Makanan Khas Jogja: Kuliner Lezat dengan Cita Rasa yang Wajib Kamu Cobain!

Makanan Khas Jogja
Gudeg Jogja taken by @gudeg_yu_djum_pusat

Nyero.ID – Destinasi wisata di Jogja menawarkan sensasi liburan yang asik dan tak terlupakan. Mulai dari destinasi wisata alam, sejarah dan budaya, wisata edukasi hingga wisata hiburan yang cukup beragam. Liburan ke Jogja tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Jogja yang menggugah selera.

Bukan hanya Malioboro-nya saja yang ikonik, Jogja juga memiliki menu makanan khas yang terkenal enak dengan cita rasanya yang memanjakan lidah. Beberapa hidangan juga dianggap sebagai identitas Jogja karena sudah ada sejak zaman dahulu dan tetap dilestarikan secara turun temurun dengan cita rasa yang tidak berubah.

Makanan Khas Jogja Paling Terkenal

Untuk melengkapi agenda liburanmu ke Jogja, berikut ini adalah beberapa menu makanan khas Jogja yang wajib kamu cicipi keunikan rasanya.

1. Gudeg

Gudeg Makanan Khas Jogja
Photo by @gudeg_yu_djum_pusat

Di urutan pertama ada gudeg yang merupakan makanan tradisional Jogja dengan cita rasa manisnya yang cukup menggoda. Hidangan legendaris ini menjadi salah satu identitas Jogja. Bahkan kita pun sering mendengar istilah Jogja sebagai Kota Gudeg karena menu ini memang sangat populer di Jogja.

Kuliner ini menggunakan nangka muda sebagai bahan utamanya yang kemudian dimasak dengan santan bersama aneka bumbu dan rempah. Gudeg sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar.

Gudeg paling nikmat disantap bersama sambal kerecek dan areh untuk memberikan sensasi pedas dan gurih. Untuk lauknya bisa menambahkan telur, tahu dan tempe bacem atau ayam kampung.

Buat kamu yang ingin menikmati sensasi manis gurihnya gudeg basah bisa datang langsung ke Gudeg Mbok Lindu yang berada di depan Hotel Grage Ramayana, Jalan Sosorowijayan, Jogja.

Atau ke Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan No. 167 selatan Plengkung Wijilan, Jogja dengan menu gudeg kering yang cocok buat oleh-oleh. Dan Gudeg Bu Seneng di Dusun Mangiran, Trimurti, Srandakan, Bantul untuk menikmati seporsi gudeg manggar yang tak kalah nikmat.

2. Sate Klathak

Makanan Khas Sate Klathak Jogja
Photo by @jogjabikinlaper

Buat para penggemar sate, kelezatan sate kembing tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Tapi di Jogja kamu bakal semakin dimanjakan dengan sajian sate klathak yang menggugah selera. Proses pembakaran sate cukup unik karena menggunakan jeruji besi yang diyakini mampu menghantarkan panas secara sempurna sehingga daging kambing bisa matang merata.

Untuk menambah cita rasa sate agar semakin nikmat, biasanya sate klathak disajikan bersama kuah gulai. Beberapa tempat makan sate klathak yang cukup populer di Jogja antara lain adalah Sate Klathak Pak Pong di Jalan Sultan Agung N. 18, Wonokromo, Pleret, Bantul dan Sate Klathak Pak Bari di di kawasan Pasar Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul.

3. Sego Kucing

Makanan Khas Sego Kucing Jogja
Photo by @ivanawibz

Makanan khas Jogja ini menjadi salah satu menu utama yang ada di angkringan. Harga murah meriah yang ditawarkan membuat sego kucing sangat populer di kalangan masyarakat Jogja. Seporsi sego kucing biasanya berisi nasi, sambal tempe atau sambal teri dan dibungkus dengan daun pisang.

Untuk melengkapi sego kucing kamu bisa menambahkan gorengan, sate telur puyuh, ati ampela, kepala ayam atau lauk lainnya yang tersedia. Selain sego kucing, di angkringan kamu juga bisa menikmati wedang jahe, susu jahe atau kopi joss yang tak kalah populer.

Di Jogja kamu bisa menikmati sego kucing di berbagai tempat karena angkringan di kota ini banyak tersebar di berbagai sudut kota. Beberapa angkringan yang cukup populer adalah Angkringan Lek Man di kawasan Stasiun Tugu. Angkringan KR, Angkringan Nganggo Suwe, dan Angkringan Pendopo Ndalem.

4. Mie Des

Makanan Khas Mie Des Bantul Jogja
Photo by @matkli_dimas_as

Melipir sejenak ke Bantul, kamu akan diajak untuk menikmati sensasi rasa mie des yang begitu menggoda. Makanan khas ini berasal dari daerah Pundong, Bantul dan terbuat dari tapioka sehingga menghasilkan tekstur mie yang lebih kenyal dengan ukuran mie yang relatif besar.

Tersedia dua pilihan menu yaitu mie des goreng atau mie des kuah dengan cita rasa gurih pedas yang sama nikmatnya. Penggunaan ebi, bawang putih, merica, dan kemiri sebagai bumbunya mampu menghasilkan sensasi rasa gurih yang menggugah selera. Sebagai pelengkap, sajian ini juga ditambah dengan irisan kol dan timun.

Untuk menikmati keunikan rasa mie des yang menggoda kamu bisa datang ke daerah Pundong, tepatnya di Mie Des Pak Yono yang terletak di Jalan Mangun Negoro, Srihardono, Pundong, Bantul, DIY.

5. Mie Lethek

Makanan Khas Mie Lethek Jogja
Photo by @melianachristanty

Satu lagi kuliner dengan menu mie yang cukup unik dari Bantul, yaitu mie lethek. Istilah lethek atau kotor merujuk pada warna mie yang terlihat “lethek” dan tidak menarik. Tapi jangan salah, dibalik warnanya yang tidak menarik tersebut mie lethek bisa berubah menjadi hidangan lezat yang nikmat disantap.

Mie lethek banyak diproduksi di daerah Srandakan, Bantul dengan proses pembuatan yang cukup unik karena menggunakan alat penggiling tradisional berbentuk silinder yang ditarik oleh seekor sapi. Mie lethek disajikan dengan cara digoreng atau direbus sesuai selera dengan tambahan telur dan suwiran ayam kampung.

Meskipun lethek, cita rasa mie yang satu ini tetap juara. Bahkan Obama pun suka dengan menu “ndeso” yang satu ini. Kamu bisa mengikuti jejak Obama mencicipi olahan mie lethek di Restoran Bumi Langit yang berada di Jalan Imogiri Mangunan Km3, Giriloyo, Imogiri, Bantul, DIY.

Rekomendasi lainnya adalah Bakmi Jawa dan Mie Lethek Pandawa di Jalan Bantul Km 4,5, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY. Atau Mie Lethek Mbah Mendes Mangkubumi di Jalan P. Mangkubumi No. 22, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta.

6. Mie Pentil

Makanan Khas Mie Pentil Jogja
Photo by @adrieadri

Masih dengan bahan pati ketela, mie pentil menjadi salah satu jenis mie yang bisa kamu cicipi saat melipir ke Bantul. Biasanya mie pentil terdiri dari dua warna, yaitu kuning dan putih dengan tekstur yang kenyal. Untuk memberikan sensasi rasa pedas, mie pentil biasanya ditambahkan dengan sedikit sambal di atasnya.

Makanan tradisional ini bisa kamu dapatkan di beberapa pasar tradisional yang ada di Bantul, seperti di Pasar Pundong, Pasar Barongan, Pasar Turi, dll. Biasanya mie pentil dibungkus dengan daun jati sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda.

7. Kipo Jogja

Makanan Khas Kipo Jogja
Photo by @fajaria.aini

Jajanan manis ini berasal dari daerah Kotagede, Jogja. Biasanya kipo dinikmati sebagai camilan ringan bersama secangkir teh hangat. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras ketan dengan pewarna hijau alami dan parutan kelapa muda yang dicampur gula merah sebagai isiannya.

Panganan khas Kotagede ini dibuat dengan cara tradisional dan di bakar atas anglo berbahan bakar arang, sehingga cita rasa manisnya semakin istimewa. Meskipun jajanan ini cocok dijadikan oleh-oleh namun perlu diketahui bahwa kipo tidak bisa bertahan lama.

Untuk mendapatkan jajanan legendaris ini kamu bisa datang ke Kipo Bu Amanah yang terletak di Jalan Mondorakan No. 25A, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta. Atau di Kipo Bu Djito yang terletak di Jalan Mondorakan No. 27, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta.

8. Bakpia Jogja

Makanan Khas Bakpia Jogja
Photo by @sisterhood22.id

Jajanan manis ini sangat populer di Jogja dan menjadi salah satu oleh-oleh andalan saat berkunjung ke Jogja. Panganan legendaris ini menggunakan bahan kacang hijau, kumbu hitam, hingga keju sebagai isiannya.

Tidak sulit mendapatkan bakpia di Kota Jogja, salah satu yang cukup terkenal adalah Bakpia Pathok 25 yang berada di Jalan AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta. Atau Bakpia Kurnia Sari yang terletak di Jalan Glagahsari No. 91C, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

9. Thiwul Jogja

Makanan Khas Thiwul Jogja
Photo by @diharanwarspicehuis

Thiwul merupakan olahan makanan yang terbuat dari tepung gaplek atau singkong yang sudah dijemur sampai kering. Pada awalnya thiwul dikonsumsi sebagai alternatif ketika beras mahal, namun saat ini thiwul tetap memiliki tempat tersendiri sebagai makanan tradisional dengan cita rasanya yang unik.

Sego thiwul biasanya disantap bersama lauk dan sayur seperti umumnya ketika makan nasi. Selain itu thiwul juga diolah menjadi jajanan manis dengan kombinasi gula merah dan parutan kelapa muda di dalamnya. Sangat cocok buat menemani waktu santaimu bersama secangkir kopi atau teh hangat.

Salah satu tempat yang bisa kamu datangi untuk mendapatkan thiwul dengan aneka variasi rasa adalah di Thiwul Ayu Mbok Sum yang berada di Jalan Mangunan Km 4,5, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY.

10. Jadah Tempe

Makanan Khas Jadah Tempe Jogja
Photo by @yugo.sucipto

Jajanan khas lereng Merapi ini sangat populer di Jogja karena memiliki cita rasa unik yang cukup menggoda. Jadah yang terbuat dari beras ketan dengan rasa gurih terasa nikmat saat berpadu dengan tempe bacem yang identik dengan rasa manisnya.

Makanan tradisional ini pertama kali dikenalkan oleh Sastro Dinomo atau Mbah Carik pada tahun 1950-an dan menjadi salah satu jajanan favorit keluarga kraton saat berkunjung ke Kaliurang.
Jadah tempe yang legendaris bisa kamu dapatkan di kawasan wisata Kaliurang atau di Warung Jadah Tempe Mbah Carik yang terletak di Jalan Kaliurang Km 12,5 Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY.

Baca: Makanan Khas Papua yang Menjadi Pusat Perhatian, Sudah Coba?