Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Destinasi Wisata Eksotis dekat Pantai Indrayanti dan Pantai Siung

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul taken by @dyah_pramesti

Nyero.ID – Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul bisa menjadi alternatif tujuan wisata saat menghabiskan waktu liburan di Gunung Kidul.  Kabupatan di ujung timur Provinsi DIY ini memang dikenal sebagai surganya pantai-pantai eksotis dengan panorama alamnya yang begitu memanjakan mata.

Sebagai salah satu pantai yang populer dikalangan wisatawan, Pantai Pok Tunggal menyajikan keindahan yang begitu epic dengan keberadaan pohon duras-nya yang terlihat kokoh meskipun hanya sebatang kara.  Pohon inilah yang kemudian membuat kawasan pantai terkenal dengan nama Pantai Pok Tunggal.

Pantai yang berada di wilayah Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul ini posisinya berdekatan dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Siung yang tidak kalah menawan.

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul memiliki hamparan pasir putih yang lembut dengan tebing batu karang dan perbukitan karst di sekitarnya.  Panorama pantai yang indah terasa semakin menyejukkan ketika berpadu dengan hembusan angin dan deburan ombak yang datang.

Dengan garis pantai yang cukup panjang, wisatawan bisa menikmati suasana pantai dengan berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai.  Atau sekedar duduk santai di bawah payung pelangi sembari menikmati air kelapa muda dan bercengkerama bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, momen liburan di Pantai Pok Tunggal juga bisa dinikmati dengan beberapa aktivitas lainnya yang tidak kalah menyenangkan.  Seperti kulineran, bermain air dan berenang, atau bahkan camping bersama keluarga dan teman-teman.

Aktivitas lainnya yang tidak boleh dilewatkan selama berada di pantai Pok Tunggal adalah menyalurkan hobby fotografi dengan berburu spot-spot kece untuk diabadikan dalam bidikan kamera.  Beberapa spot selfie juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengabadikan momen-momen seru bersama keluarga maupun teman-teman.

Bagi sobat Nyero yang sedang merencanakan liburan asik di Pantai Pok Tunggal berikut ini adalah beberapa informasi mengenai harga tiket masuk, jam buka, fasilitias, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000.  Sementara biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 3.000, untuk mobil sebesar Rp 5.000, dan minibus sebesar Rp 15.000.

Untuk fasilitas payung bisa disewa dengan harga sekitar Rp 20.000 untuk pemakaian seharian, sementara untuk sewa tenda sebesar Rp 60.000.

Bagi wisatawan yang ingin camping di kawasan Pantai Pok Tunggal dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000 per malam, tidak termasuk sewa peralatan camping.  Dengan adanya keterbatasan alat camping di kawasan ini maka disarankan wisatawan membawa peralatan camping sendiri.

Jam Buka

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul buka selama 24 jam sehingga memberikan banyak kesempatan bagi pengunjung untuk datang sesuai keinginan, baik untuk sekedar piknik, berburu momen sunset atau berkemah di kawasan pantai.

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal sudah cukup memadai, mulai dari area parkir, toilet, penyewaan payung dan gazebo, mushola, camping ground, spot selfie, hingga penginapan dan homestay.  Dengan fasilitas yang lumayan lengkap tersebut pengunjung bisa menikmati liburan di Pantai Pok Tunggal dengan lebih nyaman.

Daya Tarik

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul adalah pantai pasir putih yang sangat mempesona.  Hamparan pasir putihnya yang lembut dan bersih terlihat semakin menawan ketika berpadu dengan birunya laut, tebing karang dan perbukitan hijau di sekitarnya.

Sementara keberadaan pohon duras yang berdiri kokoh di bibir pantai seolah menjadi ikon tempat wisata ini sehingga banyak yang mengabadikannya sebagai latar untuk berfoto.

Di sepanjang bibir pantai pengunjung bisa berjalan-jalan dan menikmati panorama pantai yang begitu memanjakan mata.  Puas berjalan-jalan tidak ada salahnya berteduh di bawah payung pelangi dan menikmati segarnya kelapa muda sembari menikamti suasana pantai.

Bagi wisatawan yang ingin berbasah-basahan bisa juga bermain air atau bahkan berenang di pinggir pantai sehingga momen liburan di Pantai Pok Tunggal terasa semakin seru dan menyenangkan.

Dengan hamparan pasir putih dan air jernihnya, Pantai Pok Tunggal juga sangat cocok untuk aktivitas snorkeling maupun diving meskipun harus membawa peralatan sendiri.  Dengan aktivitas ini pengunjung bisa lebih leluasa menikmati keindahan alam bawah laut di Pantai Pok Tunggal yang tidak kalah eksotis.

Menikmati suasana di Pantai Pok Tunggal rasanya tidak akan lengkap tanpa berburu spot-spot kece untuk berfoto selfie.  Di kawasan wisata pantai ini telah tersedia beberapa spot kece yang bisa digunakan untuk berfoto dengan view Pantai Pok Tunggal sebagai latarnya.

Puas berburu spot foto dan mengabadikan momen-momen seru bersama keluarga atau teman-teman, pengunjung bisa melengkapi liburannya dengan berburu kuliner khas yang menggugah selera.  Di kawasan Pantai Pok Tunggal terdapat banyak warung makan dengan menu-menu seafood yang akan memanjakan lidah, mulai dari udang, cumi hingga berbagai jenis ikan.

Selain menikmati keindahan alam bawah lautnya yang menawan, pengunjung juga bisa melihat kawanan monyet liar di atas tebing pantai.  Meskipun liar, namun pengunjung tidak perlu khawatir karena mereka cukup jinak dan tidak mengganggu.

Bagi para penikmat senja momen sunset di Pantai Pok Tunggal tidak boleh dilewatkan begitu saja.  Selagi berada di Pantai Pok Tunggal tidak ada salahnya memaksimalkan momen liburan dengan menunggu momen sunset yang syahdu dan romantis.

Aktivitas lainnya yang menarik untuk dilakukan di kawasan wisata Pantai Pok Tunggal adalah rock climbing yang memicu adrenalin.  Keberadaan tebing karang dan perbukitan karst di kawasan ini memang cukup menantang bagi para penghobby rock climbing.

Bagi yang ingin menikmati keindahan pantai dari atas tebing bisa juga mendaki ke bukit sebelah timur melewati jembatan bambu yang telah disediakan.  Di atas bukit terdapat beberapa gazebo beratap rumbia yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati panorama pantai dari atas ketinggian.

Jika masih belum puas menikmati waktu di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, dan ingin menikmati suasana malam yang lebih syahdu, maka aktivitas camping bisa menjadi solusinya.  Di kawasan pantai tersedia fasilitas camping ground yang bisa dimanfaatkan untuk berkemah bersama teman-teman.

Sedangkan bagi wisatawan yang masih ingin tinggal tapi malas untuk berkemah bisa menginap di beberapa penginapan atau homestay yang ada di sekitar pantai.

Pantai Pok Tunggal juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Siung.  Jika memiliki waktu liburan yang cukup panjang maka wisatawan bisa sekalian mengunjung destinasi wisata lainnya yang terdekat sehingga momen liburan di Gunung Kidul semakin lengkap.

Lokasi

Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Priovinsi DIY.  Jaraknya sekitar 65,7 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Rute yang digunakan untuk mencapai lokasi pantai melalui Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang – Wonosari.  Dari Kota Wonosari kendaraan diarahkan menuju ke deretan Pantai Baron, Krakal dan Kukup.  Setelah tiba di gerbang utama silahkan belok ke arah kiri menuju ke arah Pantai Drini dan Indrayanti.

Dari Pantai Indrayanti masih lurus menuju ke arah Pantai Siung.  Setelah tiba di pertigaan silahkan ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Pok Tunggal.  Jarak lokasi pantai dari jalan raya sekitar 2 km dengan kondisi jalan yang cukup sempit dan berliku sehingga harus tetap waspada dan hati-hati dalam berkendara.