15 Taman di Bandung yang Cocok untuk Rekreasi, dari Taman Jomblo hingga Taman Asia Afrika!

Taman di Bandung
Taman Asia Afrika Photo by @puspitarinisobari

Nyero.ID – Bandung memiliki ragam potensi wisata yang seolah tidak akan habis untuk dieksplore satu per satu.  Ada banyak pilihan tempat menarik yang bisa disambangi untuk menikmati momen liburan bersama keluarga.  Salah satunya adalah taman di Bandung yang menawarkan sensasi liburan murah meriah dengan kesan yang tak terlupakan.

Taman di Bandung sangat cocok untuk kegiatan santai bersama keluarga atau sekedar menikmati waktu luang bersama teman-teman.

Sebagai referensi, berikut ini adalah daftar taman di Bandung yang layak untuk rekreasi atau sekedar mengusir rasa penat.

  1. Taman Jomblo

Taman Jomblo letaknya persis di bawah jembatan layang Pasupati, Bandung dekat dengan Balubur Town Square.  Taman ini diresmikan pada tanggal 4 Januari 2014 dan menjadi salah satu taman yang menarik untuk tujuan rekreasi.

Taman ini dilengkapi dengan kubus-kubus kecil dengan penataan yang cukup unik dan bisa menyala di malam hari sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.  Selain difungsikan sebagai tempat duduk, kubus ini juga digunakan untuk memajang karya para seniman muda Bandung.

Lokasi:  Jalan Tamansari No. 66, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  arena papan skate board, tempat aerobik, dan bangku taman yang unik.

  1. Taman Lansia

Taman di Bandung ini lokasinya dekat dengan Museum Geologi dan Gedung Sate.  Lokasinya yang cukup strategis sangat mudah untuk diakses.  Penataan taman yang rapi dengan suasana yang asri membuat siapapun akan betah berada di taman ini.

Lokasi:  Jalan Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  jogging track, area piknik, area refleksi kaki, warung makan dan dinosaurus sculpture

  1. Taman Persib

Taman tematik yang identik dengan klub sepakbola kebanggaan Bandung ini memang sangat menarik untuk tujuan rekreasi bersama keluarga.  Taman di Bandung ini dilengkapi dengan lapangan sepakbola dan museum terbuka bertema Persib.

Lokasi:  Jalan Supratman No. 24, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  4 lapangan bola mini, jogging track, dan tempat fitness outdoor.

  1. Taman Musik Centrum

Taman di Bandung ini dekat dengan Plaza Cikapuncung River Spot dan menjadi salah satu taman tematik yang menyediakan ruang bagi para pecinta musik untuk berkreasi dengan karya-karya terbaiknya.

Di taman ini terdapat tugu berbentuk gitar raksasa yang menjadi simbol atas peristiwa tragedi tewasnya 11 orang dalam sebuah konser band pada tahun 2008 silam.

Lokasi:  Jalan Sumbawa No. 32, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  akses free Wifi, stage dan sumber listrik, infografi, kotak sampah musical, tempat konser musik dan lapangan basket.

  1. Taman Film

Taman di Bandung ini difungsikan sebagai amphitheater terbuka dengan kapasitas 500 orang.  Sementara pada bagian depannya terdapat Mega Tron yang digunakan sebagai tempat untuk pemutaran film.

Lokasi:  Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  rumput sintetis untuk nonton film, nobar pertandingan bola, dan kursi unik.

  1. Taman Photografi

Sesuai dengan namanya, taman di Bandung ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para penghobby fotografi untuk berkumpul.  Di taman ini terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dijadikan latar saat berfoto.

Lokasi:  Jalan Kemuning No. 4, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  lampu, kursi, spot foto

  1. Taman Pustaka Bunga

Sesuai dengan namanya taman di Bandung ini menyajikan keindahan taman yang dihiasi dengan aneka warna bunga.  Taman ini rencananya akan dijadikan sebagai ensiklopedia bunga dan diperkirakan akan dihiasi dengan 100 ribu jenis bunga.

Lokasi:  Jalan Citarum No. 23 A, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  night food market, gadget shopping, dan street food

  1. Taman Labirin

Taman Labirin berada di kawasan taman Balai Kota Bandung.  Selain menikmati suasana alamnya yang asri, di Taman Labirin pengunjung juga bisa mengenal lebih jauh sejarah gedung Balai Kota Bandung yang merupakan bangunan bersejarah peninggalan Belanda.

Lokasi:  Jalan Wastukencana No. 2 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  spot gembok cinta, labirin, spot foto

  1. Taman Vanda

Taman ini sangat cocok untuk acara santai dan kumpul-kumpul bersama keluarga atau sahabat.  Lokasinya yang strategis sangat mudah untuk diakses.  Suasana di malam hari akan semakin romantis dengan atraksi air mancur menari yang unik berpadu lampu warna-warni.

Lokasi:  Jalan Merdeka No. 9, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas: air mancur menari

  1. Taman Superhero

Sesuai dengan namanya, taman di Bandung ini menyajikan tokoh-tokoh superhero terkenal seperti Batman, Superman, Spiderman hingga Gatotkaca.  Tidak heran jika taman ini disebut-sebut sebagai salah satu tempat wisata anak yang menarik di Kota Bandung.

Lokasi:  Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  kuliner, playground, perpustakaan, akses free Wifi, fasilitas olahraga

  1. Taman Gesit

Resmi dibuka pada tahun 2015, taman di Bandung ini menyajikan suasana alam yang asri dan teduh.  Dengan konsep green dan active, taman di Bandung ini sangat cocok untuk tujuan rekreasi bersama keluarga.

Lokasi:  Jalan Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  taman vertikal, tree deck, area parkir untuk sepeda, playground, area tempat duduk yang dilengkapi canopy, dan area permainan olahraga.

  1. Taman Sejarah

Taman ini dibangun sebagai tempat wisata edukasi bagi anak-anak maupun remaja mengenai sejarah dan legenda Bandung dari masa ke masa melalui gambar mural, relief maupun stiker.  Fasilitas yang tersedia di taman ini cukup lengkap sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Lokasi:  Jalan Aceh No. 53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  kolam renang outdoor, toilet, taman bermain anak, petugas kebersihan dan keamanan, mural serta ruang untuk memutar animasi sejarah Bandung.

  1. Taman Veteran

Taman di Bandung ini menjadi salah satu ikon ruang publik hijau terbaru di tahun 2017 dengan konsep penataan yang cukup unik.  Taman ini dilengkapi dengan pipa-pipa setinggi 2,5 meter yang pada malam hari terlihat menyala dengan sinar lampu warna-warni yang meriah.

Lokasi:  Jalan Veteran, Kb Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  arena rollerblade dan spot foto

  1. Taman Pet Park

Taman tematik di Bandung ini cukup unik karena bertema binatang peliharaan.  Suasana alam yang asri dan teduh di taman ini juga bikin betah siapapun yang datang.  Taman ini menjadi tempat bagi para pecinta hewan untuk berkumpul bersama hewan peliharaannya.

Lokasi:  Jalan Ciliwung No. 14, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Jam buka:  24 jam

Fasilitas:  jogging track, meja dan kursi, toilet khusus hewan, akses free Wifi.

  1. Taman Asia Afrika

Taman ini dibangun sebagai salah satu tempat yang merepresentasikan Konferenasi Asia Afrika selain Museum Konferensi Asia Afrika yang telah ada di Gedung Merdeka.  Dengan lahan seluas 1,6 hektar taman di Bandung ini juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau.

Lokasi:  Jalan Banten, Kebonwaru, Batununggal, Kota Bandung.

Jam buka:  06.00 WIB – 19.00 WIB.

Fasilitas:  pusat kuliner, akses free Wifi, danau dan air mancur menari.