Makanan Khas Sumatera Barat: Kuliner Unik Kaya Rasa, Pernah Coba?

Makanan Khas Sumatera Barat
Kacimuih taken by @takanakafe

Nyero.ID – Provinsi Sumatera Barat identik dengan Rumah Gadang-nya yang begitu megah.  Rumah adat Minangkabau ini menjadi salah satu ikon budaya di Provinsi Sumatera Barat. Selain terkenal dengan Rumah Gadang-nya, provinsi yang memiliki semboyan “Tuah Sakato” ini juga terkenal dengan kekayaan kulinernya yang menggugah selera.

Cita rasa pedas menjadi salah satu ciri masakan khas Sumatera Barat, sangat cocok buat penggemar pedas yang ingin berwisata kuliner di provinsi ini. Bukan hanya didominasi rasa pedas saja, di daerah ini kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai sensasi rasa lainnya yang tak kalah menggoda.

Makanan Khas Sumatera Barat Paling Terkenal

Untuk melengkapi agenda jalan-jalanmu di Sumatera Barat, berikut ini adalah daftar kuliner enak dan tempat makan yang rekomended untuk menikmatinya:

1. Nasi Sala

Makanan Khas Nasi Sala Sumatera Barat
Photo by @minangsedunia

Makanan khas dari wilayah Pariaman, Sumatera Barat ini menyajikan keunikan rasa yang dijamin enak. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang biasanya akan disajikan bersama sambalado dan ikan gembung sebagai lauknya.

Ikan gembung diolah dengan cara digoreng setelah sebelumnya dibalur dengan tepung beras yang sudah dibumbui rempah dan cabe giling. Perpaduan antara nasi yang pulen, sambalado, dan ikan gembung goreng menyajikan cita rasa lezat yang pecah di lidah. Sangat pas jika disantap selagi hangat.

Menu nasi sala ini bisa kamu dapatkan di Pondok Nasi Sala yang berada di Jalan SM. Abidin, Lohong, Pariaman Tengah, Sumatera Barat.  Rekomendasi lainnya adalah Warung Nasi Sala Lauak Elli di Jalan SM. Abididn No. 78, Pasir, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

2. Nasi Kapau

Makanan Khas Nasi Kapau Sumatera Barat
Photo by @kedaisutanmangkuto

Kuliner khas Sumatera Barat ini merupakan nasi rames khas Nagari Kapau. Makanan ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk yang bisa dipilih sesuai selera. Diantaranya adalah cubadak atau gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai ikan, kikil, gulai cangcang atau tulang dan daging kerbau, dendeng daging, gulai ayam, dll.

Nasi kapau bisa didapatkan di beberapa pedagang nasi kapau yang berada di Pasar Bawah, atau di Rumah Makan Nasi Kapau di Jalan Kamang Magek, Kapau, Tilatang Kamang, Agam, Sumatera Barat. Rekomendasi lainnya adalah Nasi Kapau Simpang Tugu di Jalan Simpang Tugu, Kapau, Tilatang Kamang, Agam, Sumatera Barat.

3. Rendang Paru

Makanan Khas Rendang Paru Sumatera Barat
Photo by @kumpulanresepmasak

Makanan khas dari Sumatera Barat ini menyajikan olahan paru sapi yang dimasak dengan bumbu rendang kaya rempah. Proses pengolahan yang cukup lama dengan tambahan santan membuat cita rasa rendang ini semakin menggoda karena bumbu rempah yang begitu meresap. Kuliner ini sangat cocok dinikmati bersama sepiring nasi hangat sebagai menu makan siang bareng teman-teman.

Untuk mencicipi kelezatan rendang paru yang istimewa kamu bisa datang ke Rumah Makan Rendang Nikmat yang berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 37, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

4. Bubur Kampiun

Makanan Khas Bubur Kampiun Sumatera Barat
Photo by @dianandariskia

Makanan tradisional khas Bukittinggi, Sumatera Barat ini menjadi salah satu menu bubur yang cukup populer karena memiliki cita rasa yang unik. Bubur yang terdiri dari kombinasi beberapa jenis bubur ini memang juara dalam hal rasa.

Dalam satu mangkuk bubur kampiun biasanya terdiri dari ketan putih kukus, bubur sumsum atau bubur putih, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur candil, dan juga kolak pisang atau ubi.
Bahkan di beberapa daerah juga memasukkan lupis ketan putih atau bubur delima sebagai tambahannya. Bisa dibanyangkan bagaimana kekayaan rasa yang disajikan dalam bubur ini.

Seporsi bubur kampiun yang cukup mengenyangkan bisa kamu dapatkan di Lontong dan Bubur Kampiun Ratulangi yang berada di Jalan Ratulangi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.
Rekomendasi lainnya adalah Bubur Kampiun 8000, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jati Baru, Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Daging Asem Padeh

Makanan Khas Daging Asem Padeh Sumatera Barat
Photo by @lie_jac

Sesuai dengan namanya, kuliner khas Sumatera Barat ini menawarkan sensasi rasa asam pedas yang bakal menggugah selera makanmu. Kuah asam pedas yang kaya akan bumbu dan rempah ini terasa semakin nikmat saat berpadu dengan gurihnya daging sapi di dalamnya. Sebagai pelengkap, menu masakan ini ditambahkan dengan irisan tomat segar. Sangat pas ketika disantap bersama sepiring nasi hangat.

Kuliner ini banyak disajikan di rumah makan dengan menu khas Minangkabau, salah satunya adalah Restoran Lamun Ombak yang berada di Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Sumatera Barat.

6. Kacimuih

Makanan Khas Sumatera Barat
Kacimuih taken by @takanakafe

Makanan ringan khas Bukittinggi ini menggunakan bahan dasar singkong, parutan kelapa, gula merah atau gula pasir. Proses pengolahannya pun cukup mudah. Singkong yang sudah dikupas bersih dicuci dan diparut agak kasar, selanjutnya dikukus sampai matang.

Setelah matang langsung bisa disajikan bersama parutan kelapa dan gula putih. Sedangkan untuk gula merah biasanya dimasak atau dicairkan dulu sebelum diletakkan di atas kukusan singkong.

Untuk menikmati seporsi kacimuih yang enak ini kamu bisa datang ke pasar-pasar tradisional yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat.

7. Lompong Sagu

Makanan Khas Lompong Sagu Sumatera Barat
Photo by @cindytirtatandi

Jajanan tradisional khas Minang ini terbuat dari tepung sagu, santan, parutan kelapa, pisang kepok atau pisang raja, dan gula merah. Lompong sagu dibuat dengan cara mencampurkan bahan-bahan tersebut dengan air sehinggga menjadi adonan yang kemudian dibungkus daun pisang dan dipanggang. Setelah matang, lompong sagu disajikan bersama parutan kelapa sehingga sensasi rasanya semakin menggoda.

Untuk mencicipi manisnya lompong sagu, silakan datang ke Kue Singgang dan Lompong Sagu yang berada di Jalan Tunggul Hitam, Dadok Tunggul Hitam, Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

8. Sala Lauak

Makanan Khas Sala Lauak Sumatera Barat
Photo by @nisaariii

Makanan khas Pariaman, Sumatera Barat ini tidak kalah enak dengan jajanan lainnya karena menawarkan sensasi gurih yang bikin nagih. Kuliner ini terbuat dari adonan tepung dan ikan yang telah digiling halus dengan bentuk bulat atau pipih baru kemudian digoreng sampai matang.
Sala lauak ini adalah versi sala keras yang berbentuk bulat dan terbuat dari ikan asin. Sementara untuk sala lunak biasanya berbentuk pipih dengan bahan utama ikan stuhuak.

Gurihnya sala lauak bisa kamu nikmati di Sala Lauak Ni Nah yang berada di Jalan Pulau Talena No. 30, Lapai, Kampung Lapai, Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat.

9. Martabak Kubang

Makanan Khas Martabak Kubang Sumatera Barat
Photo by @gadis785

Jajanan gurih martabak sudah sangat terkenal karena kelezatannya. Di Sumatera Barat pun terdapat jenis martabak yang dikenal dengan sebutan martabak Kubang karena berasal dari Nagari Kubang. Martabak ini biasanya terdiri dari isian daging sapi cacah bahkan juga rendang yang ditambah irisan daun bawang.

Ukuran martabak ini relatif besar sehingga cocok buat disantap rame-rame. Cara penyajiannya pun sedikit berbeda, karena martabak Kubang disajikan bersama kuah asam pedas yang membuat cita rasanya semakin pecah di lidah.

Uniknya rasa martabak Kubang bisa kamu nikmati di Martabak Kubang Hayuda yang berada di Jalan Prof. M. Yamin SH No. 138B, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.
Rekomendasi lainnya adalah Martabak Kubang 54 di Jalan Sawahan No. 54, Sawahan, Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat.

10. Gulai Itiak Lado Mudo

Makanan Khas Gulai Itiak Lado Mudo Sumatera Barat
Photo by @oyuki290

Gulai menjadi salah satu olahan yang sangat populer dengan aneka macam isinya yang cukup bervariasi. Salah satunya adalah gulai itiak lado mudo yang menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya.

Kuliner khas Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini menawarkan sensasi rasa gurih dan pedas yang menggugah selera. Apalagi sajian gulai ini dimasak dengan bumbu dan rempah yang cukup lengkap, membuat rasanya semakin istimewa.

Menu ini bisa kamu dapatkan di Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai yang berada di Jalan Binuang No. 41, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

11. Kalio

Makanan Khas Kalio Sumatera Barat
Photo by @food_and_passion

Olahan daging ini sekilas mirip dengan rendang namun sedikit berkuah seperti gulai. Keduanya memang hampir sama karena kalio merupakan masakan rendang yang dimasak setengah jadi dengan tekstur daging yang cenderung basah.

Berbeda dari rendang, kalio memiliki tekstur yang lebih lunak dan empuk sehingga mudah untuk dimakan. Untuk menikmati kelezatan kalio kamu bisa datang ke Restoran Lamun Ombak yang berada di Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Sumatera Barat.

Baca: Makanan Khas Sumatera Utara yang Terkenal akan Kelezatannya!