Makanan Khas Jawa Timur Dijamin Enak, Sudah Coba?

Makanan Khas Jawa Timur
Lontong Balap taken by @arifahrulyanti

Nyero.ID – Jawa Timur terdiri dari beberapa wilayah kota dan kabupaten yang memiliki ragam destinasi wisata menarik di dalamnya. Seperti wilayah lain di Indonesia, Jawa Timur juga memiliki kekayaan kuliner yang menggugah selera.

Ada banyak pilihan menu makanan di Jawa Timur yang bisa dicicipi saat berkunjung ke wilayah ini. Beberapa diantaranya bahkan sudah sangat populer di kalangan wisatawan, seperti rujak cingur, pecel dan juga rawonnya yang bercita rasa istimewa.

Makanan Khas Jawa Timur Paling Terkenal

Selain ketiga kuliner tersebut, berikut ini adalah beberapa kuliner khas Jawa Timur yang tak kalah enak dan wajib dicoba kelezatannya.

Sego Tumpang

Makanan Khas Sego Tumpang Jawa Timur
Photo by @literallyrohma

Olahan nasi khas Kediri, Jawa Timur ini menyajikan cita rasa yang begitu unik karena menggunakan tambahan kuah sambel tumpang. Sambel tumpang sendiri merupakan sejenis sambal yang terbuat dari tempe bosok, yaitu tempe yang sudah mulai membusuk.

Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi olahan tempe bosok lazim ditemukan dalam masakan Jawa. Beberapa jenis masakan bahkan menggunakan campuran tempe bosok sebagai salah satu bumbunya, seperti sayur lodeh, oseng-oseng kangkung, dll.

Biasanya sambel tumpang dimasak bersama ayam dan kerupuk kulit atau rambak sehingga cita rasanya semakin nikmat.

Jika kamu penasaran dengan menu sego tumpang, langsung saja datang ke Warung Nasi Tumpang Bu Ari yang terletak di daerah Semen, Kediri, Jawa Timur. Rekomendasi lainnya adalah Nasi Tumpang/Pecel Mbak Sri di Jalan Bence Gang 1 No. 47, Pakunden, Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur.

Sego Tempong

Makanan Khas Sego Tempong Jawa Timur
Photo by @banyuwangienak

Masih dengan olahan nasi, sego atau nasi tempong menawarkan sensasi pedas yang cukup menggoda dengan tambahan sambal super pedas di atasnya. Biasanya nasi tempong terdiri dari nasi panas, sayuran rebus, tahu dan tempe goreng, serta ikan asin.

Menu nasi bercitarasa pedas ini bisa kamu dapatkan di Sego Tempong Mbok Nah yang berada di Jalan Kolonel Sugiono No. 16, Kertosari, Banyuwangi, Jawa Timur. Rekomendasi lainnya adalah Sego Tumpang Sukowidi di Jalan Yos Sudarso, Klatak, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur dan Sego Tempong Mbok Wah di Jalan Gembrong No.220, Bakungan, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.

Nasi Becek

Makanan Khas Nasi Becek Jawa Timur
Photo by @kurniawati.dian

Kuliner khas Jawa Timur yang satu ini terdiri dari nasi yang diberi kuah kare kambing dengan tekstur yang cukup kental. Kenikmatan rasa nasi becek semakin maksimal karena dilengkapi dengan sate kambing yang sudah dilepas dari tusuknya.

Makanan khas dari Nganjuk, Jawa Timur ini bisa kamu dapatkan di Nasi Becek dan Sate Kambing yang berada di Jalan Dr. Soetomo, Payaman, Nganjuk, Jawa Timur.

Kare Rajungan

Makanan Khas Kare Rajungan Jawa Timur
Photo by @fikriuchil

Kuliner dengan cita rasa unik ini menggunakan kepiting sebagai bahan utamanya.  Rasa kepiting yang begitu lezat terasa semakin menggoda karena diolah dengan santan berbumbu kare.  Olahan khas Tuban, Jawa Timur ini wajib masuk dalam daftar menu yang harus kamu cicipi saat berada di Jawa Timur.

Seporsi kare rajungan yang lezat bisa kamu dapatkan di Kare Rajungan Manunggal Jaya di Jalan Manunggal Jaya No. 100, Tuban, Jawa Timur. Rekomendasi lainnya adalah Rajungan Ndoro Bei yang berada di Jalan Dr. Soetomo No. 007, Tuban, Jawa Timur.

Tahu Campur Lamongan

Makanan Khas Tahu Campur Lamongan Jawa Timur
Photo by @sriwilujeng

Menu makanan ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur dan memiliki cita rasa yang begitu istimewa. Kuliner ini biasanya terdiri dari tahu goreng, daging sapi, perkedel, selada air, mie kucing, tauge, dan juga kerupuk udang. Tambahan bumbu petis, sambal, dan bawang goreng pada menu ini membuat cita rasanya semakin menggoda.

Untuk menikmati seporsi tahu campur Lamongan yang nikmat kamu bisa datang ke Tahu Campur Lamongan Pak Sueb yang berada di Jalan Kyai H. Hasyim Ashari, Tumenggungan, Lamongan, Jawa Timur. Rekomendasi lainnya adalah Tahu Campur Lamongan Pak Sadak di Jalan Mayjen Sungkono, Pakis, Sawahan, Surabaya, Jawa Timur.

Lontong Balap

Makanan khas Jawa Timur ini menawarkan sensasi rasa yang menggoda dengan memadukan irisan lontong bersama bahan lainnya.  Seperti tahu goreng, lenthok, tauge, kuah bumbu dan bawang goreng.  Cita rasa lontong balap semakin nikmat saat disantap bersama sate kerang yang memberikan sentuhan rasa gurih di dalamnya.

Untuk menikmati menu lontong balap kamu bisa datang ke Lontong Balap Rajawali yang berada di Jalan Krembengan Timur No. 32D, Krembengan, Surabaya, Jawa Timur.

Lontong Kupang

Makanan Khas Lontong Kupang Jawa Timur
Photo by @foodinrupiah

Kuliner unik ini mudah ditemukan di wilayah Sidoarjo, Pasuruan, Surabaya dan menjadi salah satu menu khas Jawa Timur.  Makanan ini menggunakan kupang putih sebagai bahan utamanya, yaitu sejenis kerang namun ukurannya kecil-kecil.  Biasanya lontong kupang terdiri dari irisan lontong yang kemudian disiram dengan kuah berbumbu petis dan juga kupang plus bawang goreng.

Untuk menikmati seporsi lontong kupang kamu bisa mampir ke Kedai Pak Misari yang terletak di Jalan Mojopahit No. 62, Sidoarjo, Jawa Timur.

Lodho Ayam

Makanan Khas Lodho Ayam Jawa Timur
Photo by @ocha_chupid

Olahan ayam khas Tulungagung, Jawa Timur ini terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu tertentu yang telah diwariskan secara turun temurun sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu istimewa. Ada dua pilihan lodho ayam, yaitu lodho ayam kuah santan kental dan lodho ayam kuah santan encer.

Menu ayam ini bisa kamu dapatkan di Ayam Lodho Pak Yusuf yang berada di Jalan KHR Abdul Fatah No. 44, Botoron, Tulungagung, Jawa Timur.

Rujak Soto

Makanan Khas Rujak Soto Jawa Timur
Photo by @penjelajah_f00d

Kuliner khas Banyuwangi, Jawa Timur ini memadukan dua rasa yang berbeda yaitu rujak dan soto sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan berbeda. Makanan ini terdiri dari sayuran yang direbus dan kemudian dicampurkan bumbu kacang dan petis. Selanjutnya ditambah irisan lontong dan disiram dengan kuah soto babat yang masih panas. Bisa dibayangkan sensasi rasanya yang cukup menggoda.

Untuk mencicipi rasa rujak soto yang unik ini kamu bisa datang ke Rujak Soto Mbak Diyah yang berada di Jalan RA. Kartini No. 15, Doko, Ngasem, Kediri, Jawa Timur.

Pecel Rawon

Makanan Khas Pecel Rawon Jawa Timur
Photo by @banyuwangiyuktravel

Masih mengkombinasikan dua jenis masakan, pecel rawon juga menawarkan sensasi rasa yang cukup unik dengan perpaduan pecel dan rawon yang nikmat.  Makanan tradisional dari Banyuwangi, Jawa Timur ini terdiri dari aneka sayuran rebus yang dicampur dengan bumbu pecel dan kemudian disiram dengan kuah rawon.

Menu ini biasanya dihidangkan bersama seporsi nasi hangat, sambal, tahu dan tempe goreng, serta rempeyek.  Untuk menikmati seporsi pecel rawon kamu bisa singgah ke Rumah Makan Pecel Ayu yang berada di Jalan Adi Sucipto No. 65, Banyuwangi, Jawa Timur.

Menjes Malang

Makanan Khas Menjes Malang Jawa Timur
Photo by @latifp_ig

Menjes merupakan tempe khas Malang yang memiliki bentuk, tekstur, dan aroma yang berbeda. Ada dua jenis menjes yang dikenal masyarakat yaitu menjes kacang yang bertekstur kasar dan menjes gombal yang teksturnya lebih halus.

Menjes gombal yang dibuat dari ampas tahu serupa dengan tempe gembus yang terkenal di Jogja dan Jawa Tengah. Selain diolah menjadi gorengan yang nikmat disantap selagi panas, menjes juga dibuat menjadi keripik dengan cita rasa yang tak kalah nikmat.

Untuk mendapatkan kuliner khas ini kamu bisa datang ke Tempe Menjes Malang yang berada di Jalan Kendalsari IV No. 22, Tulusrejo, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur atau di Keripik Tempe dan Menjes di Jalan Sanan No. 129 A, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Brem

Makanan Khas Brem Madiun Jawa Timur
Photo by @camilanlodhong

Jajanan khas Jawa Timur ini biasanya menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa pulang saat berwisata ke Jawa Timur. Makanan bercita rasa manis dan sedikit asam ini berasal dari Kabupaten Madiun yang diproduksi secara turun temurun.  Brem sendiri merupakan olahan air tape ketan yang difermentasi dan diendapkan selama sehari semalam.  Brem menawarkan sensasi rasa yang cukup unik karena lumer di mulut dan terasa dingin.

Brem cukup mudah untuk didapatkan karena jajanan ini banyak dijual di toko oleh-oleh. Salah satunya adalah Brem Rumah Joglo di Jalan Terate Sumberjo, Tempuran, Kaliabu, Mejayan, Madiun, Jawa Timur.

Baca: Makanan Khas Bandung: Bakal Nyesal Jika Tidak Mencoba Kuliner Ini!