Makanan Khas Betawi Jakarta dengan Cita Rasa Menggoda, Wajib Kamu Cobain Nih!

Makanan Khas Betawi
Kerak Telor Betawi taken by @tukangjajan_93

Nyero.ID – Ada banyak jenis makanan khas Betawi yang memiliki cita rasa unik dan menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia kuliner nusantara.

Betawi identik dengan logat bahasanya yang khas dan menjadi identitas tersendiri bagi masyarakatnya. Betawi juga dikenal dengan ragam keseniannya yang cukup populer, mulai dari lenong, ondel-ondel, tanjidor, gambang kromong, atraksi pencak silat, hingga pantun-pantun Betawi yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Kekayaan seni dan budaya di Betawi semakin lengkap dengan ragam kuliner khas Betawi yang menggugah selera. Nah, apa saja rekomendasi makanan lezat Betawi? Simak ulasan lengkap yang akan kami uraikan di sini.

Makanan Khas Betawi Paling Terkenal

Meskipun saat ini bermunculan menu-menu baru yang semakin bervariasi, namun makanan tradisional Betawi tetap memiliki tempat tersendiri bagi para penikmat kuliner. Berikut ini adalah makanan khas Betawi yang bisa dicicipi untuk acara kulineranmu bareng teman-teman atau keluarga.

1. Kerak Telor

Makanan Khas Kerak Telur Betawi
Photo by @pisganmakan

Kerak telor merupakan salah satu makanan khas Betawi yang sangat populer dan keberadaannya masih banyak dijumpai hingga saat ini. Jenis kuliner ini sering dijajakan pada event Pekan Raya Jakarta yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Kerak telor terbuat dari telur bebek atau telur ayam, beras ketan, ebi yang disangrai seperti abon, bawang goreng, dan serundeng. Sedangkan bumbu yang dihaluskan adalah kencur, jahe, merica dan cabe rawit.

Cara memasak kerak telor cukup unik karena wajan berisi telor dan bahan lainnya yang sudah setengah matang akan dibalik di atas anglo sehingga menimbulkan cita rasa yang khas pada kerak telor.

Selain di PRJ, kerak telor juga banyak dijual di kawasan Monas, Kota Tua, Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Hutan Tebet, Taman Menteng, Wisata Alam Angke Kapuk, dan Setu Babakan. Kamu juga bisa mencicipi gurihnya kerak telor di Kerak Telor Babe Abdurrahman yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Sayur Babanci

Makanan Khas Sayur Babanci Betawi
Photo by @fivetimescoffee

Sayur babanci merupakan perpaduan antara kare, gulai, dan soto. Keberadaan sayur babanci sebagai salah satu menu ikonik Betawi memang semakin jarang ditemui saat ini. Sulitnya menemukan bahan dan rempah-rempah untuk membuat sayur babanci menjadi salah satu alasan mengapa menu masakan ini semakin langka.

Setidaknya ada sekitar 21 bahan, bumbu, dan rempah yang diperlukan untuk meracik menu khas Betawi ini. Beberapa diantaranya bahkan cukup langka, seperti kedaung, lempuyang, botor, hingga temu mangga.

Perpaduan bumbu yang lengkap dan pas ditambah dengan kuah santan, irisan daging sapi dan gurihnya kelapa sangrai membuat hidangan ini semakin menggoda untuk dinikmati saat lapar melanda. Paling enak makan menu ini dengan potongan ketupat.

Meskipun terbilang langka, namun menu khas Betawi yang satu ini masih bisa ditemukan di Historia Cafe and Bar, Taman Fatahillah, Jalan Pintu Besar Utara No. 11, Kota Jakarta.

3. Sayur Gabus Pucung

Makanan Khas Sayur Gabus Pucung Betawi
Photo by @suwarni2253

Berbahan dasar ikan gabus, makanan khas Betawi ini dimasak dengan menggunakan bumbu rempah yang menghasilkan cita rasa lezat yang menggugah selera. Ikan gabus dimasak dengan menggunakan pucung atau kluek yang membuat kuah berwarna kehitaman.

Untuk menikmati menu khas Betawi yang satu ini kamu bisa mampir ke Rumah Makan Betawi Haji Rojali yang berada di Jalan Pesanggrahan No. 96A, Jakarta Barat. Selain menyajikan menu Sayur Gabus Pucung, rumah makan ini juga menyediakan menu khas Betawi lainnya seperti sayur asem, soto mie, dan menu masakan kepala ikan manyung.

4. Nasi Ulam

Makanan Khas Nasi Ulam Betawi
Photo by @ @makanapani_

Nasi ulam merupakan nasi putih yang dikukus bersama rempah-rempah. Nasi ulam terdiri dari dua jenis, yaitu nasi ulam basah dan nasi ulam kering. Konon nasi ulam kering inilah yang dianggap sebagai makanan asli Betawi. Yaitu berupa nasi putih dengan taburan serundeng, kacang tanah yang ditumbuk, daun kemangi serta lauk pauk seperti ayang goreng, semur, ikan pesmol, dll.

Keberadaan nasi ulam memang semakin jarang ditemui, namun di beberapa tempat kamu masih bisa mencicipi kelezatannya, yaitu di Warung Nasi Ulam Bu Yoyo yang berada di Jalan Dogol, Kawasan Karet Penduren, Kuningan, Jakarta Selatan, dan Cipta Rasa Nasi Ulam Misjaya yang berada di Jalan Kemenangan III, Kawasan Petak Sembilan.

5. Nasi Uduk

Makanan Khas Nasi Uduk Betawi
Photo by @byviszaj

Rasa gurih pada nasi uduk berasal dari proses pembuatannya yang menggunakan santan. Untuk sensasi rasa yang lebih nikmat, biasanya nasi uduk dimakan dengan lauk yang cukup bervariasi seperti sambal kacang, abon, telur, ayam, tempe kering, empal, semur daging, atau semur jengkol.

Untuk menikmati kelezatan nasi uduk yang begitu melegenda, kamu bisa datang ke Nasi Uduk Garuda yang berada di Jalan Raya Pondok Gede No. 10, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Atau Nasi Uduk Betawi Mpok Sunayah yang berada di Jalan Kemang Raya RT3/RW2, Bangka, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

6. Tape Uli

Makanan Khas Tape Uli Betawi
Photo by @wmpwims

Tape uli merupakan jajanan khas Betawi yang terbuat dari ketan hitam yang difermentasi dan dipadukan dengan beras ketan putih yang ditumbuk halus. Cita rasa tape ketan yang manis dan sedikit asam yang dinikmati bersama lembutnya uli menciptakan sensasi rasa yang unik di lidah.

Untuk menikmati jajanan yang satu ini kamu bisa membelinya di Tape Uli Mpok Aan Betawi yang berada di Jalan Smp 258, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

7. Soto Betawi

Makanan Khas Soto Betawi
Photo by @vikagun

Soto Betawi merupakan menu makanan khas Betawi yang cukup terkenal dengan kelezatannya yang memanjakan lidah. Kuah soto yang terbuat dari campuran santan dan susu memberikan cita rasa yang gurih dan lezat.

Untuk menikmati kelezatan semangkuk soto Betawi kamu bisa datang ke Pondok Betawi yang berada di Jalan Kyai Haji Taisir No. 92, Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Selain menu Soto Betawi, di tempat ini juga tersedia menu khas Betawi lainnya seperti sayur gabus pucung, pecak gurame, nasi uduk, sayur asem, laksa Betawi, dll.

8. Sayur Besan

Makanan Khas Sayur Besan Betawi
Photo by @foodie_kopie

Menu masakan ini biasanya disajikan pada acara pernikahan adat Betawi, dan menjadi sebuah simbol penghormatan kepada besan atau calon mertua. Sekilas sayur besan seperti sayur lodeh dengan kuah santan. Yang membedakan adalah bahan terubuk atau telur tebu yang sangat sulit didapatkan. Sayur bersantan ini juga dilengkapi dengan ebi, petai, soun dan kentang.

Untuk menikmati menu makanan khas Betawi yang sudah langka ini kamu bisa singgah di Dapur Betawi yang berlokasi di Jalan Karang Tengah Raya No. 18, Cinere, Jakarta Selatan atau Dapur Betawi di Jalan Cabe 5 No. 9, Poncok Cabe.

9. Bubur Ase

Makanan Khas Bubur Ase Betawi
Photo by @momo.kuliner

Berbeda dengan bubur ayam yang masih mudah dijumpai, bubur ase menjadi salah satu menu khas Betawi yang mulai jarang ditemukan. Bubur ini tidak menggunakan daging ayam melainkan dicampur dengan semur daging khas Betawi sehingga menghasilkan warna yang lebih gelap.

Perpaduan antara bubur nasi yang lembut dengan kuah semur dan asinan membuat bubur ini memiliki cita rasa yang unik. Kelezatan bubur ase semakin menggoda dengan adanya potongan daging sapi, taburan kacang tanah goreng, emping, kerupuk, dan bawang goreng di atasnya.

Untuk menikmati lezatnya bubur ase kamu bisa membelinya di Bubur Ase Bu Neh yang berada di Jalan Kebon Kacang 3 No. 83, Kota Jakarta Pusat.

10. Ketoprak Betawi

Makanan Khas Ketoprak Betawi
Photo by @tjai_kitchen_muliajayasport

Berbahan dasar mentimun, tahu, kecambah, bihun, dan ketupat serta kuah kacang yang manis gurih, ketoprak menjadi salah satu menu favorit masyarakat Betawi. Untuk cita rasa yang lebih enak, biasanya menu ini juga ditambahkan emping atau kerupuk.

Kamu bisa mencicipi lezatnya ketoprak di Ketoprak Ciragil yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Lokasinya di Jalan Ciragil II, Blok Q No. 24, Senopati, Jakarta Selatan.

11. Pecak Gurame

Makanan Khas Pecak Gurame Betawi
Photo by @banususanto

Pecak gurame merupakan menu masakan khas Betawi yang menggunakan bahan utama ikan gurame yang disiram dengan kuah bening berisi racikan bumbu pedas. Sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih, asam, dan pedas sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

Menu khas Betawi ini bisa didapatkan di Warung Betawi H. Muhayar yang terletak di Jalan Taman Margasatwa No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

12. Sayur Asem

Makanan Khas Sayur Asam Betawi
Photo by @tutiktuts

Sayur asem Betawi memiliki ciri khas kuah yang bening dengan cita rasa gurih dan segar karena ada asem kandis di dalamnya. Berbeda dengan sayur asem di daerah lainnya yang sering dipadukan dengan lauk ikan, di Betawi sayur asem justru disandingkan dengan jengkol bewe sehingga memberikan cita rasa tersendiri yang unik.

Segarnya sayur asem bisa kamu dapatkan di Saung Bang Pitung yang berada di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Tempat ini juga menyediakan menu gabus pucung dan pecak gurame yang tak kalah menggoda untuk melengkapi menu makan siangmu.

13. Asinan Betawi

Berbeda dengan asinan Bogor, asinan Betawi menggunakan aneka macam sayuran seperti selada, mentimun,kol, lukio atau bawang Batak, tauge, dan potongan tahu.  Sebagai tambahan, asinan Betawi juga disajikan bersama mie kuning, kerupuk mie, dan kacang tanah goreng.

Untuk sausnya sendiri terbuat dari bumbu halus yang merupakan campuran kacang tanah goreng, cabe rawit, cabe merah, ebi sangrai, cuka, gula merah, gula pasir, dan garam.  Renyahnya sayuran yang berpadu dengan kuah asinan bercita rasa manis, pedas, dan asam membuat hidangan ini semakin menggugah selera.

Buat kamu yang penasaran dengan rasa asinan Betawi bisa langsung mampir ke Asinan Betawi H. Mansyur Kamboja yang berada di Taman Kamboja No. 10, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Atau bisa juga datang ke Asinan Betawi Ibu Yenni di Jalan Lamandau IV No. 18, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

14. Laksa Betawi

Laksa Betawi menyajikan rasa lezat yang berbeda karena menggunakan kuah khusus yang kaya rempah dan campuran udang rebon.   Satu mangkuk laksa Betawi biasanya dihidangkan bersama ketupat, telur rebus, tauge, daun kucai, kemangi, dan bawang goreng.

Untuk variasinya juga sering ditambahkan dengan bihun dan perkedel.  Kombinasi rasa yang pas dan kaya rempah membuat hidangan ini semakin menggugah selera.

Sensasi rasa yang otentik dari laksa Betawi bisa kamu cicipi di Laksa Betawi Asirot yang berada di Jalan Asirot No. 2, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

15. Gado-gado

Menu salad ala Indonesia ini menyajikan cita rasa rasa unik yang menggoda.  Keistimewaan rasa dari gado-gado Betawi terletak pada racikan bumbu kacangnya yang pas sehingga saat disantap benar-benar enak di mulut.

Dalam satu porsi gado-gado Betawi biasanya terdiri dari irisan lontong, telur rebus, tahu, mentimun, kentang rebus, kacang panjang, dan taburan bawang goreng.  Menu ini juga disajikan bersama emping, kerupuk, dan sedikit air perasan jeruk nipis sehingga kombinasi rasanya semakin sempurna.

Menu sederhana nan menyehatkan ini bisa kamu nikmati di Gado-gado Bonbin yang berada di Jalan Cikini IV No. 5, Menteng, Jakarta Pusat.   Atau di Gado-gado Cemara yang terletak di Jalan Tanah Abang 5 No. 36, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

16. Semur Jengkol

Bagi penggemar jengkol, menu semur jengkol khas Betawi bisa mengobati rasa kangenmu dengan olahan jengkol.   Kuliner yang sangat terkenal di Jakarta ini diolah dengan cara dan bumbu yang pas sehingga menghasilkan cita rasa jengkol yang empuk dan lezat.

Tidak semua orang suka dengan olahan jengkol karena memiliki aroma yang begitu menyengat, namun dalam masakan khas Betawi ini jengkol disajikan menjadi hidangan yang sangat menggugah selera.

Buat kamu yang penasaran dengan kelezatan semur jengkol yang menggoda ini bisa datang ke Republik Jengkol yang berada di Jalan Kerja Bakti No. 16, Kramat Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Betawi Hj. Aisyah yang terletak Ampera Raya No.2A, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

17. Pindang Bandeng Betawi

Makanan khas Betawi yang satu ini memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dari olahan pindang lainnya karena menggunakan tambahan kecap pada kuahnya.  Sesuai dengan namanya, menu ini menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utamanya.  Rasa gurih dari ikan bandeng terasa semakin nikmat ketika dipadukan dengan kuah pindang yang kaya rempah.

Sentuhan rasa manis, asam, dan pedas pada kuah pindang membuat hidangan ini semakin menggugah selera.  Sangat cocok dijadikan menu santap siang bersama sepiring nasi hangat.

Pindang bandeng Betawi yang enak dan segar bisa kamu nikmati di Rumah Makan Khas Betawi Mpok Rodemah yang berada di Jalan Ciputat Raya No. 29, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

18. Soto Tangkar

Soto tangkar merupakan menu makanan khas Betawi yang tak kalah populer dari soto Betawi.
Dalam satu mangkuk soto tangkar biasanya berisi iga, daging sapi, babat, paru hingga usus sapi.
Kombinasi rasa gurih pada kuah dan tekstur daging yang empuk membuat hidangan soto ini terasa sangat lezat.  Apalagi soto ini juga disajikan bersama irisan tomat, daun bawang, dan bawang goreng.

Untuk menikmati kelezatan soto tangkar kamu bisa langsung singgah ke Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah H. Diding yang berada di Jalan Jembatan Besi Raya, Jakarta Barat.  Atau di Soto Tangkar Bang Samsudin di Jalan H. Agus Salim No. 41 Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

19. Kue Talam

Kue khas Betawi ini menyajikan rasa manis dan gurih yang begitu menggoda.  Kue dengan tekstur lembut ini terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras atau tepung tapioka.  Kue ini juga menggunakan santan sehingga memberi sentuhan rasa gurih yang pas di dalamnya.  Aroma daun pandan pada kue talam juga cukup kuat sehingga semakin menggugah selera.

Kue nan manis ini bisa kamu dapatkan di House of Talam yang berada di Jalan Mampang Prapatan I No. 10, Jakarta Selatan.  Atau di Talam Ratali yang terletak di Jalan Karet Pedurenan Gang Barokah No. 12, Setiabudi, Jakarta Selatan.

20. Kue Putu Mayang

Jajanan tradisional khas Betawi ini memiliki tampilan yang sangat unik seperti bentuk mie dengan warna-warni cerah yang menarik.  Kue ini menggunakan campuran bahan tepung beras, tepung kanji dan juga santan sehingga ada sentuhan rasa gurih di dalamnya.

Untuk menambahkan rasa manis, kue putu mayang biasanya disajikan bersama saus gula merah atau kinca.  Paduan rasa manis dan gurih yang pas pada kue ini sangat cocok buat camilan di sore hari untuk menemani momen santaimu saat ngeteh.

Kue putu mayang yang manis ini bisa kamu dapatkan di Kue Putu Mayang Betawi Bu Mulia yang berada di Jalan Harun Raya No. 2, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

21. Kue Rangi

Camilan khas Betawi yang satu ini terbuat dari tepung sagu dan parutan kelapa, sementara dalam penyajiannya disiram dengan kinca atau saus gula merah.  Perpaduan rasa gurih dan manis pada kue rangi sangat pas sehingga enak di mulut.

Untuk mencicipi kue rangi ini silakan datang ke Kue Rangi Bapak Isak yang berada di Jalan Kebon Kacang 8 No. 5, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

22. Kue Pepe

Kue manis dari Betawi ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.  Kue pepe terbuat dari adonan tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula pasir dengan variasi warna yang menarik.  Kue pepe dibuat secara berlapis-lapis dengan warna yang berbeda sehingga tampilannya semakin menggoda.

Kue pepe yang manis ini bisa kamu dapatkan di Kue Betawi Pok Yati yang berada di Jalan Joe Kelapa Tiga No. 131, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

 

Baca: Makanan Khas Aceh: Kuliner Tradisional Enak yang Wajib Kamu Cicipi