Punthuk Setumbu Magelang, Destinasi Wisata Fotografi dengan View Candi Borobudur Nirwana Sunrise

Punthuk Setumbu Magelang
Photo by @bellamomssy

Nyero.ID – Punthuk Setumbu Magelang merupakan salah satu spot wisata yang cukup difavoritkan oleh wisatawan karena menyajikan keindahan alam yang begitu eksotis.  Lokasinya yang berada di gugusan Bukit Menoreh menjadi daya tarik tersendiri sehingga membuat tempat ini semakin populer di kalangan wisatawan.

Punthuk Setumbu sendiri merupakan istilah Bahasa Jawa yang berasal dari kata “punthuk” yang artinya bukit atau gundukan tanah dan “setumbu” yang bisa diartikan sama dengan “tumbu” atau tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu.

Meskipun di sekitar Punthuk Setumbu terdapat deretan bukit lainnya seperti Bukit Cething, Bukit Cemuris dan Bukit Setompo namun yang paling ideal untuk menikmati keindahan alam adalah di Bukit Setumbu ini.  Terlebih bukit ini berada di dalam satu garis lurus dengan Candi Borobudur, Candi Pawon dan Candi Mendut.

Pada awalnya Punthuk Setumbu hanyalah perbukitan biasa dengan ladang milik masyarakat sekitar.  Namun setelah seorang fotografer mengunggah foto berupa view Candi Borobudur dengan latar sunrise yang begitu indah membuat tempat ini semakin populer.

Hingga akhirnya tempat ini pun dibuka sebagai salah satu objek wisata unggulan di Magelang dan masuk dalam daftar Borobudur Sunrise Tour.  Popularitas Punthuk Setumbu sebagai spot untuk berburu sunrise semakin meningkat ketika salah satu scene dalam film AADC 2 menampilkan bagaimana tokoh Rangga mengajak Cinta untuk menikmati momen sunrise di atas bukit Setumbu.

Lokasi wisata yang berada di perbukitan membuat suasana di tempat ini sangat sejuk dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya.  Salah satu spot yang banyak difavoritkan oleh wisatawan tentu saja view Candi Borobudur yang terlihat begitu eksotis dari atas bukit dengan ketinggian sekitar 400 mdpl.

Punthuk Setumbu terkenal dengan view sunrise yang sangat indah, karena memadukan pesona Candi Borobudur dengan putihnya kabut dan latar sunrise yang begitu menawan.  Tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk mengabadikan momen sunrise.

Untuk mendapatkan momen sunrise dengan view yang paling kece, pengunjung harus datang di pagi buta.  Dengan keindahan sunrise-nya inilah Punthuk Setumbu juga dikenal dengan sebutan “Borobudur Nirwana Sunrise”.

Seperti destinasi wisata lainnya yang menyajikan keindahan alam perbukitan, di Punthuk Setumbu Magelang ini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang begitu kental.  Jauh dari keramaian dan kebisingan kota, sehingga sangat cocok untuk sekedar refreshing dan menenangkan pikiran.

Untuk mencapai puncak Setumbu pengunjung harus melewati jalur trekking yang cukup menanjak selama kurang lebih 15 menit oleh karena itu diperlukan persiapan fisik yang baik.  Selain itu, sangat disarankan untuk datang ketika musim kemarau karena di musim hujan jalur trekking sangat licin yang cukup membahayakan.

Untuk merencanakan agenda liburan yang asik di Punthuk Setumbu Magelang, berikut ini adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati momen sunrise dan berburu spot kece di Punthuk Setumbu pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.  Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Untuk menikmati beberapa fasilitas di sekitar Punthuk Setumbu pengunjung akan dikenakan biaya tambahan yang cukup bervariasi karena berada di lahan pribadi milik warga setempat.  Misalnya saja untuk Rumah Pohon Asem di Punthuk Setumbu dikenakan biaya sebesar Rp 10.000, Rumah Pohon dekat loket masuk sebesar Rp 5.000 dan spot view Bukit Jati seikhlasnya.

Jam Buka

Objek wisata alam di Magelang ini buka setiap hari sehingga memberikan banyak kesempatan bagi wisatawan untuk mengunjunginya sesuai keinginan.  Untuk hari Senin – Jum’at Punthuk Setumbu buka mulai pukul 04.00 WIB – 17.00 WIB.  Sementara untuk hari Sabtu – Minggu tempat wisata ini buka selama 24 jam sehingga sangat cocok untuk acara camping bersama keluarga atau teman-teman.

Untuk mendapatkan momen sunrise yang terbaik usahakan untuk datang ke lokasi pada pukul 03.30 – 04.00 WIB.  Dengan datang lebih awal maka persiapan untuk mengambil foto dan memilih posisi yang paling tepat akan lebih maksimal.

Fasilitas

Meskipun lokasinya di atas perbukitan namun fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini sudah cukup memadai.  Mulai dari gazebo, gardu pandang, kursi kayu untuk sekedar beristirahat, spot foto kekinian, rumah pohon hingga ayunan langit yang membentang di atas jurang.  Selain gazebo dan kursi kayu, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan yang cukup bervarias untuk menikmati fasilitas yang ada.

Fasilitas lainnya yang tersedia adalah camping ground yang bisa dimanfaatkan untuk menunggu momen sunrise di pagi hari.  Untuk kegiatan camping ini pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 30.000 dan harus membawa tenda sendiri.

Selain berkemah, di sekitar lokasi wisata juga tersedia fasilitas homestay dengan tarif menginap yang cukup terjangkau antara Rp 50.000 – Rp 100.000 per malam. Sementara untuk fasilitas mushola dan toilet berada di bawah bukit.

Daya Tarik

Daya tarik utama dari Punthuk Setumbu Magelang adalah momen sunrisenya yang begitu eksotis dan banyak diburu oleh para penghobby fotografi.  Di puncak Setumbu ini pengunjung bisa menikmati keindahan sunrise yang berpadu dengan view Candi Borobudur diantara memudarnya kabut putih.  Untuk mendapatkan spot foto yang paling kece ini pengunjung bisa menuju ke sebelah timur bukit.

Lokasi bukit yang berada di atas ketinggian 400 mdpl menjadi daya tarik tersendiri karena menyajikan keindahan alam khas perbukitan yang begitu memanjakan mata.  Selain itu hawa sejuk di lokasi wisata ini juga membuat suasana semakin adem dan bikin betah.

Untuk mencapai puncak bukit wisatawan harus melewati jalur trekking sepanjang 300 meter dengan medan yang cukup menanjak selama kurang lebih 15-20 menit.  Namun keindahan alam di sekitarnya tidak akan membuat lelah.  Sedikit sentuhan petualangan di jalur trekking ini akan membuat momen liburan di Punthuk Setumbu semakin seru dan menyenangkan.

Selain menyajikan keindahan alam perbukitan dan view candi Borobudur yang begitu eksotis, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri.  Beberapa spot foto kekinian dengan tema yang unik di tempat ini pun bisa djadikan latar untuk berfoto dalam berbagai gaya.

Di Bukit Setumbu Magelang pengunjung juga bisa menikmati keindahan alamnya dengan kegiatan camping.  Untuk kegiatan ini pengunjung bisa melakukannya di akhir pekan sesuai dengan jam operasional yang ada.  Pengunjung pun bisa menunggu momen sunrise sembari menikmati secangkir kopi atau teh hangat untuk mengusir dingin.

Lokasi

Punthuk Setumbu Magelang berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo Km. 3, Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 4 km dari Candi Borobudur.  Jaraknya sekitar 44 km dari Kota Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1-1,5 jam perjalanan.

Untuk mencapai lokasi bukit wisatawan bisa langsung mengarahkan kendaraannya menuju ke Candi Borobudur dan mengikuti jalur ke arah Perbukitan Menoreh.  Untuk mengetahui rute selengkapnya silahkan gunakan Google Maps.