Pantai Parangtritis Jogja, Ikon Wisata nan Eksotis di Ujung Selatan Kota Jogja

Pantai Parangtritis Jogja
Photo by @oriletsa_osa

Nyero.ID – Pantai Parangtritis Jogja merupakan salah satu ikon wisata Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta  yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan.  Lokasinya berada di ujung selatan Kabupaten Bantul, atau sekitar 28 km dari pusat Kota Jogja.  Pantai Parangtritis menyajikan pemandangan pantai yang begitu eksotis dengan hamparan pasir hitam dan deburan ombaknya yang cukup besar.

Bukan hanya menawarkan keindahan alam pantainya saja yang mempesona, Pantai Parangtritis juga identik dengan kisah Ratu Pantai Selatan yang begitu melegenda.  Konon wilayah kekuasaan Ratu Kidul meliputi Samudera Hindia dengan istana megah yang berada di jantung samudera, sementara Pantai Parangtritis sendiri disebut-sebut sebagai pintu gerbang menuju kerajaan ghaib Ratu Pantai Selatan.

Selain itu, Pantai Parangtritis juga dikenal sebagai salah satu kesatuan dari konsep Trimurti Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari Gunung Merapi di ujung utara Kota Yogyakarta, Keraton yang berada di titik tengah dan Pantai Parangtritis yang berada di ujung selatan.  Dimana ketiganya dianggap sebagai sisi mistis dan kesatuan yang tidak terpisahkan dari Kota Yogyakarta.

Pantai Parangtritis Jogja dikenal sebagai salah satu pantai dengan karakter ombak yang cukup besar sehingga ada anjuran bagi pengunjung untuk tidak mandi di pantai demi keselamatan bersama.  Selain memiliki karakter ombak yang besar, banyaknya cerukan di bibir pantai juga cukup membahayakan.  Banyak pengunjung yang mungkin tidak menyadari ketika asik bermain air semakin ke tengah dan berada di atas area cerukan tersebut.

Selain itu, adanya tekanan arus bawah dengan gaya tarik yang kuat juga bisa membuat siapapun yang terjebak akan terseret ombak dan sulit untuk melepaskan diri.  Arus inilah yang menggerus pasir yang dipijak oleh wisatawan dan mampu menyeret korban hingga jauh ke lepas pantai.

Terlepas dari mitos dan kesan mistis yang ada, Pantai Parangtritis memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahannya.  Deburan ombak yang cukup besar, aroma pantai yang khas, tebing karang dan pasir hitamnya akan membuat siapapun merasakan kedamaian tersendiri saat menatap luasnya samudera.  Pesona Pantai Parangtritis semakin paripurna dengan keindahan sunsetnya yang begitu syahdu untuk dinikmati dan diabadikan dalam bidikan kamera.

Untuk menikmati pesona Pantai Parangtritis yang begitu eksotis, berikut adalah informasi lengkap terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai parangtritis cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 7.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 10.000 per orang untuk hari libur.  Sementara untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor sebesar Rp 2.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000.

Jam Buka

Pantai Parangtritis buka selama 24 jam sehingga kesempatan untuk menikmati keindahan pantai bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar momen liburan di pantai ini semakin menyenangkan.

Fasilitas

Sebagai salah satu ikon wisata kebanggaan Jogja, Pantai Parangtritis sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap demi kenyamanan wisatawan.  Mulai dari area parkir, mushola, toilet, gardu pandang SAR, warung makan, hingga penginapan, toko oleh-oleh, dll.

Daya Tarik

Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata di Bantul yang sudah sangat populer dengan keindahan dan mitosnya yang melegenda.  Berkunjung ke Pantai Parangtritis Jogja akan memberikan kenangan tersendiri bagi wisatawan.  Karena selain menikmati keindahan pantai yang begitu eksotis, wisatawan juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas lainnya yang seru dan menyenangkan.

Di Pantai Parangtritis Jogja, wisatawan bisa menyewa kereta kuda roda dua atau bendi dengan tarif sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000.  Selain berkeliling pantai dengan menyewa bendi, pengunjung juga bisa mengeksplorasi keindahan pantai dengan menyewa ATV yang harga sewanya sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 tergantung lamanya waktu sewa.  Jika masih kurang menantang, cobalah untuk menyewa kuda dan menaikinya untuk diajak berkeliling pantai.

Aktivitas lainnya yang tidak kalah seru untuk dilakukan di sepanjang bibir pantai adalah bermain layang-layang.  Tidak perlu membawa layang-layang dari rumah karena banyak penjual layang-layang yang berjualan di tempat ini.  Selain itu, Pantai Parangtritis juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan festival layang-layang.  Tentunya akan sangat menyenangkan sekali jika bisa datang ketika festival layang-layang tersebut berlangsung.

Bagi pengunjung yang ingin mengeksplore keindahan pantai dengan cara berbeda bisa naik ke Bukit Parang Endog yang berada di timur pantai dan menikmati keindahannya dari atas ketinggian.  Di lokasi perbukitan ini juga terdapat air terjun Parang Endog dan reruntuhan candi yang memiliki cerita sejarah di masa lampau.

Puas menikmati keindahan pantai dari atas bukit, pengunjung bisa bersantai atau sekedar berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai sambil mengabadikan setiap momen seru dalam bidikan kamera.  Bagi para pemburu senja, momen sunset di Pantai Parangtritis bisa menjadi salah satu spot romantis yang wajib diabadikan.

Masih di kawasan Pantai Parangtritis, pengunjung juga bisa melipir sejenak ke kolam pemandian air panas yang dibuat dengan konsep yang cukup sederhana.  Kolam dengan ukuran 8×12 meter tersebut beralaskan terpal dan berada tidak jauh dari pantai.  Aliran air yang hangat di kolam tersebut berasal dari perut bumi dan diyakini mampu memberikan efek positif untuk kesehatan.

Selain kolam air hangat yang sederhana pinggir pantai, pengunjung juga bisa singgah ke Pemandian Air Panas Parang Wedang yang letaknya tidak jauh dari pantai.  Seperti halnya kolam air hangat di pinggir pantai, kolam pemandian air panas Parang Wedang juga memiliki air hangat yang bersumber dari dalam perut bumi.

Meskipun tidak mengandung belerang seperti umumnya sumber mata air panas di pegunungan, namun berendam di air hangat Parang Wedang juga diyakini mampu memberikan pengaruh positif untuk kesehatan.

Daya tarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis adalah berburu kuliner seafood di Pantai Depok dan menjelajahi keunikan gumuk pasir di kawasan Parangkusumo.  Di lokasi wisata ini pengunjung bisa mengeksplore spot-spot foto instagrammable untuk diunggah di media sosial. Selain berburu spot foto kece, pengunjung juga bisa menjajal kemampuannya dalam bermain sandboarding yang cukup menantang adrenalin.

Lokasi

Pantai Parangtritis berlokasi di Jalan Parangtritis Km 28, tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Lokasi Pantai parangtritis Jogja sangat mudah untuk diakses dengan kondisi jalan yang sudah memadai, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua, mobil maupun bus.

Dengan jarak sekitar 28 km dari pusat kota Jogja, maka dibutuhkan waktu sekitar 60 menit perjalanan dari pusat kota Jogja tergantung kondisi jalanan yang dilalui.  Jika dari arah Kota Jogja bisa langsung menuju ke Jalan Parangtritis dan ikuti jalan utama terus ke selatan hingga sampai ujung perhentian atau Terminal Parangtritis di lokasi wisata Pantai Parangtritis.

Jika ingin menggunakan angkutan umum maka bisa memilih bus jurusan Yogya-Parangtritis dan turun di Terminal Parangtritis dan tinggal jalan kaki menuju ke lokasi Pantai Parangtritis yang berada tidak jauh dari terminal.  Untuk mengetahui rute selengkapnya silahkan gunakan aplikasi Google Maps.