Lokasi & Tiket Puncak Widosari: Spot Foto Hits di Kulonprogo yang Instagramable!

Puncak Widosari
Photo by @puriibie

Nyero.ID – Akhir-akhir ini destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam perbukitan menjadi primadona di kalangan traveler, salah satunya adalah Puncak Widosari di Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Banyaknya postingan di media sosial yang mengekspose keindahan alam di Puncak Widosari membuat popularitas spot wisata ini semakin hits dan bikin penasaran. Selain potensi wisata alam yang diunggulkan, objek ini ternyata memiliki nilai sejarah di masa silam.

Menurut informasi masyarakat sekitar, konon Bukit Widosari pernah menjadi lokasi pertapaan Pangeran Diponegoro. Terletak di kawasan Bukit Menoreh, Puncak Widosari menawarkan sensasi liburan yang seru dengan keindahan pemandangan alam di atas ketinggian.

Spot wisata ini berada di ketinggian sekitar 1.017 mdpl dan masuk dalam wilayah Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo.

Salah satu ciri khas dari Puncak Widosari adalah keberadaan sebongkah batu raksasa yang begitu unik. Bongkahan batu tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pemandangan alam di atas bukit semakin epic.

Spot Foto Puncak Widosari Kulon Progo
Photo by @andilumutt

Sebenarnya destinasi wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2012, namun saat itu akses jalan menuju ke puncak masih belum tertata dengan baik, karena masih berupa jalan tanah yang licin dengan pagar bambu seadanya.

Akses jalan yang sulit dan licin di musim hujan membuat destinasi wisata ini kurang begitu dilirik. Namun pembangunan dan pemugaran kawasan wisata ini mulai dilakukan pada bulan November 2017.

Saat ini akses jalan di lokasi wisata sudah bagus dengan tangga berundak dan pagar pengaman yang lebih memadai. Selain akses jalan yang sudah bagus, fasilitas seperti gazebo yang mampu menampung banyak orang  membuat suasana di Puncak Widosari terasa lebih nyaman.

Adanya gardu pandang yang menjadi kebutuhan penting untuk spot foto juga tak kalah bagus, karena dibangun dengan konstruksi beton dan ukuran yang cukup luas. Tidak ketinggalan pagar pengaman berbahan besi yang membuat aktivitas di gardu pandang menjadi lebih aman.

Objek Wisata Puncak Widosari Jogja
Photo by @puriibie

Seperti destinasi wisata perbukitan lainnya yang menyajikan keindahan alam di atas ketinggian, kamu harus berjalan kaki menaiki anak tangga hingga sampai ke puncak.

Ada beberapa titik lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat sejenak di sela-sela perjalanan menaiki tangga yang kurang lebih berjumlah 240 anak tangga.

Meskipun butuh tenaga ekstra karena jalurnya yang menanjak, namun begitu tiba di puncak bukit kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa indahnya.

Deretan perbukitan Menoreh yang membentang dengan nuansa hijaunya terlihat begitu asri dan eksotis. Sementara udaranya yang segar dan hembusan angin yang menyejukkan membuat suasana alam di Puncak Widosari semakin adem dan bikin betah.

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari

Sama seperti destinasi wisata lainnya yang menawarkan keindahan alam dengan harga terjangkau, harga tiket masuk ke lokasi Puncak Widosari juga cukup murah, yaitu Rp 3.000 saja belum termasuk parkir kendaraan.

Untuk tarif meminjam tulisan buat foto-foto dikenai biaya Rp 2.000. Dengan harga tiket masuk yang begitu murah dan pemandangan yang begitu indah, siapapun akan tergoda untuk datang ke tempat ini.

Rute Perjalanan Puncak Widosari

Jarak Puncak Widosari dari Kota Jogja sekitar 41 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.  Rute perjalanan dari Kota Jogja bisa langsung ke arah barat menuju Jalan Godean.

Jalan Godean – Pasar Godean – lurus sampai ke perempatan Nanggulan – Belok kanan sampai ke perempatan Dekso – Pasar Plono – ikuti petunjuk arah menuju ke lokasi Puncak Widosari.

Jika kamu masih bingung dengan rute tersebut, bisa memanfaatkan Google Map agar perjalananmu semakin lancar dan menyenangkan.

Fasilitas Wisata Puncak Widosari

Fasilitas yang tersedia di Puncak Widosari sudah cukup memadai, seperti toilet, area parkir yang luas, mushola, warung makan, gazebo, gardu pandang/spot foto dan tempat duduk.

Untuk kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas WiFi gratis. Dijamin momen liburanmu di tempat wisata ini semakin menyenangkan.

Daya Tarik Puncak Widosari

Daya tarik utama dari Puncak Widosari adalah keindahan alam yang begitu luar biasa di atas ketinggian puncak Bukit Widosari.

Selain pemandangannya yang begitu eksotis, kamu juga akan dimanjakan dengan kesejukan udaranya yang masih bersih dan alami.

Ada beberapa spot kece yang bisa diexplore keindahannya di puncak bukit ini. Kamu bisa menikmati sunrise yang sempurna dengan background Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro di pagi hari, dengan catatan cuacanya cerah ya.

Di siang hari, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan garis pantai Laut Selatan yang terlihat jelas dari kejauhan. Warna alami yang begitu kontras dengan perpaduan langit biru dan hijaunya perbukitan begitu menyejukkan mata.

Panorama Indah Puncak Widosari Kulonprogo
Photo by @eksplore.kulonprogo

Sementara saat senja menyapa, kamu masih akan disuguhi dengan keindahan sunset yang begitu epic. Gemerlap lampu kota di Jogja, Magelang, dan Purworejo di malam hari pun tak kalah mempesona, membuat suasana Puncak Widosari semakin syahdu dan romantis.

Tidak jauh dari lokasi wisata Puncak Widosari terdapat destinasi wisata lainnya yang tak kalah hits, yaitu Kebun Teh Tritis dan Kebun Teh Nglinggo.

Hanya berjarak sekitar 3 km, kamu bisa sekalian mampir ke tempat wisata tersebut agar momen liburanmu semakin lengkap.

Jika masih ingin menikmati keindahan alam di atas bukit dengan sensasi yang berbeda, kamu bisa melanjutkan perjalanan wisatamu menuju ke Puncak Suroloyo yang hanya berjarak sekitar 4 km dari spot wisata Puncak Widosari.

Selain dekat dengan beberapa destinasi wisata yang sedang hits, Puncak Widosari juga memiliki keunikan tersendiri karena jika dilihat dari bawah, punggung bukit Widosari menyerupai bentuk wajah manusia.

Suasana alamnya yang masih sangat asri dengan pemandangan alam yang begitu indah memberikan ketenangan tersendiri, membuat pikiran semakin tenang dan rileks.

Sangat cocok untuk refreshing dan sejenak menyingkir dari hiruk pikuk kesibukan kota. Rute perjalanannya yang cukup menantang dan medan yang menanjak membuat liburanmu semakin seru dengan sedikit sentuhan petualangan.

Tips Wisata ke Puncak Widosari

Ada beberapa tips wisata buat kamu yang punya rencana liburan ke Puncak Widosari:

  1. Pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan fit karena medan yang dilalui cukup menanjak dan berkelok, khas jalur perbukitan. Untuk kendaraan, sebaiknya naik sepeda motor.
  2. Persiapan fisik juga penting karena setelah parkir kendaraan kamu masih harus berjalan kaki menaiki anak tangga hingga sampai ke puncak.
  3. Meskipun anak tangganya dilengkapi dengan pagar dan sling baja yang kuat, namun tetap harus ekstra hati-hati saat menaiki anak tangga karena di kanan kirinya adalah jurang yang curam.
  4. Pastikan HP-mu dalan keadaan full baterai biar acara foto-foto selfiemu tetap lancar, bawa power bank jika perlu.
  5. Waktu terbaik untuk liburan ke Puncak Widosari adalah saat cuaca cerah, biar dapat momen sunrise dan sunset yang sempurna.
  6. Jaga sikap dan jangan buang sampah sembarangan agar lingkungan tetap bersih dan nyaman untuk aktivitas liburan.

Profil Singkat Wisata Puncak Widosari

Destinasi Puncak Widosari Kulon Progo
Lokasi Wisata Tritis, Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY.
Tiket Masuk Rp. 3000 – Rp. 5000
Jam Buka 06.00 – 18.00 WIB

Baca: 33 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!