27 Tempat Wisata di Garut yang lagi Hits & Instagramable tahun Ini

Tempat Wisata di Garut

Nyero.ID – Garut memiliki banyak potensi wiasata unggulan yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Letaknya yang tidak begitu jauh dari Bandung bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyambangi wisata Garut yang cukup beragam.

Mulai dari Gunung Papandayan yang eksotis, Gunung Cikuray dengan keindahannya yang luar biasa, hingga beberapa pantai dan air terjun yang mempesona.

Ada banyak pilihan wisata menarik di Garut yang bisa dijelajahi selama liburan, mulai dari wisata alamnya yang menyejukkan, wisata hiburan keluarga, hingga wisata sejarah dan budaya yang sarat akan muatan edukasi yang bermanfaat.

Selain gunung, pantai dan air terjun, berikut ini adalah 20 lebih tempat wisata Garut yang lagi hits dan rekomended untuk dikunjungi.

1. Leuwi Jurig

Wisata Leuwi Jurig Garut
Photo by @sandyseptianramadhan95

Leuwi Jurig merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang memiliki magnet luar biasa bagi wisatawan karena pemandangannya yang mempesona.  Dalam bahasa Sunda Leuwi Jurig memiliki arti “Kolam Setan”.  Meskipun namanya agak menyeramkan, tapi pemandangan alamnya dijamin membuat siapapun akan berdecak kagum dan terpesona.

Aliran air yang jernih diantara dua tebing menyajikan panorama alam yang begitu mengagumkan.  Berenang menikmati segarnya air bisa menjadi salah satu cara untuk menikmati liburan seru di Grand Canyon mini ala Garut ini.

Lokasi: Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

2. Situ Bagendit

Wisata Alam Situ Bagendit Garut
Photo by @fadlan_sabil

Danau atau Situ Bagendit hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Garut, tepatnya di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.  Objek wisata alami di Garut ini menjadi salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.  Selain  karena menyajikan pemandangan alam yang memikat, lokasi wisatanya juga mudah untuk diakses.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat yang sejuk ini, mulai dari berkeliling danau dengan rakit bambu ataupun bebek air, menikmati serunya suasana di arena bermain hingga menjelajahi pasar tradisional yang ada di sekitar danau.

3. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Wisata Candi Cangkuang Garut
Photo by @adit.arifian

Candi Cangkuang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya di Garut yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Candi ini terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Letak candi ini berada di sebuah daratan di tengah danau.  Untuk sampai ke lokasi candi, pengunjung harus menyeberangi danau menggunakan rakit.  Selain candi, di lokasi ini juga terdapat Kampung Pulo yang merupakan pemukiman adat.

4. Kawasan Wisata Cipanas Garut

Kawasan Wisata Cipanas Garut
Photo by @aiyusetia

Satu lagi wisata Instagramable yang patut dipertimbangkan yaitu kawasan wisata Cipanas.

Kawasan wisata Cipanas Garut merupakan salah satu objek wisata yang diunggulkan di Garut, letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Garut membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Terlebih dengan pemandangan alamnya yang begitu memukau karena letaknya berada di kaki Gunung Guntur dengan hawa sejuk pegunungan yang menyegarkan.  Di kawasan ini ada banyak lokasi pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam.

5. Kawasan Wisata Darajat Garut

Kawasan Wisata Darajat Garut
Photo by @garuttripplanner

Selain kawasan Cipanas, kawasan wisata Darajat Garut juga sangat populer di kalangan wisatawan.  Terletak di sekitar 25 km dari pusat kota Garut, objek wisata ini menyajikan pemandangan yang luar biasa karena berada di ketinggian.

Berada di lokasi ini pengunjung bisa dengan leluasa menikmati pemandangan lembah di bawahnya yang mempesona.  Sama seperti di Cipanas, di kawasan wisata ini juga terdapat banyak pilihan kolam pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam dan bersantai.

6. Karacak Valley

Wisata Karacak Valley Garut
Photo by @musalamfirman

Objek wisata Garut yang baru diresmikan pada bulan Agustus 2016 ini pada awalnya merupakan perkebunan kopi dan hutan pinus, Namun dengan potensi wisata alamnya yang memukau, tempat ini kemudian dikembangkan sebagai kawasan wisata yang menarik dan banyak difavoritkan oleh wisatawan.

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa refreshing dan menikmati keindahan alam dengan leluasa. Selain itu terdapat juga fasilitas camping ground bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam terbuka dengan berkemah.

Di kawasan wisata ini juga terdapat air terjun yang bisa disambangi oleh pengunjung sehingga liburan semakin menyenangkan.  Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Lokasi: Desa Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

7. Kebun Mawar Situhapa

Pesona Kebun Mawar Situhapa Garut
Photo by @esanrwlnpurnama

Kebun Mawar Situhapa terletak di Jalan Kamojang Km 5, Samarang, Kabupaten Garut.  Objek wisata ini sebenarnya merupakan sebuah penginapan yang memiliki konsep kebun bunga dengan aneka macam warna, dan bukan hanya mawar saja.

Hamparan kebun bunga aneka warna menjadi pemandangan alam yang begitu mempesona, sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik.  Selain menikmati keindahan alamnya yang menyejukkan mata, pengunjung juga bisa menginap di penginapan bernuansa alam ini.

8. Kawah Talaga Bodas

Obyek Kawah Talaga Bodas Garut
Photo by @lukman_euy

Lokasi wisata yang satu ini bukan hanya populer sebagai objek wisata tetapi juga sangat populer sebagai kolam pemandian air panas untuk pengobatan.

Ada dua jenis tempat pemandian air panas yang bisa dipilih pengunjung, yaitu kolam air panas di kawah Talaga Bodas dengan beberapa kolam kecil terbuka dan Pancuran 7 Talaga Bodas.

9. Kawah Kamojang

Wisata Kawah Kamojang Garut
Photo by @qtonkcdi

Kawah Kamojang adalah objek wisata alam di Garut yang terletak di wilayah Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Dengan ketinggian sekitar 1.730 Mdpl, suhu udara di kawasan ini cukup dingin sehingga sangat disarankan untuk membawa jaket tebal.

Kawah ini dikelola sebagai PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) dan dibangun sejak tahun 1926 pada masa penjajahan Belanda. Setidaknya ada 23 titik kawah yang berada di lokasi ini, dimana dua diantaranya berbentuk seperti danau uap.

Konon uap yang dihasilkan kawah ini sangat berkhaisat untuk kesehatan kulit, sementara aroma uapnya juga diyakini mampu melancarkan peredaran darah dan sistem pernafasan.

10. Kebun Binatang Cikembulan

Wisata Kebun Binatang Cikembulan Garut
Photo by @puteripartina_wahyudin

Objek wisata ini terletak di Kampung Jati, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut.  Dengan suasana alamnya yang rindang dan sejuk, pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati rindangnya pepohonan sembari menyaksikan tingkah polah aneka jenis satwa yang ada.

Beberapa diantaranya bahkan termasuk binatang langka, seperti macan Tutul Jawa dan Harimau Sumatera. Kebun Binatang ini bukan hanya cocok untuk tempat rekreasi keluarga tetapi juga efektif sebagai sarana edukasi bagi anak-anak sehingga lebih mengenal keanekaragaman satwa.

Dengan jam operasional mulai pukul 09.00-17.00 WIB, objek wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas menarik bagi pengunjung.

Mulai dari gazebo, playground, ATV, kuda tunggang dan fasilitas pendukung lainnya yang cukup memadai.  Di lokasi wisata ini juga terdapat bungalow yang disewakan bagi pengunjung yang ingin menginap dan merasakan sensasi bermalam di kawasan kebun binatang.

11. Sabda Alam Water Park

Sabda Alam Water Park Garut
Photo by Mulihkagarut.wordpress.com

Taman rekreasi air ini terletak di Jalan Raya Cipanas No. 3, Tarogong Kaler, Rancabango, Kabupaten Garut.  Objek wisata ini buka setiap hari Senin-Jum’at (07.00-20.00 WIB) dan Sabtu-Minggu (07.00-21.00 WIB).

Tempat rekreasi yang resmi dibuka pada tahun 2008 ini menawarkan sensasi liburan yang seru bareng keluarga dengan berbagai wahana permaianan dan fasilitas yang tersedia.

Yang menarik, air yang mengaliri kolam renang di lokasi wisata ini berasal dari sumber air panas yang ada di kawasan Gunung Guntur Damai yang letaknya memang tidak jauh dari lokasi wisata.  Dengan view pegunungan yang mempesona, pengunjung bisa menikmati liburan seru sembari menyaksikan keelokan panorama gunung di sekitarnya.

Beberapa wahana permaian seru yang bisa dicoba oleh pengunjung antara lain adalah Nampan Tumpah, Waterboom, Waterboom Spiral, Sliderboom, Slidersboom Dewasa, Kuda Laut, Kolam Arus, Jamur Payung, Kolam Terapi Ikan, Sasak Rawayan, Flying Fox, Goa Harimau, Bungee Trampoline, dan wahana seru lainnya.

Untuk fasilitas, pengunjung tidak perlu khawatir karena taman rekreasi ini menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai, seperti mushola, toilet, food court, baby spa, free wifi, ruang ganti dan fasilitas  pendukung lainnya.

12. Darajat Pass Water Park

Destinasi Darajat Pass Water Park Garut
Photo by Infowisataoleholehgarut.blogspot.co.id

Terletak di Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, tempat rekreasi keluarga yang satu ini selalu ramai pengunjung karena menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan.

Ada banyak wahana permainan air yang bisa dicoba dengan aliran air hangat yang membuat tubuh merasa rileks dan nyaman.  Selain bermain air, pengunjung juga bisa mencoba tantangan yang lebih seru dengan kegiatan outbound dan flying fox.

Bagi pengunjung yang ingin tinggal lebih lama untuk menikmati suasana alamnya yang menyejukkan, tersedia penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap di sekitar lokasi wisata.  Demikian juga untuk keperluan isi perut, di lokasi wisata ini ada banyak tempat makan asik yang bisa dikunjungi untuk mencicipi hidangan khas Sunda yang menggugah selera.

13. Situ Cangkuang

Wisata Situ Cangkuang Garut
Photo by @yadi_hadiwiyata

Wisata Garut selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Situ Cangkuang yang letaknya tidak jauh dari Candi Cangkuang, tepatnya di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Memasuki Situ Cangkuang pengunjung akan disuguhi dengan suasana alam yang menyejukkan.  Untuk mencapai pulau kecil di tengah danau, pengunjung bisa menggunakan rakit bambu dengan tambahan ongkos yang sangat terjangkau.

14. Situ Kabuyutan

Wisata Situ Kabuyutan Garut
Photo by @dindatrian25

Terletak di Desa Pasirlayung, Kecamatan Pakanjeng, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Situ Kabuyutan menawarkan sensasi liburan yang menenangkan dengan letaknya yang cukup terpencil.

Lokasi danaunya yang dikelilingi oleh bebatuan cadas dan pohon pinus membuat suasana alam terasa semakin damai dan menyejukkan pandangan.

Pemandangan alamnya yang indah, ditambah dengan air danau yang kehijauan dan kicauan burung yang bersahutan bisa menjadi penawar penat setelah lelah dengan rutinitas harian.

15. Wisata Kawah Papandayan

Wisata Kawah Papandayan Garut
Photo by @eviyunaevi

Baru diresmikan sejak tanggal 25 Juni 2017, Wisata Kawah Papandayang sudah menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Garut.  Fasilitas berupa dua kolam renang air panas menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Dengan suhu air sekitar 30 derajat Celsius, pengunjung bisa berendam dan menikmati keindahan alam di sekitarnya yang menyejukkan.  Air panas dengan kandungan sulfur berasal dari Kawah Papandayan sehingga diyakini mampu memberikan efek yang menyehatkan.

Selain bisa berendam di kolam renang air panas, pengunjung juga bisa mengeksplore keindahan Gunung Papandayan melalui Gardu Pandang Papandayan, yang terletak di kawasan camping ground, Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.  Gardu Pandang ini bisa menjadi spot foto yang menarik karena menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan.

16. Papandayan Leisure Park

Wisata Papandayan Leisure Park Garut
Photo by @bdgpride_

Objek wisata yang baru dibuka awal tahun 2017 ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Garut.  Letaknya berada di sekitar 2 km dari Kawah Papandayan dan sebelum mencapai area Papandayan Camping Ground.

Konsep wisata yang ditawarkan Papandayan Leisure Park tidak begitu jauh berbeda dengan Papandayan Camping Ground.  Tapi di lokasi wisata ini tersedia spot-spot foto yang menarik di selfy area sehingga minat pengunjung semakin meningkat.

Tidak mengherankan bila belakangan mendadak hits di social media.

Selain menikmati keindahan alam dan berkumpul bareng keluarga di gazebo-gazebo yang disewakan, pengunjung juga bisa menjajal berbagai permainan seru yang ditawarkan.  Mulai dari hiking, flying fox, dan permainan seru lainnya.  Dengan akses yang cukup mudah, lokasi ini bisa dicapai dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja dari pusat kota Garut.

17. Hutan Mati Papandayan

Wisata Hutan Mati Papandayan Garut
Photo by @ariz_m92

Lokasi wisata yang satu ini menyajikan pemandangan unik berupa hutan mati yang mengering.  Hutan yang mengering di kawasan ini diakibatkan karena letusan Gunung Papandayan di tahun 2002 silam.  Meskipun terlihat sedikit suram, tapi lokasi wisata ini banyak dijadikan spot foto yang unik.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini dan mengabadikannya dalam sebuah foto yang artistik.  Di lokasi wisata ini aroma belerangnya cukup menyengat sehingga pengunjung disarankan untuk menggunakan masker.

18. Tebing Alam Batu Tumpang

Tebing Alam Batu Tumpang Garut
Photo by 10bulanjuli.blogspot.co.id

Wisata alam Tebing Batu Tumpang  terletak di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.  Lokasi wisata ini bisa menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang memiliki hobby panjat tebing yang memicu adrenalin.

Dengan akses yang cukup mudah karena berada di pinggir jalan,  banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata unik dan eksotis ini saat liburan. Di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan indahnya perbukitan kebun teh yang berjajar dan menghijau menyejukkan mata.

Rumah-rumah penduduk pun terlihat jelas di atas ketinggian. Banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk menjajal kemampuannya dalam olahraga ekstrem panjat tebing.

Selain menjadi arena latihan bagi para pecinta alam, Tebing Batu Tumpang juga sering digunakan sebagai sarana latihan panjat tebing bagi para Prajurit TNI dari KOSTRAD 303 Cibuluh, Garut.

19. Leuwi Tonjong

Wisata Leuwi Tonjong Garut
Photo by @ggnh20

Berada di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Leuwi Tonjong bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Objek wisata ini menyajikan pemandangan alam yang mempesona dengan aliran air terjun mini dan kolamnya yang dangkal. Udaranya juga sangat sejuk dengan panorama tebing dan perbukitan hijau nan eksotis, sangat cocok untuk spot foto di instagram.

Selain bersantai dan menikmati pemandangan alamnya, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti camping atau sekedar jalan-jalan menyusuri sungai.

Meskipun masih terbilang baru, namun objek wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti mushola, warung makan dan juga toilet sehingga pengunjung bisa berwisata dengan lebih nyaman.

20. Leuwi Jubleg

Wisata Leuwi Jubleg Garut
Photo by @taofik_maulana27

Tak kalahl cantik dengan Leuwi Tonjong, Leuwi Jubleg juga menyajikan pemandangan alam yang menyejukkan dengan aliran airnya yang jernih menyegarkan.  Terletak di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Leuwi Jubleg menyuguhkan suasana alam yang bikin “adem”.

Jubleg sendiri memiliki makna alat tumbuk tradisional yang menggambarkan bebatuan di sekelilingnya yang menyerupai jubleg. Air terjun mini dengan kolam penampungannya yang sangat jernih akan sangat menggoda siapa saja untuk merasakan kesegaran airnya yang alami.

Mengunjungi objek wisata ini bisa menjadi obat penawar yang cukup efektif untuk menetralisir rasa penat dan lelah akibat rutinitas sehari-hari.

21. Leuwi Paranje

Wisata Leuwi Paranje Garut
Photo by @rumahangin

Terletak Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, wisata alam Leuwi Paranje menawarkan sensasi liburan seru dengan melakukan kegiatan River Tubing.  Sangat menyenangkan bisa menyusuri Leuwi Paranje dengan peralatan yang cukup memadai.

Dengan biaya yang relatif terjangkau, pengunjung bisa menjelajahi keindahan pemandangan di sepanjang aliran Leuwi Paranje dengan cara yang lebih menyenangkan.

Aktivitas seru ini akan didampingi oleh pemandu sehingga pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan tingkat keamanannya.  Dengan biaya yang sangat terjangkau, pengunjung akan mendapatkan fasilitas peralatan river tubing berupa helm, body protector dan juga ban yang sangat nyaman.

Menariknya lagi, pengunjung juga akan mendapatkan welcome drink, coffe break, makan 1 kali dengan nasi liwet khas Sunda, guide, dan juga dokumentasi.  Wah, cukup lengkap kan fasilitasnya?  Tidak heran jika destinasi wisata yang satu ini sangat diminati oleh wisatawan.

22. Bukit Lolongokan

Tempat Wisata Bukit Lolongokan Garut
Photo by @riki__darmawan

Bukit Lolongokan terletak di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut.  Letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Cianjur, sehingga cukup jauh jika ditempuh dari pusat kota Garut.

Keberadaan bukit ini mungkin masih belum begitu familiar, tapi jangan tanya tentang keindahan panorama yang disajikan di atas bukit ini. Sangat indah dan instagramable.

Kata lolongokan sendiri memiliki makna menengok. Memang keindahan yang disajikan di bukit ini akan membuat siapapun menengok untuk mengaguminya.

Bukit ini berada tidak jauh dari Alun-alun Kecamatan Talegong yang identik dengan keberadaan Gong besar di tengah-tengahnya yang ikonik.

Untuk akses jalan yang lebih mudah dan dekat dengan view yang indah, rute perjalanan dari arah Kabupaten Bandung lebih disarankan, yaitu melalui Cukul, Pangalengan.

23. Graha Liman Kencana

Graha Liman Kencana Kampung Bali Garut
Photo by @sastra.sopandi

Objek wisata budaya, sejarah dan edukasi ini terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara No. 17, Cibatu, Garut. Di lokasi wisata ini pengunjung akan dibawa ke dalam suasana yang berbeda, dengan nuansa Bali dan Keraton yang khas.

Banyak orang menyebut lokasi ini dengan Kampung Bali. Selain keberadaan replika candi-candi dan pura, di sekitar lokasi juga terdapat patung-patung yang kokoh berdiri bak penjaga. Aroma dupa yang khas juga tercium di lokasi wisata ini.

Tempat wisata yang kental akan unsur etnik dan antik ini didirikan oleh H. Derajat Hadiningrat, seorang kolektor benda-benda bersejarah keturunan Keraton Solo. Hobinya mengoleksi benda-benda kuno sudah dijalani sejak tahun 2004 dan tidak terhitung berapa banyak benda koleksinya saat ini.

Sebagai gambaran, untuk benda pusaka saja ada sekitar 1000 koleksi. Mulai dari berbagai macam keris, tombak dan pusaka lainnya, termasuk tongkat komando Presiden pertama Ir. Soekarno yang juga dipamerkan di museum ini.

Salah satu koleksi keris yang cukup unik adalah Keris Ken Dedes dengan panjang sekitar 2 meter dan berat mencapai 15 kg. Untuk membuka keris ini dibutuhkan dua orang karena ukurannya yang “amazing”.

Selain pusaka, di museum ini juga terdapat koleksi wayang golek Sunda yang menjadi peninggalan Dalang ternama Almarhum H. Asep Sunandar Sunarya yang digunakan ketika pentas terakhir di wilayah Cibatu.

Bukan hanya benda-benda pusaka, di lokasi wisata ini juga terdapat Pohon African Baobab, sejenis flora langka yang bisa hidup hingga 300 tahun. Dengan luas area mencapai 30 hektare, tentunya ada banyak tempat di Graha Liman Kencana yang bisa dieksplore untuk mengetahui berbagai jenis peninggalan sejarah yang ada.

Salah satunya adalah Pendopo Adyaksa yang menyimpan koleksi tulisan tangan Abraham Lincoln, Presiden ke-16 Amerika. Untuk memasuki museum utama, pengunjung akan dikenai biaya tambahan.

Selain menyaksikan koleksi benda antik dan bersejarah, pengunjung juga bisa menginap di tempat yang telah disediakan. Salah satunya di Rumah Sunda yang akan membawa pengunjung pada kehidupan “tempo doeloe” dengan pencahayaan dari lampu petromak.

Untuk kamar mandinya pun di setting di luar ya, jadi kalau takut tinggal minta diantar oleh penjaganya. Wah, pasti bikin penasaran kan?  Bagaimana rasanya bermalam dengan suasana yang agak berbeda.  Bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan.

24. Wisata Kebun Jeruk Cigedug

Wisata Kebun Jeruk Cigedug Garut
Photo by Balitjestro.litbang.pertanian.go.id

Salah satu wisata Garut yang menarik untuk dikunjungi adalah Kebun Jeruk Cigedug yang berada di sekitar 20 km dari pusat kota Garut. Tepatnya di Desa Situgede, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut.

Selain bisa menjadi wisata hiburan, agrowisata kebun jeruk ini juga efektif untuk wisata edukasi. Dimana pengunjung akan diberikan informasi tentang cara penanaman bibit jeruk yang benar, dan juga memilih buah jeruk yang siap petik.

Dengan biaya Rp 50 ribu per orang, pengunjung akan dibekali dengan caping, keranjang bambu dan juga gunting untuk memetik buah jeruk langsung dari pohonnya.

Uniknya lagi, jeruk Garut tidak mengenal musim sehingga pengunjung bisa sewaktu-waktu datang untuk menikmati sensasi memetik jeruk dan menikmati kesegaran buahnya di lokasi wisata.

Jeruk Garut memiliki rasa manis yang dominan, dan pengunjung juga bisa membawa hasil petikannya pulang sebagai buah tangan.

25. Rumah Pohon Bukit Nangklak

Wisata Rumah Pohon Bukit Nangklak Garut
Photo by @bukitnangklak

Terletak di Kampung Nangklak, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Di lokasi wisata ini pengunjung bukan hanya akan disuguhi dengan pemandangan alamnya yang asri dan sejuk tetapi juga bisa mencoba wahana permainan baru yang cukup memacu adrenalin, yaitu Sky Bike.

Dengan lintasan berupa tali sepanjang 30 meter yang terhubung diantara pohon pinus yang menjulang tinggi. Untuk keamanan tidak perlu khawtir karena sudah dilengkapi dengan peralatan yang sesuai standar.

Selain Sky Bike, pengunjung juga bisa mencoba permainan seru paintball dan Flying fox yang menantang. Dan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menginap di rumah pohon Nangklak disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dulu karena tingginya peminat.

26. Bukit Teletubies

Wisata Bukit Teletubies Garut
Photo by @evazulfa95

Bukit Teletubies terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Garut masih satu kawasan dengan Pantai Sayang Heulang. Hamparan rumput hijau yang begitu luas menjadi daya tarik tersendiri yang akan memanjakan mata.

Di puncak bukit, pengunjung akan melihat dengan jelas indahnya pegunungan yang berjajar dan birunya lautan yang mempesona. Sejuknya udara dan indahnya panorama alam akan membuat pengunjung enggan untuk beranjak pulang.

27. Arung Jeram di Sungai Cimanuk

Wisata Arung Jeram di Sungai Cimanuk Garut
Photo by @macant0030_

Arus Sungai Cimanuk yang begitu deras menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi liburan dengan cara yang lebih seru dan menantang.

Di lokasi wisata ini pengunjung akan diajak menjelajahi derasnya Sungai Cimanuk dengan melintasi area hutan bambu, tebing-tebing yang tinggi nan eksotis hingga persawahan yang luas membentang.

Dengan lebar sungai sekitar 8 meter dengan kedalaman kurang lebih 6 meter, para wisatawan akan mendapatkan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan.

Baca Juga: 22 Daftar Tempat Wisata di Lembang yang Harus Masuk List Liburanmu

Wisata Garut menjadi salah satu destinasi menarik yang bisa dikunjungi saat liburan. Selain 10 tempat wisata di atas, tentu masih banyak lagi ragam destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik.

Jangan lupa juga untuk menjelajahi kekayaan kuliner khas Garut yang menggugah selera. Selain Dodol Garut, wisatawan juga bisa mencicipi Soto Ayam Garut, Baso Aci, Opak Bungbulang, Es Goyobod, dan jajanan khas lainnya. Nah, kapan rencana liburan ke Garut akan direalisasikan?