15 Tempat Wisata di Enrekang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Enrekang
Loko Tojolo taken by @addas_kadir

Nyero.ID – Memiliki sebutan Bumi Massenrempulu atau daerah pinggiran gunung, tempat wisata di Enrekang memiliki pesona alam yang begitu menawan. Dengan luas wilayah mencapai 1.786,01 km², Kabupaten Enrekang dikelilingi oleh pegunungan dan bukit yang menyajikan nuansa alam dengan keindahan tanpa batas.

Di sebeah Utara kebupaten Enrekang berbatasan dengan Tana Toraja, di sebalah Selatan dengan Kabupaten Sidenreng Rappang, di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pinrang dan Tana Toraja, dan di sebelah Timur Kabupaten Luwu.

Pada mulanya, Kabupaten Enrekang adalah kerajaan besar bernama Malepong Bulan, lalu kerajaan ini bersifat Manurung dalam sebuah federasi yang menggabungkan 7 kerajaan. Kerajaan ini dikenal dengan sebutan federasi Pitue Massenrempulu.

Dengan kondisi demikian, Kabupaten Enrekang kaya akan sejarah dengan berbagai objek wisata instagramable di dalamnya. Berikut daftar tempat wisata di Enrekang terbaru dan paling hits dikunjungi saat liburan:

1. Buttu Macca Enrekang

Wisata Hits Buttu Macca Enrekang Enrekang
Photo by @linda_juliati

Destinasi wisata alam yang satu ini menyajikan panorama alam nan eksotis dan pastinya instagramable. Lokasi wisata yang dikelilingi Gunung Bambapuang dan Gunung Nona semakin menambah keelokannya. Yang pasti ada banyak spot foto selfie keren yang wajib diabadikan satu persatu. Mulai dari spot perahu, sarang telur naga, gerbang cinta, ruang tamu lengkap dengan sofanya dan spot kece lainnya yang unik.

Lokasi: Buttu Macca Kotu, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

2. Mata Dewa Enrekang

Wisata Hits Terbaru Bukit Mata Dewa Enrekang
Photo by @wall_mazryq

Ingin mendapati Milky Way atau momen Star Trail di Enrekang? maka jangan lupa berkunjung ke Bukit Dondeng. Bukit ini kerap juga dijuluki Mata Dewa oleh masyarakat setempat.

Di malam hari, tangkapan cahaya malam di sini akan tampak memukau bila kamu sedang beruntung, meskipun tidak mendapatinya kamu tidak perlu khawatir karena kerlap-kerlip kota enrekang bisa kamu jadikan alternatif lainnya.

Selain itu, baik pagi, siang, dan sore hari, objek wisata ini dapat menghasilkan foto instgramable. Destinasi ini cocok bagi kamu yang gemar hunting foto sembari menggelar tenda di atas ketinggian.

Lokasi: Mata Dewa, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

3. Bukit Butu Tande

Wisata Hits Terbaru Bukit Butu Tande Enrekang
Photo by @pangeranhidayat09

Menikmati keindahan alam dari ketinggian, juga dapat kamu lakukan di Butu Tande, salah satu bukit yang belakangan mulai hits di social media.

Pemandangan cantik akan tersaji di sekitar lokasi, terutama jika kamu berkunjung di pagi maupun sore hari. Momen sunset dan sunris nampak instagramble di sini.

Lokasi: Desa Kumadang, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

4. Bukit Saletta Enrekang

Wisata Hits Bukit Saletta Enrekang
Photo by @org.budiman

Puncak Saletta nan eksotis menyuguhkan keindahan alam di lereng pegunungan yang luas membentang sejauh mata memandang. Padang rumput yang terhampar rapi menjadikan bukit ini sering disebut-sebut sebagai Bukit Teletubbiesnya Enrekang.

Lokasi: Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

5. Buttu Gigi Enrekang

Wisata Hits Terbaru Buttu Gigi Enrekang
Photo by @fhitrychelsea

Satu lagi destinasi bukit yang tidak boleh kamu lewatkan di Tindalun, yaitu Buttu Gigi. Tidak sama dengan bukit lainnya yang lebih dulu terkenal, Buttu Gigi merupakan bukit padang savana baru yang dibentuk atas dasar inisiatif remaja setempat.

Objek wisata Buttu Gigi sejatinya berdekatan dengan Gunung Bambapuang, tidak jauh Buttu Mecca dan Bukit Saletta. Ketiga objek wisata ini berada di perkampungan Kotu.

Lokasi: Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

6. Buntu Sumbang Enrekang

Wisata Hits Terbaru Buntu Sumbang Enrekang
Photo by @lilika_97

Buntu Sumbang termasuk dari jejeran destinasi baru di Enrekang, mulai dikelola sekitar Juni 2017. Selain menawarkan keindahan hutan pinus, di pagi hari kamu bisa menikmati keindahan sunrise yang nampak dari arah gunung Latimojong.

Di sini kamu akan dimanjakan dengan spot foto kekinian seperti bambu runcing, jembatan selfie, pintu langit, sayap malaikat, hingga bacround bunga mawar.

Lokasi: Kelurahan mataran, kecamatan Anggereja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

7. Dante Pine Enrekang

Wisata Hits Dante Pine Enrekang
Photo by @janejamlu

Jika sebelumnya ada wisata Cekong Hills yang menawarkan wahana extrem, saat ini Dante Pine menjadi satu-satunya spot wisata dengan wahana extrem di Sulawesi Selatan. Mulai dari tarzan swing, flying fox sejauh 500 meter, dan permainan seru lainnya yang memicu adrenalin. Beberapa spot foto kece juga berada di ketinggian dengan pemandangan jurang di bawahnya.

Lokasi: Jl. Poros Enrekang-Toraja, Tanete, Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

8. Bukit Miallo Enrekang

Wisata Hits Bukit Miallo Enrekang
Photo by @rimba_lumut

Menikmati keindahan alam dari atas ketinggian bisa dilakukan di Bukit Miallo yang letaknya sekitar 30 km dari Kota Enrekang. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan sepeda motor, dan wisatawan akan disuguhi dengan pesona alam di ketinggian layaknya negeri di atas awan.

Lokasi: Dusun Panassang, Desa Tallu Bamba, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

9. Waterbak Matua Enrekang

Wisata Hits Waterbak Matua Enrekang
Photo by @fiani.alfiani

Waterbak Matua merupakan permandian unik dengan view lanscape pegunungan indah. Pemandian ini terlihat seperti bak penampungan air ketimbang kolam berenang dari sinilah nama tersebut muncul, yaitu Waterbak Matua.

Waterbak ini berada di kedalaman 1,5 – 2 meter, sehingga diperuntukkan bagi yang bisa berenang. Cocok bagi kamu yang hobi berenang.

Lokasi: Matua, Kecamatn Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

10. Air Terjun Laburan

Wisata Hits Air Terjun Laburan Enrekang
Photo by @rinaldiherman25

Keindahan air terjun di tempat ini sangat mempesona. Dengan ketinggian sekitar 15 meter dan lebar 10 meter, aliran air terjun yang berasal dari pegunungan Bambapuang ini terasa begitu menyegarkan. Kicauan burung dan gemericik air menjadi simphony alam yang menyejukkan pikiran.

Lokasi: Dusun Singki, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

11. Air Terjun Kajejen

Wisata Hits Air Terjun Kajejen Enrekang
Photo by @ihsansip

Di objek wisata ini pengunjung bisa menikmati sensasi liburan seru dengan bermain water tubing.  Pada akhir pekan, wisatawan juga bisa camping di kawasan wisata ini.

Lokasi: Bisang, Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

12. Air Terjun Lagandang

Wisata Hits Air Terjun Lagandang Enrekang
Photo by @addas_kadir

Dengan ketinggian air sekitar 40 meter, pengunjung akan dimanjakan panorama alam yang begitu mengagumkan. Sensasi segarnya air terjun yang mengalir dari pegunungan menciptakan hawa sejuk yang menyegarkan pikiran.

Lokasi: Dusun Benteng Banua, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

13. Hutan Pinus Baredok

Wisata Hits Hutan Pinus Baredok Enrekang
Photo by @pinusbaredok

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa berkemah atau sekedar jalan-jalan menikmati keindahan alam sembari hunting spot foto keren. Udara yang sejuk dan lingkungan yang asri sangat cocok untuk ngadem dan menenangkan pikiran.

Lokasi: Dusun Pasongken, Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

14. Kebun Massenrempulu

Wisata Hits Kebun Raya Massenrempulu Enrekang
Photo by @pratiwirara

Objek wisata andalan Kabupaten Enrekang ini memiliki berbagai macam koleksi tanaman baik dari dalam maupun luar negeri. Ada beberapa taman yang bisa dikunjungi, seperti Taman Palem, Taman Hias, Taman Wangi, Taman Obat dan taman lainnya yang menarik. Di kebun raya ini juga terdapat kolam ikan dengan jenis ikan yang cukup beragam.

Lokasi: Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

15. Pemandian Lewaja

Wisata Hits Pemandian Alam Laweja Enrekang
Photo by @che_uppy

Pemandian alam ini menawarkan sensasi liburan seru dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Sembari bermain air, pengunjung juga bisa sekaligus menikmati sejuknya hawa pegunungan yang masih sangat alami.  Cocok buat refreshing di akhir pekan.

Lokasi: Bisang, Kelurahan Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Baca: 10 Tempat Wisata di Wajo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi