Situ Rawagede Bekasi

Situ Rawagede Bekasi
Photo by @arief_furahman

Nyero.ID – Mencari destinasi wisata alam di wilayah perkotaan seperti di Kota Bekasi bukanlah perkara yang mudah, karena biasanya didominasi dengan wisata buatan seperti watarpark, mall, dll.  Namun begitu bukan berarti di Kota Bekasi tidak ada tempat wisata alam yang bisa disambangi saat liburan.

Buat kamu yang masih bingung akhir pekan ini mau ke mana, bisa melipir sejenak ke Situ Rawagede Bekasi sebagai salah satu tujuan wisata bersama keluarga.  Situ Rawa Gede Wisata Perahu menawarkan suasana alam yang begitu sejuk sehingga sangat cocok untuk aktivitas refreshing dan sejenak menyingkir dari kesibukan kota.

Meskipun lokasi ini difungsikan sebagai resapan air dan pembuangan dari wilayah sekitarnya, namun suasana alamnya yang asri mampu memberikan kesejukan tersendiri.  Tidak heran jika tempat ini cukup menarik perhatian dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik di hari biasa maupun di hari libur.

Sebelum dikenal sebagai destinasi wisata alam seperti saat ini, Situ Rawa Gede memiliki warna air yang keruh karena menjadi tempat pembuangan limbah.  Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah di danau ini membuat kawasan situ terlihat kumuh dan tidak terawat.

Namun setelah dilakukan penataan dan pengangkutan sampah oleh Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 (Amphibi) kondisi danau pun semakin membaik dengan aliran air yang berangsur membaik.

Kegiatan tersebut merupakan Program Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL) yang memiliki inisiatif untuk membersihkan lingkungan dari kesadaran pribadi.  Sehingga kesan angker dan kumuh yang dulu melekat pada situ ini berubah menjadi spot wisata alam yang cukup asri dan menarik untuk dikunjungi.

Selain difungsikan sebagai tempat wisata, situ ini juga diharapkan bisa menjadi tempat konservasi air, sebagai resapan air, dan juga cadangan air ketika musim kemarau tiba.  Keberadaan Situ Rawa Gede yang terawat juga cukup efektif untuk meminimalisir resiko banjir di kawasan ini.  Dimana kawasan situ juga dibangun sebagai Ruang Terbuka Hijau.

Sebelum mengunjungi Situ Rawa Gede, berikut adalah beberapa informasi yang perlu diketahui terkait harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi.

Harga Tiket Masuk

Situ Rawa Gede bisa menjadi salah satu alternatif wisata murah meriah di Bekasi karena untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung tidak dipungut biaya atau gratis.  Termasuk untuk spot foto dan gazebo di kawasan wisata ini.

Namun untuk menikmati wahana air seperti sampan bambu, perahu dan sepeda air, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 saja untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak di atas tiga tahun.

Selain biaya menaiki wahana air, untuk parkir kendaraan juga dikenakan ongkos parkir sesuai dengan jenis kendaraan.

Jam Operasional

Tempat wisata alam di Bekasi ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 17.45 WIB.  Adapun waktu terbaik untuk berkunjung dan menikmati suasana danau adalah di pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu terik.

Kalaupun datang di siang hari bisa membawa payung atau topi untuk menghindari panas matahari.  Kamu juga tidak perlu khawatir untuk naik wahana perahu atau rakit bambu karena keduanya sudah dilengkapi dengan atap dan payung yang cukup lebar.

Fasilitas

Meskipun sedang dalam tahap penataan dan masih terus dikembangkan, namun fasilitas yang tersedia di Situ Rawa Gede cukup memadai.  Diantaranya adalah warung makan, penyewaan sampan untuk berkeliling danau, perahu bebek, gazebo, perpustakaan gratis, dan spot foto yang sangat menarik.

Daya Tarik

Taman Wisata Air Situ Rawa Gede Amphibi Bekasi merupakan salah satu destinasi wisata murah meriah di Bekasi yang cocok dikunjungi saat liburan.  Berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Bekasi ini, Situ Rawa Gede menawarkan sensasi liburan yang seru dengan pemandangan alam yang sangat menyejukkan. Sangat cocok untuk acara rekreasi bareng keluarga ataupun sahabat.

Danau dengan luas sekitar 73,554 meter persegi ini masih terus dikembangkan dan diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Bekasi.  Meskipun danau ini awalnya tidak terawat dan sering dijadikan tempat untuk membuang sampah, namun dengan penataan yang tepat kawasan ini telah berubah menjadi spot wisata alam yang sangat menarik.

Dalam proses penataannya, kawasan wisata ini juga dirancang sebagai pusat promosi dan budaya Kota Bekasi dengan ragam fasilitas di dalamnya, termasuk taman tematik serta UMKM yang bertemakan budaya Bekasi.

Suasana yang asri dengan banyaknya pepohonan di sekitar danau membuat udara di tempat ini terasa sejuk sehingga sangat cocok untuk refreshing dan menyingkir sejenak dari kebisingan kota.  Untuk aktivitas berfoto selfie pengunjung bisa mengeksplore beberapa spot foto yang cukup menarik.  Sepert di dermaga, gazebo, maupun papan tulisan yang terbuat dari botol plastik.

Kamu juga bisa menjelajahi beberapa spot menarik di tempat wisata ini untuk mendapatkan hasil foto yang paling keren dengan view danau nan tenang sebagai background-nya.

Di tempat wisata ini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang menawan dengan udara sejuk yang menyegarkan.  Selain menikmati suasana dengan bersantai di gazebo atau di pinggiran danau, pengunjung juga bisa mencoba beberapa wahana air yang seru.

Setidaknya ada tiga jenis wahana air yang bisa dicoba sesuai dengan kebutuhan.  Yaitu perahu, sepeda air, dan “bale kambang” yang merupakan sejenis sampan bambu dengan empat buah drum plastik sebagai pelampungnya.

Semua wahana yang tersedia dioperasikan secara manual tanpa mesin sehingga suasana danau pun tetap tenang dan tidak mengganggu aktivitas para pencari ikan.

Untuk wahana sepeda air paling pas dinaiki oleh dua orang, sementara untuk wahana bale kambang atau sampan bambu mampu menampung penumpang dengan kapasitas 4 orang saja. Jika kebetulan kamu datang bersama rombongan dengan jumlah lebih dari 6 orang, maka sebaiknya menggunakan perahu yang memiliki daya tampung hingga 15 orang.

Aktivitas berkeliling danau dan menikmati suasana danau dari atas wahana air biasanya membutuhkan waktu sekitar 25-60 menit.  Tergantung permintaan pengunjung dan arah angin yang membuat sampan terbawa arus air hingga menjauhi dermaga.

Adapun saung yang berada di pinggiran danau difungsikan sebagai pos keamanan yang beroperasi selama 24 jam untuk memonitor segala aktivitas di kawasan danau dan sekitar gedung kesenian.  Pos keamanan ini juga melakukan pengawasan agar tidak ada pencari ikan yang menggunakan setrum dan penyalahgunaan lokasi wisata untuk aktivitas yang tidak pantas.

Selain menyajikan pemandangan alam yang masih asri dan sejuk dengan wahana air yang cukup seru, akses jalan menuju ke lokasi wisata juga cukup memadai sehingga bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Lokasi wisata Situ Rawa Gede juga cukup dekat dengan Taman Rusa Kemang Pratama yang berada di Rawalumbu, Bojong Rawalumbu, Kota Bekasi.  Yaitu sekitar 7,2 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 21 menit saja.  Dengan jarak yang cukup dekat kamu bisa sekalian mengunjungi spot wisata ini sehingga momen liburanmu semakin lengkap.

Lokasi

Situ Rawagede berada di Jalan Kampung Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kelurahan Bojong Menteng, Kota Bekasi atau sekitar 15 km dari pusat Kota Bekasi.