Taman Bunga Telaga Malingan

Taman Bunga Telaga Malingan
Photo by @andiwahyoedi

Nyero.ID – Destinasi wisata yang menyajikan spot foto selfie nan instagrammable masih menjadi primadona di kalangan wisatawan.  Tidak heran jika kemudian banyak bermunculan tempat wisata dengan konsep kekinian yang dilengkapi berbagai macam spot selfie unik di dalamnya.

Selain bukit wisata dengan spot selfie nan eksotis khas alam perbukitan, ada banyak destinasi wisata bertema taman bunga yang tak kalah menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Salah satu yang masih terbilang baru adalah Taman Bunga Telaga Malingan yang berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul.  Terkenal dengan sajian thiwul dan walang gorengnya, Gunung Kidul juga memiliki potensi wisata yang cukup hits di kalangan traveller.

Berbicara tentang wisata di Gunung Kidul pasti tidak akan terlepas dari pesona pantainya yang sangat istimewa.  Deretan pantai di kabupaten ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi pesona dan keindahannya.

Selain pantai, Gunung Kidul juga identik dengan spot-spot wisata kekinian yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan.  Mulai dari wisata alam di perbukitan, wisata goa nan eksotis, air terjun, gunung api purba, wisata adventure, hingga wisata taman bunga seperti yang akan kita jelajahi berikut ini.

Taman Bunga Telaga Malingan merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang cukup hits di kalangan wisatawan.  Khususnya kaum milenial yang memang gemar berburu spot-spot wisata terbaru untuk berfoto selfie dan eksis di media sosial.

Taman bunga ini memang terbilang baru dan resmi dibuka pada akhir bulan Desember 2018 silam.
Dengan luas lahan sekitar 1,5 hektare taman wisata ini dipenuhi dengan tanaman bunga aneka warna yang begitu memanjakan mata.

Meskipun konsep awal yang diusung oleh pihak pengelola lebih kepada wisata edukasi dan rekreasi.  Namun tidak dipungkiri jika keindahan taman bunga ini sangat menggoda untuk diabadikan dalam bidikan kamera.  Dan sudah bisa dipastikan pengunjung akan menyibukkan diri mencari spot foto terbaik untuk berfoto selfie dengan pose terbaiknya.

Taman bunga ini memang menyajikan pemandangan alam yang begitu cantik dengan kombinasi warna bunga yang beraneka warna.  Meski begitu, dominasi warna kuning cerah dari bunga cosmos kuning di taman ini terlihat begitu indah.  Membuat suasana di sekitarnya terlihat semakin segar dan mempesona.

Selain bunga cosmos kuning, di tempat ini juga terdapat bunga celosia, bunga anyelir, bunga kertas, dan jenis bunga lainnya yang tak kalah cantik.

Buat kamu yang punya rencana untuk melipir ke Taman Bunga Telaga Malingan, berikut ini adalah beberapa informasi terkait harga tiket, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket

Taman Bunga Telaga Malingan merupakan salah satu tempat wisata murah meriah di Gunung Kidul yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Nuansa taman bunga yang penuh warna bisa kamu nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja, sangat murah bukan?

Meskipun tiket masuk ke lokasi wisata ini sangat terjangkau, namun sensasi liburan di taman ini dijamin seru dan menyenangkan.  Cocok untuk melepas penat dan sejenak menyingkir dari kebisingan kota.

Jam Operasional

Objek wisata Taman Bunga Telaga Malingan di Kabupaten Gunung Kidul ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.  Dengan jam operasional yang cukup panjang kamu memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan alam di taman bunga ini dan berburu spot foto tercantik untuk diposting di Instagram.

Waktu terbaik untuk datang ke lokasi wisata ini adalah di pagi atau sore hari, ketika sinar matahari tidak begitu terik.  Meski begitu, untuk datang di siang hari pun akan tetap menyenangkan.  Kamu bisa menghindari teriknya sinar matahari dengan menggunakan topi atau payung.

Topi dan payung dengan warna cerah bahkan bisa menjadi salah satu properti untuk melengkapi sesi foto selfiemu di taman bunga ini.

Fasilitas

Fasilitas di taman bunga ini cukup memadai, salah satunya adalah tempat duduk dan gubug di sekitar taman yang bisa digunakan untuk sekedar beristirahat atau sebagai latar untuk berfoto selfie.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan properti berupa pakaian tradisional dan payung yang bisa digunakan untuk berfoto selfie sehingga hasilnya semakin unik dan keren.

Daya Tarik

Taman Bunga Telaga Malingan merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika kamu ingin menghabiskan momen liburanmu di wilayah Gunung Kidul.  Meskipun kabupaten ini identik dengan wisata pantainya yang begitu eksotis, namun singgah sejenak ke Taman Bunga Telaga Malingan akan membuat momen liburanmu semakin lengkap dan menyenangkan.

Taman bunga ini dibuat dengan design melingkar dan dilengkapi jalan setapak yang bisa dijelajahi untuk aktivitas foto-foto.  Suasana alamnya sangat memanjakan mata karena dihiasi dengan bunga beraneka warna yang terdiri dari jenis cosmos kuning dan orange, celosia, anyelir, bunga kertas, dan jenis bunga lainnya.

Sejauh mata memandang kamu hanya akan melihat keindahan taman dengan dominasi warna kuning dan orange di dalamnya.  Selain indah untuk dipandang, berada di taman ini juga akan memberikan efek relaksasi sehingga suasana hatimu semakin tenang.

Rasa penat dan jenuh dengan berbagai aktivitas maupun kesibukan bisa sedikit berkurang dengan menikmati keindahan aneka warna bunga yang bermekaran diantara sejuknya hembusan angin. Kamu bisa sesekali menghela nafas panjang dan melepaskan segala kepenatanmu di tempat ini.

Suasana taman terlihat semakin cantik dengan adanya kawanan kupu-kupu aneka warna yang beterbangan di antara mekarnya bunga-bunga. Berada di tempat yang penuh bunga ini akan memberikan kesejukan tersendiri, bikin adem dan betah.

Taman bunga ini masih terus dikembangkan dan rencananya akan dilengkapi dengan beberapa jenis tanaman berbatang keras seperti bougenvile, sakura, dan lainnya.  Pihak pengelola juga akan menanam tanaman buah seperti kelengkeng, jambu air, dan jeruk agar tempat wisata ini semakin menarik dan lengkap.

Momen liburanmu di Taman Bunga Telaga Malingan akan semakin seru jika kamu datang di akhir pekan, karena tidak jauh dari lokasi taman terdapat Pasar Digital Ngingrong yang cukup unik.  Di pasar ini kamu bisa menikmati aneka menu dan jajanan tradisional khas Gunung Kidul yang bisa dibeli dengan uang koin kayu.

Kamu cukup menukarkan uang rupiahmu dengan uang koin tersebut sesuai kebutuhan dan berwisata kuliner dengan menu tradisional seperti soto, brongkos, sego thiwul, kue apem, pecel, dll. Kamu pun masih bisa menukarkan uang koin tersebut dengan rupiah jika ternyata ada sisa.

Selain dekat dengan Pasar Digital, Taman Bunga Telaga Malingan juga cukup dekat dengan destinasi wisata lainnya seperti Geosite Ngingrong dan Etalase Taman Batu Gunung Sewu.  Jadi kamu bisa sekalian mengunjungi tempat wisata tersebut agar momen liburanmu semakin lengkap dan sempurna.

Demi kenyamanan bersama, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesopanan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak memetik bunga di taman ini.

Lokasi

Objek wisata Taman Bunga Telaga Malingan terletak di sebelah barat Geosite Ngingrong atau tepatnya di Desa Wisata Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.  Akses jalan menuju ke lokasi wisata sudah cukup memadai dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dari pusat Kota Wonosari.