Makanan Khas Malang Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan saat Traveling Ke Sini!

Makanan Khas Malang
Orem-orem taken by @pole.malang

Nyero.ID – Dengan hawa sejuknya, Malang memiliki ragam destinasi wisata menarik yang cukup populer di kalangan para traveler. Tidak heran jika kota terbesar kedua di Jawa Timur ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan.

Bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata unggulannya saja, Malang juga sangat menarik untuk wisata kuliner dengan berbagai macam hidangan khas di dalamnya.

Makanan Khas Malang Paling Terkenal

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan di Malang, berikut ini adalah daftar makanan khas Malang yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Bakso Malang

Kuliner Enak Bakso Malang
Photo by @baksomalangcakkus

Di urutan pertama ada bakso Malang yang sudah sangat populer. Bahkan di berbagai wilayah di luar Malang pun kuliner ini cukup mudah untuk ditemukan. Cita rasa bakso Malang yang sudah sangat melegenda membuat siapapun tidak akan menolak untuk mencicipi kelezatannya.

Berbeda dengan menu bakso pada umumnya, bakso Malang terdiri dari isian yang cukup lengkap.
Selain bakso urat dan bakso halus, seporsi bakso Malang juga dilengkapi dengan bakso goreng, pangsit goreng, dan tahu rebus. Menu ini juga memiliki kuah gurih yang berasal dari kaldu tulang dan sumsum sapi.

Sensasi rasa bakso Malang semakin juara ketika ditambahkan dengan taburan bawang goreng, daun bawang, saus tomat, kecap dan juga sambal. Semangkuk bakso Malang bisa menemani momen santaimu sembari menikmati hawa sejuk di Kota Malang.

Ada banyak tempat makan bakso Malang yang enak di Malang, salah satunya adalah Bakso Kota Cak Man yang berada di Jalan Letjend S. Parman No. 56A, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

2. Soto Lombok

Kuliner Khas Soto Lombok Malang
Photo by @m4ry_jane

Menu khas dari Malang ini disebut soto lombok karena merujuk pada lokasi penjualannya yang berada di Jalan Lombok. Warung soto legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1955 dengan sensasi rasa soto yang istimewa.

Berbeda dari menu soto lainnya, soto lombok disajikan dengan aneka macam isian yang akan membuat selera makanmu semakin tergugah. Dalam satu porsi soto terdapat daging ayam kampung, kantang, telur rebus, tauge, dan irisan kol.

Cita rasa soto semakin sedap karena menggunakan kuah kaldu yang kental, taburan bawang goreng dan kriuknya kerupuk.

Buat menjawab rasa penasaranmu akan kelezatan soto lombok ini silakan datang ke Soto Ayam Lombok yang berada di Jalan Lombok No. 1, Kasin, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

3. Orem-orem

Makanan Khas Malang
Orem-orem taken by @pole.malang

Kuliner asli Malang ini menawarkan sensasi rasa yang cukup unik karena memadukan irisan tempe dengan kuah santan berbumbu rempah. Sekilas kuah santan pada orem-orem mirip dengan sayur lodeh dengan sentuhan rasa pedas di dalamnya.

Seporsi orem-orem biasanya terdiri dari irisan ketupat atau lontong, kecambah rebus, telur bebek rebus, dan taburan bawang goreng.

Seporsi orem-orem nan otentik bisa kamu nikmati di Orem-orem Arema yang berada di Jalan Blitar No. 14A, Sumbersari, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Rekomendasi lainnya adalah Warung Orem-orem H. Abdul Manan yang berlokasi di Jalan Irian Jaya No. 1, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

4. Nasi Buk

Makanan Khas Nasi Buk Malang
Photo @makan.wareg

Meskipun menu yang satu ini berasal dari Madura, namun sudah sangat terkenal di Malang bahkan sejak puluhan tahun silam. Tidak heran jika warung nasi buk banyak ditemukan di Kota Malang.  Kuliner yang satu ini bisa dipilih sebagai menu makan siang yang enak dan mengenyangkan.

Dalam seporsi nasi buk biasanya dilengkapi dengan aneka macam lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Diantaranya adalah empal, babat, ayam, kikil, sate daging, telur, dll. Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah mendol sebagai pelengkapnya. Sementara untuk sayurnya ada lodeh atau rebung yang akan membuat rasa nasi buk semakin nikmat.

Seporsi nasi buk dengan lauk yang lengkap bisa kamu dapatkan di Warung Nasi Buk Matirah yang berada di Jalan Trunojoyo 10E, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

5. Pecel Pincuk

Kuliner Murah Pecel Pincuk Malang
Photo by @mercy_mochtar

Pecel pincuk merupakan salah satu menu sehat yang banyak dicari sebagai pengganjal perut di saat lapar melanda. Ciri khas dari kuliner ini adalah penempatan seporsi pecel pada pincuk daun pisang, yang membuat rasa pecelnya semakin nikmat.

Seporsi pecel pincuk di Malang biasanya terdiri dari aneka sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, dan kuah kacang. Yang membedakan pecel Malang dengan pecel lainnya adalah penambahan daun kemangi, mentimun, dan remahan kacang pada pecel.

Selain itu pecel Malang juga bisa ditambahkan dengan tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, dan juga bakwan, sehingga cukup mengenyangkan.

Untuk menikmati cita rasa pecel pincuk ini kamu bisa datang ke Pecel Pincuk Warung Deso yang berada di Jalan Sriwijaya No. 1-9, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

6. Sop Sumsum

Makanan Khas Sop Sumsum Malang
Photo by @sop_sumsum_pak_kayin

Sesuai dengan namanya, sajian sop ini menggunakan tulang sapi sebagai bahan utamanya.  Seporsi sop sumsum disajikan bersama tulang sapi dan kamu bisa menikmati sumsumnya dengan menggunakan sedotan.

Sensasi gurih dari sumsum dan kuah kaldu pada sop ini membuat cita rasanya semakin sempurna. Bukan hanya tulang saja, biasanya tersedia juga sop sumsum dengan isian yang cukup bervariasi seperti kikil dan daging sapi. Menu sop tulang ini bisa dinikmati bersama sepiring nasi ataupun lontong sesuai selera.

Salah satu kedai sop sumsum legendaris yang bisa kamu sambangi adalah Sop Sumsum Pak Kayin yang berada di Jalan Cengger Ayam 1 No. 10, Tulusrejo, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

7. Sego Resek

Makanan Khas Sego Resek Malang
Photo by @makan_yukzzz

Meskipun disebut sego resek atau nasi sampah, namun menu nasi yang satu ini sebenarnya adalah nasi goreng jawa yang menyajikan cita rasa istimewa. Sebutan sego resek sendiri merujuk pada lokasi warung yang pada awal berdirinya di tahun 1959 berdekatan dengan tempat pembuangan sampah.

Proses memasak yang unik juga menjadi daya tarik tersendiri pada menu ini. Pasalnya nasi dan bahan lainnya seperti suwiran ayam, irisan kol dan mie telor bersama bumbunya dimasak menjadi satu dalam wadah kuali yang cukup besar sehingga sekali masak bisa dijadikan beberapa porsi sekaligus.

Cara memasaknya pun masih tradisional karena menggunakan tungku berbahan bakar arang yang membuat aroma sego resek semakin harum dan nikmat. Untuk melengkapi menu nasi ini masih disediakan aneka macam lauk pauk yang bisa dipilih sesuai selera, seperti ati ampela, telur, sayap ayam, hingga kepala ayam.

Seporsi sego resek yang legendaris bisa kamu cicipi di Sego Goreng Resek yang berada di Jalan Brigjend Katamso, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

8. Tahu Lontong

Kuliner Sehat Tahu Lontong Malang
Photo by @tonikunfood

Tahu lontong atau biasa disebut dengan tahu tek merupakan kuliner khas Malang yang cukup populer dan difavoritkan oleh banyak orang.

Satu porsi tahu lontong biasanya terdiri dari irisan tahu goreng, lontong, dan tauge rebus yang kemudian disiram dengan kuah kacang berbumbu pedas. Selanjutnya diberi taburan daun seledri dan bawang goreng sehingga sensasi rasanya semakin nikmat.

Seporsi tahu lontong yang enak bisa kamu nikmati di Depot Tahu Lontong Lonceng yang berada di Jalan Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

9. Mendol

Kuliner Lezat Mendol Malang
Photo by @penny_auryne

Mendol merupakan olahan tempe yang sudah agak basi atau semangit. Tempe yang sudah ditumbuk kasar selanjutnya dibuat adonan bersama bumbu dan rempah. Baru kemudian dibentuk lonjong dan digoreng sampai matang.

Makanan ringan khas dari Malang ini biasanya dinikmati sebagai lauk pelengkap untuk menu lainnya seperti nasi rawon, pecel, dll.

Mendol yang menyajikan cita rasa unik dan bikin nagih ini bisa kamu dapatkan di Warung Madangkara yang berada di daerah Pasar Besar, tepatnya di Jalan Kyai Tamin No. 25, Malang, Jawa Timur.

10. Angsle

Makanan Khas Angsle Malang
Photo by @kuliner_ahhh

Minuman hangat khas Malang ini cocok dinikmati saat cuaca dingin di malam hari. Angsle merupakan minuman dengan rasa manis gurih karena menggunakan kuah santan. Semangkuk angsle terdiri dari roti, kacang hijau, mutiara, dan petulo yang disajikan bersama kuah santan manis.

Biasanya para pedagang menjual angsle dan ronde sebagai menu yang bisa dipilih untuk menikmati suasana malam yang dingin di Kota Malang.

Untuk menikmati hangatnya angsle kamu bisa datang ke Angsle & Ronde Akor yang berada di Jalan Sempu No. 10, Kasin, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Baca: Makanan Khas Lampung yang Dijamin Bikin Ketagihan, Mana Favoritmu?