Makanan Khas Riau Paling Digemari, Jangan Sampai Ketinggalan Loh!

Makanan Khas Riau
Cencaluk taken by @itsazizbah

Nyero.ID – Memiliki semboyan Bumi Bertuah Negeri Beradat, Riau disebut-sebut menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia dengan hasil sumber daya alamnya yang meliputi minyak bumi, gas alam, kelapa sawit, hingga karet.

Dengan wilayah kepualaunnya, Riau juga memiliki potensi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Berwisata ke Riau tentu tidak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai hidangan khas daerah yang memiliki cita rasa unik nan menggoda.

Makanan Khas Riau Paling Terkenal

Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa makanan khas Riau yang bisa kamu cicipi untuk melengkapi agenda liburanmu saat berada di Riau.

1. Nasi Lemak

Makanan Khas Nasi Lemak Riau
Photo by @c.o.and.co

Kuliner tradisional dari Riau ini juga banyak ditemukan di Negara Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Olahan nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan ini bukan hanya beraroma harum tetap juga gurih.

Biasanya nasi lemak dinikmati bersama telur, sambal, ikan teri goreng, kerupuk, dan irisan mentimun. Kuliner yang lazim disantap sebagai menu sarapan ini banyak dijual di wilayah Pekanbaru. Salah satunya adalah Warung Merry yang berada di Jalan Mutiara No. 35B, Padang Terubuk, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

2. Sate dan Sop Rusa

Makanan Khas Sop Rusa Riau
Photo by @bubueataway

Di Riau kamu bisa berburu kuliner berbahan daging rusa yang mungkin belum pernah mampir di lidah. Olahan daging rusa ini bisa kamu temukan di daerah Pekanbaru dan biasanya dihidangkan dalam menu sate maupun sop.

Cita rasa daging rusa yang unik dan lezat terasa semakin istimewa kala berpadu dengan bumbu dan rempah yang cukup lengkap.

Untuk menikmati seporsi sate dan sop rusa yang menggugah selera, silakan datang ke Warung Era 51 yang terletak di Jalan Kaharuddin Nasution No. 31, Kota Pekanbaru, Riau.

3. Asam Pedas Ikan Baung

Makanan Khas Asam Pedas Ikan Baung Riau
Photo by @chayamanzx

Menu masakan tradisional bernuansa Melayu ini merupakan olahan berbahan dasar ikan yang menawarkan sensasi rasa pedas dan asam yang bakal menggugah selera makanmu.  Perpaduan bumbu dan rempah yang cukup lengkap pada masakan ini membuat cita rasanya semakin lezat.

Selain cocok dimasak gulai, tekstur daging ikan baung yang padat dan lembut juga sangat cocok dimasak asam pedas.

Beberapa rumah makan di Pekanbaru menjadikan masakan ini sebagai menu utama, salah satunya adalah Pondok Asam Pedas Baung yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Marpoyan Damai, Pekanbaru.

4. Gulai Ikan Patin

Makanan Khas Gulai Ikan Patin Riau
Photo by @dapur_susmi

Gulai khas Riau ini menjadi salah satu menu wajib yang harus dicicipi saat berada di Pekanbaru, Riau.  Menu ini menawarkan cita rasa yang begitu nikmat dengan sensasi rasa gurih yang tidak ada habisnya.

Gulai dengan kuah kuning kental ini biasanya disajikan bersama nasi hangat dan beberapa jenis sayuran seperti rebusan pucuk daun singkong sebagai pelengkapnya.

Menu masakan ini mudah ditemukan di beberapa rumah makan yang ada di Pekanbaru, salah satunya adalah Pondok Patin H. M. Yunus di Jalan Kaharuddin Nasution No. 1, Simpang Tiga, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

5. Sop Tunjang

Makanan Khas Sop Tunjang Riau
Photo by @alamj0

Menu sop khas Riau ini menggunakan tulang kaki sapi sebagai bahan utamanya.  Kuah sop yang sangat gurih pada hidangan ini membuat cita rasanya semakin nikmat, bahkan sumsum dalam tulang pun bisa dinikmati dengan menggunakan sedotan.

Sop tunjang juga dilengkapi irisan wortel, kentang, daun bawang, tomat dan bawang goreng, sangat cocok dinikmati selagi hangat.  Menu ini juga lazim disajikan bersama seporsi sate sehingga perpaduan rasanya semakin istimewa.

Seporsi sop tunjang yang lezat bisa kamu dapatkan di Sop Tunjang Pertama yang berada di Gang Pinang I No. 1, Wonorejo, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

6. Mie Sagu

Makanan Khas Mie Sagu Riau
Photo by @dapurcenot

Olahan mie berbahan dasar sagu ini menawarkan sensasi rasa yang begitu menggoda dengan teksturnya yang kenyal.  Makanan khas Riau ini berasal dari Selat Panjang yang dikenal sebagai penghasil sagu terbesar di Indonesia.

Makanan ini cocok disantap kapan saja ketika lapar melanda.  Untuk menambah kenikmatan rasa, biasanya seporsi mie sagu juga ditambahkan tauge rebus, ikan teri, dan daun kucai.

Untuk menikmati seporsi mie sagu kamu bisa datang ke Pondok Sagu Cemara yang berada di Jalan Cemara, Suka Maju, Sail, Kota Pekanbaru, Riau.

7. Mieso

Makanan Khas Mieso Riau
Photo by @chingpranata.kitchen’

Mieso atau miso merupakan kuliner khas Riau yang banyak ditemukan di Kota Pekanbaru.  Makanan berkuah ini juga bisa ditemukan di daerah Medan bahkan Pekalongan.  Biasanya seporsi miso terdiri dari mie putih, mie kuning, suwiran ayam, kulit ayam goreng, potongan tulang ayam, dan juga tahu.

Kuliner ini bisa kamu dapatkan di Roemah Miso dan Mie Sagu Bengkalis yang berada di Jalan Kenanga No.59, Simpang Melati, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

8. Cincalok

Makanan Khas Riau
Cencaluk taken by @itsazizbah

Olahan khas Riau ini menggunakan udang kecil sebagai bahan utamanya. Proses pengolahan udang ini adalah dengan difermentasi terlebih dahulu sehingga menimbulkan aroma dan rasa yang begitu khas. Cincalok biasanya dijadikan pelengkap sambal sehingga ada sensasi pedas di dalamnya, sangat cocok dinikmati bersama sepiring nasi hangat.

Olahan udang halus atau papay ini semakin sulit ditemukan karena hanya dijual pada musim papay saja.  Namun begitu menu ini bisa kamu dapatkan di Toko Wan Hua yang berada di Pasar Mitra Raya Batam Center, Kepulauan Riau.

9. Gulai Belacan

Makanan Khas Gulai Belacan Riau
Photo by @delmonteindonesia

Gulai berbahan udang segar ini menjadi salah satu hidangan yang wajib dicicipi saat bertandang ke Riau.  Udang segar yang gurih dan manis terasa semakin nikmat saat berpadu dengan kuah santan berbumbu rempah.

Jenis udang yang digunakan dalam masakan ini bisa udang laut maupun udang air tawar dengan rasa yang sama enaknya.  Sensasi rasa gulai belacan yang begitu menggoda bisa kamu nikmati di Rumah Makan Depo Senah yang berada di Jalan Thamrin No. 76, Kota Pekanbaru, Riau.

10. Bacah Daging

Makanan Khas Bacah Daging Riau
Photo by Cookpad.com

Olahan daging sapi mirip rendang ini biasanya dihidangkan bersama ketupat dan lazim disajikan sebagai menu utama saat Hari Raya Idul Fitri.  Cita rasa gurih daging sapi terasa semakin nikmat saat dipadukan dengan bumbu rempah yang cukup lengkap.

Menu bacah daging bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Pondok Gurih yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 202, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

11. Ikan Cuka

Makanan Khas Ikan Cuka Riau
Photo by @minda.ray

Menu olahan ikan ini bisa kamu buat sendiri di rumah karena cara membuatnya cukup sederhana. Biasanya ikan yang digunakan adalah jenis ikan tengiri.  Pertama-tama ikan digoreng terlebih dulu sembari menyiapkan kuah cukanya.

Kuah cuka untuk olahan ini terdiri dari cabe giling, irisan cabe merah, pala, jahe, merica, sereh, daun jeruk, garam, dan sedikit gula.  Setelah ikan matang bisa langsung disiram dengan kuah cuka yang sudah disiapkan.

Untuk mencicipi keunikan rasa ikan cuka kamu bisa datang ke Sop Ikan Kian Wee yang berada di Jalan Riau No. 41A, Padang Terubuk, Senapelan, Pekanbaru, Riau.

11. Mie Siantan atau Tarempa

Makanan Khas Tarempa Riau
Photo by @irapopy3393

Olahan mie khas Riau ini menggunakan campuran mie basah, udang, tauge, telur, cabe rawit dan juga kecap, sehingga rasanya semakin nikmat.  Biasanya bie siantan atau tarempa ini dihindangkan dalam bentuk mie goreng.

Untuk menikmati menu ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Mie Tarempa Batam di Ruko Royal Sincom, Blok D No. 15-16, Tering, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

12. Mie Lendir

Makanan Khas Mie Lendir Riau
Photo by @lilisucipto

Masih dengan olahan mie, mie dengan nama unik ini mungkin membuat pecinta mie sedikit bertanya-tanya. Istilah mie lendir merujuk pada kuahnya yang sangat kental menyerupai lendir.

Kuah kental tersebut berasal dari kombinasi tepung maizena, kacang tanah, dan bumbu rempah khas Riau. Dalam penyajiannya, mie lendir dihidangkan bersama telur rebus, tauge, daun bawang, dan irisan cabe rawit.

Mie lendir yang cukup unik ini bisa kamu dapatkan di Mie Lendir – Keday Kopi Setya yang berada di Jalan Bintan Sudirman No. 677, Simpang Empat, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

13. Sempolet

Makanan Khas Sempolet Riau
Photo by @dntika

Menu masakan tradisional dari Riau ini menggabungkan cita rasa sagu dan kuah gurih pedas sehingga semakin unik dan bikin penasaran.  Olahan ini terdiri dari sagu, sayuran, dan udang kering yang berpadu dengan bumbu rempah.

Untuk menjawab rasa penasaranmu akan cita rasa sempolet ini, kamu bisa datang ke Kedai Yong Bengkalis yang berada di Jalan Beringin No. 12, Bengkalis, Riau.

Baca: Makanan Khas Maluku yang Kelezatannya Wajib Dicoba!