Puncak Sosok Bawuran Bantul

Objek Wisata Puncak Sosok Bawuran Jogja
Photo by @d_donalfi

Nyero.ID – Dunia pariwisata di Bantul semakin menggeliat dengan banyaknya destinasi wisata baru yang dikembangkan di kabupaten ini.  Berada di ujung selatan Provinsi DIY, Bantul memang memiliki daya tarik tersendiri terutama dengan keberadaan pantai-pantai dan wisata perbukitannya yang menawan.

Perkembangan wisata di Bantul saat ini seolah tidak ada habisnya dengan berbagai macam destinasi wisata baru yang cukup hits di kalangan wisatawan.  Setelah sebelumnya wisatawan dimanjakan dengan pesona Bukit Songgo Langit, Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici dan wisata bukit lainnya yang eksotis.

Kali ini wisatawan kembali diajak untuk menikmati panorama perbukitan di Puncak Sosok Bawuran yang tak kalah menawan.  Tempat wisata kekinian ini menyajikan keindahan alam di ketinggian dengan suasana yang begitu tenang dan asri.  Sangat cocok untuk refreshing dan sejenak menyingkir dari kebisingan kota.

Para pemuda Karang Taruna Dusun Jambon awalnya melihat potensi Puncak Sosok sebagai tempat wisata seperti di kawasan Mangungan, Dlingo yang lebih dulu menjadi tempat wisata.  Ide tentang pengembangan tempat wisata di kawasan Pleret ini sempat terkendala dengan akses jalan yang belum memadai.

Namun dengan bantuan dana khas desa akhirnya di bulan Desember 2017 akses jalan menuju ke lokasi Puncak Sosok mulai dibangun dengan pengerasan dan pengecoran jalan.  Akses jalan sepanjang 550 meter yang cukup memadai turut berpengaruh pada popularitas Puncak Sosok yang mulai ramai dikunjungi pada bulan April 2018 hingga saat ini.

Popularitas Puncak Sosok juga tidak terlepas dari lokasinya yang dikenal sebagai jalur kompetisi downhill, baik skala lokal maupun nasional.  Secara swadaya masyarakat pun bergotongroyong membuat jalur trek downhill sepanjang 1,4 km mulai dari Puncak Sosok hingga Puncak Gebang.

Jalur trek yang tidak terlalu tinggi menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta downhill sehingga banyak yang berminat untuk mengadakan kompetisi donwhill di lokasi ini.  Meski begitu, Puncak Sosok dengan konsep awalnya tetap menyuguhkan keindahan alam di atas ketinggian.

Lokasi bukit yang menghadap ke arah barat menjadi daya tarik tersendiri karena menyajikan keindahan sunset yang begitu eksotis.  Di malam hari pun pesona Puncak Sosok tidak kalah syahdu dengan pemandangan kerlap-kerlip lampu dari atas ketinggian.  Pesona Puncak Sosok dari pagi sampai malam hari sangatlah menawan, sehingga sangat layak untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Untuk menikmati keindahan Puncak Sosok Bawuran Bantul ini pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sukarela yang nantinya akan dimanfaatkan untuk membangun fasilitas lainnya.  Meskipun terbilang baru, namun fasilitas yang tersedia di Puncak Sosok saat ini sudah cukup memadai sehingga pengunjung bisa menikmati liburan dengan lebih nyaman.

Sebelum merencanakan liburanmu ke Puncak Sosok Bawuran, berikut ini adalah informasi seputar harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi wisata yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Puncak Sosok Bawuran Bantul menyajikan panorama alam khas ketinggian yang begitu indah dan menyejukkan mata.  Namun untuk menikmati keindahannya pengunjung hanya perlu membayar biaya sukarela saja.

Nantinya pemasukan yang terkumpul akan digunakan untuk melengkapi fasilitas yang sudah ada sehingga pengunjung akan semakin nyaman.  Untuk biaya parkir, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 per kendaraan.

Jam Operasional

Puncak Sosok menjadi salah satu spot favorit bagi pecinta olahraga downhill, oleh karena itu pihak pengelola menetapkan jam buka tempat wisata ini dari jam 05.00 WIB pagi sampai jam 12 malam.  Dengan waktu buka yang cukup panjang, pengunjung bisa lebih leluasa untuk merencanakan liburan ke tempat ini dan menikmati keindahan bukit dengan maksimal.

Fasilitas

Meskipun masih terbilang baru, namun fasilitas yang tersedia di objek wisata Puncak Sosok Bawuran sudah cukup memadai.  Diantaranya adalah area parkir, mushola, gazebo, toilet, warung makan dan beberapa spot foto yang menarik.

Fasilitas lainnya yang tak kalah menarik adalah rute downhill yang cukup memacu adrenalin.  Ada juga area camping ground dan fasilitas area bermain untuk anak-anak yang akan membuat wisatawan semakin betah dan nyaman berada di Puncak Sosok Bawuran.

Daya Tarik

Puncak Sosok Bawuran Bantul berada di area perbukitan sehingga menyajikan pemandangan alam yang begitu indah menawan.  Dari atas ketinggian pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam berupa hamparan sawah, hutan, perbukitan kecil nan asri, hingga pemandangan kota yang terlihat menarik.

Berada di ketinggian bukit, udara di lokasi wisata ini juga terasa sejuk dan segar.  Sangat cocok untuk acara rekreasi atau sekedar menghilangkan penat dan merefresh pikiran.  Pepohonan yang rindang di kawasan wisata ini juga memberikan kesejukan tersendiri sehingga bisa melindungi wisatawan dari teriknya sinar matahari.

Selain menyajikan keindahan alam yang begitu memukau, Puncak Sosok Bawuran juga dibuat dengan konsep kekinian yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya.  Di lokasi wisata ini terdapat beberapa spot foto yang kece dengan latar panorama perbukitan nan eksotis.  Beberapa spot foto seperti gardu pandang yang menjulur ke bibir jurang merupakan salah satu spot foto yang difavoritkan oleh pengunjung.

Liburan asik ke tempat wisata alam perbukitan memang tidak akan lengkap tanpa berburu spot selfie.  Nah, di tempat ini kamu bisa mengeksplore beberapa sudut di Puncak Sosok Bawuran untuk mendapatkan hasil foto yang paling keren.

Lokasi bukit di Puncak Sosok Bawuran ini menghadap ke arah barat sehingga menyajikan panorama sunset yang begitu mempesona.  Momen sunset di lokasi ini menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh para pecinta senja.  Karena inilah momen terbaik untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Lelah berkeliling, berburu momen sunset dan menikmati suasana, kamu bisa rehat sejenak di gazebo yang tersedia dan membeli makanan untuk dinikmati bersama keluarga atau teman terdekat.

Sambil menggelar tikar, kamu bisa menikmati aneka jajanan yang dijual di tempat wisata ini.  Mulai dari jagung bakar, siomay, bakso tusuk, sate gajih, hingga sempol ayam.  Tersedia juga menu tradisional seperti sego wiwit, pecel, dan gorengan yang tak kalah menggoda.  Untuk menu minumannya tersedia kopi, jeruk, dan teh yang bisa dipilih sesuai selera.

Suasana di Puncak Sosok Bawuran akan semakin syahdu di malam hari dengan kerlap-kerlip lampu kota yang terlihat begitu romantis.  Sambil menatap pemandangan kota di malam hari dari atas ketinggian, kamu juga bisa menikmati pertunjukan live musik akustik pada hari-hari tertentu.  Dijamin, momen liburanmu di Puncak Sosok Bawuran akan semakin berkesan dan tak terlupakan.

Lokasi

Puncak Sosok Bawuran terletak di Dusun Jambon, Desa Bawura, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY.  Jarak tempat wisata ini dari pusat Kota Jogja hanya sekitar 14,7 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 37 menit saja.

Kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju ke daerah Pleret, Bantul.  Dan selanjutnya bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan aplikasi Google Maps untuk mengetahui rute selengkapnya.

Lebih disarankan untuk menggunakan sepeda motor karena akses jalan menuju ke puncaknya cukup sempit berupa jalan cor dengan lebar sekitar 2 meter.  Untuk mobil hanya bisa satu jalur dan belum bisa masuk kalau berpapasan.