Makanan Khas Palembang yang Unik dan Bikin Penasaran, Buruan Cobain!

Makanan Khas Palembang
Pempek Palembang taken by @elizasetiawan

Nyero.ID – Jalan-jalan ke Palembang tidak akan lengkap tanpa mencicipi aneka makanan khas yang mungkin tidak ada di daerah lain. Selain dikenal sebagai kota tertua di Indonesia, Palembang juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ada banyak ragam kuliner enak yang bisa dinikmati di kota ini sehingga momen wisata kulinermu semakin maksimal. Meskipun Palembang identik dengan pempek-nya, namun makanan khas Palembang bukan hanya pempek saja.

Makanan Khas Palembang Paling Terkenal

Tidak percaya? Berikut ini adalah daftar menu makanan khas Palembang yang unik dengan cita rasanya yang menggoda, dijamin bikin melongo dan bikin nagih.

1. Pempek

Makanan Khas Palembang
Pempek Palembang taken by @elizasetiawan

Di urutan pertama tentu saja ada pempek yang menjadi salah satu ikon kuliner Palembang yang sudah begitu terkenal kelezatannya.  Makanan berbahan tepung sagu dan daging ikan giling ini memiliki teksur yang kenyal.

Untuk menambah kenikmatan rasa, pempek disajikan bersama kuah cuko yang terbuat dari larutan gula merah, cuka, ebi, bawang putih, cabe rawit tumbuk, dan juga garam.  Sebagai pelengkapnya ditambahkan juga irisan mentimun.

Kuliner ini sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota di Palembang, salah satu yang cukup legendaris adalah Pempek Pak Raden yang berada di Jalan Radial No. 80, 26 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Pempek Candy di Jalan Jenderal Sudirman No. 149/8, Sungai Pangeran, Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

2. Laksan

Makanan Khas Laksan Palembang
Photo by @aylensugianto

Makanan khas Palembang yang sering disebut dengan pempek lenjer ini juga dikenal dengan nama laksan.  Dimana penyajiannya bukan menggunakan kuah cuko tetapi dengan kuah bersantan.  Sepintas mirip dengan lontong sayur, namun berbeda dari segi rasa.

Adonan laksan yang terbuat dari tepung sagu dan daging ikan giling membuat cita rasa laksan semakin gurih ketika berpadu dengan kuah santan. Menu ini sangat pas buat sarapan atau sekedar mengganjal perut ketika lapar melanda.

Untuk menikmati kelezatan laksan yang begitu menggoda, silakan datang ke Laksan Kaito yang berada di Jalan Kapten Anwar Arsyad No. 999, Palembang, Sumatera Selatan.

3. Tekwan

Makanan Khas Tekwan Palembang
Photo by @beekitchen89

Palembang memang identik dengan makanan yang berbahan ikan, salah satunya adalah tekwan yang disajikan dengan kuah udang.  Hidangan ini disajikan bersama soun, daun bawang, jamur kuping, irisan bengkoang, dan bawang goreng.  Bisa dibayangkan bagaimana keunikan rasa tekwan saat disantap.

Hidangan tekwan yang begitu unik bisa kamu dapatkan di Pempek Lince yang berada di Jalan Tugumulyo No. 2398, 20 Ilir D II, Ilir Timur I, Palembang, Sumatera Selatan.

4. Celimpungan

Makanan Khas Celimpungan Palembang
Photo by @laysisilia

Masih dengan kombinasi tepung sagu dan ikan, menu yang satu ini juga tak kalah menggoda dari pempek maupun laksan.  Sekilas celimpungan memiliki tampilan yang mirip dengan laksan, namun ternyata keduanya berbeda.

Bentuk celimpungan relatif pipih dan bulat dengan kuah santan yang lebih kental. Rasa celimpungan pun cenderung gurih dan tidak pedas.  Untuk menambah sensasi rasa, biasanya celimpungan disajikan bersama lontong dan kerupuk udang.

Meskipun hidangan ini biasanya hanya muncul saat lebaran, namun kamu tetap bisa menikmati keunikan rasanya di Warung Aba yang berada di Jalan Dr. M. Isa No. 26/15, Kuto Batu, Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

5. Mie Celor

Makanan Khas Mie Celor Palembang
Photo by @vanchan_diaries

Sajian mie dari Bumi Sriwijaya ini menawarkan sensasi rasa yang unik dan bikin nagih.  Jenis mie yang digunakan adalah mie telur dan kemudian ditambahkan dengan kuah santan yang gurih.
Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan juga dengan telur, tauge, udang, dan kucai.  Menu favorit ini sering disantap sebagai menu sarapan.

Salah satu tempat makan yang paling direkoemdasikan untuk mencicipi menu mie ini adalah Mie Celor 26 Ilir Haji Syafe’i yang berada di Jalan Merdeka No. 54, Talang Semut, Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

6. Brengkes Tempoyak

Makanan Khas Brengkes Tempoyak Palembang
Photo by @diantikapoppyharun

Brengkes merupakan pepesan tradisional dari Palembang yang menggunakan ikan patin sebagai bahan utama dengan bumbu rempah di dalamnya.  Sesuai dengan namanya, masakan ini menggunakan tempoyak sebagai pelengkapnya sehingga memberikan rasa unik yang berbeda dari hasil fermentasi durian.

Seporsi brengkes tempoyak dengan cita rasa uniknya bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Sri Melayu yang berada di Jalan Demang Lebar Daun No. 1, Demang Lebar Daun, Ilir Barat, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

7. Burgo

Makanan Khas Burgo Palembang
Photo by @bunda.tia31

Makanan tradisional dari Palembang ini cukup sederhana karena terbuat dari adonan tepung sagu dan tepung beras. Adonan tersebut digoreng seperti telur dadar yang digulung dan kemudian dipotong-potong.  Selanjutnya disiram dengan kuah santan berbumbu rempah yang gurih.  Cita rasa burgo semakin menggoda ketika penyajiannya juga ditambah dengan suwiran ayam dan telur rebus.

Untuk mencicipi rasa burgo yang cukup unik kamu bisa datang ke Warung Aba yang berada di Jalan Dr. M. Isa No. 26/15, Kuto Batu, Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Burgo Laksan yang ada di Jalan Ki Anwar Mangku, Sentosa, Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

8. Pindang Tulang

Makanan Khas Pindang Tulang Palembang
Photo by @dapurmamaakhdan

Jika biasanya pindang menggunakan bahan ikan, maka di Palembang ada jenis pindang yang menggunakan tulang sapi sebagai bahan utamanya.  Tulang yang digunakan adalah yang masih ada daging dan sumsumnya.

Kuah pindang biasanya terbuat dari rebusan bumbu dan rempah dengan tambahan irisan cabe dan tomat sebagai pelengkapnya.  Kuah yang segar terasa semakin lezat saat dinikmati bersama gurihnya daging sapi yang menempel di tulang.  Jadi ingin nambah dan nambah lagi.

Seporsi pindang tulang bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Pindang Sofyan Titin yang berada di Jalan Bidar, Lorok Pakjo, Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

9. Pindang Patin

Makanan Khas Pindang Patin Palembang
Photo by @nitya_dk

Menu pindang memang menyajikan rasa yang begitu segar dengan cita rasa kuah asamnya, seperti pada pindang patin.  Olahan ikan khas Palembang ini menawarkan kenikmatan rasa yang unik karena memadukan kuah berbumbu yang segar dengan tekstur ikan patin yang begitu lembut.  Sangat pas dinikmati saat hangat sebagai menu makan siang.

Sajian lezat ini bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Pindang Musi Rawas yang berada di Jalan Angkatan 45 No 18, Lorok Pakjo, Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

10. Martabak Palembang

Makanan Khas Martabak Palembang
Photo by @tonguestories

Menu martabak tentu sudah tidak asing lagi karena banyak ditemukan di sekitar kita.  Kuliner ini menjadi salah satu jajanan favorit yang digemari karena cita rasa gurihnya yang menggoda.

Berbeda dari martabak kebanyakan, martabak Palembang menawarkan sensasi rasa unik yang menggugah selera.  Karena dalam penyajiannya, martabak ini dihidangkan bersama kuah kari yang kaya rempah, potongan kentang, dan irisan daging.  Sementara bagi penggemar pedas bisa menambahkan saus cuka, kecap asin, dan irisan cabe hijau.

Menu dengan rasa istimewa ini bisa kamu nikmati di Martabak HAR yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 597A, 18 Ilir, Ilir Timur, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

11. Kue Gandus

Makanan Khas Kue Gandus Palembang
Photo by @tari.ramli

Kue tradisional khas Palembang ini menawarkan sensasi rasa gurih yang cukup unik.  Kue basah ini terbuat dari tepung beras, santan dan juga daun pandan untuk aroma wanginya.  Adonan tepung beras dimasak bersama santan dan daun pandan dengan tambahan sedikit garam.

Setelah mengental, adonan baru dicetak ke dalam loyang dan kemudian dikukus.  Adonan kemudian ditambahkan dengan toping berupa ebi, seledri, cabe, serta bawang goreng dan dikukus kembali sampai matang.  Tekstur kue gandus yang sangat lembut terasa semakin lezat kala berpadu dengan isian toping di atasnya.

Untuk mencicipi keunikan rasa kue tradisional ini kamu bisa datang ke Kue Khas Palembang Hj. Cekrum yang berada di Lorong Roda, Jalan Merdeka, 26 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Selain kue gandus, di tempat ini kamu juga bisa mendapatkan aneka jajanan khas Palembang lainnya seperti kue 8 jam, kue bolu sari, kue maksuba, kue kojo lapis, dan kue engkak ketan.

Baca: Makanan Khas Malang Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan saat Traveling Ke Sini!