Kampung Selfie Medan

Kampung Selfie Medan
Photo by @mr.al_official90

Nyero.ID – Medan memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Beberapa tempat wisata di Medan sudah sangat populer dan menjadi tujuan wisata unggulan yang banyak difavoritkan oleh wisatawan.

Diantaranya adalah Kampung Keling yang identik dengan kebudayaan India dan dikenal dengan sebutan The Little India.  Ada juga Negeri Kincir Angin Medan atau Merci Windmill, Istana Maimun yang sarat akan nilai-nilai sejarah, Hairos Water Park Medan yang penuh keseruan, dan beberapa destinasi wisata menarik lainnya.

Menjelajahi tempat wisata di Medan tidak akan cukup hanya satu hari, karena ada banyak destinasi wisata baru yang muncul dan menawarkan sensasi liburan yang tak kalah menyenangkan.  Seperti daerah lainnya, di Medan juga banyak tempat wisata baru dengan konsep kekinian yang membuat momen liburan semakin asik dan tak terlupakan.

Beberapa spot wisata kekinian yang cukup hits di kalangan wisatawan adalah The Le Hu Garden Medan yang dilengkapi dengan spot selfie dan fasilitas outbound, Upside Down World yang unik, Menara Pandang Tele yang menyajikan keindahan alam di atas ketinggian, hingga Kampung Ladang yang menyajikan nuansa romantis.

Selain tempat wisata yang telah disebutkan di atas, di Medan juga ada Kampung Selfie yang mengusung konsep unik dengan permainan warna yang meriah di dalamnya.  Wisata kampung kreatif memang menjadi trend tersendiri di beberapa wilayah di Indonesia.

Jika di Semarang ada Kampung Pelangi, dan di Malang ada Kampung Warna Warni Jodipan, maka di Medan kamu bisa menikmati Kampung Selfie dengan konsep yang hampir sama.  Dengan adanya inovasi dan kreatifitas, sebuah kampung bisa diubah menjadi destinasi wisata yang menarik.

Salah satu tujuan didirikannya Kampung Selfie Medan ini adalah sebagai kampung percontohan bagi daerah lainnya.  Terutama dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan yang menjadi tanggung jawab bersama.  Tujuan lainnya adalah untuk membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik, termasuk dalam hal  kenyamanan dan kebersihan.

Sebelumnya, Kampung Selfie Medan merupakan pemukiman penduduk yang padat dan cenderung kumuh dengan tumpukan sampah yang cukup mengganggu.  Namun kesan kumuh di kampung ini berubah menjadi lebih indah dengan adanya sentuhan cat warna-warni yang begitu kontras dan meriah.

Kampoeng Selfie Medan juga mengusung konsep lingkungan dengan penanaman tanaman di depan rumah yang membuat suasana semakin nyaman.  Jalanan di kampung wisata ini pun terlihat bersih dan bebas sampah sehingga membuat wisatawan betah dan nyaman saat berjalan-jalan di kampung ini.

Kampung wisata selfie ini berada tidak jauh dari pusat kota sehingga sangat mudah untuk diakses dan hanya butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Medan.  Kampung selfie di Medan Polonia ini sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga atau teman-teman di akhir pekan.

Suasana kampung wisata yang penuh warna dengan motif gambar unik di dalamnya terlihat sangat menarik dan instagrammable.  Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Kampung Selfie ini untuk sekedar menikmati kemeriahan suasananya dan tentu saja berburu spot selfie untuk diposting di Instagram.

Sebelum singgah dan menjelajahi warna-warni Kampung Selfie, berikut ini adalah beberapa informasi tentang harga tiket, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi wisata yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Kampung Selfie Medan menawarkan sensasi liburan asik yang murah meriah sehingga sangat menarik untuk tujuan wisata bersama keluarga.  Meskipun konsepnya liburan murah meriah, namun suasana dan keseruan di tempat wisata ini tidak akan mengecewakan.

Jam Operasional

Kampung Selfie Medan buka setiap hari Senin sampai Sabtu dengan jam operasional mulai pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB.  Dengan jam buka yang cukup panjang kamu bisa memaksimalkan kunjunganmu ke tempat ini dengan menikmati suasana dan berburu spot selfie.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini sudah cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi wisatawan.  Sesuai dengan konsep wisata kekinian, tempat ini menyediakan spot foto corner dengan warna-warni kampung yang full color.

Di kawasan kampung wisata ini juga terdapat warung makanan dan minuman, merchandise, dan oleh-oleh khas yang bisa dibeli sebagai buah tangan.

Daya Tarik

Meskipun baru diresmikan pada tanggal 25 November 2017 namun daya tarik Kampung Selfie Medan sebagai tempat wisata semakin populer.  Hal ini tidak terlepas dari banyaknya wisatawan yang memposting foto Kampung Selfie di Media Sosial.  Yang secara tidak langsung turut mempromosikan tempat ini sehingga semakin dikenal luas.

Dengan mengusung konsep kekinian, kampung ini menyajikan deretan spot foto kece dengan warna-warni cerah yang sangat menarik.  Kampung selfie sukses mencuri perhatian wisatawan sehingga jumlah kunjungan ke tempat ini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Tiba di Kampung Selfie Medan, pengunjung akan disuguhi dengan lorong bersih yang dihiasi cat warna-warni pada setiap dindingnya.  Tepat di atas lorong terdapat rangkaian besi yang menyatukan lorong dengan hiasan dedaunan sehingga memberikan kesan yang lebih asri dan sejuk.

Lorong dengan panjang sekitar 20 meter tersebut akan mengantarkan pengunjung masuk ke dalam Kampung Anggrung.  Suasana kampung semakin meriah dengan warna-warni cat pada atap rumah warga yang terlihat cukup kontras.  Beberapa warna cerah yang cukup dominan adalah merah, biru, ungu, kuning, dan hijau.

Dengan daya tariknya tersebut, Kampung Selfie diharapkan bisa menjadi salah satu ikon wisata baru di Medan yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat.  Warna-warni di kampung ini pun memiliki makna tersendiri karena menjadi simbol keindahan dan keberagaman masyarakat yang tinggal di wilayah Kampung Selfie Medan.

Lokasi wisata Kampoeng Selfie yang berada di tengah kota menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena sangat mudah untuk diakses, baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Selain itu, Kampung Selfie Medan juga berdekatan dengan lokasi wisata lainnya seperti Tjong A Fie Mansion yang berada di Medan Barat, Kota Medan.  Di tempat ini pengunjung akan diajak untuk menikmati wisata sejarah dan budaya dengan nuansa Tionghoa, Eropa, dan Melayu yang begitu kental.

Tempat wisata lainnya yang cukup dekat adalah Tjong Yong Hian Gallery yang dilengkapi dengan kebun bunga dan gallery dengan spot-spot foto instagenic di dalamnya.  Tempat wisata ini berada di kawasan Medan Petisah, Kota Medan sehingga cukup dekat untuk diakses.

Selain mengeksplore wisata sejarah dan budaya di Kota Medan yang sudah begitu kesohor, kamu juga bisa menyambangi taman wisata air Wonders Water World yang berada di Suka Damai, Medan Polonia, Kota Medan.  Di tempat wisata ini kamu bisa berenang dan seru-seruaan dengan berbagai macam wahana permainan air di dalamnya.

Jika waktunya memungkinkan, selain menjelajahi Kampung Selfie Medan kamu juga bisa sekalian mengunjungi beberapa tempat wisata terdekat di Kota Medan agar momen liburanmu semakin lengkap.

Lokasi

Lokasi Kampung Selfie Medan berada tidak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan DR. Cipto  Lingkungan I, Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.  Jika menggunakan kendaraan pribadi, waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi wisata sekitar 20-30 menit dari pusat kota.