10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris dan bikin Kangen, ayo Mampir!

Tempat Makan di Jogja
Photo by @houseoframinten

Nyero.ID – Liburan ke Jogja tidak akan lengkap tanpa berburu kuliner dengan berbagai macam menu dan cita rasanya yang menggoda.  Terkenal dengan julukan Kota Gudeg, banyak tempat makan gudeg di Jogja yang bisa disambangi untuk mencicipi kuliner manis dan gurih ini.  Selain gudeg, ada banyak tempat makan di Jogja yang menyajikan menu dengan cita rasa yang tak kalah menggoda.

Sebagai referensi, berikut ini adalah tempat makan legendaris di Jogja yang bikin kangen:

1.  Soto Sampah

Warung soto legendaris di Jogja ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan menjadi salah satu tempat makan yang cukup difavoritkan.  Karena selain enak dan murah, warung soto ini buka selama hampir 24 jam.

Sebelum dikenal dengan sebutan soto sampah, warung makan ini terkenal dengan sebutan soto simak atau soto becak karena banyak pelanggannya yang berprofesi sebagai tukang becak.

Namun sejak tahun 2009, warung makan ini lebih terkenal dengan sebutan soto sampah dan membuatnya semakin populer hingga saat ini.  Istilah soto sampah merujuk pada tampilannya yang cukup berantakan karena dilengkapi dengan gajih sapi dan menu pendamping lainnya.

Walaupun sebutannya soto sampah, namun untuk cita rasa tidak kalah dengan soto lainnya.  Rasa yang lezat dan harga yang murah membuat soto sampah semakin digemari dan banyak dicari.

Alamat:  Jalan Kranggan No. 1, Pertigaan depan POM Bensin Tugu, Kota Yogyakarta.  Cabang lainnya ada di kawasan Alun-alun Utara sebelah timur Kraton Jogja.

Jam buka:  07.00 WIB – 03.30 WIB

Harga:  Rp 6.000

2.  Soto Pak Marto

Warung soto lainnya yang juga legendaris adalah Soto Pak Marto yang berdiri sejak tahun 1960.  Warung soto populer di Jogja ini sudah memiliki 10 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta.

Soto Pak Marto menyajikan kuah soto yang bening dengan rasa kaldu yang cukup ringan namun cita rasanya sangat menggoda.  Kuah kaldu sapinya yang gurih berpadu dengan isian daging sapi, tauge, kol, dan daun bawang.  Bisa ditambahkan juga dengan  babat, iso, lidah, jantung, ginjal sapi, sate telur puyuh, atau mendoan untuk menambah kelezatan rasanya.

Selain menikmati menu soto yang lezat dan komplit, di warung soto ini pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan live music yang menyajikan lagu-lagu Koes Plus dan lagu kenangan lainnya.

Alamat:   Jalan Mayjed.  S.  Parman No. 44, Notoprajan, Kota Yogyakarta atau Jalan Janti 333 depan JEC Jogja.

Jam buka:  07.00 WIB – 21.00 WIB.

Harga:  Rp 26.000 (1 mangkuk soto campur + babat + teh panas)

3.  Nasi Goreng Beringharjo

Dirintis sejak tahun 1968, Nasi Goreng Beringharjo Pak Tedjo menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Jogja.  Nasi goreng yang disediakan cukup beragam, mulai dari nasi goreng ayam hingga babi.

Selain menu nasi goreng, warung makan ini juga menyediakan menu rica-rica, capcay dan sop.  Proses memasak yang langsung dalam porsi besar membuat pengunjung tidak perlu antre lama untuk mendapatkan menu pesanannya.

Alamat:  Jalan Mayor Suryotomo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Jam buka:  17.30 WIB – dini hari

Harga:  Mulai dari Rp 10.000

4.  Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Dirintis sejak tahun 1998, oseng-oseng mercon Bu Narti menjadi salah satu tempat favorit bagi para penyuka rasa pedas.  Warung lesehan ini menyediakan aneka menu makanan dengan cita rasa super pedas yang meledak-ledak di mulut.  Bahkan setiap malam Minggu level pedas di warung ini akan dilipatgandakan.

Alamat:  Jalan KH. Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Ngampilan, Kota Yogyakarta,

Jam buka:  18.00 WIB – 00.00 WIB

Harga:  Rp 13.000 – 45.000

5.  Gudeg Pawon

Liburan ke Jogja tidak akan lengkap tanpa mencicipi menu gudeg, kuliner legendaris khas Jogja yang bikin kangen.  Salah satu tempat makan gudeg di Jogja yang bisa disambangi adalah Gudeg Pawon yang berada di kawasan Warungboto, Umbulharjo.

Tempat makan legendaris di Jogja ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan sudah diwariskan ke generasi berikutnya.  Dengan tetap menjaga kualitas dan cita rasanya, Gudeg Pawon menjadi salah satu tempat makan yang banyak direkomendasikan oleh para penikmat kuliner.

Gudeng pawon memiliki ciri khas berupa olahan gudeg yang basah dan berkuah dengan cita rasa yang lebih gurih, sangat berbeda dengan gudeg lainnya yang kering dan manis.

Nama Gudeg Pawon sendiri merujuk pada proses penjualannya yang unik, dimana pembeli yang ingin makan bisa langsung menuju ke pawon (dapur) dan memilih menu yang diinginkan.

Alamat:  Jalan Janturan, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Jam buka:  mulai pukul 22.00 WIB

Harga:  mulai dari Rp 13.000 – Rp 40.000

6.  Gudeng Yu Djum

Warung makan Gudeg Yu Djum sudah berdiri sejak tahun 1950-an dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Jogja.   Gudeg Yu Djum sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan menjadi salah satu tempat yang disinggahi untuk kulineran.  Cita rasa gudeg yang kering dan manis menjadi ciri khas tersendiri yang bikin kangen.

Selain berada di sentra gudeg kawasan Wijilan, Gudeg Yu Djum juga memiliki beberapa cabang di wilayah Kota Yogyakarta sehingga memudahkan wisatawan untuk menyambanginya.

Dengan proses pemasakan yang masih tradisional dan menggunakan racikan bumbu yang sama untuk memeprtahankan kualitas rasa, Gudeg Yu Djum menyediakan paket gudeg yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh, mulai dari besek hingga kendil.

Alamat:  Jalan Wijilan No. 167, Kota Yogyakarta.

Jam buka:  05.00 WIB – 19.00 WIB

Harga:  muali Rp 20.000

7.  Brongkos Handayani

Tempat makan legendaris ini menyajikan menu brongkos yang lezat dengan resep dan racikan bumbu yang telah diwariskan secara turun temurun.  Warung brongkos di Jogja ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan masih tetap eksis hingga saat ini.

Warung brongkos ini menyediakan 2 menu pilihan yaitu brongkos telur dan brongkos koyor dengan cita rasa yang sama nikmatnya.  Selain brongkos, warung makan ini juga menyediakan menu sego pecel, nasi rames, soto dan es campur.

Alamat:  Jalan Gading No. 2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Jam buka:  08.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga:  Brongkos, soto, nasi rames, Rp 14.000 – Rp 35.000, es campur Rp 6.000.

8.  House of Raminten

Tempat makan di Jogja ini menyajikan menu-menu tradisional yang memanjakan lidah para penikmatnya.  Nuansa tradisional di tempat ini bergitu terasa, bukan hanya dari menunya saja tetapi juga dari interior dan pelayanannya yang menggunakan kemben dan jarik.

Alamat:  Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Kota Yogyakarta.

Jam buka:  24 jam

Harga:  Rp 10.000 – Rp 40.000

9.  Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner legendaris yang satu ini menyajikan olahan mangut dengan cita rasa gurih, pedas dan manis yang begitu menggoda.  Mangut lele Mbah Marto sudah ada sejak tahun 1960-an dan cukup populer di kalangan wisatawan.

Menu mangut lele ini menggunakan ikan lele asap yang masih fresh dan kemudian dimasak dengan bumbu mangut dengan cita rasa yang menggugah selera.  Proses memasak mangut lele masih menggunakan cara tradisional dengan tungku kayu bakar sehingga aroma dan rasanya semakin lezat.

Alamat:  Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, DIY.

Jam buka:  10.00 WIB – 21.00 WIB

Harga:  Rp 25.000 (nasi + mangut lele + gudeg + tahu opor + telur gudeg + es teh)

10.  Mie Ayam Bu Tumini

Warung makan mie ayam Bu Tumini bisa menjadi tujuan wisata kuliner yang menarik bagi para pecinta olahan mie.  Dengan mengandalkan kuah kentalnya yang bercitarasa manis gurih, tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung.  Bahkan sebelum warung buka, banyak calon pembeli yang sudah mengantre untuk sekedar menikmati kelezatannya.

Alamat:  Jalan Imogiri Timur No. 187, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Jam buka:  10.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga:  mulai Rp 8.000