10 Daftar Gunung di Jawa Timur untuk Aktivitas Pendakian, dari yang Ekstrem hingga yang Mudah Ditaklukkan, Pendaki Pemula Silahkan Masuk!

Gunung di Jawa Timur
Gunung Bromo Photo by @muargue

Nyero.ID – Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu liburan.  Selain seru, aktivitas mendaki gunung juga memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.  Dari sekian banyak gunung yang ada, gunung di Jawa Timur bisa dijadikan alternatif bagi para traveler untuk berpetualang menikmati momen pendakian yang cukup menantang.

Provinsi Jawa Timur memiliki deretan gunung-gunung yang megah sehingga memberikan banyak pilihan bagi traveler untuk menaklukannya.  Masing-masing gunung memiliki daya tarik dan karakter sendiri yang akan membuat momen mendaki semakin seru dan tak terlupakan.

Sebagai referensi berikut ini adalah 10 daftar gunung di Jawa Timur yang menarik untuk aktivitas pendakian, bahkan bagi para pendaki pemula.

  1. Gunung Semeru

Berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Gunung Semeru sangat terkenal dengan puncak Mahameru-nya yang memiliki ketinggian hingga 3.676 mdpl.  Dimana pada bagian puncaknya terdapat sebuah kawah yang dikenal dengan nama Jonggring Saloka.

Sebagai salah satu gunung yang masuk dalam daftar seven summits Indonesia, Gunung Semeru memiliki jalur pendakian yang cukup menantang.  Setidaknya butuh waktu sekitar 3 hari 2 malam untuk menaklukan gunung ini hingga sampai ke puncaknya.

Meskipun butuh waktu yang cukup lama dan perjalanan yang cukup menantang, namun keindahan alam di puncak gunung akan membuat siapapun merasa takjub dan menjadi kepuasan tersendiri.

Karena selain menyuguhkan pemandangan kawah yang masih aktif, di kawasan Gunung Semeru juga terdapat tiga danau yang sangat terkenal dengan keindahannya.  Salah satunya adalah Ranu Kumbolo yang luasnya mencapai 15 hektar.

  1. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno memiliki ketinggian sekitar 3.339 mdpl dan berada di perbatasan tiga wilayah yaitu Kabupaten Malang, Kota Batu dan Pasuruan.  Dengan ketinggiannya tersebut, Gunung Arjuno masuk dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Timur setelah Gunung Semeru.

Puncak Gunung Arjuna dikenal dengan nama Ogal Agil dan memiliki bentuk yang cukup unik karena berupa susunan bebatuan besar.  Untuk mencapai puncak gunung ini para pendaki harus ekstra hati-hati.

Dengan medan pendakian yang cukup ekstrem, setidaknya butuh waktu pendakian sekitar 3 hari 2 malam untuk bisa menaklukan Gunung Arjuno.  Namun begitu tiba di puncaknya, pendaki akan dimanjakan dengan keindahan alam yang begitu memanjakan mata.

  1. Gunung Raung

Gunung di Jawa Timur ini berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi dan Jember.  Gunung dengan ketinggian 3.334 mdpl ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Keberadaan kawah yang cukup luas di Gunung Raung disebut-sebut sebagai kaldera terbesar di Indonesia setelah kawah Gunung Tambora yang berada di NTB.

Untuk mencapai puncak gunung dengan keindahannya yang menakjubkan, para pendaki harus melewati jalur pendakian yang cukup ekstrem dengan jurang di kanan kirinya.

  1. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro berada di perbatasan tiga wilayah kabupaten, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Probolinggo.

Dengan ketinggian sekitar 3.088, Gunung Argopuro memiliki beberapa puncak yang memiliki ketinggian berbeda.  Yaitu puncak Rengganis, puncak Hyang dan puncak Argopuro yang tertinggi.

Selain terkenal dengan keindahan padang savana dan danaunya yang sarat akan nuansa mistis, Gunung Argopuro juga terkenal dengan jalur pendakiannya yang sangat panjang.  Yaitu sekitar 63 km.

Setidaknya butuh waktu kurang lebih 5 hari 4 malam untuk bisa mencapai puncak Gunung Argopuro yang menjadi salah satu gunung terindah di Pulau Jawa ini.

  1. Gunung Ijen

Berada di ketinggian sekitar 2.442 mdpl, Gunung Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur.  Gunung yang masih aktif ini terakhir meletus pada tahun 1999.

Gunung Ijen merupakan salah satu wilayah penghasil belerang di Pulau Jawa yang terkenal dengan fenomena blue fire-nya.

Fenomena blue fire atau api biru di kawah Gunung Ijen menyajikan pemandangan yang sangat epic sehingga sering dijadikan sebagai objek fotografi.  Butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke kawah Ijen.

  1. Gunung Bromo

Gunung Bromo di Jawa Timur sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu eksotis.  Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan kebanggaan masyarakat Jawa Timur.

Gunung Bromo memiliki ketinggian hingga 2.329 mdpl dan berada di perbatasan empat wilayah kabupaten.  Yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

Gunung Bromo menyajikan keindahan sunrise dan sunset yang begitu ekostis.  Keindahan Gunung Bromo bahkan sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, sehingga banyak wisatawan asing yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahannya.

Di kawasan wisata Gunung Bromo tersedia  fasilitas seperti kuda dan jeep yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mengeksplore setiap sudut keindahannya.

  1. Gunung Kelud

Dengan ketinggian sekitar 1.731 mdpl, Gunung Kelud tercatat pernah meletus lebih dari 30 kali dan terakhir pada tahun 2014.  Gunung yang berada di perbatasan Blitar dan Kediri ini memang merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Terlepas dari riwayat letusannya, Gunung Kelud tetap mempesona dengan sejuta keindahan di dalamnya.  Gunung ini bahkan cukup difavortikan oleh para pendaki pemula yang ingin menaklukannya untuk menikmati keindahan Kawah Kelud dan Puncak Gajahmungkur.

Selain menyediakan jalur pendakian yang cukup menantang, Gunung Kelud juga dilengkapi dengan ragam fasilitas yang cukup lengkap.  Diantaranya adalah trek panjat tebing, ATV offroad, hingga pemandian air panas.

  1. Gunung Butak

Gunung Butak merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang banyak dijadikan sebagai tujuan untuk pendakian.  Gunung dengan ketinggian sekitar 2.868 mdpl ini memang sangat layak untuk ditaklukan.

Gunung dengan tipe stratovolcano ini berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Blitar, Jawa Timur.  Lokasinya juga berdekatan dengan Gunung Kawi.

Bagi para pendaki tersedia dua jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak gunung, yaitu jalur Panderman dan jalur Sirah Kencong.  Selama di perjalanan, para pendaki akan disuguhi dengan keindahan hutan pinus dan kicauan burung liar.

Di kawasan Gunung Butak pendaki bukan hanya dimanjakan dengan keindahan padang savana saja tetapi juga hamparan bunga edelweiss yang bermekaran.

Dari puncak Gunung Butak, para pendaki bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang menakjubkan, panorama sunrise dan view Gunung Arjuno yang berselimutkan awan putih.

  1. Gunung Ranti

Gunung Ranti berada di ketinggian sekitar 2.601 mdpl dan merupakan salah satu puncak di kawasan Pegunungan Ijen.  Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi ini menjadi salah satu spot yang cukup difavoritkan bagi para pendaki pemula.

Di puncak Gunung Ranti para pendaki akan disuguhi dengan keindahan alam yang begitu mempesona, lengkap dengan pemdangan sunrise dan lautan awannya yang menakjubkan.

Meskipun jalur pendakian menuju ke puncak Gunung Ranti terbilang ekstrem, namun waktu pendakian yang dibutuhkan cukup singkat yaitu sekitar 3-4 jam saja.

  1. Gunung Penanggungan

Gunung di Jawa Timur ini berada di perbatasan dua wilayah kabupaten, yaitu Mojokerto dan Pasuruan.  Dengan ketinggian sekitar 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan banyak direkomendasikan bagi para pendaki pemula.

Jalur pendakian di gunung ini cukup pendek, meski begitu bukan berarti tidak ada tantangan di dalamnya.  Pasalnya selama menempuh jalur pendakian para pendaki tidak akan menemukan sumber air, sehingga persiapan bekal airnya harus benar-benar diperhatikan.

 

Salah satu jalur pendakian yang banyak direkomendasikan adalah melalui Tamiajeng.  Selama di perjalanan, para pendaki bisa menyaksikan berbagai situs bersejarah sehingga memberikan kesan tersendiri.