Makanan Khas Kalimantan Barat yang Terkenal Enak, Mana Pilihanmu?

Makanan Khas Kalimantan Barat
Mie Sagu Taken by @chicco_street

Nyero.ID – Kalimantan Barat dikenal sebagai provinsi terluas ke-4 setelah Papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Mendapat julukan sebagai Provinsi “Seribu Sungai”, Kalimantan Barat juga berbatasan langsung dengan negara bagian Serawak, Malaysia.

Provinsi yang didiami oleh berbagai etnis ini menyimpan potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Keragaman etnis dan budaya di Kalimantan Barat juga berpengaruh pada kekayaan kuliner yang cukup beragam dengan cita rasa khas-nya yang menggoda.

Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Terkenal

Saat berada di Kalimantan Barat, jangan lupa untuk menjelajahi kekayaan kulinernya yang memanjakan lidah. Sebagai referensi, berikut ini adalah daftar kuliner enak di Kalimantan Barat yang wajib kamu explore.

1. Mie Sagu

Makanan Khas Mie Sagu Kaimantan Barat
Photo by @warung.nekjul

Olahan mie dari tepung sagu ini merupakan salah satu menu khas Melayu di Kalimantan Barat yang cukup populer, jadi sempatkanlah untuk mencicipi kelezatannya.

Tekstur mie yang begitu kenyal terasa semakin nikmat saat disajikan bersama kuah kaldu berbumbu yang gurih, kecambah, daun kucai, dan potongan daging. Menu sedap ini sangat cocok disantap selagi panas.

Untuk menikmati hidangan mie sagu yang enak kamu bisa datang ke Syabila Paris yang berada di Jalan Paris Gg. Muslimin 1 No. 26, Pontianak, Kalimantan Barat.

Selain menyediakan mie sagu, tempat ini juga menyediakan menu bubur pedas, mie asin, mie tiaw, dan tekwan yang tidak kalah menggoda.

2. Bubur Pedas

Makanan Khas Bubur Pedas Kalimantan Barat
Photo by @simonmitra73

Menu bubur khas Sambas, Kalimantan Barat ini menyajikan rasa dan aroma bubur yang gurih menggugah selera. Kuliner yang memiliki nama asli bubbor paddas ini terdiri dari beras yang ditumbuk halus dan disangrai.

Bubur ini juga dilengkapi dengan aneka sayuran seperti daun pakis, kangkung, daun kunyit, daun kesum, dan jagung pipil.

Kuahnya sendiri menggunakan bumbu dan rempah pilihan yang dimasak bersama tulang dan tetelan sapi. Sensasi gurih dari bubur pedas terasa semakin istimewa dengan adanya taburan teri dan juga kacang goreng.

Untuk mencicipi seporsi bubur pedas yang gurih ini kamu bisa datang ke Bubur Pedas Pa’Ngah yang berada di Jalan P. Natakusuma No. 74, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Bubur Pedas Mentari yang berlokasi di Jalan WR. Supratman, Kauman, Benua Kayong, Ketapang, Kalimantan Barat.

3. Ale-ale Ketapang

Makanan Khas Ale-ale Kalimantan Barat
Photo by @dodon_jerry

Menu ini sangat cocok buat para penggemar seafood khususnya kerang. Kuliner khas Ketapang, Kalimantan Barat ini menggunakan bahan kerang ale-ale yang biasanya terdapat di wilayah pesisir Ketapang.

Meskipun diolah dengan cara yang cukup sederhana, namun ale-ale tetap menyajikan rasa yang istimewa. Tidak heran jika menu ini menjadi salah satu makanan yang diburu oleh para wisatawan.

Seporsi ale-ale yang menggoda bisa kamu dapatkan di Pondok Ale-ale yang berada di Jalan Letnan Jenderal Sutoyo, Parit Tokaya, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Pondok Ale-ale di Jalan Putri Candramidi, Gg. Podomoro Dalam, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

4. Bubur Ikan

Makanan Khas Bubur Ikan Kalimantan Barat
Photo by @hwang_frenzdy

Kuliner yang satu ini merupakan menu khas Pontianak dengan nuansa Tionghoa. Bubur ikan menggunakan nasi sebagai bahan utamanya yang kemudian dimasak bersama kuah kaldu dan potongan ikan.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan kakap merah, ikan alu-alau, ataupun ikan napoleon. Ikan disajikan dalam bentuk fillet sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Menu bubur yang enak ini bisa kamu dapatkan di Bubur Ikan Ahian yang berada di Jalan WR. Supratman No. A3/27, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Bubur Ikan di Jalan Gajah Mada No.90, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

5. Burung Punai

Makanan Khas Burung Panai Kalimantan Barat
Photo by @kuliner.punai

Sajian khas dari Kalimantan Barat ini cukup menarik untuk dicicipi karena menggunakan burung punai sebagai bahan utamanya. Olahan burung ini biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dibakar dengan tambahan nasi, sambal, dan lalapan sebagai pelengkapnya.

Kuliner dengan cita rasa gurih ini bisa ditemukan di wilayah Mempawah maupun Pontianak. Salah satunya adalah di Resto Pondok Pengkang yang berada di Jalan Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat.

6. Bubur Gunting

Makanan Khas Bubur Gunting Kalimantan Barat
Photo by @eviwanq

Olahan bubur dengan cita rasa unik ini memadukan gurihnya cakwe dengan kuah bubur kacang hijau yang manis. Menu bubur ini sangat cocok buat sarapan di pagi hari untuk memulai aktivitas.

Seporsi bubur gunting yang otentik bisa dapatkan di Bubur Gunting Asun yang berada di Jalan P. Antasari No. 56, Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

7. Kerupuk Basah

Makanan Khas Kerupuk Basah Kalimantan Barat
Photo by @kerupuk_basah_mak_nett

Kudapan khas dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini menawarkan sensasi rasa yang berbeda. Jika kebanyakan kerupuk dinikmati setelah digoreng renyah maka kerupuk yang satu ini justru disajikan secara basah.

Makanan yang terbuat dari adonan tepung sagu dan ikan ini memang mirip dengan empek-empek Palembang, hanya saja penyajiannya menggunakan saus kacang seperti pada sate atau siomay.

Camilan khas ini bisa kamu dapatkan di Kerupuk Basah yang berada di Jalan M.Yamin Gg. PGA No.27, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

8. Kue Bingka

Makanan Khas Kue Bingka Kalimantan Barat
Photo by @febby_biaa

Camilan manis ini juga sering disebut dengan kue bingke. Kue tradisional ini menawarkan sensasi rasa legit yang menggoda. Bahan pembuatannya pun cukup sederhana, yaitu tepung terigu, santan, telur, gula pasir, dan sedikit garam.

Adonan kemudian dicetak menggunakan loyang berbentuk daun semanggi atau bundar dan dipanggang hingga matang. Jajanan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Barat yang banyak dicari oleh wisatawan.

Kue bingka mudah ditemukan di pasar tradisional dan toko kue. Salah satunya adalah di Kue Bingka Fajar Al Fajar yang berada di Jalan Adisucipto No. 155 B, Bangka Belitung Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

9. Pengkang

Makanan Khas Pengkang Kalimantan Barat
Photo by @mr._bigo

Kuliner tradisional ini merupakan salah satu ikon kuliner Kota Pontianak. Sekilas pengkang mirip dengan lemper dengan proses pembuatan yang hampir sama. Yaitu beras ketan dimasak dengan santan dan diberi isian ebi. Lalu dibungkus daun pisang yang dijepit sebilah bambu baru kemudian dibakar di atas bara.

Aroma daun pisang membuat hidangan ini semakin sedap, apalagi ketika disantap bersama sate dan sambal kepah, yaitu sejenis kerang yang hidup di kawasan mangrove.

Keunikan rasa pengkang bisa kamu dapatkan di Pondok Pengkang yang berada di Jalan Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat.

10. Es Sagu Gunting

Makanan Khas Es Sagu Gunting Kalimantan Barat
Photo by @liforeat

Kuliner manis khas Pontianak ini sangat cocok dinikmati di waktu santai. Minuman es ini berbahan adonan sagu yang digunting kemudian direbus hingga menghasilkan tekstur yang kenyal dan lembut. Bahan tersebut disajikan bersama kacang merah, ketan hitam, mutiara, dan bongko sehingga menyajikan sensasi rasa yang cukup lengkap.

Semangkuk es sagu gunting atau che hun tiaw bisa kamu nikmati di Jalan WR. Supratman, Benua Melayu Darat, Pontinak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

11. Chai Kwe

Makanan Khas Chai Kwe Kalimantan Barat
Photo by @opranoto

Kue basah ini bisa menjadi salah satu jajanan yang menarik untuk dicicipi saat berada di Pontianak. Bentuknya yang unik rupanya terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu yang dikukus.  Adapun isiannya terdiri dari bengkoang, daun kucai, ebi, talas, dan juga rebung.

Sajian ini dihidangkan bersama taburan bawang goreng dan sambal yang pedas sehingga sensasi rasanya semakin menggoda.

Untuk menikmati kue dengan cita rasa unik ini kamu bisa datang ke A Hin Chai Kwe Panas Siam yang berada di Jalan Siam, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca: Makanan Khas Manado Paling Dicari, Mana Seleramu?