Makanan Khas Semarang Paling Enak yang Wajib Kamu Cicipi!

Makanan Khas Semarang
Lumpia taken by @lumpiasemarang_mini

Nyero.ID – Terkenal dengan destinasi wisata Lawang Sewu-nya yang sarat akan nilai historis dan nuansa mistis, Kota Semarang juga memiliki ragam kuliner khas yang cukup bervariasi.

Dengan keanekaragaman rasa yang menggoda, kamu bisa memuaskan hobby makanmu dengan berwisata kuliner ke berbagai tempat makan enak di Semarang.

Makanan Khas Semarang Paling Terkenal

Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa menu makanan khas Semarang yang wajib kamu explore kelezatannya.

1. Nasi Ayam

Makanan Khas Nasi Ayam Semarang
Photo by @rita_veronica_lim

Menu makanan berat dari Semarang ini menawarkan cita rasa yang begitu menggoda dengan aneka lauk di dalamnya.  Menu ini terdiri dari nasi yang disiram kuah opor dan dilengkapi dengan sayur jipang.

Biasanya nasi ayam juga disajikan bersama suwiran ayam kampung yang gurih, telur, tahu, dan juga krecek bercitarasa pedas.  Jika masih kurang, kamu bisa menambahkan sate usus, sate telur puyuh, hingga paha dan sayap ayam agar sensasi rasanya semakin istimewa.

Makanan tradisional ini bisa kamu dapatkan di Nasi Ayam Bu Wido yang berada di Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Semarang.  Rekomendasi lainnya adalah Nasi Ayam Bu Nyoto di Jalan Mayjen. MT. Haryono, Peterongan, Semarang Selatan, Kota Semarang.

2. Tahu Gimbal

Makanan Khas Tahu Gimbal Semarang
Photo by @patmo.nem

Disebut dengan tahu gimbal, menu khas Semarang ini rupanya terdiri dari potongan lontong, bakwan udang atau dikenal dengan sebutan gimbal, tauge, serta irisan kol yang kemudian disiram dengan kuah kacang berbumbu petis.

Sensasi rasa gurih, manis, dan asin pada tahu gimbal begitu pecah di lidah membuat siapapun tergoda untuk mencicipi keunikan rasanya.

Seporsi tahu gimbal yang enak bisa kamu dapatkan di Tahu Gimbal Pak Edi yang terletak di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang. Rekomendasi lainnya adalah Tahu Gimbal Lumayan Pak Man yang berlokasi di Jalan Plampitan No. 54, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang.

3. Pepes Olor dan Sate Buntel

Makanan Khas Sate Buntel Semarang
Photo by @wiskulsemarang

Perpaduan rasa dari pepes olor dan sate buntel yang begitu nikmat membuat siapapun enggan untuk berhenti mengunyah.  Sate buntel sendiri merupakan olahan daging kambing yang dicacah dan dibungkus lapisan lemak tipis baru kemudian dibakar hingga menimbulkan aroma harum yang menggugah selera.

Sementara pepes olor merupakan sajian sumsum tulang belakang atau disebut dengan olor yang dibuat pepes sehingga menghasilkan rasa yang semakin nikmat.  Hidangan ini biasanya disajikan bersama irisan bawang merah, sambal, dan jeruk nipis.

Untuk menikmati kelezatan sate buntel dan pepes olor, silakan datang ke Sate dan Gule Kambing 29 di Jalan Letnan Jenderal Suprapto No.29, Purwodinatan, Semarang.  Fyi, tempat makan legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1945 dengan cita rasa yang tetap tidak berubah.

4. Mangut Welut

Makanan Khas Mangut Welut Semarang
Photo by @delicious_smg

Biasanya mangut menggunakan bahan ikan air tawar seperti misalnya mangut lele, tapi di Semarang ada mangut welut atau belut yang cita rasanya tidak kalah istimewa.  Sensasi rasa gurih pada welut semakin menggoda ketika dipadukan dengan bumbu mangut yang identik dengan rasa pedas.  Kombinasi rasa yang lezat ini sangat cocok dinikmati bersama sepiring nasi hangat.

Seporsi mangut welut yang super gurih bisa kamu nikmati di Warung Makan Welut Bu Nasimah yang berada di Jalan Kyai Saleh No. 10, Semarang.  Rekomendasi lainnya adalah Warung Pojok Spesial Sop & Mangut Welut Bu Harno yang berada di Jalan Karang Asem, Mlatibaru, Semarang Timur, Kota Semarang.

5. Mie Kopyok

Makanan Khas Mie Kopyok Semarang
Photo by @novita_ken_suwarno

Kuliner bercitarasa gurih ini bisa menjadi solusi terbaik di kala lapar melanda.  Sekilas tampilannya mirip dengan mie kocok Bandung, hanya saja pada menu ini kuah yang digunakan adalah kaldu rempah-rempah dan tidak menggunakan olahan daging sama sekali.  Cocok buat vegetarian.

Menu mie ini terdiri dari potongan lontong, tahu pong, mie basah, tauge, dan kerupuk gendar.
Sepiring mie kopyok nan enak bisa kamu dapatkan di Warung Mie Kopyok Pak Dhuwur yang berada di Jalan Tanjung, Banyumanik, Semarang.

6. Garang Asem

Makanan Khas Garang Asem Semarang
Photo by @resepmomme

Menu makanan ini menawarkan sensasi rasa yang segar, pedas, dan gurih yang begitu menggoda. Olahan ayam kampung ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang bersama kuah bumbu dan rempah plus irisan belimbing wuluh yang memberikan sensasi asam di dalamnya.  Biasanya menu garang asem disajikan bersama nasi hangat dan tambahan lauk seperti perkedel, tempe goreng, maupun jeroan ayam.

Untuk menikmati seporsi garang asem yang nikmat, kamu bisa datang ke Garang Asem Sari Rasa yang berada di Jalan Ki Mangunsarkoro No. 15, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang.  Rekomendasi lainnya adalah Soto Ayam Dargo Pak Wito dan Garang Asem di Jalan MT. Haryono, Wonodri, Semarang Selatan, Kota Semarang.

7. Babat Gongso

Makanan Khas Babat Gongso Semarang
Photo by @foodie_kopie

Makanan legendaris dari Semarang ini menyajikan cita rasa yang begitu menggugah selera.  Kuliner ini berbahan babat ini bisa menjadi pilihan menarik ketika kamu berburu makanan khas di Semarang.

Babat gongso bisa dinikmati dalam dua menu yaitu nasi goreng babat dan nasi babat dengan rasa yang sama nikmatnya.  Salah satu tempat makan legendaris di Semarang yang menyajikan menu ini adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang berlokasi di Jalan Pemuda atau cabangnya di Jalan MH. Thamrin, Semarang.

8. Bandeng Presto

Makanan Khas Bandeng Presto Semarang
Photo by @bandeng_holic

Kuliner bandeng presto sangat identik dengan Kota Semarang, bahkan makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibeli saat berkunjung ke Semarang.  Biasanya sebelum dipresto, bandeng tersebut sudah dibumbui sehingga rasanya lebih lezat.

Olahan ikan bandeng yang dipresto memberikan sensasi rasa yang gurih dengan duri yang begitu lunak, sangat cocok buat lauk makan bersama sambal, nasi hangat dan lalapan segar.

Salah satu produk bandeng presto yang sangat terkenal di Semarang adalah Bandeng Presto Juwana yang bisa ditemukan di pusat oleh-oleh Bandeng Juwana di Jalan Pandanaran No. 57, Semarang.  Kamu juga bisa datang ke Bandeng Erlina yang berada di Jalan Pamularsih Raya No. 70, Bongasari, Semarang Barat, Kota Semarang.

9. Lumpia Semarang

Makanan Khas Semarang
Lumpia taken by @lumpiasemarang_mini

Jajanan khas Semarang ini sudah sangat terkenal dan bahkan banyak dijumpai di berbagai daerah. Lumpia terbuat dari adonan tepung yang dibuat sebagai kulit dengan isian daging ayam, orak arik telur, udang, sayuran dan bahkan rebung.  Lumpia disajikan dengan dua cara yaitu lumpia goreng dan lumpia basah.  Cita rasanya yang begitu menggoda membuat kudapan gurih ini semakin nikmat untuk menemani secangkir teh manis di sore hari

Jajanan legendaris dengan nuansa Tionghoa ini bisa kamu dapatkan di Lumpia Gang Lombok yang berada di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang.

10. Pisang Plenet

Makanan Khas Planet Pisang Semarang
Photo by @dietkok

Disebut dengan pisang plenet karena olahan ini dibuat dengan cara memipihkan pisang atau istilah dalam Bahasa Jawanya “di plenet”.  Pisang yang digunakan untuk membuat jajanan manis ini adalah pisang kapok yang sudah matang.

Pisang yang sudah berwarna kecoklatan saat dibakar selanjutnya dipipihkan dan ditambahkan dengan olesan margarin, meises, coklat, gula bubuk atau selai nanas.  Baru kemudian ditutup dengan pisang pipih lainnya sehingga cita rasa legitnya semakin istimewa.

Jajanan manis ini biasanya dijajakan di atas gerobak.  Salah satu yang bisa kamu sambangi adalah gerobak Pisang Plenet Pak Tuko yang berada di Pasar Semawis.  Rekomendasi lainnya adalah Pisang Plenet Pak Subandi yang berada di Jalan Pemuda, Pandansari, Semarang Tengah, Kota Semarang.  Dan Pisang Plenet Pak Yuli di Jalan Gajahmada No. 13, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang.

Baca: Makanan Khas Jogja: Kuliner Lezat dengan Cita Rasa yang Wajib Kamu Cobain!