Gunung Ireng Pengkok, Spot Terbaik untuk Hunting Foto Sunrise di Gunung Kidul

Gunung Ireng Pengkok
Gunung Ireng Pengkok taken by @nadianafnaf

Nyero.ID – Wisata alam dengan sajian panorama sunrise maupun sunset di puncak perbukitan memang menjadi primadona di kalangan traveler hingga saat ini.

Banyaknya spot-spot wisata baru yang bermunculan seolah menunjukkan bahwa destinasi tersebut sedang berlomba untuk memikat wisatawan dengan pesonanya yang menakjubkan.

Begitu juga dengan destinasi wisata di Gunung Kidul. Jika sebelumnya, kamu telah mengetahui keindahan Bukit Bintang, Gunung Purba Nglanggeran, dan Watu Payung.

Kali ini, kami akan mengajakmu untuk mengenali daya tarik Gunung Ireng Pengkok yang tak kalah menawan dari ketiga objek di atas.

Gunung Ireng merupakan puncak tertinggi di kawasan Srumbung sehingga udara di tempat ini sangat sejuk dan berselimut kabut di pagi hari.

Hunting Foto Sunrise di Gunung Ireng Pengkok Gunung Kidul
Photo by @muharrom.sy11

Spot wisata kekinian ini sedang naik daunya di Gunung Kidul, bahkan menjadi salah satu objek wisata terbaik untuk berburu sunrise di atas perbukitan.

Seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya foto Gunung Ireng yang beredar di media sosial membuat popularitas spot wisata ini semakin meningkat.

Demikian juga dengan jumlah wisatawan yang datang, jika di hari biasa ada sekitar 50 orang, maka di akhir pekan wisatawan yang datang bisa mencapai sekitar 300-500 orang.

Sejarah & Mitos Gunung Ireng Pengkok

Gunung Ireng Pengkok mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata sejak tahun 2010 oleh masyarakat setempat, lalu resmi dibuka pada tahun 2013 dengan penambahan beberapa fasilitas.

Sama seperti Gunung Api Purba Nglanggeran yang berada di sebelah utara, spot wisata yang eksotis ini juga merupakan bagian dari gunung api purba yang sudah ada sejak 5-23 juta tahun yang lalu.

Letusan gunung yang begitu dahsyat pada zaman dahulu diyakini telah mengubah bentuk Gunung Ireng menjadi tidak beraturan dengan susunan batuan vulkanik yang terlihat seperti saat ini.

Sebutan Gunung Ireng atau Black Hill yang melekat pada tempat ini tidak terlepas dari kondisi batuan vulkanik di puncaknya yang berwarna hitam dengan sedikit tanaman di sekitarnya.

Wisata Hits Gunung Ireng Pengkok Gunung Kidul Jogja
Photo by @indra.saputraaaa

Warna batu yang gelap pun cenderung mendominasi dan memberikan kesan yang lebih kontras dengan lingkungan alam di sekitarnya, sehingga terlihat unik dan menjadi daya tarik wisatawan.

Gunung Ireng juga identik dengan mitos yang beredar tentang awal mula pembentukan gunung ini.

Konon dalam kisah pewayangan salah satu anggota Pandawa, yaitu Raden Bratasena atau yang lebih dikenal dengan Bima memiliki karakter yang mudah marah.

Ketika melihat kawanan monyet nakal yang bermain di atas Gunung Merapi, Bima merasa terganggu dan marah. Lalu ia menendang kawanan monyet tersebut dengan kekuatannya.

Namun sayangnya tendangan Bima yang super kuat meleset sehingga mengenai batuan besar di puncak Gunung Merapi.

Akibatnya batuan dari puncak Gunung Merapi melesat jauh ke segala penjuru arah, dan salah satunya ke wilayah Srumbung yang akhirnya bertumpuk-tumpuk membentuk susunan batuan hitam yang saat ini dikenal dengan sebutan Gunung Ireng.

Terlepas dari kisah legenda dan mitos yang ada, Gunung Ireng menyimpan potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Rute Perjalanan Gunung Ireng Pengkok

Gunung Ireng Pengkok terletak di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, DIY atau sekitar 28 km dari Kota Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Lokasi wisata Gunung Ireng cukup mudah untuk diakses karena berada di sekitar 5 km dari Koramil Patuk di jalan utama Jogja-Wonosari.  Namun begitu medan yang harus dilalui untuk mencapai Puncak Gunung Ireng cukup  menanjak sehingga harus tetap hati-hati.

Untuk mencapai lokasi Gunung Ireng Pengkok dari Kota Jogja arahkan kendaraan menuju ke Ringroad Ketandan – Jalan Wonosari – perempatan Sampaan – Piyungan – Bukit Bintang – Patuk – perempatan di Polsek Patuk belok ke arah kanan – lurus ke arah Jalan Patuk-Pengkok – Perempatan Tugu Semar belok ke arah kanan – ikuti petunjuk arah hingga  mencapai Gunung Ireng Pengkok.  Dari area parkir kamu hanya perlu berjalan sebentar melalui jalan setapak.

Daya Tarik Gunung Ireng Pengkok

Hunting Foto Hits di Gunung Ireng Pengkok Jogja
Photo by @joko_slonjor

Daya tarik utama dari kawasan wisata Gunung Ireng Pengkok tentu saja pesona alamnya yang begitu menakjubkan.

Momen sunrise di puncak Gunung Ireng menghadirkan nuansa alam yang begitu epic dengan hamparan kabut tipis yang menyelimuti area sekitar.

Semburat mentari yang mulai beranjak dari peraduan terlihat begitu lembut menyapa dengan sinar keemasannya nan eksotis.

Wisata Hits Terbaru Gunung Ireng Pengkok Jogja
Photo by @lukmanasandi

Di Gunung Ireng Pengkok, kamu bisa berburu spot foto cantik yang menyajikan keindahan sunrise dari sudut yang berbeda.

Selain menikmati momen sunrise ketinggian, kamu juga bisa mengeksplore beberapa spot foto keren di sekitar objek wisata Gunung Ireng.

Ada rumah kayu di ujung bukit, meja bundar dengan dua kursi, kursi pantai, bangku dan menja kayu yang lebar dan spot keren lainnya yang sangat instagramable.

Spot Foto Sunrise di Gunung Ireng Pengkok Jogja
Photo by @harimuktiadd

Di kawasan Gunung Ireng juga terdapat beberapa peninggalan sejarah yang membuat sebagian orang meyakini bahwa tempat ini merupakan petilasan Sunan Geseng dan Sunan Kalijaga.

Salah satunya adalah keberadaan watu lumpang yang memiliki cekungan 5 buah sebagai simbol dari Rukun Islam.

Dari kawasan Gunung Ireng juga, konon sering terdengar suara gejog lesung yang suaranya bahkan terdengar hingga ke wilayah Bantul. Namun ketika dicari sumber suara tersebut, ternyata tidak ada.

Selain itu, terdapat juga watu tapak kaki yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Namun jejak tapak kaki tersebut hingga saat ini masih misterius.

Di area ini juga, terdapat sumber mata air yang dikenal dengan Sendang Ayu, konon menurut kepercayaan warga setempat air sendang ini bisa memberikan efek awet muda jika dibasuhkan ke wajah.

Lokasi wisata Gunung Ireng bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan dan sejenak menyingkir dari berbagai kesibukan.

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng Pengkok

Harga tiket masuk ke kawasan wisata Gunung Ireng Pengkok cukup murah yaitu sebesar Rp 5.000/orang sudah termasuk biaya parkir untuk sepeda motor.

Dengan harga tiket yang begitu murah kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam dan spot-spot cantik untuk berfoto selfie.

Fasilitas Gunung Ireng Pengkok

Fasilitas standar yang tersedia di kawasan wisata Black Hill atau Gunung Ireng sudah cukup memadai.

Mulai dari area parkir, toilet, mushola, gazebo hingga warung makanan. Di kawasan Gunung Ireng juga terdapat beberapa spot cantik yang bisa digunakan untuk berfoto selfie dengan background deretan Gunung Sewu yang masih sangat alami.

Profil Singkat Gunung Ireng Pengkok

Destinasi Gunung Ireng Pengkok
Lokasi Ngrancahan, Pengkok, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket Masuk Rp. 5.000,-
Jam Buka 24 Jam

Baca: Pantai Peyuyon, Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul yang Mulai Hits Dikunjungi Wisatawan