Hutan Pinus Jogja, dari Berburu Spot Selfie, Menikmati Senja dan Sunrise hingga Kegiatan Off Road yang Memicu Adrenalin

Hutan Pinus Jogja
Photo by @warungnara_pengger

Nyero.ID – Selain Malioboro dan Pantai Parangtritis, hutan pinus Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup difavoritkan oleh wisatawan ketika berlibur ke Jogja.  Hutan pinus menawarkan keindahan alam yang begitu menawan, dengan deretan pohon pinus dan udara sejuk khas perbukitan yang bikin adem.

Hutan pinus Jogja menjadi pilihan yang paling tepat bagi wisatawan yang ingin berburu spot foto, menikmati senja atau bahkan sunrise dari atas ketinggian.  Bukan hanya satu atau dua hutan pinus saja, setidaknya ada 6 destinasi wisata hutan pinus di Jogja dengan berbagai keindahan eksotis di dalamnya.

Sebagai rekomendasinya, berikut ini adalah 6 destinasi wisata hutan pinus Jogja yang wajib masuk dalam agenda liburanmu.  Yuk kita jelajahi satu per satu!

Hutan Pinus Mangunan

Secara administratif tempat wisata alam ini berada di wilayah Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo.  Sebelum dikenal sebagai kawasan hutan pinus, wilayah ini dulunya merupakan perbukitan yang tandus tanpa pepohonan.  Namun setelah dilakukan reboisasi, kawasan ini berubah menjadi hijau dengan deretan pohon pinus yang rimbun dan teduh.

Deretan pohon pinus yang berjajar rapi di kawasan wisata ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga tidak boleh luput dari lensa kamera.  Dengan keindahan alamnya yang begitu eksotis, Hutan Pinus Mangunan banyak direkomendasikan para fotografer untuk kegiatan foto prewedding.

Selain dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan spot foto kece, di Hutan Pinus Mangunan juga terdapat deretan bangku panjang dengan panggung kayu yang cukup unik.  Keberadaan bangku kayu dan panggung di antara deretan pohon pinus ini memang terlihat unik dan pastinya sangat instagrammable untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Selain bersantai dan berburu spot kece untuk keperluan fotografi, di Hutan Pinus Mangunan ini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya yang tidak kalah menyenangkan seperti berkemah.  Untuk menikmati keromantisan Hutan Pinus Jogja ini pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit

Masih berada di kawasan Mangunan, Kecamatan Dlingo, tepatnya di Dusun Sukarame, wisata alam Seribu Batu Songgo Langit menyajikan keindahan alam hutan pinus yang cukup menggoda.  Di lokasi wisata ini pengunjung bisa mengeksplore beberapa spot kece seperti Rumah Hobbit untuk berfoto selfie atau bermain flying fox untuk sekedar menguji adrenalin.

Selain berburu spot selfie dan bersantai menikmati keindahan alam di atas ketinggian, di tempat wisata ini pengunjung juga bisa memanfaatkan waktunya untuk kulineran dengan menu-menu yang menggugah selera.  Harga tiket masuk hutan pinus Jogja ini cukup murah yaitu sebesar Rp 3.000 saja di luar ongkos parkir.

Hutan Pinus Asri

Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan dengan hawa sejuk yang bikin adem membuat tempat wisata ini menjadi salah satu yang cukup difavoritkan.  Hutan pinus ini masih berada di wilayah Kecamatan Dlingo, tepatnya di Dusun Karangasem, Desa Muntuk.  Letaknya sekitar 1 km dari kawasan Hutan Pinus Mangunan.

Dari atas gardu pandang Hutan Pinus Asri pengunjung bisa dengan leluasa menikmati indahnya momen sunrise dan lautan awan putih di pagi hari.  Bukan hanya sunrise saja, dari atas gardu pandang pengunjung juga bisa menikmati momen sunset yang begitu syahdu.

Selain gardu pandang, di tempat wisata ini juga terdapat spot Bikini Bottom ala Spongebob yang cukup unik dan pastinya menarik untuk dijadikan background saat berfoto selfie.  Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata pun sudah cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri.

Untuk menikmati keindahan Hutan Pinus Asri yang begitu menyejukkan, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.500 saja.  Sementara untuk parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000 dan parkir mobil sebesar Rp 10.000.

Hutan Pinus Pengger Sendangsari

Tidak kalah eksotis dari hutan pinus lainnya, Hutan Pinus Pengger Sendangsari menyajikan panorama alam yang begitu memanjakan mata.  Objek wisata hutan pinus ini berada di Dusun Pantirejo, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Selain menyajikan keindahan alam yang begitu asri dan sejuk, Hutan Pinus Pengger Sendangsari juga terkenal sebagai destinasi wisata malamnya yang romantis.  Dari atas ketinggian wisatawan bisa menikmati keindahan Kota Jogja dengan kerlap-kerlip lampunya yang terlihat begitu syahdu dan romantis.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger adalah bersantai di atas hammock, berkemah dan berburu spot selfie.  Beberapa spot selfie yang bisa dijadikan lokasi untuk berfoto antara lain adalah jembatan kayu, tangan raksasa, rumah pohon dan sebuah lingkaran unik dengan view landscape Kota Jogja dari atas ketinggian.

Objek wisata alam hutan pinus ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.  Dengan jam buka yang cukup panjang tersebut wisatawan bisa datang sesuai waktu yang diinginkan.

Selain menyediakan ragam fasilitas yang cukup memadai, tiket masuk hutan pinus di Jogja ini juga terbilang sangat murah, yaitu sebesar Rp 3.000 saja per orang.

Hutan Pinus Puncak Becici

Hutan pinus Jogja lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi saat liburan adalah Puncak Becici yang berada di wilayah Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.  Denagn luas lahan sekitar 4,4 hektare, kawasan hutan pinus ini menyajikan keindahan alam dan hawa sejuk yang bikin adem pikiran.

Dari atas Puncak Becici pengunjung bisa menikmati panorama alam di Kota Jogja lengkap dengan view Candi Prambanannya, Gunung Merapi dan siluet Pantai Selatan.  Dengan jam buka yang cukup panjang, mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB pengunjung memiliki banyak kesempatan untuk menikmati liburan di tempat ini.

Di Puncak Becici ini wisatawan bisa menikmati keindahan momen sunset yang begitu syahdu dengan view alam perbukitan dan Gunung Merapi di kejauhan.  Seperti destinasi wisata hutan pinus lainnya, di Puncak Becici juga terdapat beberapa spot foto unik yang bisa dieksplore satu per satu.

Bukan hanya berburu spot foto, sunset dan menikmati keindahan alam saja, di Puncak Becici ini pengunjung juga bisa bersantai sejenak di atas hammock, berkemah dan juga aktivitas outbound.  Dengan ragam fasilitas yang cukup memadai, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja di luar ongkos parkir.

Hutan Pinus Nglinggo

Selain di Kabupaten Bantul, hutan pinus Jogja juga bisa ditemukan di wilayah Kulonprogo, tepatnya di Desa Wisata Nglinggo yang berada di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo.  Sedikit berbeda dari destinasi wisata sebelumnya yang menyajikan keindahan alam yang begitu syahdu, di hutan pinus ini pengunjung akan diajak untuk menguji adrenalinnya dengan kegiatan off road yang cukup ekstrem.

Setidaknya ada empat rute yang bisa dipilih, yaitu rute pendek ke Bukit Ngisis yang diikuti dengan menikmati kebun teh.  Rute sedang dengan jarak tempuh sekitar 2-4 jam, rute panjang dengan jarak tempuh sekitar 4-6 jam dan yang terakhir adalah paket ekstrem dimana pengunjung akan diajak untuk menyusuri hutan pinus seharian dengan tanjakan-tanjakan yang bikin jantung berdegup kencang.