Taman Pintar Jogja, Destinasi Wisata Edukasi dan Rekreasi dekat Malioboro, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung

Taman Pintar Jogja
Photo by @xiaomiscoot

Nyero.ID – Taman Pintar Jogja merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang cukup populer di kalangan wisatawan.  Selain mudah untuk diakses, lokasi Taman Pintar juga cukup dekat dengan Malioboro sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Dengan konsep wisata edukasi dan rekreasi, Taman Pintar Jogja sangat cocok sebagai tujuan wisata bersama keluarga.

Taman Pintar dibangun di bekas kawasan Shopping Center dengan pertimbangan lokasinya cukup berdekatan dengan bangunan bersejarah lainnya di Kota Jogja.  Seperti Taman Budaya, Societiet Militer, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung.

Taman Pintar dibangun dengan beberapa tujuan, diantaranya adalah sebagai penyedia sarana pembelajaran sains bagi para pelajar, memberikan motivasi kepada anak dan generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai sains.  Membantu guru dalam mengembangkan sistem pembelajaran di bidang sains serta memberikan alternatif wisata sains yang menarik.

Pembangunan Taman Pintar sebagai destinasi wisata edukasi dan rekreasi diawali dengan relokasi area pada tahun 2004 dan diikuti dengan pembangunan gedung secara bertahap.  Dimana Tahap I berupa Playground, Gedung PAUD Barat dan Gedung PAUD Timur yang kemudian diresmikan pada tahun 2006.

Pembangunan Tahap II berupa Gedung Oval lantai 1 dan 2, serta Gedung Kotak lantai 1 yang kemudian diresmikan pada tahun 2007.  Sementara pembangunan Tahap III berupa Gedung Kotak lantai 2 dan 3, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia.  Dengan selesainya pembangunan tersebut maka pada tanggal 16 Desember 2008 Taman Pintar diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Bagi yang sedang merencanakan liburan edukatif ke Taman Pintar Jogja berikut ini adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Taman Pintar Jogja cukup bervariasi tergantung dari wahana yang ingin dikunjungi, berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Wahana Anak Dewasa
Oval – Kotak

(Zona Peraga Sains dan Teknologi)

Semua umur

Rp 12.000 Rp 20.000
Planetarium

(Pertunjukan Visual Astronomi)

Semua umur

Rp 22.000 Rp 22.000
PAUD Barat/Timur

3-7 tahun

Rp 3.000
Wahana Bahari

(Kapal Boat Mini)

Beban maksimal 100 kg

Rp 6.000 Rp 6.000
Lalu Lintas

3-7 tahun

Rp 12.000

Program Kreativitas

Kreasi Batik

Usia minimal 8 tahun

Rp 18.000
Kreasi Gerabah

Area Playground/Kampung Kerajinan

Rp 13.000
Lukis Gerabah Rp 15.000
Teater 4D Rp 15.000 Rp 20.000
Dino Adventure Rp 20.000 Rp 25.000
Hand on Science Rp 10.000 Rp 10.000
Presenter TV Rp 15.000 Rp 15.000

Jam Buka

Taman Pintar Jogja buka setiap hari Rabu – Minggu mulai pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB.  Sementara untuk hari Senin dan Selasa tempat wisata edukatif ini tutup.

Fasilitas

Fasilitas di Taman Pintar Jogja sudah cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung.  Mulai dari area parkir yang luas, food court, ATM center, toilet, pelayanan pengunjung, pusat informasi, mushola, lift khusus penyandang difable, space untuk exihibition hall, serta ruang audio visual dengan kapasitas hingga 60 orang.

Daya Tarik

Taman Pintar Jogja menawarkan sensasi liburan yang seru dan edukatif karena memadukan konsep rekreasi dan edukasi di dalamnya.  Di tempat wisata ini pengunjung bisa bermain dan belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Sebagai upaya untuk memberikan pengalaman bermain dan belajar dalam bidang sains dan ilmu pengetahuan, Taman Pintar Jogja dilengkapi dengan beberapa wahana yang menarik untuk disambangi satu per satu.  Beberapa wahana tersebut adalah:

Playground

Pada area ini anak-anak bisa memanfaatkan beberapa wahana edukatif yang akan menambah pengetahuan dan wawasan mereka dalam bidang sains.  Diantaranya adalah Pipa Bercerita yang merupakan alat peraga tentang ilmu rambat bunyi.  Untuk bisa berkomunikasi dengan anak lainnya anak-anak harus memilih pipa dengan warna yang sama.

Selain Pipa Bercerita, di area Playground ini juga terdapat Permainan Putaran, Dinding Berdendang, Jungkat-jungkit, Katrol, Terowongan Pohon, Air Menari, Koridor Air, Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, Gong Perdamaian, Forum Batu, Sepeda Spektrum Warna dan Tapak Prestasi.

Gedung PAUD

Di Taman Pintar Jogja terdapat 2 Gedung PAUD yang diperuntukkan bagi anak-anak usia 3-7 tahun.  Wahana ini dilengkapi dengan berbagai macam alat peraga pendidikan interaktif yang mengenalkan pengetahuan dan sains dengan konsep bermain yang menyenangkan.  Di wahana ini anak-anak akan didampingi oleh pemandu yang ramah dan komunikatif.

Gedung PAUD Barat dilengkapi dengan ruang bermain lego, sains dan teknologi, ruang bermain profesi, perpustakaan dan komputer kids.  Sementara Gedung PAUD Timur dilengkapi dengan ruang flora fauna, ruang olahraga, ruang bermain alat musik, panggung pertunjukan dan ruang laktasi.

Kampung Kerajinan

Di wahana ini pengunjung bisa mengembangkan kreativitasnya dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.  Mulai dari kreasi batik, kreasi gerabah, melukis gerabah, hingga melukis kaos dalam berbagai design yang menarik.

Planetarium

Pada wahana ini pengunjung akan diajak untuk menikmati pertunjukan simulasi suasana langit di Kota Jogja lengkap dengan berbagai macam benda angkasa dan susunan bintang yang ada pada saat itu.  Pertunjukan ini menggunakan proyektor digital yang diproyeksikan pada media kubah berbentuk setengah lingkaran dengan ruangan yang nyaman.

Gedung Kotak

Wahana ini dilengkapi dengan beberapa zona yang sangat edukatif, diantaranya adalah Zona Teknologi Populer, Zona Air untuk Kebaikan Hidup, Lorong Ilusi, Zona TEPI TV, Wahana Jejak Nutrisi, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Sahabat KPK, Zona Memorabilia, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, Zona Olahraga, Zona Nuklir, Zona SNI, Hand On Science, Zona Menara Eiffel, Zona KPU, Zona Panas Bumi Geothermal.

Gedung Oval

Sama seperti Gedung Kotak, Gedung Oval juga dilengkapi dengan beberapa zona edukatif yang sangat menarik.  Diantaranya adalah Zona Generator Van De Graaf yang merupakan alat peraga untuk menghasilkan listrik statis.  Salah satu eksperimen yang paling disukai anak-anak adalah aliran listrik statis pada alat yang membuat rambut di kepala berdiri.

Zona lainnya yang tidak kalah menarik adalah Generator Pedal, Zona Cuaca, Iklim dan Gempa Bumi, Terowongan Ilusi, Aquarium Air Tawar, Dome Area, Zona Kehidupan Purba, dan Zona Tata Surya.

Zona Perpustakaan Taman Pintar

Dengan area yang cukup luas, perpustakaan Taman Pintar ini sangat nyaman untuk kegiatan membaca dan mencari informasi pengetahuan.  Selain memiliki koleksi buku yang cukup lengkap, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan beberapa komputer untuk mengakses Ensiklotepi pengetahuan sains dalam bentuk film animasi.  Selain itu, setiap seminggu sekali diadakan pertunjukan panggung boneka yang sangat menghibur.

Science Theater

Gedung audio visual ini memiliki kapasitas hingga 50-60 orang dan biasa digunakan untuk pemutaran film sains maupun pertunjukan demo sains yang edukatif.  Lokasi gedung ini berada di area barat Taman Pintar atau bersebelahan dengan Zona Perpustakaan Taman Pintar.

Lokasi

Lokasi Taman Pintar Jogja berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Jaraknya sekitar 1,8 km dari Malioboro dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 menit saja.  Lokasinya yang berada di pusat kota juga sangat mudah untuk diakses, baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.