27 Tempat Wisata di Bogor Paling Favorit Tahun Ini & Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Bogor Paling Favorit Tahun In

Nyero.ID – Ada banyak tempat wisata di Bogor yang baru-baru ini dibuka, bahkan mulai hits dikunjungi wisatawan. Bogor berada di ketinggian wilayah sekitar 190-330 Mdpl dengan suhu udara yang cenderung sejuk dan dingin, curah hujan pun di atas rata-rata, hingga Bogor sering disebut dengan kota Hujan.

Dengan suasana alam tersebut, tidak mengherankan bila Bogor menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di masa liburan, terutama mereka yang berasal dari ibukota Jakarta, Bandung dan sekitarnya.

Selain destinasi wisata di Bogor yang begitu memikat, mudahnya akses menuju kota pun menjadi salah satu pertimbangan bagi warga ibukota untuk menyempatkan diri berlibur ke Bogor.

Momen liburan ke Bogor bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk merefresh pikiran dari berbagai kepenatan dan rutinitas harian.

Selain Kebun Raya Bogor dan Telaga Warna, ada banyak ragam destinasi wisata di Bogor yang bisa kamu kunjungi saat liburan tiba, beberapa diantaranya bahkan sudah sangat populer dan selalu ramai pengunjung.

Nah, biar tidak bingung dengan rencana liburan ke Bogor, berikut ini adalah 27 tempat wisata di Bogor yang paling hits dan banyak direkomendasikan oleh wisatawan.

The Jungle Water Park

Wisata Keluarga The Jungle Water Park Bogor

Taman rekreasi air ini sangat rekomended bagi kamu yang ingin menikmati liburan bareng keluarga.

Ada banyak wahana permainan seru yang bisa dicoba, mulai dari Kiddy pool lengkap dengan perosotan airnya yang melingkar, Lazy river sepanjang 400 meter yang mengelilingi akuarium super besar dengan koleksi ikan langka di dalamnya.

Ada juga Leisure pool yang memungkinkan kamu untuk berendam sembari menikmati hidangan lezat.

Kalaupun ingin menikmati suasana alam yang asri sambil bersantai tanpa berbasah-basahan, langsung saja ke panggung utama untuk menikmati pertunjukan musik yang menghibur.

Lokasi: Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan.

Warso Farm

Wisata Durian Warso Farm Bogor
Photo by @there_sylvanny

Bagi penggemar durian, mengunjungi Warso Farm bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang paling tepat.

Agrowisata ini menawarkan sensasi liburan yang asik, dimana pengunjung bisa memilih dan membeli durian langsung dari pohonnya.

Dengan luas lahan kurang lebih 8,5 hektare ada sekitar 900 pohon durian yang ditanam di kawasan agrwisata ini, termasuk beberapa jenis varietas unggul yang pasti lembut dan legit.

Jangan lupa untuk berwisata di Warso Farm pada musim durian ya, yaitu di bulan Desember-Mei.  Puncak musim durian pada bulan Januari-Maret, catat jangan sampai terlewat!

Lokasi: Desa Cihideung, Kec. Cipelang, Kab. Bogor.

Bukit Paralayang

Wisata Bukit Paralayang Bogor
Photo by Sugarandspace.com

Suka dengan kegiatan ekstrim? tempat wisata ini cocok bagi kamu yang suka hal-hal pemicu adrenalin.

Kamu bisa mencoba sensasi terbang di ketinggian 1,3 Km di atas permukaan laut dan menikmati keindahan alam di Puncak dari ketinggian.

Tidak perlu takut, karena ada instruktur berpengalaman yang akan menamani terbang selama 15 menit di udara secara tandem.

Pengalaman terbang dengan paralayang akan memberikan pengalaman liburan yang pasti tak akan terlupakan.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor.

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Bogor
Photo by @deerahmawati

Dengan lahan seluas kurang lebih 5 hektar, tempat penangkaran rusa ini sudah berdiri sejak tahun 1993 dan dulu dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu.

Di lokasi wisata ini, kamu bisa melakukan kegiatan menarik seperti memberi makan rusa dan bermain bersama para rusa.

Uniknya, kamu juga diperbolehkan untuk memelihara rusa tersebut di rumah dengan syarat mengajukan permohonan pembelian kepada Dinas Perhutani Kabupeten Bogor.

Di lokasi ini juga terdapat sarana outbound yang cukup memadai sehingga kamu juga bisa mencoba berbagai permainan yang seru dan menantang.

Lokasi: Desa Buana Jaya, Kec. Tanjungsari, Keb. Bogor.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Kragilan Gunung Pancar Bogor
Photo by Jokoharismoyo.com

Ingin merasakan sensasi petualangan di hutan pinus seperti dalam film Twillight?

Langsung saja ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Dengan ketinggian mencapai 800 Mdpl, lokasi wisata di Bogor ini menyajikan pemandangan alam nan menakjubkan.

Rindangnya pepohonan pinus yang menjulang tinggi mampu memberikan kesan yang romantis.

Tidak heran jika tempat wisata ini juga sering dimanfaatkan sebagai spot untuk foto prewedding.

Tidak jauh dari lokasi hutan pinus terdapat pemandian air panas, tepatnya di dekat pintu masuk.  Lengkap sudah liburan ala Edward Cullen dan Bella Swan di hutan pinus ini.

Lokasi: Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPAKB)

Wisata Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol PPAKB Bogor
Photo by @ninautaa

Satu lagi objek wisata alam di Bogor yang menawarkan sensasi liburan yang tak terlupakan, yaitu di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPAKB).

Ekowisata Bodogol ini bukan hanya menyajikan pemadangan alam di hutan tropis yang begitu asri.  Tetapi juga memberikan tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin mencoba jembatan gantung sepanjang 400 meter.

Jembatan gantung ini terbuat dari tali yang memanjang di puncak pepohonan.  Bisa dibayangkan bagaimana sensasi menyeberangi jembatan ini, dijamin bakal memicu adrenalin dan bikin jantung berdebar kencang.

Lokasi: Jl. Raya Bogor-Sukabumi, Desa Bedogol, Lido, Kab. Bogor.

Kampung Budaya Sindangbarang

Wisata Sejarah Kampung Budaya Sindangbarang Bogor
Photo by @egi.sp

Lawas namun bukan berarti tidak kece, kamu bisa singgah ke Kampung Budaya Sindangbarang yang merupakan kampung tertua di Bogor.  Konon kampung ini sudah ada sejak abad ke-XII Masehi, tepatnya pada jaman Kerajaan Sunda.

Di kampung yang sarat akan tradisi dan budaya ini, kamu bisa menikmati suasana kampung Sunda tempo dulu.  Seperti situs purbakala berupa bukit berundak peninggalan kerajaan Pajajaran.

Jika momen berkunjung kamu sudah tepat, kamu juga bisa menyaksikan upacara adat Seret Taun yang diselenggarakan setahun sekali sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta atas hasil panen yang melimpah.

ntuk lebih membaur dan menikmati kehidupan di desa secara langsung, kamu juga bisa menginap di rumah adat yang telah disediakan.

Lokasi: Sekitar 5 kilometer dari Kota Bogor.

Marcopolo Waterpark Adventure

Wisata Marcopolo Waterpark Adventure Bogor
Photo by @sianipar22_anes

Wisata ini mengusung konsep petualangan dengan berbagai fasilitas permainan yang dijamin seru dan menyenangkan.

Di tempat ini tersedia beberapa tipe kolam renang yang bisa kamu tempati untuk berendam, seperti kolam renang balita, kolam renang anak-anak, kolam renang remaja dan kolam renang dewasa.

Beberapa wahana permainan yang bisa kamu coba antara lain waterboom mini, waterboom dewasa, kolam gurita, kolam arus, goa bajak laut, ember tumpah, goa kurcaci dan kolam air panas yang menenangkan.

Di tempat ini juga disediakan wahana cinema 4D, sport club, dan juga kolam pemancingan bagi kamu yang hoby fishing.

Wahana lain yang bisa kamu coba adalah Flying fox, balon air raksasa, ATV track, jaring track, becak mini, sepeda air dan wahana seru lainnya.

Lokasi: Bukit Cimanggu City, Marcopolo Country Club, Cibadak, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca: 15 Pilihan Tempat Wisata di Surabaya dan Sekitarnya yang Wajib Kamu Kunjungi

Taman Buah Mekarsari

Wisata Taman Buah Mekarsari Bogor
Photo by @hendrajailani

Taman Buah Mekarsari menawarkan pengalaman wisata seru sembari mengenal keanekaragaman hayati dan buah-buahan tropis.

Taman buah ini merupakan pusat pelestarian buah-buahan tropika terutama untuk varietas unggul dari seluruh daerah di Indonesia.

Tempat ini juga difungsikan sebaga area penelitian, budidaya dan pengembangan bibit unggul.

Ada banyak fasilitas yang disediakan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, diantaranya adalah family garden, kids fun valley, baby zoo, menara pandang, greenhouse melon, sabut kelapa outbound, dan juga pongo show.

Dengan fasilitas yang memadai, ada ragam aktivitas yang bisa dilakukan di sana, diantaranya melalui paket Green Land Tour.

Untuk paket wisata tersebut kamu akan diajak berkeliling kebun buah dengan menggunakan kereta wisata.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Km 3, Mekarsari, Bogor.

Curug Cibaliung

Wisata Hits Curug Cibaliung Bogor
Photo by @maulizda25

Bisa dikatakan Bogor adalah surganya air terjun dengan eksotisme yang memikat. Ada banyak air terjun yang bisa disambangi saat liburan ke Bogor. Termasuk diantaranya Curug Cibaliung.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini menyuguhkan panorama alam yang menyejukkan dengan lingkungan yang masih sangat asri.

Tidak heran jika banyak yang penasaran dengan tempat ini dan selalu ramai dikunjungi saat musim liburan.

Lokasi yang agak tersembunyi membuat akses jalan menuju ke lokasi curug lumayan sulit sehingga butuh energi ekstra untuk mencapainya.

Tapi jangan khawatir, begitu sampai di lokasi air terjun, rasa lelahmu pasti akan hilang dan berganti dengan rasa takjub karena keindahan alam di hadapanmu.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Rumah Pohon Curug Ciherang Jonggol

Wisata Hits Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol Bogor
Photo by @laurafsitompul

Jika obyek wisata Jogja ada Gardu Pandang Kalibiru dan obyek wisata Malang ada Omah Kayu, maka di Bogor ada Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol.

Keberadaan objek wisata ini langsung menarik perhatian wisatawan terutama anak muda dan jadi salah satu tempat hits di Bogor.

Lokasi rumah pohon ini berada di jalan masuk menuju ke arah Curug Ciherang dan dibangun pada sebuah pohon besar yang letaknya di tebing, sehingga tepat di bawahnya adalah jurang.

Jadi kamu harus tetap hati-hati ya, jangan bercanda terlalu ekstrem takutnya nanti jatuh.

Untuk mencapai rumah pohon ini kamu akan melewati sebuah jembatan kayu yang sering dijadikan spot untuk berfoto oleh para pengunjung.

Jika kamu ke sini jangan lupa berfoto di jembatan kayu ini, karena di belakangmu ada perbukitan hijau yang eksotis sehingga akan membuat foto liburanmu semakin keren.

Lokasi: Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Goa Agung Garunggang

Wisata Hits Goa Agung Garunggang Bogor
Photo by @sigitpohonpinus

Satu lagi spot foto cantik yang instagramable di Bogor, yaitu Goa Agung Garunggang. Goa nan eksotis ini letaknya cukup tersembunyi sehingga masih terbilang sepi dan belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Buat kamu yang suka dengan wisata petualangan, bisa mencoba jelajah alam di goa ini.

Lingkungan di sekitar goa terlihat masih sangat asri dengan rimbun pepohonan dan udara yang sejuk.

Di sekitar goa juga terdapat banyak spot menarik yang bisa dijadikan background foto.  Sementara untuk memasuki goa, kamu harus turun ke bawah karena goa ini berada di bawah tanah.

Memasuki goa kamu akan disuguhi dengan pemandangan bawah tanah yang cukup gelap sehingga harus menggunakan senter atau lampu penerangan lainnya.

Kamu dapat melalui celah goa yang cukup sempit dengan pemandangan berupa stalaktit yang menggantung di dinding goa.

Ada baiknya menggunakan jasa pemandu agar perjalanan wisata kamu di goa ini lebih nyaman dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Karang Tengah 2, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Wisata Curug Bidadari Sentul Paradise Park Bogor
Photo by @ekadiahk29

Air terjun yang awalnya bernama Curug Bojongkoneng ini berubah nama menjadi Curug Bidadari setelah pengelolaanya berada di bawah Sentul Paradise Park.

Dengan ketinggian air terjun mencapai kurang lebih 40-47 meter aliran air yang berasal dari mata air di hutan lindung mengalir cukup deras.

Untuk memanjakan kamu, pihak pengelola juga telah melengkapi lokasi air terjun dengan pasir putih yang lembut sepanjang 150 meter sehingga suasana curug seperti di tepi pantai.

Fasilitas lainnya juga cukup memadai sehingga kamu akan betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi: Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor.

Curug Cigamea

Wisata Hits Curug Cigamea Bogor
Photo by @fikrifaaturahman

Buat kamu yang ingin menjelajahi eksotisme curug di Bogor, maka wajib singgah ke Curug Cigamea yang indah menawan.

Dengan ketinggian air terjun sekitar 50 meter aliran air yang jatuh semakin melebar membelah tebing bebatuan di bawahnya.

Kolam air yang ada di bawah curug terlihat cukup jernih dengan nuansa biru kehijauan di tengah kolam. Menandakan bahwa pada area tersebut memiliki kedalaman air yang cukup dalam.

Lokasi: Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Curug Bengkok Leuwi Hejo

Wisata Curug Bengkok Leuwi Hejo Bogor
Photo by @iwandlone

Nuansa air yang berwarna hijau tosca dapat kamu temukan di sini, tentu kesegaran air dari Curug Bengkok Leuwi Hejo menjadi daya tarik tambahan.

Meskipun ukurannya terbilang mini, namun tempat ini sangat populer di kalangan anak muda Bogor.

Kamu bisa menikmati keindahan alam di lokasi curug ini sambil mencari spot cantik untuk berfoto.

Mumpung berada di tempat ini, kamu juga bisa sekalian menyambangi Curug Barong yang letaknya tidak jauh dari lokasi Curug Bengkok Leuwi Hejo.

Lokasi: Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Baca: 15+ Destinasi Wisata Semarang yang sedang Hits dan Bikin Penasaran

Curug Ciburial

Wisata Curug Ciburial Bogor
Photo by @mirameidani

Curug ini juga sering disebut sebagai Curug Kembar karena ada dua aliran air terjun yang berdekatan.

Satu air terjun memiliki ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan air terjun di sebelahnya. Namun hal itu justru memberikan pemandangan alam yang indah dengan aliran airnya yang jernih dan segar.

Akses jalan yang cukup sulit membuat curug ini terlihat masih sangat alami karena relatif sepi pengunjung.

Jadi, buat kamu yang ingin menenangkan diri dengan suasana alam yang damai dan sejuk, tempat ini bisa menjadi solusi terbaik.

Lokasi: Desa Cibeurem, Sentul, Bogor.

Danau Quarry

Wisata Danau Quarry Bogor
Photo by @nazril34

Selain keindahan curug dan pegunungannya yang menakjubkan, Danau Quarry bisa jadi destinasi wisata alam lainnya yang bisa kamu sambangi saat berlibur ke Bogor.

Nama yang keren untuk sebuah danau dan ternyata pemandangannya pun tak kalah keren dengan namanya.

Tidak heran jika danau yang awalnya bernama Danau Jayamix Rumpih ini menjadi salah satu lokasi wisata hits yang difavoritkan oleh wisatawan.

Sebelum dikenal sebagai objek wisata, Danau Quarry merupakan daerah pertambangan pemecah batu yang digunakan untuk pembuatan infrastruktur beton di kota Bogor.

Seiring dengan perkembangannya, lokasi tambang ini ditutup karena dianggap mengganggu warga sekitar.

Setelah terbengkalai dalam waktu yang cukup lama, cerukan tanahnya beralih fungsi sebagai penadah hujan hingga akhirnya membentuk danau yang terlihat sangat alami.

Meskipun akses jalan menuju ke lokasi danau cukup sulit, tapi perjuanganmu untuk mencapai lokasi danau tidak akan sia-sia nantinya.

Keindahan danau dengan nuansa air berwarna hijau ini akan menghapus lelahmu seketika. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau kamu bisa hunting spot cantik untuk berselfie ria atau foto rame-rame bareng teman.

Lokasi: Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Bukit Alesano

Wisata Hits Bukit Alesano Bogor
Photo by @hilman7730

Jika di Jogja ada Bukit Bintang yang menyuguhkan spot cantik berupa pemandangan kota dari ketinggian, maka di Bogor ada Bukit Alesano.

Di bukit ini kamu akan diajak untuk menikmati kerlap-kerlip lampu kota dari atas ketinggian.

Dari bukit ini kamu juga bisa menyaksikan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak di siang hari.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan, kamu juga bisa camping di Bukit Alesano untuk memaksimalkan momen liburan kamu.

Di sana, kamu bisa menikmati keindahan panorama di sekitarnya secara lengkap, mulai dari pemandangan di sore hari hingga momen sunrise di pagi hari yang mempesona.

Lokasi: Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Curug Nangka

Wisata Hits Curug Nangka Bogor
Photo by @_lisha239

Berada di kaki Gunung Salak, Curug Nangka menawarkan pesona alam yang asri dan sejuk dengan kesegaran airnya yang masih sangat alami.

Mengunjungi objek wisata ini bisa menjadi referensi tambahan untuk kamu yang ingin menenangkan diri dan refreshing saat liburan.

Aliran airnya yang jernih dengan udara yang bersih dan lingkungan yang sejuk, membuat pikiranmu akan semakin tenang dan rileks. Jadi enggan pulang.

Menariknya lagi, saat berwisata ke Curung Nangka kamu juga bisa sekaligus menyambangi dua curug lainnya yang berdekatan, yaitu Curug Daun dan Curug Kawung yang tak kalah indahnya.

Lokasi: Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Tirta Sanita Ciseeng, Parung

Wisata Hits Tirta Sanita Ciseeng Bogor
Photo by @lutfi.ramadan17

Ingin bersantai sambil menikmati hangatnya air di pemandian air panas alami?

Langsung saja menuju ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung.

Berendam di pemandian air panas ini bukan hanya memberikan efek relaksasi saja tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan belerang alami yang ada di pemandian air panas ini diyakini berkhasiat untuk mengatasi penyakit kulit maupun tulang.

Bahkan kandungan mineral seperti garam yang ada di pemandian air panas ini juga diyakini cukup efektif untuk menghaluskan kulit.

Selain berendam, ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat plesir ke tempat ini.  Karena tempat ini juga menyediakan arena outbound, wahana permainan anak, hingga perahu dan becak mini.

Satu hal yang tak kalah menarik, di tempat ini juga menawarkan beberapa terapi kesehatan, seperti terapi bekam, terapi ikan dan bahkan terapi lintah yang bisa kamu coba jika punya keberanian.

Menarik sekali kan? di satu objek wisata saja kamu sudah bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus.

Lokasi: Desa Ciseeng, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Danau Dora

Wisata Hits Danau Dora Bogor
Photo by @ningrum_aj

Buat kamu yang ingin menikmati liburan murah meriah, berkunjung ke Danau Dora bisa menjadi pilihan tepat.

Di kawasan wisata ini kamu bisa menikmati keindahan alam yang menyejukkan sekaligus hunting spot foto keren untuk menambah koleksi di galeri foto selfie kamu.

Salah satu spot yang banyak difavoritkan adalah jembatan kayu yang terhubung ke taman.

Lokasi:  Kawasan LIPI, Jalan Jakarta-Bogor, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Curug Horden

Wisata Curug Horden Bogor
Photo by @azagizig_traveler

Nama Curug Hordeng mungkin muncul karena bentuk curug yang melebar menyerupai gorden atau hordeng dalam Bahasa Sunda.

Kesegaran air di curug ini menjadi magnet bagi siapapun untuk bermain air di aliran sungai. Namun perlu diingat untuk tetap berhati-hati karena kedalaman air di bawah curug yang semakin dalam.

Selain berfoto dan bermain air, di tempat wisata ini kamu juga bisa bersantai sambil tiduran di hammock yang ditempatkan di atas aliran air.

Sambil bersantai jangan lupa pose untuk foto terbaikmu saat liburan.

Untuk mencapai ke lokasi curug, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup menguras energi.  Tapi begitu sampai di lokasi, rasa lelahmu akan terbayar lunas.

Berwisata ke Curug Hordeng sangat cocok buat kamu yang mengaku petualang sejati.

Lokasi: Desa Cibereum, Kecamatan Sentul, Kabupaten Bogor.

Curug Cilember

Wisata Curug Cilember Bogor
Photo by @tiwan_k

Dengan ketinggian tanah mencapai 800-900 mdpl, lokasi Curug Cilember menyuguhkan suasana alam yang sangat sejuk dan menenangkan.

Aliran air yang mengalir terlihat sangat jernih dan segar sehingga kamu akan dimanjakan dengan pesona alamnya yang menawan.

Untuk mencapai lokasi curug ini hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam saja dari Kota Bogor dengan jarak kurang lebih 20 km.

Selain menikmati pesona air terjun yang masih sangat alami, kamu juga bisa singgah ke tempat wisata lain yang masih berdekatan, yaitu Taman Konservasi Kupu-kupu dan Taman Kupu-kupu.

Lokasi: Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Curug Cihurang

Wisata Hits Curug Cihurang Bogor
Photo by @pondokrasamala

Air terjun yang satu ini bisa menjadi tujuan wisata favorit saat liburan ke Bogor.

Bermain air di kolam yang cukup dangkal dengan kesegaran airnya yang alami bisa menjadi obat mujarab untuk melepas penat.

Bahkan kamu juga bisa berfoto di bawah aliran air terjun, karena kolamnya memang sangat dangkal.

Selain bermain air dan foto-foto narsis, di lokasi air terjun ini juga terdapat camping ground buat kamu yang ingin menikmati suasana di alam bebas.

Lokasi:  Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Suaka Elang Loji

Wisata Alam Suaka Elang Loji Bogor
Photo by @fauziaziezie

Di sini, kamu akan diajak untuk berinteraksi langsung dengan burung elang, salah satu predator terbesar di udara.

Sesuai dengan namanya, tempat ini bukan hanya menawarkan liburan yang berbeda tetapi juga sarat akan pesan positif.

Kamu akan diajak menjaga kelestarian alam sehingga ekosistem satwa seperti elang yang semakin langka bisa tetap terjaga dan lestari.

Lokasi: Ciburayut, Cigombong, Bogor.

Kampung Air Katulampa

Wisata Pedesaan Kampung Air Katulampa Bogor
Photo by @kampoengkatulampa

Kampung Air Katulampa menyajikan suasana pedesaan yang cukup kental dengan area persawahan, kebun buah, sungai dan danau yang menawan.

Kesan sejuk dan damai langsung terasa begitu memasuki kampung wisata ini.

Dengan akses jalan yang mudah, karena hanya berjarak sekitar 4 km saja dari gerbal tol Bogor menjadikan kampung ini sebagai destinasi hits di Bogor.

Salah satu aktivitas yang paling disenangi oleh wisatawan adalah arung jeramnya yang menantang adrenalin.

Lokasi: Jalan Bendung Katulampa No. 45, Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor.

Museum Zoologi

Wisata Edukasi Museum Zoologi Bogor
Photo by @babyprasetyo

Liburan dengan konsep edukasi bisa kamu nikmati dengan mengunjungi Museum Zoologi yang telah dibangun sejak zaman penjahahan Belanda, tepatnya pada tahun 1894.

Museum yang digagas pertama kali oleh ahli botani Jerman, J.C. Koningsberger ini awalnya difungsikan sebagai laboratorium zoologi yang digunakan untuk penelitian.

Pada perkembangannya, laboratorium tersebut berubah fungsi menjadi museum zoologi yang menyimpan berbagai macam koleksi hewan purba yang telah punah.

Lokasi: Ir. H. Juanda No. 9, Paledang, Bogor Tengah, Bogor.

Baca: 25 Destinasi Wisata Solo yang Paling Terkenal dan Hits di Social Media

Selain 27 tempat wisata di Bogor yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi destinasi wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi ketika liburan ke Bogor.

Termasuk wisata pendakian di beberapa gunung eksotis di Bogor, air terjun dan wisata hits lainnya yang sangat beragam.

Liburan ke Bogor, dijamin asik dan tak terlupakan!