Makanan Khas Makassar Dijamin Enak, Sudah Coba?

Makanan Khas Makassar
Coto Makassar by @hanhanny

Nyero.ID – Makassar sangat identik dengan destinasi wisata Pantai Losari yang begitu ikonik.  Kota Daeng ini juga memiliki ragam kekayaan budaya yang menarik untuk dipelajari.

Bukan hanya menawarkan destinasi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi, Makassar juga terkenal dengan kekayaan kulinernya yang menggugah selera.

Ada banyak pilihan menu makanan dan minuman khas di Makassar yang bisa kamu jelajahi eksotisme rasanya satu persatu.

Makanan Khas Makassar Paling Terkenal

Biar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa menu makanan khas Makassar yang wajib dicicipi saat berada di Makassar.

1. Pallukacci

Makanan Khas Pallukacci Makassar
Photo by @arnispuspitha

Hidangan tradisional khas Makassar ini menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Biasanya ikan yang digunakan adalah bandeng, ikan tuna, ataupun cakalang. Makanan berkuah kuning ini menyajikan rasa asam pedas yang menggugah selera dengan racikan bumbu dan rempah yang cukup lengkap.

Berbeda dari pallumara yang menggunakan asam Jawa, rasa asam pada pallukaci berasal dari irisan mangga yang dikeringkan.

Untuk mencicipi keunikan rasa pallu kacci ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Seafood Apong yang berada di Jalan Diponegoro No. 95, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Konro

Makanan Khas Konro Makassar
Photo by @miss_hawa17

Tidak kalah populer dari coto Makassar, di Kota Daeng juga terdapat menu yang terkenal dengan sebutan konro. Makanan berkuah ini menggunakan iga dan daging sapi sebagai bahan utamanya, bisa dibayangkan bagaimana cita rasa gurihnya masakan ini.

Sop kaya rempah ini memadukan rasa kluwak, bumbu rempah, air asam Jawa, dan aroma khas kayu manis sehingga menciptakan kenikmatan rasa yang berbeda.

Seporsi sop konro biasanya disajikan bersama irisan ketupat atau burasa dan taburan bawang goreng, sangat nikmat disantap selagi hangat. Selain sop konro juga ada konro bakar yang tak kalah istimewa.

Untuk menikmati kegurihan rasa sop konro dan konro bakar yang melegenda, silakan datang ke Konro Karebosi yang berada di Jalan Gunung Lompo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Sop Konro Bawakaraeng di Jalan G. Bawakaraeng No. 105, Wajo Baru, Makassar, Kota Makassar.

3. Pallumara

Makanan Khas Pallumara Makassar
Photo by @winzeat

Berbeda dengan sop konro yang menggunakan daging sapi, pallumara justru menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Biasanya ikan yang digunakan adalah kepala kakap merah, tongkol atau bandeng.

Sop berkuah kuning ini menawarkan sensasi rasa yang nikmat dengan bumbu rempah di dalamnya. Olahan ikan ini memiliki kuah yang kental, sangat cocok disantap selagi panas bersama sepiring nasi hangat.

Buat kamu yang penasaran dengan cita rasa pallurama bisa datang ke Rumah Makan Ulu Jaku yang berada di Jalan Prof. Dr. Abdurrahman Basalamah No. 99A, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Atau di Rajanya Pallu Mara “Kepala Ikan” yang ada di Jalan Cendrawasih III No. 20, Panambungan, Mariso, Kota Makassar.

4. Pallubasa

Makanan Khas Pallubasa Makassar
Photo by @nganre_rong

Sekilas makanan ini mirip dengan coto Makassar, namun ternyata berbeda dari segi rasa dan penyajiannya. Kuah pallubasa dibuat dengan racikan bumbu dan rempah yang cukup lengkap sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan gurih. Sedangkan untuk penyajian, pallubasa biasanya disajikan bersama sepiring nasi hangat.

Seporsi pallubasa yang lezat bisa kamu dapatkan di Pallubasa Serigala yang berada di Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar. Atau di Pallubasa Onta di Jalan Onta Lama No. 103, Mandala, Mamajang, Kota Makassar.

5. Coto Makassar

Makanan Khas Makassar
Coto Makassar by @hanhanny

Coto Makassar adalah salah satu makanan khas sudah sangat populer kelezatannya. masakan berkuah yang juga dikenal dengan sebutan coto Mangkassara ini menggunakan daging dan jeroan sapi sebagai bahan utamanya.

Cita rasa coto Makassar begitu menggoda karena diracik dengan bumbu pilihan yang kaya rempah. Biasanya kuliner ini disantap bersama potongan ketupat atau burasa, yaitu sejenis lontong yang bentuknya sedikit pipih.  Sensasi rasanya semakin nikmat ketika ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Di Kota Makassar kamu bisa dengan mudah menemukan tempat makan coto Makassar. Salah satunya adalah Coto Nusantara yang berada di Jalan Nusantara Baru No. 142, Ende, Wojo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Coto Paraikatte yang terletak di Jalan A. P. Pettarani No.125, Bua Kana, Rappocini, Kota Makassar.

6. Sop Ubi

Makanan Khas Sop Ubi Makassar
Photo by @dapur_resep

Menikmati seporsi sop dengan ubi akan memberikan sensasi rasa yang berbeda. Itulah yang akan kamu dapatkan ketika menyantap makanan khas Makassar yang satu ini.

Hidangan sop ini menggunakan kuah kaldu yang gurih dan biasanyan disajikan bersama daging, telur, sayuran, bihun, dan pastinya ubi sebagai karbohidratnya. Rasa sop ini semakin nikmat dengan perasan jeruk nipis yang akan memberikan sensasi rasa asam yang begitu segar.

Semangkuk spo ubi yang nikmat bisa kamu dapatkan di Sop Ubi Datumuseng yang berada di Jalan Datu Museng, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Sop Ubi Hj. Haniah Datu Museng yang berada di Jalan Datu Museng Lorong 2 No. 5, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar.

7. Mie Titi

Makanan Khas Mie Titi Makassar
Photo by @tryanzamaulana

Hidangan berkuah khas Makassar ini terbuat dari mie kering yang kemudian disiram dengan kuah kental. Untuk menambah kenikmatan rasanya, mie ini juga ditambahkan dengan udang, ayam, bakso, jamur, cumi, dan sayuran.

Cita rasa mie titi yang begitu nikmat bisa kamu dapatkan di Mie Titi Panakukkang yang berada di Jalan Boulevard No. 25, Masale, Panakukkang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

8. Kapurung

Makanan Khas Kapurung Makassar
Photo by @sita_syofyan

Kapurung sebenarnya berasal dari daerah Palopo namun sangat terkenal di Makassar. Makanan lezat ini terdiri dari daging ikan atau daging ayam dan berbagai macam sayuran. Dan dihidangkan bersama adonan sagu yang dibentuk bulat-bulat dan kuah kacang. Makanan tradisional ini menawarkan sensasi rasa manis dan asam yang cukup menggoda, sangat cocok untuk dinikmati saat lapar melanda.

Seporsi kapurung yang enak bisa kamu nikmati di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo yang terletak di BTP, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No. 12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar.

Rekomendasi lainnya adalah Kapurung Kasuari yang ada di Jalan Kasuari No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

9. Bebek Palekko

Makanan Khas Bebek Palekko Makassar
Photo by @zackyara

Kuliner khas Makassar ini terbuat dari daging bebek yang dicincang. Olahan bebek ini menawarkan sensasi rasa pedas yang begitu menggoda. Berpadu dengan gurihnya daging bebek, kamu akan diajak untuk menikmati kelezatannya yang seolah tidak ada habisnya.

Kenikmatan rasa bebek palekko bisa kamu cicipi di Palekko Makassar yang berada di Poros BTP, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No. 27A, Tamanlanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

10. Songkolo Bagadang

Makanan Khas Songkolo Bagadang Makassar
Photo by @dapur_siyeye

Menu khas Makassar ini bisa menjadi pengganjal perut kala lapar melanda di malam hari. Terbuat dari ketan hitam atau ketan putih yang dikukus, makanan ini biasanya disajikan bersama serundeng, ikan teri, dan juga sambal.

Seporsi songkolo bagadang yang cukup mengenyangkan bisa kamu dapatkan di Songkolo Bagadang Alhamdulillah yang berada di Jalan Pannara No. 19D, Antang, Manggala, Kota Makassar.

11. Barongko

Makanan Khas Barongko Makassar
Photo by @norma_sukasuka

Camilan manis khas Makassar ini terbuat dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan sedikit garam. Kue ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.
Jajanan manis ini lazim dihidangkan pada acara pernikahan, syukuran, sunatan, maupun acara adat lainnya.

Untuk mencicipi legitnya barongko kamu bisa datang ke Mama Toko Kue dan Es Krim yang berada di Jalan Seruni No. 19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar. Di toko ini kamu juga bisa mencicipi aneka jajanan khas Makassar lainnya yang tak kalah menggugah selera.

Baca: Makanan Khas Sumatera Barat: Kuliner Unik Kaya Rasa, Pernah Coba?