Tegenungan Waterfall Bali, Destinasi Wisata nan Eksotis dekat Pasar Seni Sukawati

Tegenungan Waterfall Bali
Photo by @walk.around.bali

Nyero.ID – Tegenungan Waterfall Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan ke Pulau Dewata Bali.  Jika sebelumnya Bali sangat populer dengan wisata pantainya yang eksotis, maka Tegenungan Waterfall bisa menjadi alternatif terbaik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan nuansa yang sedikit berbeda.

Air Terjun Tegenungan atau Air Terjun Blangsinga dikenal dengan nama asli Air Terjun Srongsongan.  Namun karena banyak pengunjung yang menggunakan jalur Banjar Tegunugan di Desa Kemenuh untuk mencapai lokasi air terjun maka nama Air Terjun Tegunungan justru lebih populer dikalangan wisatawan.  Sementara akses baru yang melalui Banjar Blangsinga, Desa Saba, Blahbatu, Gianyar membuat air terjun ini juga cukup populer dengan nama Air Terjun Blangsinga.

Untuk mencapai lokasi Tegunungan Waterfall ini wisatawan harus melewati 150 anak tangga dan menyusuri tebing.  Di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata dan beberapa mata air alami yang jernih dan segar.

Tegenungan Waterfall Bali menyajikan panorama alam yang tidak kalah menawan jika dibandingkan dengan deretan pantai eksotis di Bali.  Aliran air terjun Tegunungan sendiri bersumber dari Sungai Petanu yang berada di perbatasan Banjar Tegunungan dan Banjar Blangsinga.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter dan lebar 7 meter ini memiliki volume air yang cukup deras sehingga membuat suasana di sekitarnya semakin sejuk dan adem.  Aliran air yang mengalir dari ketinggian terlihat semakin mempesona dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Sementara pada bagian bawah aliran air terjun terdapat kolam yang cukup luas sehingga membuat siapapun akan tergoda untuk berenang atau sekedar bermain air menikmati kesegarannya.  Meski begitu, pengunjung dilarang untuk mandi atau berenang di area bawah air terjun karena aliran airnya sangat deras dan kedalamannya cukup membahayakan.  Dalam hal ini pihak pengelola telah memasang garis di sekitar kolam yang tidak boleh digunakan untuk berenang.

Nuansa alam yang begitu kental di tempat ini membuat siapapun merasa betah untuk menikmati keindahan dan sejenak melepaskan kepenatan.  Selain menikmati keindahan air terjun dan alam di sekitarnya pengunjung juga bisa mengeksplore beberapa spot selfie yang keren untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Tegenungan Waterfall Bali bukan hanya menyajikan keindahan alam yang menawan saja, karena di balik keindahannya terdapat beberapa kisah mistis dan mitos yang menyelimuti.  Salah satu cerita yang dipercayai oleh masyarakat sekitar adalah keberadaan rumah pedanda gaib yang bernama Pedanda Lanang di lokasi air terjun ini.

Kisah mistis ini juga yang kemudian dikait-kaitkan dengan beberapa tragedi tenggelamnya pengunjung yang terjadi beberapa tahun silam.  Sebagai antisipasinya maka sudah sepantasnya jika para wisatawan menghormati terdisi dan budaya yang berlaku di masyarakat dengan tidak melanggar aturan ataupun larangan yang ada di lokasi wisata.

Untuk merencanakan liburan yang asik ke Tegunungan Waterfall Bali, berikut adalah beberapa informasi lengkap terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik dan lokasi wisata yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan dan eksotisme Tegenungan Waterfall Bali ini wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara.  Sementara untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 10.000 dan parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000.

Jam Buka

Tegenungan Waterfall Bali buka setiap hari mulai pukul 06.30 WITA – 18.30 WITA.  Dengan jam buka yang cukup panjang wisatawan bisa datang sesuai kebutuhan agar bisa sekalian mengunjungi destinasi wisata lainnya yang terdekat.

Fasilitas

Meskipun menyajikan nuansa alam yang begitu kental dengan pesona keindahannya, namun destinasi wisata air terjun ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai.  Fasilitas tersebut antara lain adalah area parkir, toilet, warung makan, kolam renang, spot selfie, gazebo, gardu pandang, toko cenderamata, dll.

Daya Tarik

Daya tarik utama dari Tegunungan Waterfall Bali adalah keindahan alamnya yang begitu eksotis dan menyejukkan mata.  Tempat wisata ini sangat cocok untuk acara liburan keluarga atau liburan asik bareng teman-teman.  Dengan nuansa alam yang begitu kental, Tegenungan Waterfall sangat rekomended sebagai tempat refreshing dan sejenak rileks melepaskan kepenatan.

Selain menyajikan keindahan yang menyejukkan, lokasi wisata air terjun yang cukup mudah untuk diakses juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Selain itu, pemandangan indah di sepanjang perjalanan juga memberikan kesejukan tersendiri yang mampu mengusir rasa lelah.  Begitu tiba di lokasi air terjun, wisatawan akan disuguhi dengan pesona keindahan air terjun yang begitu eksotis.

Aliran air terjun yang cukup deras dengan hembusan angin yang sejuk di sekitarnya membuat siapapun akan merasa damai dan begitu menyatu dengan alam.  Hanya dengan menikmati indahnya air terjun dan hijaunya pepohonan di sekitarnya akan membuat pikiran terasa lebih rileks.

Bukan hanya sekedar menikmati eksotisme air terjun yang begitu menawan, di lokaasi wisata ini pengunjung juga bisa mengeksplore beberapa spot selfie kece yang keren untuk diabadikan dalam bidikan kamera.  Mulai dari spot love dari ornamen bambu, gardu pandang, serta beberapa spot selfie lainnya yang unik dan pastinya instagrammable.

Setelah puas menikmati keindahan alam di Tegunungan Waterfall dari jarak dekat, wisatawan bisa melengkapi momen liburannya dengan wisata kuliner.  Tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat beberapa restoran dengan menu spesial yang siap memanjakan lidah.  Bukan hanya itu saja, view yang disuguhkan di restoran dekat Tegunungan Waterfall juga sangat epic, karena menampilkan pesona keindahan air terjun dari kejauhan.

Selain mengeksplore keindahan Tegunungan Waterfall, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya yang terdekat.  Salah satunya adalah Kemenuh Butterfly Park yang juga berada di wilayah Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.  Taman dengan konsep konservasi dan edukasi ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan sisi eksotisme Bali yang sedikit berbeda.

Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam spesies kupu-kupu dengan corak dan ukurannya yang cukup beragam.  Sesuai dengan namanya, taman kupu-kupu ini akan memanjakan pengunjung dengan keindahan aneka macam kupu-kupu yang beterbangan diantara bunga-bunga dan pepohonan.

Daya tarik lainnya dari Tegunungan Waterfall Bali adalah lokasinya yang cukup dekat dengan Pasar Seni Sukawati, yaitu sekitar 7,7 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit saja.  Pasar Seni Sukawati sendiri dikenal sebagai pusat kerajinan dan oleh-oleh murah di Bali sehingga pengunjung bisa singgah dan berburu cenderamata ke pasar ini setelah menikmati momen liburan di Air Terjun Tegunungan.

Lokasi

Tegunungan Waterfall Bali terletak di Jalan Ir. Sutami, Banjar Tegunungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.  Lokasi air terjun yang tidak jauh dari pemukiman penduduk sangat mudah untuk diakses.  Selain itu lokasi air terjun juga berada di jalur wisata Sukawati – Ubud sehingga sangat strategis dan mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Lokasi wisata dari Kota Gianyar hanya berjarak sekitar 8 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 18 menit saja.  Sedangkan jika dari Kota Denpasar hanya berjarak sekitar 20 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.  Untuk info rute yang lebih lengkap silahkan gunakan aplikasi Google Maps.