Selfie Park Umbulharjo

Selfie Park Umbulharjo
Photo by @kesava.m

Nyero.ID – Jalan-jalan ke Kota Jogja kamu bakal disuguhi dengan berbagai macam potensi wisata di dalamnya.  Terkenal dengan Malioboro-nya yang begitu ikonik, Jogja juga menawarkan sensasi liburan seru di beberapa tempat wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Selain menikmati suasana Jogja di kawasan Malioboro, kamu juga bisa singgah ke Museum Vredeburg yang letaknya tidak jauh dari Malioboro.  Atau langsung ke arah selatan menuju Keraton Jogja untuk menikmati wisata sejarah dan budaya yang sarat akan tradisi Jawa.  Setelahnya bisa lanjut ke kawasan wisata Taman Sari untuk melengkapi perjalanan wisatamu di pusat Kota Jogja.

Bukan hanya mengunjungi tempat wisata sejarah dan budaya saja, di Jogja kamu juga bisa mengeksplore beberapa spot wisata kekinian yang sedang hits di kalangan wisatawan.  Salah satunya adalah Selfie Park Umbulharjo yang menyajikan ragam keunikan spot selfie dengan berbagai macam tema di dalamnya.

Selfie Park Taman Pule XT Square merupakan spot wisata selfie yang bisa dijadikan alternatif bagi wisatawan.  Terutama yang tidak punya banyak waktu untuk melipir ke wilayah Bantul, Kulonprogo, Sleman, atau Gunung Kidul yang populer dengan ragam wisata selfie bernuansa alam yang begitu memikat.

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 1088 meter persegi, Selfie Park Taman Pule didesain sedemikian rupa sehingga menyajikan spot-spot foto yang tidak kalah kece dari wisata selfie lainnya.  Karena berada di kawasan Umbulharjo, tempat wisata ini juga sering disebut dengan Selfie Park Umbulharjo.

Sementara nama pule sendiri mengacu pada keberadaan pohon pule yang berada di area XT Square.  Pohon pule yang memiliki karakteristik kuat, kokoh, dan rindang juga memberikan makna tersendiri pada taman ini.  Harapannya, Selfie Park Taman Pule XT Square bisa  seperti pohon pule yang kokoh dan kuat.

Tempat wisata yang baru dibuka pada awal bulan Maret 2018 ini langsung mencuri perhatian karena berada di tengah kota dan sangat mudah untuk diakses.  Sesuai dengan konsep wisata selfie yang kekinian, kamu akan disuguhi dengan nuansa alam yang begitu menawan.

Beberapa spot menarik di taman ini sangat cocok untuk memuaskan hobby selfiemu.  Mulai dari dekorasi berbentuk sangkar burung, bunga matahari, hingga jembatan yang menghubungkan dua pohon.  Meskipun berada di tengah kota, namun kesan natural begitu terasa karena berbagai macam dekorasi spot foto terbuat dari akar, batang, dan ranting pohon.

Sebelum datang ke lokasi wisata Taman Pule XT Square, berikut ini adalah informasi tentang harga tiket, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Selfie Park Umbulharjo menawarkan sensasi liburan seru yang murah meriah namun sangat menarik dan tidak akan mengecewakan.  Untuk menikmati berbagai macam spot selfie nan unik pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja dan khusus anak-anak gratis.  Sementara ongkos parkir dikenakan biaya Rp 2.000 saja per motor.

*Harga bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola.

Jam Operasional

Selfie Park Umbulharjo buka setiap hari dengan jam operasional mulai dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.  Jam operasional yang cukup panjang memberikan keuntungan tersendiri karena kamu bisa datang ke tempat ini dengan lebih leluasa dan menyesuaikannya dengan waktu kunjungan ke tempat wisata lain yang terdekat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di senja atau malam hari karena efek pencahayaannya terlihat lebih menarik.  Meski begitu datang di waktu siang pun akan tetap menyenangkan.  Terlebih jika kamu memiliki  agenda untuk menjelajahi tempat wisata lainnya yang dekat dengan taman ini.

Fasilitas

Meskipun masih terbilang baru namun fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah sangat memadai sehingga momen liburanmu akan semakin nyaman.  Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain taman, wahana kuliner outdoor, pasar kerajinan, toilet, area parkir, ATM center dll.

Sesuai dengan konsep wisata selfie, Selfie Park Umbulharjo ini dilengkapi dengan beberapa spot foto menarik seperti jembatan, spot lingkaran, spot segitiga, dll yang akan membuat foto selfiemu terlihat semakin keren.

Daya Tarik

Destinasi wisata selfie memang sedang hits di kalangan wisatawan sehingga tidak heran jika saat ini banyak bermunculan wisata selfie dengan berbagai macam tema dan keunikannya.  Salah satu yang sedang booming di kalangan pecinta foto selfie adalah Selfie Park Taman Pule XT Square.

Tempat wisata selfie ini menawarkan sensasi liburan seru dengan berbagai macam tema foto selfie di dalamnya.  Ada banyak pilihan spot foto yang bisa dieksplore sehingga foto yang dihasilkan pun cukup bervariasi.

Dekorasi yang digunakan pada spot selfie ini terbuat dari material alami seperti batang kayu, akar, dan juga ranting sehingga nuansa alamnya begitu terasa meskipun berada di tengah kota.  Hasil foto dengan latar spot-spot unik di taman ini juga terlihat sangat menarik dan instagrammable.

Lokasi tempat wisata yang berada di tengah kota dengan ragam fasilitas lengkap di dalamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Khususnya bagi yang tidak punya banyak waktu untuk menjelajahi potensi wisata di sekitar Kota Jogja.

Puas berburu spot selfie di Selfie Park Taman Pule ini kamu juga bisa singgah ke zona fashion dan kerajinan produk UKM.  Serta berwisata kuliner di zona kuliner dengan berbagai macam menu yang menggugah selera.

Masih di kawasan XT Square, kamu bisa sekalian menjelajahi keunikan D’Walik Illusion Room yang merupakan salah satu wahana di Museum De Mata dan De Arca Jogja.  Sesuai dengan namanya, di tempat wisata kekinian ini kamu akan diajak untuk menikmati suasana yang unik dengan konsep ala dunia terbalik.

Setidaknya ada 30 setting ruang untuk berfoto dengan posisi terbalik 180 dan 90 derajat.  Dengan konsep ini foto yang dihasilkan pun terlihat sangat unik dan beda dari yang lain.  Sangat layak buat dipamerkan di instagram.

Beberapa spot yang bisa dieksplore untuk berfoto selfie adalah ruangan bertema bengkel lengkap dengan motor, ban, dan peralatan bengkel lainnya.  Tema angkringan lengkap dengan gerobak dan tikarnya, kamar tidur, ruang cuci, ruang burjo, dll.  Masing-masing tema bisa memberikan keseruan tersendiri sehingga koleksi foto selfiemu semakin lengkap.

Selain De Walik, kamu juga bisa menjelajahi keunikan dari De Mata Trick Eye Museum yang menyajikan konsep fotografi dengan efek tiga dimensi.  Ada banyak gambar tiga dimensi yang akan memanjakanmu dengan keunikannya.

Selain De Mata Trick Eyes ada juga De Arca 3D Museum yang merupakan museum patung tokoh-tokoh dari Indonesia maupun mancanegara yang akan membuat fotomu semakin keren.

Lokasi

Selfie Park Taman Pule XT Square beralamat di XT Square, Jalan Veteran No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.  Lokasinya yang berada di tengah kota membuat tempat wisata ini sangat mudah untuk diakses.

Hanya berjarak sekitar 5 km dari kawasan Malioboro, taman wisata selfie ini bisa menjadi alternatif menarik untuk dikunjungi saat  liburan ke Jogja.  Dari kawasan Malioboro waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi wisata ini hanya sekitar 10 menit saja.

Transportasi yang bisa digunakan pun cukup beragam, bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek online dan juga bus dalam kota.