15 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia, Boleh jadi Masuk Pendakian Impianmu!

Puncak Gunung Tertinggi di Dunia
Photo by @garygoldenberg

Nyero.id – Menaklukan gunung tertinggi di dunia tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pecinta alam khususnya para pendaki gunung profesional.

Untuk menaklukan gunung tertinggi di dunia tentu membutuhkan persiapan yang benar-banar matang, mulai dari kesiapan fisik dan mental, waktu, skill dan pengalaman,  pengurusan ijin serta dokumen yang diperlukan dan tentu saja persiapan finansial.

Ada banyak gunung di dunia dengan ketinggian di atas rata-rata yang memiliki tingkat kesulitan bervariasi.

Jika ketinggian puncak gunung di tanah air sudah sering ditaklukan, maka sudah saatnya untuk berpetualang dan menjelajahi puncak gunung tertinggi di dunia. Dan berikut ini adalah deretan puncak gunung tertinggi di dunia yang layak untuk ditaklukan.

Gunung Everest

Gunung Everest Tertinggi Pertama di Dunia
Photo by Tripsavvy.com

Terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet, Gunung Everest dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.848 Mdpl.

Di Nepal, Gunung Everest di sebut sebagai Sagarmatha yang dalam bahasa Sansekerta berarti “Kepala Langit”. Sementara dalam bahasa Tibet, gunung ini lebih dikenal dengan nama Chomolangma atau Qomolangma yang bisa diartikan sebagai “Bunda Semesta”.

Nama Everest sendiri berasal dari nama Sir George Everest. Puncak gunung ini pertama kali ditaklukan oleh pendaki bernama Tenzing dan Hillary pada tahun 1953.

Penobatan puncak Gunung everest sebagai puncak tertinggi diawali dengan perhitungan trigonometrik di tahun 1852 yang dilakukan oleh Radhanath Sikdar, seorang pakar matematika dari Bengala.

Terkait hal ini, banyak diantara penduduk India yang menyebutkan bahwa saharusnya nama gunung tersebut adalah Sikdar dan bukan Everest.

Dengan medan pendakian yang cukup berbahaya, gunung Everest bahkan sering disebut sebagai gunung yang paling berbahaya di dunia.

Untuk mencapai puncak gunung ini diperlukan skill dan pengalaman mendaki gunung yang mumpuni.

Salah satu daya tarik puncak Everest adalah keindahan salju abadi di puncak gunung yang begitu fenomenal.

Gunung Godwin Austen

Gunung Godwin Austen Tertinggi Kedua di Dunia
Photo by Nationalgeographic.com

Dengan ketinggian mencapai 8.611 Mdpl, Gunung Godwin Austen atau K2 masuk dalam deretan puncak gunung tertinggi ke-2 di dunia setelah Gunung Everest.

Gunung ini berada di jajaran pegunungan Karakoram di perbatasan wilayahn Pakistan dan Tiongkok.

Cuaca di sekitar gunung yang buruk menjadikan puncak gunung K2 disebut-sebut lebih sulit untuk ditaklukan, terlebih dengan bentuk gunung yang menyerupai piramida.

Pendakian ke puncak gunung K2 bukan hanya memerlukan teknik dan skill tingkat tinggi tetapi juga keberuntungan.

Tidak heran jika di kalangan pendaki, gunung ini lebih dikenal dengan nama “The Savage Montain” atau Gunung yang ganas.

Gunung ini pertama kali ditaklukan oleh Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni pada tahun 1954.

Gunung Kanchenjunga

Gunung Kanchenjunga Tertinggi Ketiga di Dunia
Photo by Navrangindia.blogspot.co.id

Gunung dengan ketinggian mencapai 8.586 Mdpl di wilayah pegunungan Himalaya ini berada di perbatasan antara Nepal dan India.

Masuk dalam kategori gunung tertinggi ketiga di dunia, gunung ini pertama kali ditaklukan oleh Joe Brown dan George Band pada tahun 1955.

Istilah Kangchenjunga sendiri memiliki makna “Lima harta karun salju” yang mencerminkan adanya lima puncak di gunung ini.

Gunung Lhotse

Gunung Lhotse Tertinggi Keempat di Dunia
Photo by Mountainsoftravelphotos.com

Masih berada di pegunungan Himalaya, Gunung Lhotse setinggi 8.516 masuk dalam deretan gunung tertinggi dunia di urutan ke empat.

Gunung yang berada di wilayah perbatasan Nepal dan Tiongkok ini pertama kali ditaklukan oleh Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956.

Gunung Lhotse memiliki tiga puncak, salah satunya adalah puncak selatan yang pertama kali diekspose oleh Tim Internasional Himalaya Expedition di tahun 1955.

Gunung Makalu

Gunung Makalu Tertinggi Kelima di Dunia
Photo by Himalayanguiding.com

Menempati urutan ke lima deretan gunung tertinggi di dunia ada Gunung Makalu dengan ketinggian mencapai 8.462 Mdpl. Gunung ini masih berada diwilayah perbatasan Nepal dan Tiongkok.

Dengan bentuk menyerupai piramida dengan empat sisi, Gunung Makalu menyajikan pemandangan alami yang mempesona.

Gunung ini pertama kali ditaklukan oleh dua orang pendaki bernama Lionel Terray dan Jean Couzy pada tahun 1955.

Gunung Makalu termasuk salah satu gunung yang sulit untuk didaki, tidak mengherankan jika ijin pendakian hanya diberikan kepada para pendaki profesional yang sudah berpengalaman.

Gunung Cho Oyu

Gunung Cho Oyu Tetinggi Keenam di Dunia
Photo by Trekkingpartners.com

Gunung Cho Oyu memiliki ketinggian mencapai 8.204 Mdpl dan terletak di sebelah barat Gunung Everest.

Gunung yang berada di perbatasan Nepal dan Tiongkok ini pertama kali ditaklukan oleh Herbert Tichy, Joseph Jochler dan Sherpa Pasang Dawa Lama.

Istilah Cho Oyu sendiri memiliki makna “Dewi Turquoise”. Salah satu kendala yang banyak ditemui oleh para pendaki adalah kemungkinan terjadinya badai di puncak hingga resiko salju yang tebal.

Kondisi medan pendakian menuju ke puncak Gunung Cho Oyu terdiri dari lereng salju dengan lapangan kecil, bebatuan yang cukup curam, dan juga es.

Seperti halnya pendakian gunung tertinggi lainnya, mendaki ke Gunung Cho Oyu juga membutuhkan sklill diatas rata-rata.

Gunung Dhaulagiri

Gunung Dhaulagiri Tertinggi Ketujuh di Dunia
Photo by Nepalmountaintrekkers.com

Di urutan ke enam ada Gunung Dhaulagiri yang memiliki ketinggian mencapai 8.167 Mdpl.

Gunung yang berada di wilayah pegunungan Himalaya ini ditaklukan pertama kali pada tahun 1960 oleh beberapa pendaki, yaitu Kurt Diemberger, P. Diener, E. Forrer, A. Schelbert, Nyima Dorje Sherpa, dan juga Nawang Dorje Sherpa.

Gunung yang terletak di Pokhara, Nepal ini merupakan salah satu destinasi pendakian yang cukup menantang.

Gunung ini juga sering disebut dengan istilah “gunung putih” karena puncaknya selalu tertutup salju. Meskipun medan yang dilalui cukup menantang.

Namun banyak kalangan pendaki yang beranggapan bahwa mendaki ke Gunung Dhaulagiri bisa dijadikan sebagai latihan sebelum mendaki ke puncak gunung lainnya yang lebih ekstrim.

Gunung Manaslu

Puncak Gunung Manaslu Tertinggi Kedelapan di Dunia
Photo by Wikipedia.org

Gunung yang terletak di pegunungan Himalaya, Nepal ini pertama kali ditaklukan oleh tim ekspedisi dari Jepang yaitu Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu di tahun 1956.

Manaslu diambil dari bahasa Sansekerta Manasa yang memiliki arti “gunung jiwa”. Sebagaimana gunung tertinggi lainnya, pendakian untuk mencapai puncak Gunung Manaslu memiliki tingkat kesulitan yang relatif tinggi.

Medan pendakian didominasi oleh jalan yang bekelok, menanjak dan terjal dengan jurang-jurang yang cukup curam.

Munculnya kabut di tengah perjalanan juga seringkali menjadi kendala yang tidak dapat disepelekan, demikian juga dengan turunnya salju yang mempersulit perjalanan.

Gunung Nanga Parbat

Puncak Gunung Nanga Parbat Tertinggi Kesembilan di Dunia
Photo by Dunyanews.tv

Gunung dengan ketinggian mencapai 8.126 Mdpl ini terletak di pegunungan Himalaya, tepatnya di bagian utara wilayah Pakistan.

Tingkat kesulitan mencapai puncak gunung Nanga Parbat hampir sama dengan Gunung K2. Bahkan karena tingkat kesulitannya tersebut, gunung ini sering disebut dengan istilah “The Man eater”.

Bisa dibayangkan bagaimana beratnya medan pendakian yang harus ditempuh untuk mencapai puncaknya.

Namun demikian, gunung ini berhasil ditaklukan untuk pertama kalinya oleh Hermann Buhl pada 3 Juli tahun 1953.

Gunung Annapurna

Puncak Gunung Annapurna Tertinggi Kesepuluh di Dunia
Photo by Wikipedia.org

Masih di pegunungan Himalaya, Gunung Annapurna dengan ketinggian mencapai 8.091 Mdpl di Nepal ini menduduki peringkat ke sepuluh, deretan gunung tertinggi di dunia.

Gunung ini pertama kali ditaklukan oleh Maurice Herzog dan Louis Lachenal pada tahun 1950.

Gunung ini memiliki 8 puncak, dimana tiga diantaranya merupakan puncak yang tertinggi dengan sebutan Annapurna I.

Puncak ini terdiri dari Puncak Utama Annapurna I dengan ketinggian 8.091 Mdpl, Puncak Tengah Annapurna I dengan ketinggian 8.051 dan Puncak Timur Annapurna I dengan ketinggian 8.010 Mdpl. Sementara 5 puncak lainnya memiliki ketinggian rata-rata di bawah 8.000 Mdpl.

Gunung Gesherbrum I

Puncak Gunung Gasherbrum I Tertinggi Kesebelas di Dunia
Photo by Wellcomepakistan.blogspot.co.id

Gesherbrum I juga dikenal dengan istilah Hidden Peak karena letaknya yang tersembunyi.  Gunung ini juga sering disebut dengan istilah K5.

Gunung Gesherbrum I merupakan puncak tertinggi urutan ke-11 deretan gunung tertinggi di dunia.

Gunung ini berada di wilayah pegunungan Karakoram, Himalaya dan terletak di perbatasan antara Pakistan dan Tiongkok.

Gunung dengan ketinggian mencapai 8.080 Mdpl ini memiliki pesona yang sangat memikat dengan bentuk gunung menyerupai kerucut yang melebar dengan dominasi warna putih dan hitam kecoklatan.

Ekspedisi pertama mendaki Gunung Gesherbrum I dilakukan oleh Tim dari Amerika Serikat yang terdiri dari 8 orang, yaitu Nicholas B. Clinch, Andy Kauffman, Pete Schoening, Richard K. Irvin, Tom Nevison, Bob Swift, Tom McCormack, dan Gil Roberts.

Puncak Broad

Puncak Broad Gunung Tertinggi Keduabelas di Dunia
Photo by SummitPost.org

Puncak Broad merupakan gunung yang terletak di Pakistan dan Cina dengan ketinggian 8.051 di atas permukaan laut.

Gunung ini mempunya beberapa puncak yang berada di kawasan tersebut, Kharut Kangri (6,942 m), Puncak Broad Utara (7,490 m), Puncak Broad Pusat (8,011 m), Puncak Summit Rocky (8,028 m) dan Puncak Broad (8,051 m).

Karim hayat merupakan orang yang pertama mencapai puncak pada tahun 2014 melalui ekspedisi Hunza.

Berbeda dengan Naseer udin yang hanya sampai di puncak Rocky melaluli ekspedisi ini.

Gunung Gasherbrum II

Gunung Gasherbrum II Gunung Tertinggi Ketigabelas di Dunia
Photo by Mountainsoftravelphotos.com

Gasherbrum II merupkan bagian dari kelima puncak Gasherbrum yang memiliki ketinggian sekitar 8035m. Gunung ini banyak didaki setiap tahunnya.

Bahkan di tahun 2004 sebanyak 38 pendaki dari berbagai Negara berhasil menaklukkan gunun ini.

Meski rute pendakian menuju puncak relatif aman, namun sejarah mencatat ada banyak yang meninggal karena minimnya persiapan.

Gunung yang berada di Pakistan dan Cina sangat mudah ditaklukkan bilamana kita mempersiapkan segala kebutuhan, termasuk di antaranya persiapan stamina dan tekat yang kuat.

Gunung Shishapangma (Gosainthan)

Gunung Shishapangma Tertinggi Keempatbelas di Dunia
Photo by Sevensummittreks.com

Gunung Shishapangma (Gosainthan) dengan ketinggian ketinggian 8.027 mdpl termasuk dari gunung tertinggi di dunia meskipun memiliki posisi terendah di antara delapan-thousanders.

Letaknya yang berada di wilayah Tibet, menjadikan tempat ini sangat susah dijangkau. Bahkan pemerintah setempat memberlakukan pembatasan kunjungan orang asing.

Penyebutan Tibet shi sha ma sbang memiliki arti “puncak di atas padang rumput”.  Dalam bahasa Sanskerta, gunung tersebut dinamai  Gosainthan, bisa diartikan “tempat tinggal Tuhan” ataupun  “tempat suci”.

Shishapangma pertama kali ditaklukkan pada tanggal 2 Mei  1964 melalui ekspedisi Cina yang diketuai Xǔ Jing.

Selain Xǔ Jing, beberapa anggota yang ikut serta Yun Deng, Migmar Zhaxi (Mǐmǎ Zháxī ), Zhang Jùnyán, Cheng Tiānliàng, Dorje (Duōjí ) dan Wang Fuzhou.

Gunung Annapurna II

Gunung Annapurna Tertinggi kelimabelas di Dunia
Photo by Wikipedia.org

Gunung Annapurna II merupakan gunung tertinggi terakhir yang dalam daftar ini.

Gunung Gunung Annapurna II berada dikawasan Himalaya dengan ketinggan 7.937 mdpl, terletak di wilayah Nepal, Asia.

Jika memiliki uang yag cukup mengunjungi tempat ini tidak ada salahnya, mengingat beberapa pemandangan cantik yang tersedia di lokasi bisa dijadikan pengalaman tak erlupakan seumur hidup.

Baca juga: 11 Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia yang Menantang untuk Ditaklukan

Secara umum deretan gunung tertinggi di dunia merupakan medan pendakian yang sangat sulit untuk ditaklukan.

Butuh pengalaman dan sklill yang mumpuni untuk bisa menaklukan gunung tertinggi yang luar biasa indah panorama alamnya. Bahkan memerlukan biaya pendakian yang tidak sedikit, hingga ratusan juta rupiah.

Keberadaan gletser yang begitu kokoh dan lembutnya salju yang memutih menjadi magnet tersendiri bagi para pendaki gunung profesional untuk menaklukannya.

Lebih dari itu, menjelajahi gunung tertinggi di dunia tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup.