Makanan Khas Jambi Unik dan Enak, Seporsi mana Cukup!

Makanan Khas Jambi
Tempoyak taken by @galeri_jambi

Nyero.ID – Jambi merupakan salah satu wilayah provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Menikmati momen liburan di Kota Jambi kamu akan dimanjakan dengan ragam destinasi wisata yang menarik.

Agenda liburanmu di kota ini pun akan semakin seru dan menyenangkan. Karena kamu juga bisa berwisata kuliner ke beberapa tempat makan enak yang menyajikan menu khas Jambi yang menggugah selera.

Makanan Khas Jambi Paling Terkenal

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa makanan khas Jambi yang unik dan enak yang wajib kamu cicipi.

1. Gulai Tepek Ikan

Makanan Khas Gulai Tepek Ikan Jambi
Photo by @jambidelicious

Menu tradisional dari Jambi ini lazim dihidangkan pada acara pernikahan, acara adat maupun kenduri. Gulai ini terbuat dari ikan tenggiri, ikan gabus atau ikan belida. Bukan langsung dimasak, daging ikan biasanya dibuat adonan bersama tepung sagu dan bawang putih.

Sekilas mirip dengan pempek namun berbeda dalam penyajiannya. Karena pada menu ini adonan yang telah matang akan dicampurkan ke dalam kuah santan berbumbu rempah. Gulai ini memiliki cita rasa gurih dan asam karena kuahnya juga dibumbui dengan campuran nanas.

Kenikmatan rasa dari gulai tepek ikan bisa kamu dapatkan di beberapa rumah makan yang ada di kawasan Tahtul Yaman, Palayangan, Kota Jambi dan di Olak Kemang, Danau Telak, Kota Jambi.

Menu ini juga bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Putri Jelmu yang berada di Jalan RE. Martadinata, Simpang IV Sipin, Telanaipura, Kota Jambi.

2. Tempoyak

Makanan Khas Jambi
Tempoyak taken by @galeri_jambi

Menu khas Jambi ini terbuat dari daging durian yang sudah difermentasi sehingga menyajikan sensasi rasa yang begitu unik. Tempoyak sangat cocok jika disajikan bersama ikan patin atau jenis ikan lainnya dengan tambahan bumbu pedas di dalamnya.

Menu tempoyak yang unik bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Bu Salma yang berada di Jalan Yusuf Singadekane, Sungai Putri, Danau Sipin, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

3. Daging Masak Hitam

Makanan Khas Daging Masak Hitam Jambi
Photo by @fromthedapur

Sekilas olahan daging khas Jambi ini mirip dengan semur Betawi yang memiliki kuah kental berwarna hitam. Sensasi gurih dan manis pada masakan ini terasa begitu dominan membuat setiap gigitannya terasa begitu nikmat di mulut.

Sesuai dengan namanya, menu ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Proses memasak yang tepat dengan tambahan bumbu rempah yang cukup lengkap membuat bumbunya meresap sempurna dan aromanya semakin menggugah selera.

Seporsi daging masak hitam yang lezat bisa kamu nikmati di Kedai Ombay yang berada di Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

4. Nasi Gemuk

Makanan Khas Nasi Gemuk Jambi
Photo by @jrtjahjadi

Jika di Betawi ada nasi uduk, maka di Jambi ada nasi gemuk. Nasi gemuk juga dimasak bersama santan dengan komposisi yang lebih banyak sehingga cita rasanya semakin gurih. Selain itu juga ada tambahan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, dan lada sehingga aromanya semakin menggugah selera.

Sebagai pelengkapnya, menu nasi gemuk disajikan bersama telur dadar atau telur rebus, irisan mentimun, kerupuk, dan sambal. Di beberapa tempat, nasi gemuk juga disajikan bersama kuah kari ayam atau sapi, kacang tanah goreng, dan ikan teri.

Seporsi nasi gemuk bisa kamu dapatkan di Kedai Kopi Rasa Sedap (Nasi Gemuk Wak Jamal) yang berada di Orang Kayo Hitam, Pasar Jambi, Kota Jambi, Jambi.

Rekomendasi lainnya adalah Nasi Gemuk & Lontong Sayur Bunciok yang terletak di Talang Jauh, Jelutung, Kota Jambi, Jambi.

5. Nasi Minyak

Makanan Khas Nasi Minyak Jambi
Photo by @ameliadwirahmadani

Kuliner dengan nuansa Melayu ini juga bisa ditemukan di daerah Palembang meskipun tampilannya sedikit berbeda. Jika di Palembang nasi minyak terlihat seperti nasi kuning dan disajikan dengan aneka lauk, maka di Jambi nasi minyak justru terlihat sedikit kemerahan.

Nasi minyak di Jambi juga lazim disajikan bersama kari ayam atau kari daging sehingga cita rasanya semakin gurih menggoda.

Untuk menikmati seporsi nasi minyak nan lezat kamu bisa datang Rumah Makan Putri Jelmu yang berada di Jalan RE. Martadinata, Simpang IV Sipin, Telanaipura, Kota Jambi.

Rekomendasi lainnya adalah Nasi Minyak Cek Ka yang terletak di Jalan Kol Moh. Insyah No. 15a, Rajawali, Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi.

6. Gulai Terjun

Makanan Khas Gulai Terjun Jambi
Photo by @tigoragustinuss

Kuliner khas dari Jambi ini memiliki nama yang cukup unik sehingga membuat siapapun penasaran untuk mencicipinya.

Seperti masakan gulai pada umumnya, gulai terjun juga menggunakan bumbu rempah yang cukup lengkap namun kuahnya lebih encer. Menu gulai ini biasanya disajikan bersama umbut kelapa sehingga sensasi rasanya semakin nikmat.

Seporsi gulai terjun nan lezat bisa kamu nikmati di Rumah Makan Dendeng Basah Hj. Herni yang berada di Lorong Asia No. 60, Payo Lebar, Jelutung, Kota Jambi, Jambi.

7. Pempek Sambal

Makanan Khas Pempek Sambal Jambi
Photo by @intan_meliani

Jika biasanya sajian pempek disantap bersama kuah cuka maka di Jambi ada pempek sambal yang pedasnya bikin nagih.

Makanan khas dari Sengeti Seberang, Muaro Jambi ini terbuat dari adonan tepung, sagu, irisan pepaya muda, bawang merah, bawang putih, tomat dan juga cabai. Tekstur pempek yang kenyal berpadu dengan pedasnya sambal membuat lidah tidak berhenti untuk bergoyang.

Sensasi rasa pedas dan nikmat dari pempek sambal bisa kamu dapatkan di Pempek Sambal Jambi yang berada di Jalan H. Moh. Bafadhal No. 49, Sungai Asem, Pasar Jambi, Kota Jambi, Jambi.

8. Mie Celor

Makanan Khas Mie Celor Palembang
Photo by @vanchan_diaries

Olahan mie khas Jambi ini menawarkan cita rasa sedap yang menggoda dengan paduan bumbu rempah yang cukup lengkap di dalamnya. Menu mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan biasanya disajikan bersama irisan daging sapi, sayuran, dan kuah kaldu yang sangat gurih.

Untuk menikmati seporsi mie celor yang enak kamu bisa datang ke Mie Celor Pasar yang berada di Jalan WR. Supratman, Pasar Jambi, Kota Jambi, Jambi. Rekomendasi lainnya adalah Mie Celor Mang Ceper di Sulanjana, Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi.

9. Ikan Kerutup

Makanan Khas Ikan Kerutup Jambi
Photo by @andikasaputraakbar13

Olahan ikan khas Jambi ini menawarkan cita rasa yang begitu menggoda. Menu ini biasanya menggunakan ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mas atau gurame. Ikan yang sudah diberi bumbu kerutup kemudian digoreng bersama daun kunyit sehingga menimbulkan aroma khas yang menggugah selera.

Menu tradisional dari Jambi ini bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Kajang Lako yang berada di Jalan MT. Haryono No. 4, Telenaipura, Kota Jambi.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Pa’Udo yang berlokasi di Jalan Yusuf Singadikane 51, Jambi.

10. Kue Kubang Boyo

Makanan Khas Kue Kubang Boyo Jambi
Photo by Topikkuliner.blogspot.com

Kue tradisional khas Jambi ini juga dikenal dengan nama pak ipuk, anak buaya atau buaya berenang. Meskipun namanya unik dan sedikit seram, namun kue ini menyajikan cita rasa manis dan gurih yang menggoda.

Kue ini terdiri dari adonan tepung ketan yang digunakan untuk membuat bagian kulit sementara isiannya terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Sedangkan kuahnya terbuat dari santan kelapa dan sedikit garam.

Legitnya kue kubang boyo bisa kamu nikmati di Kue Tradisional Melayu Kurnia yang berada di Jalan KH. Wakhid Hasyim No.59, Orang Kayo Hitam, Pasar Jambi, Kota Jambi, Jambi.

Rekomendasi lainnya adalah Meja Kue Tradisional di Jalan Mr. Assat, Sungai Asam, Pasar Jambi, Kota Jambi, Jambi.

11. Kue Kojo

Makanan Khas Kue Kojo Jambi
Photo by @amelia_cookies

Jajanan tradisional khas Jambi ini wajib kamu cicipi karena menyajikan cita rasa manis dan gurih dengan aroma wangi yang begitu menggoda. Tekstur kue kojo sangat lembut seperti agar-agar sehingga enak untuk dikunyah. Kue tradisional dengan aroma wangi pandan ini lazim dihidangkan pada saat upacara adat.

Untuk mencicipi keunikan rasa dari kue kojo ini silakan datang ke Kue Tradisional Talang Banjar atau Toko Kue Tradisional di Jalan Abdul Karta Wirana No, 23, Budiman, Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi.

Baca: Makanan Khas Bengkulu Ini Wajib Kamu Cobain!