8 Pantai di Semarang yang Menarik untuk Liburan Akhir Pekan, ada Hutan Mangrove-nya juga!

Pantai di Semarang
Photo by @isnandahrn

Nyero.ID – Liburan ke pantai menjadi salah satu kegiatan yang cukup difavoritkan oleh wisatawan. Ada banyak pilihan pantai yang bisa dieksplore keindahannya.  Tidak terkecuali bagi wisatawan yang sedang menikmati masa liburan di Semarang.  Sebagai referensi, berikut ini adalah 8 pantai di Semarang dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

1.  Pantai Marina

Yang pertama tentu saja ada Pantai Marina yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan.  Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota dan mudah untuk diakses menjadi salah satu alasan bagi wisatawan untuk menjelajahi keindahan Pantai Marina.

Momen sunset di pantai ini menyajikan suasana yang begitu syahdu dan romantis.  Keindahan pantai dalam balutan sinar mentari yang mulai tenggelam terlihat begitu epic dan pastinya sayang untuk dilewatkan.

Bagi wisatawan yang masih enggan untuk pulang, tidak perlu khawatir karena di kawasan Pantai Marina tersedia fasiltas penginapan yang cukup lengkap.  Mulai dari hotel hingga homestay dengan tarif yang cukup bersahabat.

Jika ingin mendapatkan suasana pantai yang benar-benar menyatu dengan alam, pengunjung juga bisa berkemah di sekitar pantai lho!.

Lokasi:  Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Tawang Sari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 3.000

2.  Pantai Cipta

Pantai Cipta menyajikan keindahan alam yang menawan dengan suasana pantainya yang unik namun tetap indah untuk dinikmati.  Lokasinya yang berada di belakang terminal peti kemas menjadikan pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Peti Kemas.

Suasana di pantai ini cukup tenang sehingga cocok untuk refreshing dan melepas penat.  Terlebih ketika momen sunset tiba, keindahan pantai terlihat semakin mempesona dengan semburat sinar mentarinya yang berwarna jingga.

Lokasi:  Jalan Kawasan Cipta III, Badraharjo, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp5.000

3.  Pantai Baruna

Pantai dengan karakter berbatu ini terlihat unik dan indah dengan hamparan padang ilalang di sekitarnya.  Karakter pantai yang unik justru menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan datang untuk menikmati keindahan pantai dari dekat.

Meskipun terbilang baru, namun pantai yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Sangklak dan Pantai Nyamuk ini tidak kalah menawan dari pantai-pantai populer lainnya di Semarang.

Air laut di Pantai Baruna bernuasan hijau tosca sehingga terlihat semakin epic ketika berpadu dengan hamparan padang ilalang di sekitarnya.  Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu spot yang difavoritkan untuk fotografi.

Suasana pantai yang cukup tenang membuat siapapun akan merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini.  Selain menikmati suasana pantai, pengunjung juga bisa memanfaatkan waktunya dengan memancing.

Lokasi:  Pelabuhan Mas, Tanjung Bringin, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000

4.  Pantai Maron

Berada di sudut Kota Semarang, Pantai Maron menyajikan keindahan pantai yang tidak kalah menarik dari pantai lainnya.  Lokasinya yang berada di kawasan Pantai Utara cenderung memiliki karakter ombak yang cukup bersahabat.

Di Pantai Maron pengunjung akan dimanjakan dengan suasana pantai yang indah dengan hamparan pasir hitam di sekitarnya.  Beberapa petak tambak milik warga di kawasan ini membuat suasana pantai sedikit berbeda.  Bahkan pengunjung juga bisa mencoba aktivitas memancing di kawasan pantai ini.

Di Pantai Maron pengunjung bukan hanya disuguhi dengan keindahan pantainya saja tetapi juga bisa mengeksplore keindahan hutan bakau di kawasan tersebut.  Hutan Mangrove Edupark di Pantai Maron menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan semakin tertarik untuk datang ke tempat ini.

Dengan luas mencapai 5 hektar, Hutan Mangrove Edupark ini menyediakan wisata edukasi yang menarik.  Dimana wisatawan akan diajak untuk mengenal tanaman mangrove, menanam bibit mangrove dan bagaimana perawatannya.

Lokasi:  Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000

5.  Pantai Tirang

Lokasi Pantai Tirang tidak begitu jauh dari Pantai Maron dan hanya dipisahkan oleh muara Sungai Silandak.  Dengan lokasi yang cukup dekat pengunjung bisa sekalian mengunjungi Pantai Tirang ketika liburan ke Pantai Maron.

Selain menikmati keindahan pantai, banyak pengunjung yang datang khusus untuk kegiatan memancing.  Beberapa jenis ikan seperti kakap putih, blanak, dan mujair di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobby mancing.

Lokasi:  Tambakrejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000

6.  Pantai Cahaya Weleri

Pantai ini berada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Semarang.  Pantai ini juga dikenal dengan sebutan The Sea Pantai Cahaya Semarang dan menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup difavoritkan.

Tempat ini menyajikan konsep wisata pantai yang sangat lengkap sehingga wisatawan akan semakin betah.  Selain menyediakan taman rekreasi pantai, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan playground, atraksi lumba-lumba, hingga mini zoo.

Keberadaan Kolam Ajaib di Pantai Cahaya juga tidak luput dari perhatian pengunjung karena keunikannya.  Di kolam ini siapapun akan mengapung dengan rileks sehingga memberikan kenyamanan tersendiri.

Selain itu, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang akan membuat pengunjung semakin nyaman.  Mulai dari waterboom, kolam tanding Air Terjun Niagara, kamar bilas, kursi santai, toko peralatan dan perlengkapan renang, kereta mini, perahu kano, panggung hiburan, restoran, gazebo, dll.

Lokasi:  Klampok, Sendang Sikucing, Rowosari, Kandal, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 30.000 sudah termasuk akses untuk renang dan menikmati atraksi lumba-lumba.

7.  Pantai Morosari

Pantai Morosari berada di Kabupaten Demak dan berjarak sekitar 17,9 km dari Kota Semarang.  Untuk menuju lokasi Pantai Morosari dibutuhkan waktu sekitar 35 menit perjalanan.

Objek wisata pantai ini resmi dibuka pada tahun 2006 dan langsung menarik perhatian wisatawan.  Selain menyajikan keindahan alam khas pantai, di kawasan wisata ini juga terdapat hutan mangrove dan makam Syekh Abdullah Mudzakir.

Butuh waktu sekitar 30 menit bagi pengunjung untuk bisa mencapai hutan mangrove dengan menggunakan perahu.  Untuk menikmati keindahan dan berkeliling hutan mangrove tersedia jembatan bagi para pengunjung.

Fasilitas di Pantai Morosari sudah cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung yang datang.  Diantaranya adalah rumah makan terapung dengan menu seafood, mushola, fasilitas olahraga air, kamar mandi, dll.

Lokasi:  Jalan Semarang – Demak Km. 09, Morosari, Bendono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000

 

  1. Pantai Glagah Wangi Istambul

Pantai Glagah Wangi Istambul berjarak sekitar 15 km dari Kota Semarang sehingga bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi.  Untuk mencapai lokasi pantai pengunjung akan diajak naik perahu menyusuri sungai sepanjang 300 meter.

 

Keindahan pantai yang menawarkan sensasi susur sungai melewati hutan mangrove menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.  Kawasan Pantai Glagah Wangi Istambul terlihat sangat indah dengan pemandangan hutan mangrove di sekitarnya.

 

Keberadaan hutan mangrove di kawasan pantai ini bahkan menjadi salah satu program unggulan yang disebut sebagai Laboratorium Mangrove.  Bahkan program ini disebut-sebut memiliki jenis-jenis mangrove terlengkap di Indonesai sehingga sangat cocok untuk wisata edukasi.

 

Lokasi:  Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Demak, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 15.000 sudah termasuk biaya parkir kendaraan dan akses naik perahu ke menuju ke dermaga Pantai Glagah Wangi Istambul.