View Cantik Kedung Gandu, Air Terjun Tersembunyi di Kulon Progo yang Jarang Dijamah Manusia!

Kedung Gandu Kulon Progo
Curuk Gandu taken by @m_alief_k

Nyero.ID – Kulon Progo dikenal sebagai salah satu kabupaten di Provinsi DIY yang menyimpan potensi wisata alam yang cukup mengagumkan.

Selain deretan Bukit Menoreh yang begitu menawan, di Kulon Progo juga terdapat deretan spot air terjun tersembunyi yang cukup eksotis, salah satunya adalah Kedung Gandu yang masih jarang dijamah manusia.

Kedung Gandu adalah sebuah air terjun alami yang terletak di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Lokasi air terjun ini masih satu aliran dengan tiga air terjun lainnya yang tak kalah eksotisnya.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang cukup menantang, kamu bisa memulai perjalanan melewati jalan setapak yang sudah dibuat oleh warga setempat.

Air terjun pertama yang akan kamu jumpai adalah Curug Glimpang dengan bentuk yang cukup unik karena kemiringan tebingnya.

Nuansa alami yang menenangkan sepanjang perjalanan begitu terasa sehingga membuat perjalananmu semakin tak terlupakan di sekitar Curug Glimpang.

Puas menikmati pesona Curug Glimpang, kamu bisa meneruskan perjalanan menuju ke Kedung Ratmi dengan jalur tracking yang tak kalah menantang.

Hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi air terjun kedua ini.

Spot air terjun ini cenderung landai dengan aliran air yang tidak terlalu tinggi.  Meskipun lokasinya tidak terlalu luas, namun keindahannya tak kalah memikat dari lainnya.

Di tempat ini kamu bisa rehat sejenak dan menikmati keindahannya, sambil hunting beberapa foto untuk melengkapi koleksimu.

View Cantik Curug Gandu Kulonprogo
Photo by @kurniawanjalanjalan

Selanjutnya, kamu bisa meneruskan perjalanan menuju ke lokasi air terjun ketiga, yaitu Kedung Bendo dengan waktu sekitar 5 menit melalui jalur darat.

Tiba di Kedung Bendo, kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang begitu sejuk dengan kolam yang cukup luas.

Di tempat ini, kamu bisa bermain air atau bahkan berenang. Namun tetap harus hati-hati karena kolam di tempat ini cukup dalam.

Lokasi selanjutnya adalah Kedung Gandu yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10-15 menit melalui jalur darat atau susur sungai yang cukup menantang.

Di sepanjang perjalanan, kamu akan menyaksikan keindahan alam yang begitu mengagumkan, bahkan ada beberapa air terjun kecil yang siap memanjakanmu dengan keindahan di sekitarnya.

Spot wisata Kedung Gandu menyajikan panorama cantik dengan aliran air yang cukup deras. Suara gemericik air dan hembusan angin yang begitu sejuk mampu memberikan efek rileks yang sesungguhnya, membuat rasa lelahmu hilang seketika.

Aliran air yang cukup deras menciptakan warna putih nan lembut, terlihat sangat kontras dengan lingkungan alam di sekitarnya yang cenderung berwarna hijau cerah.

Di lokasi air terjun ini kamu bisa bermain air sepuasnya dan berburu spot keren untuk foto-foto instagramable kamu.

Daya Tarik Curug Gandu

Berkunjung ke Kedung Gandu kamu seakan diajak untuk menikmati sensasi liburan seru dengan nuansa petualangan yang begitu kental.

Karena dari area parkir kamu harus berjalan kaki menyusuri jalur tracking yang cukup menantang dengan view alam sekitar yang menyejukkan pandangan.

Perjalanan wisatamu ke Kedung Gandu akan semakin seru dengan beberapa spot air terjun yang bisa kamu explore sepanjang perjalanan.

Untuk spot air terjun pertama yang dikenal dengan nama Curug Glimpang kamu harus berjalan kaki dari area parkir menyusuri jalan setapak yang cukup menantang.

Di Curug Glimpang kamu akan dimanjakan dengan pesona air terjun yang cukup unik dengan bentuk tebingnya yang miring.

Di lokasi ini, kamu bisa berburu spot-spot cantik untuk foto selfie dengan background Curug Glimpang nan epic.

Puas menikmati keindahan Curug Glimpang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kedung Ratmi yang tak kalah mempesona.

Berenang Asik di Kedung Gandu Kulon Progo Jogja
Photo by @m_alief_k

Kolam air yang bening dan aliran air terjun yang landai terlihat begitu elok berpadu dengan hijaunya dedaunan, membuat suasana terasa semakin sejuk dan adem.

Masih belum puas dengan pesona air terjun yang ada, jangan lewatkan keindahan air terjun ketiga yang dikenal dengan sebutan Kedung Bendo.

Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini menciptakan aliran air yang lembut. Lalu kolam di bawah air terjun cukup luas untuk berenang dan bermain air, sehingga kamu bisa menikmati kesegaran airnya yang masih sangat alami.

Untuk sensasi liburan yang lebih sempurna, kamu bisa melengkapinya dengan menjelajahi keindahan Kedung Gandu yang merupakan spot air terjun keempat.

Tidak beda jauh dengan keindahan tiga air terjun sebelumnya, Kedung Gandu menyajikan pemandangan alam yang begitu eksotis.

Kedung Gandu menyajikan pesona air terjun yang masih sangat alami dengan aliran airnya yang cukup deras. Tebing yang melebar membuat aliran air terlihat semakin menawan, menciptakan suara gemericik air yang menenangkan pikiran.

Kedung Gandu Air Terjun Tersembunyi di Jogja
Photo by @jokowarsito

Berpadu dengan udara sejuk dan asrinya pepohonan di sekitar air terjun membuat siapapun akan merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Suasana alam pedesaan yang begitu damai memberikan efek relaksasi yang luar biasa bagi siapapun untuk menenangkan diri dan sejenak menyingkir dari segala rutinitas.

Dengan lingkungan yang masih sangat alami, ada banyak spot kece yang bisa kamu explore untuk foto-foto.

Berbagai angle yang diambil akan menghasilkan view yang berbeda dengan nuansa alam yang pastinya instagramable.

Harga Tiket Masuk

Belum ada biaya retribusi khusus di Kedung Gandu sehingga kamu bisa memberikan iuran secara sukarela atau seikhlasnya.

Untuk parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000/motor.

Rute Perjalanan

Kedung Gandu terletak di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.  Atau sekitar 34,5 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 14 menit tergantung kecepatan kendaraan.

Untuk mencapai lokasi Kedung Gandu, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Godean – perempatan Nanggulan – sampai ke Pasar Jonggrangan – pertigaan MTsN Jatimulyo ambil arah ke kanan – pertigaan Sabrang Kidul lurus – sampai pertigaan SDN Tegalsari ambil arah ke kanan – sampai di pertigaan Masjid At Taqwa Darul Arigin ambil arah ke kiri – ikuti jalan aspal sampai perempatan – lurus sampai pertigaan ambil arah ke kiri – sampai di gedung PAUD di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari.

Dengan akses jalan yang cukup menantang karena medan yang  dilalui cenderung sempit dan licin, maka lebih disarankan untuk menggunakan sepeda motor agar perjalanan tetap lancar dan menyenangkan.

Dari gedung PAUD kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk menjelajahi spot air terjun satu per satu.

Untuk memudahkan perjalananmu kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk sekitar yang ramah dan siap membantu menunjukkan jalan.

Perlu diketahui bahwa Kedung Gandu buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB jadi pastikan untuk merencanakan liburanmu sesuai jam operasional wisata agar momen liburanmu semakin menyenangkan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Kedung Gandu masih cukup terbatas, meski begitu keindahan Kedung Gandu dan air terjun lainnya di lokasi ini tetap menawan.

Untuk memudahkan perjalananmu sudah ada fasilitas anak tangga dan jembatan kayu sederhana.

Di lokasi wisata belum tersedia fasilitas warung makan, jadi pastikan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup dari rumah agar liburanmu tetap menyenangkan.

Baca: Gunung Mungker, Spot Wisata Baru di Kabupaten Bantul yang Sedang Hits Dikunjungi