10 Tempat Wisata di Boalemo Gorontalo yang Sedang Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Boalemo
Pulo Cinta Eco Resort taken by @k3vinkm

Nyero.ID – Saat kamu mengunjungi Gorontalo, tidak ada salahnya untuk menyambangi beberpa tempat wisata di Boalemo, salah satu kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Gorontalo, berbatasan dengan Laut Sulawesi di sebelah utara, teluk Tomini di sebelah selatan, Kabupaten Pohuwato di sebelah barat dan Kabupaten Gorontalo di sebelah timur.

Letaknya yang berbatasan dengan Teluk Tomini tentu sangat berpengaruh pada potensi wisata alamnya yang menarik. Ada beberapa destinasi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi di kabupaten ini. Berikut daftar tempat wisata di Boalemo terbaru dan paling hits dikunjungi yang kami rekomendasikan:

1. Pulau Cinta Boalemo

Wisata Hits Pulau Cinta Boalemo Gorontalo
Photo by @malikatrip

Keindahan pulau ini layak disandingkan dengan Pulau Maldives, karena sama-sama menyajikan eksotisme pantai yang lekat dengan nuansa romantis nan syahdu. Ada 15 cottage dengan design unik yang mengelilingi Pulau Cinta, sangat cocok untuk destinasi wisata dan bulan madu yang tak terlupakan.

Selain kegiatan snorkeling, diving, menikmati sunrise dan sunset, beberapa wisata menjadikan tempat ini sebagai lokasi prewedding favorit di Gorontalo.

Lokasi: Potoameme, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

2. Pantai Bolihutuo

Wisata Hits Pantai Bolihutuo Boalemo Gorontalo
Photo by @alanramadhan_

Lokasinya yang mudah diakses menjadi daya tarik tersendiri, terlebih dengan ragam fasilitas yang tersedia. Hamparan pasir putih yang mempesona dengan deburan ombak yang begitu tenang menyapu bibir pantai menjadi suguhan alam yang menenangkan jiwa.

Lokasi: Jl. Trans Sulawesi, Bolihutuo, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

3. Pantai Langala

Wisata Hits Pantai Langala Boalemo Gorontalo
Photo by @anggieboogie

Keindahan bahari yang tersembunyi ini menawarkan suasana pantai yang masih sangat alami.  Perpaduan antara birunya laut dan hamparan pasir putih terlihat begitu indah dan memanjakan mata. Airnya yang jernih dan segar begitu menggoda untuk disentuh dan menikmati kesegarannya.  Akses jalan yang belum begitu bagus bukanlah penghalang untuk sejenak singgah di pantai nan eksotis ini.

Lokasi: Desa Tabongo, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

4. Pantai Managgu

Wisata Hits Pantai Managgu Boalemo Gorontalo
Photo by @helmin_dupamana

Pemandangan pantai yang luar biasa indahnya bisa ditemui di pantai ini. Deretan pohon nyiur yang melambai di tepi pantai dan birunya air laut yang terlihat sangat jernih menguguhkan suasana pantai yang tak terlupakan. Momen sunset di pantai ini juga tak kalah menawan sehingga harus diabadikan dalam foto kenangan.

Lokasi: Desa Managgu, Kecamatan Managgu, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

5. Pantai Mohupomba

Wisata Hits Pantai Mohupomba Boalemo
Photo by @rofik_husain

Pasir putih yang terhampar dengan butirannya yang lembut terlihat sangat menggoda untuk sejenak bertelangjang kaki dan menikmati kelembutannya. Salah satu keunikan dari pantai ini adalah keberadaan pulau pasir yang hanya muncul di pagi hari dan akan tenggelam di sore hari.

Di kawasan pulau Mohupompa ini, kamu pengunjung bisa menikmati keindahan karang di bawah laut yang begitu menakjubkan, demikian juga dengan gerombolan ikan berenang yang tak kalah cantiknya.

Lokasi: Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

6. Taman Laut Batila

Wisata Hits Taman Laut Batilia Boalemo Gorontalo
Photo by @achmadfarizaljabbar

Keindahan taman laut di kawasan ini masih sangat alami, sehingga pengunjung akan diajak menikmati ketenangan yang sesunggunya. Keindahan terumbu karang di kawasan wisata ini juga sangat menarik untuk dieksplore dengan kegiatan diving yang menyenangkan.

Lokasi: Desa Kramat, Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

7. Air Terjun Ayuhulalo

Wisata Hits Air Terjun Ayuhulalo Boalemo
Photo by @mudhinjailani

Selain pantai dan pulau-pulau cantik, wisatawan juga bisa mengeksplore keindahan air terjun di Boalemo yang tak kalah eksotis. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tapi begitu sampai di lokasi air terjun, dijamin pasti betah dan ingin kembali lagi.  Airnya sangat jernih dan menyegarkan, sangat rekomended untuk mendinginkan pikiran.

Lokasi: Ayuhulalo, Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

8. Pulau Asiangi Boalemo

Wisata Hits Pulau Asiangi Boalemo Gorontalo
Photo by @alanramadhan_

Sama halnya dengan Pulau Bitila, Pulau Asiangi juga memiliki biota laut yang cantik dan masih asri, terdapat penangkaran berbagai jenis ikan hias dan dikelilingi oleh hutan bakau dengan hamparan pasir putih.

Selain menikmati keindahan bawah laut dengan snorkelin dan diving. Terdapat juga spot memancing untuk pengunjung yang hobby memancing. Pengunjung juga dapat berjemur, berenang, dan bermain pasir, hingga menikmati pemandanga eksotis di bibir pantai.

Lokasi: Desa Bajo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

9. Pantai Batu Buaya

Wisata Hits Pantai Batu Buaya Boalemo
Photo by @aldi.inaku

Pantai Batu Buaya atau biasa juga disebut Pantai Botuhuwayo merupakan gerbang menuju Pulau Bitila yang ditempuh lebih kurang 1 jam dengan menggunakan perahu nelayan. Konon, menurut masyarakat setempat, Pesisir Pantai Botuhuwayo yang ada di Desa Kramat.

Sejarahnya bersamaan dengan Pulau Bitila, yang mengisahkan anak Bungsu Raja Bilalea yang ditolong oleh Buaya Besar. Buaya ini kemudian tewas ditangan pemburu, lalu menjadi baik pemburu maupun buaya tersebut menjadi batu, sekarang kedua batu itu berada di Pesisir Pantai.

Terlepas dari sejarah teresbut, kondisi pantai ini semakin cantik dengan penambahan beberapa spot baru di sekitar pantai, spot baru ini yang kemudian menjadikan lokasi ini selalu hits dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Keramat, Kecematan Mananggu, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

10. Waterpark Bolihutuo

Wisata Hits Waterpark Bolihutuo Boalemo
Photo by @alymlamato

Berlibur ke taman rekreasi air ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan kepenatan.  Wahana permainan air yang disediakan menawarkan sensasi liburan yang lebih seru dan pastinya menyenangkan.

Lokasi: Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Baca: 22 Tempat Wisata Terbaru di Makassar yang Lagi Hits Dikunjungi