Makanan Khas Lampung yang Dijamin Bikin Ketagihan, Mana Favoritmu?

Makanan Khas Lampung
Gulai Taboh taken by @attin_hijabsyari

Nyero.ID – Liburan ke Lampung tidak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai hidangan khas Lampung yang menggugah selera. Bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata, kopi, dan sekolah gajahnya saja, Lampung juga memiliki ragam wisata kuliner yang begitu menggoda.  Sangat cocok buat melengkapi agenda liburanmu saat berada di Lampung.

Ada banyak pilihan makanan enak di Lampung yang bisa kamu coba sensasi rasanya, dan mungkin tidak kamu temukan di daerah lain sehingga bikin kangen.

Makanan Khas Lampung Paling Terkenal

Biar tidak penasaran berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas di Lampung yang bisa kamu explore keunikan rasanya.

1. Gulai Taboh

Makanan Khas Gulai Taboh Lampung
Photo by @semeja_makan

Menu masakan gulai memang selalu bikin lidah bergoyang karena cita rasanya yang begitu menggoda. Tak terkecuali dengan gulai taboh yang merupakan salah satu makanan khas Lampung. Biasanya gulai taboh disajikan sebagai sayur pendamping pada jamuan makan.

Gulai taboh mirip dengan lodeh, perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan karena gulai taboh menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Penggunaan bumbu dan rempah yang cukup lengkap menghadirkan cita rasa Lampung yang begitu khas.

Gulai taboh terdiri dari dua jenis, yaitu gulai taboh berbahan ikan laut yang ditambah sayuran daun tangkil, kacang panjang, serta rebung.  Dan gulai taboh berbahan ikan sungai yang dicampur tuba atau kluwak.

Ada juga jenis gulai taboh tapa semalam yang menggunakan ikan asap bercampur santan kental yang berasal dari daerah pesisir Lampung.  Masakan ini memiliki cita rasa yang khas dan unik karena menggunakan ikan asap yang dimatangkan dengan cara diasap selama 6 jam.

Untuk mencicipi kelezatan gulai taboh kamu bisa datang ke Cikwo Resto & Coffee yang berada di Jalan Kimaja, Bandar Lampung.

2. Seruit

Makanan Khas Seruit Lampung
Photo by @encim.gendut

Makanan tradisional ini biasanya disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat. Seruit merupakan menu makanan yang dibuat dari bahan dasar ikan yang dibakar dan dibumbui.

Ikan Bakar juga dilengkapi dengan sambal dan tempoyak, yaitu daging durian yang sudah diawetkan atau difermentasi. Tidak ketinggalan juga dengan lalapan berupa daun kemangi, jengkol, terong, serta daun jambu monyet yang kemudian dicampur dan diaduk menjadi satu.

Untuk menikmati seporsi seruit yang unik dan menggoda kamu bisa datang ke Rumah Makan Rusdi Gendut yang berada di Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung. Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan D’Seruit Lampung di Jalan Gatot Subroto, Gang Fayakun, Bandar Lampung.

3. Bekasam

Makanan Khas Bekasam Lampung
Photo by @titihand798

Makanan khas Lampung ini sudah semakin langka dan mungkin tidak begitu dikenal oleh generasi muda saat ini. Proses pembuatannya yang cukup lama membuat jenis makanan ini semakin langka dan susah untuk ditemukan.

Bekasam terbuat dari rebung atau bambu muda yang diiris tipis dan kemudian direndam ke dalam air dengan wadah tertutup sehingga terjadi proses fermentasi. Setelah dicuci bersih, baru kemudian dicampur dengan potongan daging ikan. Selanjutnya ditempatkan ke dalam wadah tertutup dan kembali difermentasi.

Setelah dirasa cukup, kedua bahan tersebut baru dipress dan ditiriskan airnya. Selanjutnya siap untuk dibumbui dan dimasak menjadi sebuah hidangan yang menggugah selera.

Meskipun cukup langka, namun kamu bisa menemukan menu ini di Cikwo Resto & Coffee di Jalan Kimaja, Bandar Lampung.

4. Tempoyak

Makanan Khas Tempoyak Lampung
Photo by @nenekdapant

Tempoyak atau tempoyang merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari daging durian dengan kualitas terbaik yang kemudian difermentasi. Tempoyak memiliki cita rasa yang unik dan khas.

Biasanya tempoyak disantap bersama nasi atau dijadikan bumbu masakan yang akan membuat masakan terasa semakin nikmat. Tempoyak juga lazim digunakan sebagai campuran sambal, sehingga cita rasanya sedikit asam.

Sensasi rasa tempoyak yang begitu unik bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Ria yang berada di Jalan K. H. Ahmad Dahlan No. 9, Pahoman, Enggal, Bandar Lampung.

5. Benjak Enjak

Makanan Khas Benjak Enjak Lampung
Photo by Republika.co.id

Makanan tradisional khas Lampung ini terbuat dari campuran beras ketan, pisang raja, gula, dan santan. Masyarakat Lampung Pesisir dan Lampung Pepadun biasanya menyajikan kudapan manis ini pada saat acara adat atau acara keluarga. Sementara masyarakat Lampung Selatan mengenal kue ini dengan sebutan bebai makhing.

Sensasi rasa gurih dan manis pada makanan ini sangat cocok buat menemani acara ngeteh dan ngopimu di sore hari. Kue ini cocok dijadikan buah tangan, dan kamu bisa mendapatkannya di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Lampung, khususnya toko kue yang menjual jajanan tradisional khas Lampung.

6. Gabing

Makanan Khas Gabing Lampung
Photo by @masakanindonesia1

Jika umbu menggunakan bahan dasar rotan muda, maka gabing menggunakan batang kelapa muda sebagai bahan utamanya. Batang kelapa muda yang sudah diiris tipis kemudian direbus bersama bumbu dan rempah sehingga menimbulkan aroma sedap yang menggugah selera.

Biasanya gabing dimasak dengan kuah atau tanpa kuah tergantung selera. Untuk menambah kenikmatan rasanya, gabing juga bisa dimasak bersama bahan lainnya seperti jamur ataupun daging.

Menu unik gabing bisa kamu dapatkan di rumah makan yang khusus menghidangkan manu makanan khas Lampung, seperti Cikwo Resto & Coffee di Jalan Kimaja, Bandar Lampung.

7. Pindang Lampung

Makanan Khas Pindang Lampung
Photo by @pindang_pegagan_kei

Olahan pindang khas Lampung biasanya memiliki cita rasa yang gurih dan asam. Olahan ikan ini bukan hanya menggunakan ikan laut tetapi juga ikan tawar seperti ikan patin, ikan bawal, ikan gabus, dan ikan baung.

Biasanya semangkuk pindang dihidangkan bersama semangkuk kecil tempoyak atau sambal terasi. Perpaduan kuah pindang dengan sambal terasi ataupun tempoyak menghasilkan cita rasa unik yang begitu menggoda.

Untuk menikmati sensasi rasa pindang Lampung nan lezat kamu bisa datang ke Pindang Uwo yang berada di Jalan P.Emir Moh. Noer, Durian Payung, Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung.

8. Engkak

Makanan Khas Engkak Lampung
Photo by @grossirkuekering

Engkak merupakan kudapan manis khas Lampung yang terbuat dari bahan tepung beras ketan, telur, santan, mentega, gula pasir, dan susu kental manis.  Biasanya engkak disajikan dalam acara hajatan atau hari raya sebagai pelengkap kue lapis legit.

Cita rasanya yang manis sangat cocok buat menemani waktu santaimu di sore hari bersama secangkir kopi atau teh hangat.   Kudapan manis ini bisa kamu dapatkan di Aidan’s Legit & Engkak yang berada di Teluk Betung, Kota Bandar Lampung.

9. Kue Segumpal

Makanan Khas Kue Segumpal Lampung
Photo by Lampungbona.com

Kue khas Lampung yang terbuat dari beras ketan dan santan ini sangat mudah ditemukan saat menjelang bulan Ramadhan. Makanan ini dibuat dengan cara memasak beras ketan dan santan yang kemudian dikukus sampai matang.

Makanan yang dibungkus daun pisang ini sangat cocok disantap bersama tape ketan atau bahkan bumbu rendang dan bisa didapatkan di beberapa penjual makanan tradisional khas Lampung.

10. Umbu

Kuliner tradisional khas Lampung ini terbuat dari batang rotan yang masih muda dan kemudian direbus sampai lunak. Cita rasanya yang unik membuat makanan ini sering digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan lain sehingga semakin lezat. Dengan sensai rasa yang sedikit pahit, umbu juga sering disantap sebagai lalapan.

Makanan berbahan batang rotan ini terbilang langka dan sulit ditemukan, bahkan saat ini hidangan umbu hanya dibuat untuk acara adat atau acara penting lainnya.

Baca: Makanan Khas Solo yang Akan Membuat Kamu Ketagihan!