Taman Puspa Gading Bantul

Wisata Hits Taman Puspa Gading Jogja
Photo by @tamanpuspagading

Nyero.ID – Berada di ujung selatan Provinsi DIY, Bantul tidak henti-hentinya memberikan kejutan manis kepada para wisatawan.  Saat ini wisata Bantul bukan hanya tentang Pantai Parangtritis, Pantai Samas, atau Gumuk Pasir saja.  Ada banyak destinasi wisata baru yang menawarkan sensasi liburan asik dengan daya tariknya masing-masing.

Beberapa diantaranya merupakan destinasi wisata air terjun dan perbukitan yang menyajikan panorama alam nan eksotis.  Sebut saja Curug Pulosari, Kedung Pengilon, Grojogan Pucung, hingga Curug Banyunibo yang berada di kawasan Sendangsari, Pajangan.

Sementara untuk wisata bukitnya tentu sudah tidak asing lagi dengan deretan bukit nan eksotis seperti Bukit Lintang Sewu, Watu Goyang, Jurang Tembelan, Seribu Batu Songgolangit, Puncak Sosok Bawuran, dll yang cukup hits di kalangan wisatawan.

Selain wisata alam berupa air terjun, perbukitan, hingga susur sungai ala wisata Bantul, ada satu lagi tempat wisata baru yang akan memanjakan wisatawan dengan wahana permainan seru di dalamnya.  Tempat yang dimaksud adalah Taman Puspa Gading Bantul yang berada di Kampung Wisata Tegaldowo, Grujugan, Bantul.

Resmi dibuka pada 5 Juni 2019, Taman Puspa Gading langsung meraih simpati masyarakat yang memang sangat tertarik dengan destinasi wisata murah meriah namun sarat akan nuansa edukatif.  Dengan luas area mencapai 1 hektare, Taman Puspa Gading menjelma menjadi destinasi wisata yang cukup divaforitkan oleh wisatawan.

Hanya berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Jogja, Taman Puspa Gading sangat cocok sebagai alternatif tujuan wisata di akhir pekan.  Letaknya yang strategis dan mudah diakses menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat ini semakin populer di kalangan wisatawan.

Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai penjunjung yang bukan hanya berasal dari Bantul saja tetapi juga dari Jogja, Sleman, bahkan dari Wonosari dan Klaten.  Terlebih dengan banyaknya postingan di Instagram yang secara tidak langsung turut mempromosikan tempat wisata ini.

Lokasi wisata Taman Puspa Gading yang berada di pedesaan menyajikan panorama alam yang masih asri dengan udara sejuk yang cukup menyegarkan.  Meskipun terbilang baru, namun pesona dan daya tarik tempat wisata ini tidak kalah dari destinasi wisata yang telah ada sebelumnya.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata pun cukup memadai sehingga pengunjung akan semakin nyaman dan betah berwisata di Taman Puspa Gading.  Selain berenang dan bermain air, wisatawan juga bisa menjajal sensasi bermain ATV dengan jalur trek yang cukup menantang.

Sebelum menyambangi Taman Puspa Gading di Bantul, berikut ini adalah beberapa informasi tentang harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi wisata yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Sesuai dengan konsep wisata murah meriah yang diusung, biaya untuk tiket masuk ke Taman Puspa Gading sangatlah terjangkau.  Untuk harga tiket masuk per Agustus 2019 masih gratis dan hanya membayar biaya parkir saja.  Namun untuk menikmati beberapa wahana wisatawan harus membayar biaya tertentu sesuai dengan wahananya.

Untuk menikmti kolam renang biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 8.000, wahana terapi ikan Rp 5.000, dan wahana bermain ATV sebesar Rp 10.000.  Dengan biaya yang sangat terjangkau, wisatawan bisa menikmati liburan dengan lebih seru dan menyenangkan.

*harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Jam Operasional

Wisata murah merian Taman Puspa Gading buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB untuk hari Selasa dan Ahad.  Sementara untuk hari Senin, Rabu, Kamis, Jum’at, dan Sabtu buka mulai pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.  Dengan mengetahui jam operasional tempat wisata ini pengunjung bisa datang sesuai jam buka yang telah ditetapkan.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru, namun destinasi wisata Taman Puspa Gading telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang akan membuat wisatawan semakin nyaman.  Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah area parkir yang luas, kamar mandi/toilet, food court, gazebo, spot foto selfie, dan mushola.

Fasilitas lainnya berupa wahana permainan seperti kolam renang, kolam terapi ikan, kolam tangkap ikan, bermain ATV, dan kolam mandi bola.  Tempat wisata ini masih akan terus dikembangkan, dan kedepannya pihak pengelola juga akan menyediakan paket culture activity seperti menanam padi dan aktivitas pertanian lainnya.

Lokasi wisata yang dilewati aliran Sungai Bedog menjadi daya tarik tersendiri.  Dengan konsep back to nature, Taman Puspa Gading juga akan menyediakan wahana seru berupa river tubing, flying fox, dan wall climbing.

Sebagai desa wisata, pengunjung juga bisa bermalam di homestay yang tersedia dan menikmati kehidupan di pedesaan secara langsung.  Wisatawan juga bisa sekalian berwisata kuliner dengan menu tardisional yang menggugah selera.

Daya Tarik

Taman Puspa Gading menyajikan konsep wisata alam yang nyaman, murah, dan edukatif sehingga sangat cocok sebagai tujuan wisata diakhir pekan bersama keluarga.  Suasana pedesaan yang begitu kental di tempat wisata ini begitu menenangkan, bikin betah dan adem pikiran.

Salah satu daya tarik dari Taman Puspa Gading adalah lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Jogja dan sangat mudah untuk diakses.  Selain itu, lokasinya juga berada di pinggiran Sungai Bedog sehingga menyajikan panorama alam yang memanjakan mata.

Tempat wisata ramah anak ini memang sangat menarik sebagai tujuan wisata di akhir pekan karena menyajikan keindahan alam dengan berbaga fasilitas yang cukup memadai.  Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan sehingga momen liburan di tempat ini semakin tak terlupakan.

Selain berenang, pengunjung juga bisa mencoba wahana tangkap ikan yang seru, terapi ikan, hingga menjajal keseruan bermain ATV dengan jalur yang cukup menantang.  Yang tidak kalah menarik, anak-anak juga bisa mencoba wahana melukis dan bermain di kolam bola sehingga suasana terasa semakin ceria.

Selain menjajal berbagai wahana permainan yang tersedia, pengunjung juga bisa bersantai menikmati suasana sambil bercengkerama di gazebo dalam suasana yang begitu teduh.  Bagi para pecinta selfie tidak perlu khawatir, karena tempat wisata ini dilengkapi dengan beberapa spot foto kece yang akan membuat foto selfiemu semakin menarik.

Salah satu spot ikonik yang bisa dijadikan background adalah patung kadal raksasa dan jembatan gantungnya yang menghubungkan Desa Bantul dengan Desa Guwosari.  Pengunjung juga bisa berburu spot kece di area taman wisata untuk keperluan foto selfie.

Lokasi wisata Taman Puspa Gading rupanya berdekatan dengan tempat wisata Goa Slarong dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit saja.  Puas bermain air, berenang, dan mencoba berbagai wahana permainan di Taman Puspa Gading, kamu bisa sekalian melipir ke Goa Slarong dan menikmati wisata sejarah yang sarat akan kisah perjuangan di masa lampau.

Lokasi

Taman Puspa Gading terletak di Jalan Grujugan, tepatnya di Kampung Wisata Tegaldowo, Desa Grujugan, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, DIY.  Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Jogja, hanya berjarak sekitar 17 km saja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit.

Rute yang bisa dipilih untuk mencapai lokasi Taman Puspa Gading adalah melalui Jalan Bantul dan belok kanan ke arah Goa Slarong.  Untuk rute selengkapnya bisa mengikuti petunjuk arah dari aplikasi Google Maps.  Selamat berlibur!