Pantai Baron Jogja, Pesona Pantai yang Memikat diantara Perahu Nelayan, Mercusuar, dan Puncak Selfie

Pantai Baron Jogja
Pantai Baron Jogja Taken by @explorealamjogja

Nyero.ID – Di tengah banyaknya wisata pantai baru di Gunung Kidul saat ini, Pantai Baron Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan.  Pesona Pantai Baron seakan sudah begitu membekas bahkan jauh sebelum munculnya pantai-pantai baru nan eksotis di wilayah ini.

Di balik keindahannya yang memanjakan mata, Pantai Baron menyimpan banyak cerita sejarah yang cukup panjang di masa lampau.  Nama Baron sendiri konon berasal dari nama seorang warga negara Belanda yang bernama Baron Skeber.

Baron menjadikan kawasan pantai ini sebagai tempat untuk berlabuh serta menggunakannya sebagai markas Belanda dan gudang senjata.  Meskipun merupakan warga asing namun masyarakat setempat meyakini jika Baron memiliki kesaktian karena pernah bertempur melawan Panembahan Senopati, hingga akhirnya pantai ini pun dikenal dengan nama Pantai Baron.

Terlepas dari kisah dan sejarah yang ada, Pantai Baron memang memiliki keunikan dan keindahannya sendiri yang membuat pantai ini semakin menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Bentuk pantai yang menyerupai huruf “U” dengan perbukitan hijau di sekitarnya menyajikan pemandangan yang begitu memanjakan mata.

Selain menikmati keindahan pantai dengan alunan ombaknya yang syahdu, di Pantai Baron ini pengunjung bisa bermain air dan berburu kuliner khas laut yang menggugah selera.  Di kawasan pantai banyak sekali tempat makan enak dengan menu-menu seafood yang beragam, selain itu banyak juga penjual olahan hasil laut yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.

Bagi sobat Nyero yang sedang merencanakan liburan asik ke Pantai Baron Jogja berikut ini adalah beberapa informasi tentang harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Baron Jogja sangat terjangkau yaitu sebesar RP 10.000 saja itupun pengunjung bisa sekaligus mengakses beberapa pantai lainnya yang terdekat.  Seperti Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Drini, dan Pantai Indrayanti.  Sementara biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 3.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000.

Jam Buka

Pantai Baron Jogja buka setiap hari selama 24 jam sehingga memberikan banyak kesempatan bagi wisatawan untuk datang sesuai dengan keinginan.

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Baron Jogja cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, mushola, toilet, warung makan, camping graound, gardu pandang, mercusuar, spot untuk memancing hingga toko souvenir.

Daya Tarik

Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Jogja, Baron menawarkan sejuta pesona dan keindahan di dalamnya.  Pantai yang menjorok ke daratan ini terlihat sangat unik karena diapit oleh dua perbukitan di kedua sisinya.

Sementara deretan perahu nelayan yang berlabuh di pinggir pantai membuat suasana pantai semakin hidup dengan aktivitas para nelayannya.  Deretan perahu nelayan dengan warna senada yang berlatar birunya laut menjadi sebuah pemandangan yang sangat menarik untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Selain menikmati keindahan pantai yang begitu memanjakan mata, pengunjung juga bisa mengeksplore beberapa spot kece untuk berfoto.  Bukan hanya di kawasan bibir pantai saja, pengunjung bisa melipir ke atas bukit dan naik ke mercusuar di sebelah timur pantai.

Menara mercusuar setinggi 40 meter ini dibangun pada tahun tahun 2014 dan dikenal sebagai Menara Tanjung Baron.  Dengan medan yang cukup menanjak pengunjung akan diajak untuk sedikit berpetualang menaiki bukit selama kurang lebih 30 menit.

Meskipun menara ini masih aktif sebagai pemandu kapal di dunia pelayaran namun tetap terbuka untuk umum.  Dengan tiket sebesar Rp 5.000 pengunjung bisa naik ke atas menara mercusuar dan menikmati keindahan Pantai Baron dari atas ketinggian.

Selain naik ke atas menara mercusuar, pengunjung juga bisa mengeksplore spot foto kekinian di Puncak Selfie Baron Hill.  Lokasinya berada di sebelah utara menara mercusuar Tanjung Baron sehingga bisa disambangi sekaligus.

Di puncak selfie ini para penghoby fotografi akan dimanjakan dengan beberapa spot foto yang cukup unik.  Mulai dari sayap hingga papan berbentuk hati dengan view Pantai Baron dari atas ketinggian sebagai latarnya.

Bagi para penghobby mancing berkunjung ke Pantai Baron pastinya tidak akan lengkap tanpa berburu ikan ala mancing mania.  Salah satu tempat yang direkomendasikan sebagai lokasi memancing adalah di atas bukit dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Tidak hanya memancing, menaiki mercusuar dan puncak selfie saja, pengunjung juga bisa menyambangi Baron Techno Park yang berada di tebing sisi barat pantai.  Di lokasi ini pengunjung bisa menyaksikan kincir angin dan jam matahari yang sangat unik.  Dari lokasi jam matahari ini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai seiring dengan datangnya senja.

Liburan ke Pantai Baron Jogja tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas lautnya yang menggugah selera.  Berbagai macam olahan seafood bisa dipilih sesuai keinginan, mulai dari udang goreng tepung, cumi asam manis, hingga ikan kakap bakar yang gurih menggoda.

Selain berburu kuliner yang memanjakan lidah, di kawasan Pantai Baron ini pengunjung juga bisa membeli hasil tangkapan para nelayan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Untuk mendapatkan hasil laut yang masih segar, silahkan datang ke Tempat Pelelangan Ikan.  Di TPI ini tersedia berbagai macam hasil laut yang bisa dibeli dengan harga cukup terjangkau.

Bagi yang tidak ingin repot memasak hasil laut bisa membeli berbagai macam olahan hasil laut yang sudah matang di sekitar lokasi pantai.  Mulai dari udang, cumi, ikan, hingga ikan pari dengan cita rasa yang tidak kalah menggoda.

Belum puas dengan oleh-oleh berupa olahan hasil laut, pengunjung bisa melengkapi belanjaannya dengan berburu souvenir khas Pantai Baron Jogja.  Seperti gantungan kunci, kaos, dan pernak-pernik lainnya yang terbuat dari biota laut.

Untuk melengkapi momen liburan ke Pantai Baron Jogja, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata terdekat lainnya yang tidak kalah mempesona.  Salah satunya adalah Pantai Kukup yang hanya berjarak sekitar 1,8 km dari lokasi Pantai Baron.  Meskipun cukup dekat namun pasir di Pantai Kukup cenderung lebih putih dan halus, sangat berbeda dengan pasir di Pantai Baron.

Di Pantai Kukup wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan pantai yang dihiasi deretan tebing karang di sekitarnya.  Di dekat bibir pantai terdapat pulau karang kecil yang terhubung dengan jembatan sehingga pengunjung bisa menyambangi pulau karang tersebut dengan lebih mudah.

Dengan air lautnya yang jernih pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai macam biota laut layaknya sebuah aquarium alami yang memanjakan mata.  Sama seperti di Pantai Baron, fasilitas yang tersedia di Pantai Kukup juga sudah cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Lokasi

Lokasi Pantai Baron Jogja terletak di Dusun Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Jaraknya sekitar 56, 4 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 30 menit.

Meskipun lokasi pantai berada di wilayah perbukitan dengan jalur yag cukup menanjak, namun lokasinya tetap bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.  Untuk mengetahui rute selengkapnya sobat Nyero bisa menggunakan aplikasi Google Maps.