Makanan Khas Medan, Ini Dia Referensi Kuliner Enak untuk Kamu!

Makanan Khas Medan
Sate Kerang Medan taken by @dapurhaidanur

Nyero.ID – Berada di ibukota Sumatera Utara kamu akan diajak untuk menjelajahi ragam destinasi wisata yang menarik, sarat akan nilai-nilai budaya dan historis yang penuh cerita. Bukan hanya berwisata, kamu juga bisa berburu kuliner khas Medan yang tak kalah menggoda dari kuliner daerah lainnya.

Ada banyak tempat makan legendaris di kota berjuluk Kota Melayu Deli yang bisa kamu sambangi satu persatu untuk melengkapi agenda liburanmu di kota ini.

Makanan Khas Medan Paling Terkenal

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa kuliner khas Medan yang wajib kamu cicipi kelezatannya:

1. Mie Gomak

Makanan Khas Mie Gomak Medan
Photo by @lyasyantinasution

Hidangan berbahan mie ini menjadi salah satu kuliner wajib yang harus dicari saat berada di Sumatera Utara. Menu mie ini berasal dari wilayah tepian Danau Toba tepatnya dari Balige. Mie gomak memiliki bentuk mie yang cukup besar dengan tekstur kenyal yang enak dikunyah.

Mie ini bahkan sering disebut sebagai spaghetti Batak karena sekilas mirip dengan makanan khas Italia tersebut. Sajian mie ini menawarkan sensasi rasa yang lezat dengan racikan bumbu rempah di dalamnya. Biasanya mie gomak disajikan terpisah dari kuah dan sambalnya.

Untuk menikmati seporsi mie gomak kamu bisa datang ke Pasar Balige yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Kari Bihun Tabona

Makanan Khas Kari Bihun Tabona Medan
Photo by @hungryeyes.id

Menu masakan kari terkenal dengan keunikan rasanya yang kaya rempah, begitu juga dengan kari bihun ini. Kuah kental dengan aroma yang khas dari kuliner ini begitu menggugah selera membuat siapapun tertarik untuk menikmati kelezatannya.

Bumbu kari yang meresap ke dalam daging dan bihun membuat hidangan ini semakin istimewa.  Sangat pas dinikmati selagi hangat, terlebih saat perut lapar.

Tempat makan terbaik untuk menikmati seporsi kari bihun adalah di Rumah Makan Tabona yang berada di Jalan Mangkubumi No. 17, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah di Kari Bihun/Nasi/Soto Udang yang berada di Jalan Rotan Baru, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Sate Kerang

Makanan Khas Medan
Sate Kerang Medan taken by @dapurhaidanur

Kuliner berbahan kerang ini menjadi salah satu menu yang bisa kamu cicipi saat berada di Medan.  Jajanan yang satu ini banyak dijumpai di berbagai sudut kota dengan cita rasanya yang begitu menggoda.

Hidangan ini diolah dengan cara merebus kerang yang masih bercangkang. Setelah matang, daging kerang dan parutan kelapa sangrai dimasukkan ke dalam kuah santan berbumbu rempah yang sudah mengental sampai bumbu meresap dan siap untuk dihidangkan.

Salah satu tempat makan sate kerang yang cukup legendaris adalah di Sate Kerang Rahmat yang sudah berjualan sate kerang sejak tahun 1957.

Untuk menikmati seporsi sate kerang kamu juga bisa datang ke Sate Kerang Tanjung Balai yang berada di Jalan Sei Petani No. 28, Merdeka, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

4. Bika Ambon

Makanan Khas Bika Ambon Medan
Photo by @kuliner_sipit

Jajanan manis dengan aroma daun jeruk ini seringkali dianggap sebagai makanan khas Ambon karena namanya. Namun ternyata bika Ambon merupakan kue khas Medan. Kue basah ini terbuat dari adonan tepung terigu, tepung sagu, air kelapa, telur, gula pasir, serta rebusan santan dan daun jeruk purut.

Bika Ambon yang legit bisa kamu dapatkan di Bika Ambon Zulaikha yang berada di Jalan Mojopahit No. 70 A-C, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Rika Bika Ambon di Jalan Sekip No. 32 BC, Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

5. Soto Udang

Makanan Khas Soto Udang Medan
Photo by @martha_dewi

Mendengar namanya saja sudah bisa dibayangkan bagaimana cita rasa lezatnya yang menggoda. Soto udang merupakan hidangan soto dengan kuah berbumbu rempah yang dimasak bersama santan.

Bukan hanya didominasi dengan udang, soto udang juga disajikan bersama rebusan daging ayam yang sudah dibakar sehingga menghasilkan aroma dan sensasi rasa yang begitu nikmat. Sangat pas disantap selagi hangat.

Untuk mencicipi kelezatan soto udang kamu bisa langsung datang ke Rumah Makan Sinar Pagi yang berada di Jalan Sei Deli No. 2, Silalas, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Kopi Tiam Soto Udang & Warung Buk Leny di Jalan Sun Yat Sen No. 101, Sei Rengas I, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Bihun Bebek

Makanan Khas Bihun Bebek Medan
Photo by @nyetircarimakan

Hidangan ini merupakan sajian sop yang menawarkan keunikan rasa pada kuahnya. Kuah dari bihun bebek terdiri dari dua pilihan yaitu kuah kaldu dan kuah herbal yang menyehatkan. Sensasi gurih daging bebek yang berpadu dengan kuah kaldu maupun kuah herbal paling nikmat disantap selagi hangat.

Seporsi bihun bebek yang lezat bisa kamu nikmati di Warung Asie yang berada di Jalan Kumango, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Bihun Bebek Amin di Jalan Bangka No. 102/108, Gang Buntu, Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara.

7. Daun Singkong Tumbuk

Makanan Khas Daun Singkong Tumbuk Medan
Photo by @pirana_opy22

Menu sayur khas Medan ini menggunakan daun singkong muda sebagai bahan utamanya.  Biasanya daun singkong direbus terlebih dahulu untuk mengurangi rasa pahitnya, baru kemudian ditumbuk dan dimasak bersama kuah santan dan bumbu rempah.

Kunci dari keunikah rasa daun singkong tumbuk yang khas terletak pada kincong, rimbang, dan udang kecepe. Untuk sensasi rasa yang lebih istimewa biasanya sayur ini juga ditambahkan dengan ikan lele asap, atau irisan jantung pisang. Sayur ini juga disajikan bersama sambal ikan teri kacang sehingga semakin enak dan bikin nambah.

Menu sayur daun singkong tumbuk ini bisa kamu dapatkan di Warung Makan Uning Ogek Daun Ubi Tumbuk Khas Sibolga yang berada di Jalan Sidorukun, Pulo Brayan Darat, Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara.

8. Bubur Pedas

Makanan Khas Bubur Pedas Medan
Photo by @nasikuningmedan

Kuliner tradisional ini menawarkan sensasi rasa gurih yang begitu menggoda. Bubur ini dimasak dengan santan dengan isian yang terdiri dari sayuran, udang, ubi, kacang tanah, kentang dan bumbu rempah.

Menu bubur ini biasanya banyak dijual pada bulan Ramadhan dan sering dijadikan sebagai menu buka puasa. Proses pengolahan bubur pedas masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan kayu bakar sehingga cita rasanya semakin istimewa.

Untuk mencicipi kenikmatan rasa bubur pedas ini kamu bisa datang ke bazar Ramadhan di Kompleks Taman Setia Budi Indah, Kota Medan.

9. Lontong Medan

Makanan Khas Lontong Medan
Photo by @berkahifood

Menu sarapan khas Medan ini bisa menjadi solusi terbaik untuk memulai aktivitas di pagi hari. Hidangan dengan sensasi rasa gurih dan pedas ini mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Medan.

Isian lontong Medan yang cukup lengkap biasanya terdiri dari potongan lontong, kuah sayur, sambal teri, dan mie dengan tambahan kerupuk, telur atau perkedel sebagai pelengkapnya.

Keunikan rasa lontong Medan bisa kamu dapatkan di Lontong Kak Lin yang berada di Jalan T. Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

10. Kolak Durian

Makanan Khas Kolak Durian Medan
Photo by @marrypundarika

Medan sangat identik dengan buah durian, tidak heran jika di kota ini terdapat beberapa menu jajanan manis yang menggunakan durian sebagai bahan utamanya.

Salah satunya adalah kolak durian yang menyajikan rasa legit dengan aroma durian yang begitu menggoda. Kolak durian disajikan bersama ketan kukus dan pisang kepok dengan kuah santan dan gula aren yang menis.

Jajanan manis ini bisa kamu dapatkan di Kolak Durian Nayla yang berada di kawasan Kampus Universitas Sumatera Utara, Pintu 2 USU, Jalan DR. Mansyur, Padang Bulan, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

11. Mie Sop Medan

Hidangan mie khas Medan ini cukup unik karena mengkombinasikan rasa mie dengan kuah sop yang gurih.  Kuah sop untuk menu mie ini dimasak dengan racikan bumbu yang kaya rempah sehingga aromanya sangat menggugah selera.

Rasa kuah yang segar membuat hidangan mie ini paling pas jika dinikmati selagi hangat.  Mie yang digunakan adalah mie kuning, tapi di beberapa tempat ada juga yang menggunakan bihun atau kwetiau.

Dalam seporsi mie sop biasanya terdiri dari suwiran ayam, mie kuning, daun bawang, irisan tomat, dan daun selederi.  Sensasi gurih dari mie sop Medan semakin sempurna dengan tambahan tauge dan bawang goreng sebagai taburannya.

Untuk menikmati gurihnya mie sop Medan ini silakan datang ke Mie Sop Kampung yang beralamat di Jalan Marelan Raya No. 122, Tanah Enam Ratus, Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Mie Sop Kampung yang berada di Jalan Arteri Ring Road, Sunggal, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

12. Nasi Kentut

Meskipun kuliner ini memiliki nama yang cukup unik dan sedikit “nyleneh”, namun untuk rasa tetaplah istimewa.  Nama menu ini rupanya merujuk pada penggunaan daun sembukan atau tanaman kentut sebagai campuran dalam pembuatan nasi.  Nasi yang sudah dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus sampai matang.  Aroma yang khas dari nasi ini pun cukup menggoda.

Selain menyajikan cita rasa yang enak, penggunaan daun sembukan pada menu ini diyakini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan.  Menu nasi khas Medan ini biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti ayam goreng dan ikan pepes.  Kamu juga bisa menambahkan sambal hijau atau sambal terasi agar cita rasanya semakin sempurna.

Kuliner unik ini bisa kamu nikmati di Warung Makan yang berada di Jalan Wahidin No. 24, Medan, Sumatera Utara.

13. Sate Memeng

Kuliner legendaris khas Medan ini menyajikan cita rasa yang cukup unik namun tetap nikmat di lidah.  Menu sate memeng terdiri dari daging sapi, ayam, usus, hati, atau campur.   Sementara untuk bumbunya bisa memilih kuah kacang atau kuah sate Padang.

Potongan dagingnya cukup tebal dengan cita rasa bumbu yang meresap hingga ke dalam.  Sajian mie ini sangat pas jika disantap bersama irisan lontong dan kerupuk kulit yang renyah.

Seporsi sate memeng nan menggoda ini bisa kamu nikmati di Sate Memeng, Jalan Irian Barat No. 2, Gang Buntu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara.

14. Mie Balap

Kuliner khas Medan ini menjadi salah satu menu yang banyak dicari buat sarapan.  Sebutan mie balap rupanya merujuk pada proses memasaknya yang cukup cepat seperti pembalap.   Hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja untuk menunggu hidangan ini siap disantap.  Sangat cocok buat kamu yang sedang tergesa-gesa untuk beraktivitas.  Kecuali kalau antreannya panjang ya!

Hidangan mie ini menggunakan bahan bihun, kwetiau atau campuran dari keduanya sesuai selera. Proses memasak yang masih tradisional menggunakan tungku arang membuat aroma dan rasa mie ini semakin sedap.

Untuk menikmati seporsi mie balap bercitarasa istimewa kamu bisa datang ke Mie Balap Mail Krakatau yang beralamat di Jalan Gunung Krakatau, Glugur Darat I, Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Mie Balap Seafood yang terletak di Jalan Gajah No. 111, Pandau Hulu II, Kecamatan Medan, Kota Medan, Sumatera Utara.

15. Mie Pecal

Hidangan mie khas Medan ini memadukan rasa mie yang enak dengan bumbu pecal yang khas dan pedas.  Biasanya dalam satu porsi mie pecal terdiri dari lontong, gorengan, sayuran, dan pastinya mie di dalamnya.  Kombinasi rasa yang unik dari hidangan mie ini sangat cocok buat menemani momen makan siangmu.

Salah satu tempat yang rekomended untuk mencicipi mie pecal adalah Mie Pecal Mba Supia yang berada di Jalan Sei Putih Baru No. 16, Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

16. Sop Sumsum Langsa

Satu lagi hidangan sop yang akan memanjakanmu saat berada di Medan, yaitu sop sumsum langsa.  Sesuai dengan namanya, sop ini menggunakan bahan tulang lengkap dengan sumsumnya yang bisa diseruput melalui sedotan.

Kuah sop yang gurih terasa sangat nikmat karena dimasak dengan racikan bumbu kaya rempah yang khas.  Sajian sop ini terdiri dari tulang kaki sapi, irisan kentang, jeruk nipis, tomat, taburan daun bawang dan bawang goreng.

Untuk menikmati hidangan sop dengan rasa sedap ini silakan datang ke Sop Sumsum Langsa yang berada di Jalan KL Yos Sudarso No. 73, Glugur Kota, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Sop Sumsum Langsa di Jalan Setia Budi No. 17B, Sei Sekambing B, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

17. Laksa Medan

Seporsi laksa Medan sangat pas jika dinikmati selagi hangat.  Kuah laksa yang gurih dan asam pada menu ini berasal dari kaldu ikan yang dicampur dengan suwiran daging ikan, bumbu halus, asam gelugur, irisan kecombrang, garam dan gula.

Dalam semangkuk laksa biasanya terdiri dari mie dan mentimun yang kemudian disiram dengan kuah kaldu panas.  Sajian ini juga diberi tambahan berupa irisan bawang merah, cabe merah dan air perasan jeruk nipis sehingga rasanya semakin sempurna.  Sementara untuk sensasi pedasnya bisa ditambahkan sambal cabe rawit.

Laksa Medan yang lezat ini bisa kamu nikmati di Laksa Yoserizal yang beralamat di Jalan Yoze Rizal No. 80A/146, Sei Rengas I, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

18. Kerang Rebus

Jajanan khas Medan ini merupakan salah satu menu yang difavoritkan oleh banyak orang.  Meskipun menu ini cukup sederhana namun cita rasanya sangatlah menggoda.  Hidangan kerang rebus biasanya disajikan bersama sambal nanas kacang dengan rasa gurih, manis, dan pedas yang menggugah selera.

Seporsi kerang rebus nan enak bisa kamu cicipi di Kerang Rebus Sumatera yang beralamat di Jalan Arteri Ring Road No. 107, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

19. Rujak Brayan

Kuliner yang satu ini berbeda dari rujak pada umumnya karena tidak menggunakan sambal rujak tetapi justru menggunakan jus buah sebagai pelengkapnya.  Aneka potongan buah segar seperti kweni, mangga, bengkoang, pepaya, nanas, mentimun dan juga kolang kaling bisa menjadi isian untuk rujak brayan.

Potongan buah yang sudah direndam di dalam air garam selanjutnya disajikan bersama jus mangga dan kweni yang bercitarasa asam.  Kombinasi rasa manis, asam, dan segar pada rujak ini sangat pas untuk menemani momen santaimu bersama teman-teman.

Seporsi rujak brayan bisa kamu dapatkan di Rujak Brayan yang berada di Pulo Brayan Kota, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Baca: Makanan Khas Palembang yang Unik dan Bikin Penasaran, Buruan Cobain!