahan alam yang menawan dengan padang savanna dan hamparan bunga edelweiss yang begitu epic.  Untuk menikmati keindahan bunga edelweiss para pendaki bisa datang pada bulan Mei hingga Agustus.

4.  Gunung Merbabu

Dengan ketinggian sekitar 3.145 mdpl, Gunung Merbabu menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah yang menantang untuk ditaklukkan.  Lokasinya sejajar dengan Gunung Merapi dan Gunung Ungaran dengan pemandangan alam yang begitu indah di sekitarnya.

Untuk mencapai puncak Gunung Merbabu, pendaki bisa menggunakan beberapa jalur pendakian sebagai alternatif.  Yaitu jalur Kopeng, Wekas, Selo, Cunthel, dan Suwanting.  Dari jalur yang ada tersebut, jalur pendakian via Selo menjadi jalur yang paling difavortikan.

Jika mendaki melalui jalur Selo para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu indah, termasuk hamparan bunga edelweiss yang terkanal dengan sebutan bunga keabadian.

Bagi para pendaki yang hendak menggunakan jalur ini bisa melakukan reservasi sebelumnya melalui situs www.tngunungmerbabu.org/ Nantinya para pendaki akan mendapatkan fasilitas gelang ber-chip yang dilengkapi dengan teknologi GPS sehingga lebih aman.

5.  Gunung Merapi

Berdekatan dengan Gunung Merbabu, Gunung Merapi memiliki ketinggian sekitar 2.930 mdpl dengan puncak tertingginya yang populer dengan sebutan Puncak Garuda.  Gunung Merapi sendiri berada di perbatasan antara Provinsi DIY dengan Jawa Tengah.

Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2010 dan memberikan efek kerusakan yang luar biasa pada wilayah di sekitarnya.  Untuk mencapai puncak gunung para pendaki bisa melalui jalur Selo dari Kabupaten Boyolali dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan.

Gunung Merapi juga terkenal dengan kisah mistis dan mitos yang menyelimuti, salah satunya adalah keberadaan Pasar Bubrah yang penuh dengan misteri.

6.  Gunung Prau

Dengan ketinggian sekitar 2.565 mdpl Gunung Prau menjadi salah satu spot favorit untuk pendakian dengan estimasi waktu tempuh sekitar 2-4 jam saja.

Gunung di Wonososbo, Jawa Tengah ini menyajikan panorama yang begitu eksotis dengan lautan awan dan view alam pegunungan di sekitarnya.

Momen sunsrise di Gunung Prau menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu untuk diabadikan dalam bidikan kamera.  Selain itu, keberadaan Bukit Teletubbies di gunung ini juga tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja karena menyajikan hamparan padang savana yang begitu epic.

7.  Gunung Pakuwaja

Barada di dataran tinggi Dieng, Gunung Pakuwaja memiliki ketinggian sekitar 2.421 mdpl dan menjadi salah satu spot yang cukup difavoritkan oleh para pendaki.

Salah satu keunikan di gunung ini adalah keberadaan batu vertikal setinggi 50 meter yang disebut-sebut sebagai paku Pulau Jawa.

Selain unik, Gunung Pakuwaja juga tidak kalah eksotis dari deretan gunung lainnya di Jawa Tengah.  Gunung ini menyajikan panorama alam yang begitu indah, salah satunya adalah momen sunrise yang begitu epic.

Untui mencapai puncak Gunung Pakuwaja para pendaki bisa menggunakan jalur pendakian via Desa Parikesit.  Medan yang cukup terjal saat mendekati puncak gunung menjadi tantangan tersendiri yang akan membuat momen pendakian semakin seru dan tak terlupakan.

Di puncak Gunung Pakuwaja para pendaki akan disuguhi dengan panorama yang begitu indah dengan view Gunung Prau yang memanjang serta dataran tinggi Dieng di bawahnya.  Sementara dari arah barat terlihat kemegahan Gunung Slamet, dari arah selatan terlihat Gunung Sindoro serta deretan gunung lainnya di sisi sebelah timur.

8.  Gunung Ungaran

Gunung Ungaran memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl dan memiliki 3 puncak serta 3 jalur pendakian.  Dari puncak gunung para pendaki akan dimanjakan dengan panorama alam dan keindahan deretan gunung di sekitarnya.

Gunung Ungaran menjadi salah satu spot favorit bagi para pendaki untuk menikmati keindahan alam dari atas ketinggian.  Di kawasan gunung ini para pendaki bisa berkemah dan menyatu dengan alam.

9.  Gunung Andong

Dengan ketinggian sekitar 1.762 mdpl, Gunung Andong disebut-sebut sebagai salah satu spot pendakian yang ramah bagi para pendaki pemula.  Meskipun ketinggiannya di bawah 2.000 mdpl namun untuk keindahan dan eksotismenya tidak kalah dengan deretan gunung lainnya di Jawa Tengah.

Untuk mencapai puncak gunung para pendaki bisa menggunakan 3 jalur alternatif, salah satu yang paling populer adalah melalui Sawit, Kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.  Dari atas ketinggian puncak Gunung Andong, para pendaki bisa menikmati keindahan Triple S serta view Gunung Merbabu yang begitu gagah.

10. Gunung Telomoyo

Berada di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Semarang serta tidak jauh dari Salatiga, Gunung Telomoyo memiliki ketinggian sekitar 1.894 mdpl.  Uniknya, untuk mencapai puncak gunung ini bisa juga diakses dengan menggunakan sepeda motor.

Dari puncak gunung para pendaki akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah di sekitarnya, termasuk kemegahan Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran hingga Rawa Pening.