22 Tempat Wisata di Jakarta paling Asik untuk Liburan bareng Keluarga tahun 2018!

Tempat Wisata di Jakarta paling Asik untuk Liburan bareng Keluarga

Nyero.ID – Jakarta, ibukota dari negara ini memiliki magnet tersendiri bagi banyak orang. Tidak mengherankan jika setiap tahun jumlah pendatang senantiasa meningkat.

Problematika seperti macet, banjir dan pemukiman yang semakin sempit seolah tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan segudang harapan untuk mengadu nasib di ibukota, tempat semua peluang seolah ada.

Terlapas dari hal itu, seperti daerah lain di Indonesia ada banyak tempat wisata di Jakarta yang semakin menambah daya tarik ibukota.

Destinasi wisata di Jakarta bisa menjadi sarana rekreasi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk lebih mengenal potensi wisata di ibukota.

Selain Tugu Monas dan Taman Mini Indonesia Indah yang begitu ikonik, berikut ini adalah daftar tempat wisata lainnya di Jakarta yang asik untuk dikunjungi bareng keluarga.  Yuk, langsung saja ke TKP!

1. Taman Impian Jaya Ancol

Wisata Taman Impian Jaya Ancol Jakarta
Photo by @jimperangin

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jakarta.

Terletak di Jalan Lodan Timur No. 7, RW 10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, obyek ini menyajikan aneka ragam wahana dengan berbagai keunikan dialamnya sehingga sangat menarik untuk dijelajahi satu persatu.

Selain taman dan pantai yang menggoda, berikut ini adalah beberapa wahana di kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang bisa disambangi bareng keluarga.

a. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi merupakan pusat rekreasi outdoor dan menjadi kawasan edutainment fisika terbesar di Indonesia dengan wahana permainan berteknologi tinggi.

Setidaknya ada sekitar 22 wahana permainan seru di Dufan yang bisa kamu jajal. Seperti wahana Turangga-rangga Dufan atau komidi putar, Bianglala, Gajah Bledug, Kora-kora, Hysteria, Kicir-kicir, Tornado, Istana Boneka, Happy Feet, Halilintar dan masih banyak lagi wahana seru lainnya.

b. Sea World

Tempat wisata dengan konsep edukasi dunia bawah laut ini menjadi salah satu spot wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Mengusung tema hiburan, tempat wisata ini menggabungkan edukasi dengan konservasi biota laut.

Berbagai macam jenis ikan dan spesies laut hidup dalam akuarium raksasa sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati keindahan alam bawah laut melalui terowongan unik.

c. Samudera Dolphin Park Ancol

Atraksi lumba-lumba yang sangat lincah dan cerdas dapat kamu temukan di sini, sangat menarik untuk disaksikan bareng keluarga.

Kamu juga bisa ikut berinteraksi secara langsung dengan lumba-lumba dan membawa pengalaman yang pastinya tak terlupakan.

Selain lumba-lumba di tempta wisata ini juga menampilkan atrakasi singa laut dan burung kakatua yang tak kalah lucunya.

d. Ocean Ecopark

Ocean Ecopark bisa jadi wisata favorit kamu dengan keluarga tercinta, di sini kamu bisa melakukan aktivitas seru yang menyenangkan.

Beberapa wahana yang bisa kamu coba antara lain adalah Outboundholic, Rumah Energy, Kano, Rumah Lebah, Learning Farm dan wahan seru lainnya.

e. Atlantis Water Adventure

Pengalaman seru dan tak terlupakan juga dapat kamu temukan di sini, berbagai petualangan seru yang cukup memicu adrenalin menjadi salah satu alasannya.

Terdapat Crazy Water Slide dengan ketinggian 18,6 meter dan 22,8 meter dan panjang lintasan 122 meter dan 149 meter.

Wahana ini disebut-sebut sebagai wahana tertinggi dan terpanjang di Indonesia.  Berani coba?

2. Kidzania Jakarta

Wisata Kidzania Jakarta
Photo by @anesmoto

Terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Kidzania hadir sebagai pusat hiburan anak-anak dengan konsep edutainment yang menarik.

Di tempat wisata ini anak-anak bisa belajar mengenai berbagai macam profesi dan memerankannya secara langsung seolah sedang bekerja sesuai profesi yang mereka pilih.

Objek wisata ini berbentuk miniatur kota berukuran anak-anak lengkap dengan bangunan seperti rumah sakit, kawasan industri dll.

Di tempat ini juga, mereka akan belajar berinteraksi dengan anak lainnya yang memiliki profesi berbeda.

3. Ice Skating Sky Rink

Wisata Ice Skating Sky Rink Jakarta
Photo by @vidiasafitriaisyah

Bermain ice skating Sky Rink bisa jadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan dengan sensasi yang berbeda.

Dengan temperatur yang begitu dingin, obyek wisata ini dibentuk berdasarkan situasi dan kondisi sebenarnya, sehingga fasilitas yang dibutuhkan pun tersedia di tempat ini. Mulai dari sarung tangan hingga kaus kaki.

Untuk mendapatkan potongan harga, pastikan berkunjung pada hari-hari tertentu sesuai dengan program promo yang sedang diadakan.

Bermain Ice skating di Taman Anggrek Mall Jakarta ini bisa menjadi alternatif liburan seru selain liburan berkonsep outdoor.

4. Planetarium Jakarta

Wisata Planetarium Jakarta
Photo by @planetariumjkt

Objek wisata edukasi di Jakarta ini terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Kamu akan diajak menjelajahi ruang angkasa luar dengan taburan bintang dan planet, mirip seperti apa yang telah dipelajari di sekolahan.

Suasana langit malam yang begitu tenang dengan rangkaian bintang yang bertaburan menjadi sebuah pemandangan yang menenangkan.

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, kamu bisa menikmati suasana yang berbeda sekaligus belajar tentang alam semesta, khususnya benda-benda langit yang mempesona.

5. Kebun Binatang Ragunan

Wisata Kebun Binatang Ragunan Jakarta
Photo by @lisaferani

Kebun Binatang Ragunan terletak di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di sini, kamu bisa menemukan lebih dari 2.000 ekor satwa dari berbagai macam spesies.

Selain ragam satwa yang cukup banyak, di tempat ini kamu juga bisa menyaksikan wisata hutan torpis mini dengan lebih dari 50.000 koleksi tumbuhan.

Berjalan-jalan menikmati suasana alam sembari menyaksikan tingkah lucu para binatang bisa, tentu merupakan pengalaman seru yang terlupakan.

Selain menyaksikan keanekaragaman satwa dan tumbuhan, ada beberapa fasilitas lain yang bisa kamu eksplorasi lebih lanjut.

Sebut saja Taman Refleksi, Pusat Primata Schmutzer, Taman Satwa Anak, hingga Sarana Rekreasi yang menyenangkan.

Jangan lupa mengabadikan momen terbaikmu dengan menunggai beberapa binatang jinak khususnya unta dan gajah.

Baca: Inilah 27 Tempat Wisata di Garut yang akan Membuat Liburanmu Semakin tak Terlupakan

6. Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta
Foto by Infonitas.com

Padatnya kota Jakarta ternyata masih menyisakan lahan seluas 210 hektar yang masih hijau dan asri, tepatnya di Bumi Perkemahan.

Selain difungsikan sebagai bumi perkemahan, di kawasan wisata Cibubur juga terdapat lapangan terbang dengan landasan pacu 1000 meter yang digunakan untuk latihan dan olaraga kedirgantaraan.

Bumi perkemahan ini mampu menampung peserta kemah hingga 20 ribu orang dan identik dengan penyelenggaraan Jambore Nasional yang rutin diadakan setiap tahun.

Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini pun cukup lengkap, mulai dari kolam renang, kawasan hutan wisata, danau, tempat ibadah untuk 5 agama, toilet, cafetaria, taman lalu lintas, dll.

Lokasi: Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

7. Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir Jakarta
Photo by @kampungmaincipulir

Meskipun di kawasan ini padat penduduk namun objek wisata ini menyajikan suasana pedesaan yang cukup kental dengan berbagai kegiatan atraktif yang sarat akan muatan edukasi.

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 3,5 hektare, kamu bisa menjelajahi kawasan wisata yang asri dan melakukan kegiatan liburan yang menyenangkan.

Mulai dari berkuda, outbound, fliying fox, ATV, berenang, futsal, trampoline dll.  Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap sehingga kamu bisa menikmati liburan dengan suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Lokasi: Jl. Masjid Cidodol, Gg. H. Sairi No. 1A, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

8. Kuntum Farmfield Jakarta

Kuntum Farmfield Jakarta
Photo by @regnbue.school

Kuntum Farmfiled menawarkan sensasi liburan keluarga yang menyenangkan sekaligus mengedukasi. Hanya butuh waktu perjalanan sekitar 20 menit dari Tol Jagorawi, kamu bisa menikmati pengalaman liburan yang berbeda dan seru.

Konsep peternakan diusung guna menyajikan suasana peternakan yang menarik untuk dijelajahi.

Aneka ragam hewan ternak ada di lokasi wisata ini, mulai dari sapi, kambing, kelinci, burung, kolam ikan dan juga perkebunan.

Kamu bisa berinteraksi dengan hewan ternak secara langsung, dengan cara memberi makan sayuran sekaligus bermain-main dengan hewan ternak.

Terutama kelinci dan kambing yang dibiarkan lepas di area kandangnya.

Menariknya lagi, di lokasi ini terdapat kolam ikan yang cukup dangkal hanya sebatas mata kaki yang berisi sekitar 20 ikan air tawar yang bisa ditangkap dan dibawa pulang dengan harga yang cukup terjangkau.

Di lokasi wisata ini juga terdapat kebun sayur organik dan tanaman herbal yang bermanfaat untuk pengobatan alami.

Sembari mengajak anak-anak liburan, para orangtua bisa belajar tentang manfaat tanaman herbal dan memetik sayuran organik untuk dibeli dan dibawa pulang sebagai buah tangan.

9. Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta
Photo by @tina_sirat

Kawasan wisata alam ini bisa menjadi solusi paling tepat untuk sejenak menyingkir dari hiruk pikuk kota Jakarta.

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 99,82 hektare, kamu akan diajak menikmati suasana alam yang asri dengan rindangnya hutan mangrove yang menghijau.

Di beberapa bagian terdapat bangunan yang difungsikan sebagai area restoran dan juga penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam dan melepas penat.

Di lokasi wisata alam ini kamu bisa berfoto dengan spot hutan mangrove sebagai backgroundnya.  Selain itu, bisa juga berkeliling kawasan hutan mangrove dengan menyewa perahu.

Kamu bisa memilih jenis perahu yang diinginkan, apakah yang menggunakan mesin atau mau mendayung sendiri dengan perahu tradisional.

Lokasi: Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

10. Wisata Jakarta Aquarium

Wisata Jakarta Aquarium
Photo by @_gaia_manolo_

Objek wisata merupakan area konservasi satwa yang bekerjasama dengan Taman Safari dan KLCC.  Taman wisata ini menampilkan keanekaragaman hayati satwa air dan darat yang ada di Indonesia.

Ada beberapa atraksi dan wahana seru di Jakarta Aquarium yang bisa kamu coba, seperti Otter Tunnel berupa terowongan kaca yang bisa kamu gunakan untuk mengamati tingkah lucu berang-berang dan Touch pool atau kolam sentuh yang akan mengajak kamu untuk menyentuh satwa air secara langsung.

Di objek wisata ini kamu juga bisa menyelam bersama ikan hiu, namun hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah memiliki sertifikat selam.

Kegiatan ini akan dipandu oleh seorang instruktur yang berpengalaman sehingga lebih terjamin keamanannya.

Bagi kamu yang belum memiliki sertifikat selam, bisa tetap mengikuti kegiatan Seatrekking untuk menyaksikan atraksi satwa laut di dalam air.

Pada aktivitas ini kamu akan dilengkapi dengan helm dan oksigen untuk membantu aktivitas di dalam air.

Kamu juga bisa menyaksikan Pearl of The South Sea yang menggabungkan antara atraksi satwa dengan pertunjukan teatrikal yang diangkat dari cerita rakyat.

Lokasi:  Pusat perbelanjaan Neo Soho Floor LG 101-LGM 101, Jalan Letjen. S. Parman No. 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

11. Kampoeng Cina Jakarta

Kampoeng Cina Jakarta
Foto by Serempak.id

Kampoeng Cina merupakan bagian dari Kampoeng Wisata, yang di dalamnya terdapat empat kampung yaitu Kampoeng Indonesia, Kampoeng Cina, Kampoeng Amerika dan Kampoeng Jepang.  Namun diantara keempat tema kampung yang ada, Kampoeng Cina-lah yang saat ini masih banyak diminati oleh wisatawan.

Pada momen tertentu di kawasan wisata ini bisa dijumpai atraksi menarik seperti barongsai dan juga bazaar.

Bangunan unik dengan gaya arsitektur Cina menjadi pemandangan yang menarik sehingga bisa jadi spot foto yang menawan.

Lokasi: Kompleks perumahan Kota Wisata Cibubur, Jakarta.

12. Snowbay Watertainment TMII

Snowbay Watertainment TMII Jakarta
Foto by Water-parks.blogspot.co.id

Konsep tempat rekreasi ini cukup unik karena di sekelilingnya terdapat background pegunungan salju buatan, sehingga memberikan kesan yang dingin dan sejuk.

Setidaknya ada 10 jenis permainan seru yang bisa dicoba oleh pengunjung, yaitu Tube Coaster dengan ketinggian 14 meter, Snowbay Beach dengan design pantai yang berombak, Hurricane, Flush Bowl, Giant Bucket, Kolam Arus, Cool Running, Spa Zone, Todle Zone & Kiddy Area, dan juga Food Court yang akan memanjakan lidah pengunjung.

Lokasi:  kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), jl.  Raya Taman Mini Jakarta Timur (Cipayung).  Jakarta

13. Museum Fatahillah Jakarta

Wisata Bersejarah Museum Fatahillah Jakarta
Photo by @mahardhikaridha

Museum ini juga dikenal dengan sebutan Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta.

Ada beberapa ruangan museum dengan berbagai koleksi bersejarah yang bisa kamu jelajahi.  Seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Sultan Agung dan Ruang MH. Thamrin.

Koleksi peninggalan sejarah di museum ini cukup lengkap, seperti mebel antik dari abad ke-17, hingga yang paling populer adalah meriam si Jagur yang ikonik dan dianggap memiliki kakuatan magis.

Selain itu ada juga koleksi pedang eksekusi, lukisan Gubernur Jenderal VOC Hindia Belanda yang berkuasa sejak tahun 1602-1942.

Setidaknya ada 23.500 koleksi bersejarah peninggalan Oud Batavia Museum dan juga berbagai benda purba zaman pra sejarah yang ada di museum ini.

Di lokasi wisata ini, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas, seperti wisata kampung tua, workshop sketsa gedung tua, nonton film jadul, pentas seni ala Jakarta, jelajah malam museum dengan peserta minimal 20 orang dan kegiatan lainnya yang menarik untuk dicoba.

Fasilitas di museum ini juga cukup lengkap, mulai dari perpustakaan dengan 1200 koleksi judul buku, kantin museum dengan menu khas Betawi, toko souvenir, mushola, ruang pertemuan dan pameran, sinema Fatahillah serta taman dalam dengan luas lebih dari 1000 meter persegi.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No. 2, Jakarta.

14. Museum Wayang Jakarta

Wisata Museum Wayang Jakarta
Photo by @sifrapeylika

Pada awalnya museum ini merupakan bangunan gereja yang dibangun pada tahun 1640 dengan nama De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda.

Setelah renovasi di tahun 1732 dan berubah nama menjadi gereja Baru Belanda, serta sempat mengalami kerusakan parah akibat gempa di tahun 1808, akhirnya di tahun 1975 gedung ini diresmikan sebagai Museum Wayang, dengan beberapa ruangan yang masih terlihat sebagai bagian dari gereja lama dan baru.

Di museum ini terdapat berbagai koleksi wayang dan boneka yang bukan hanya berasal dari Indonesia saja tetapi juga dari negara lain, seperti Thailand, Tiongkok, Vientam, Suriname, India dan juga Kolombia.

Ada lebih dari 4000 koleksi wayang dan boneka yang dipamerkan di museum ini, selain juga gamelan dan topeng.

Beberapa jenis wayang yang dipamerkan sangat beragam, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang beber, wayang rumput, wayang janur hingga wayang kardus.

Museum ini buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-15.00 WIB dan rutin menyelenggarakan pagelaran wayang setiap minggu ke-2 dan minggu ke-3 setiap bulannya.

Museum ini bisa menjadi destinasi wisata sejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Lokasi:  kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat.

Baca: 36 Tempat Wisata di Bali yang paling Hits dan Instagramable, Dijamin Foto Kamu bakal Panen “Like”

15. Museum Bahari Jakarta

Wisata Museum Bahari Jakarta
Photo by @restituta

Museum ini menampilkan sejarah kelautan nusantara dengan berbagai bentuk perahu tradisional yang menjadi bukti tangguhnya nenek moyang bangsa Indonesia sebagai pelaut ulung.

Mulai dari perahu Phinisi, perahu Jukung Karere, hingga Perahu Lancang Kuning bisa disaksikan di museum ini.

Termasuk perahu bercadik (Cadik Nusantara) yang pernah digunakan oleh Pemuda Pelopor Effendy Soleman untuk berlayar dari Jakarta menuju ke Brunei Darussalam pulang pergi seorang diri.

Selain koleksi perahu tradisional asli maupun replika, di museum ini juga terdapat benda-benda peninggalan Belanda, alat navigasi dan juga beberapa lukisan.

Lokasi: Jl. Pasar Ikan No. 1, Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara.

16. Museum Joang ‘45 Jakarta

Museum Joang ‘45 Jakarta
Photo by @travelingabe

Museum Joang ’45 diresmikan pada tahun 1974 dan menjadi tempat untuk menyimpan koleksi benda-benda bersejarah di Indonesia.

Termasuk beberapa koleksi foto dokumentasi dan lukisan tentang perjuangan bangsa dalam melawan penjajah di tahun 1945-1950-an.

Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, mulai dari perpustakaan, bioskop joang ’45 yang digunakan untuk menyaksikan film-film dokumenter, foto studio dengan kostum pejuang, ruang bermain anak yang berguna untuk mengasah kreativitas anak, hingga toko  souvenir dan plaza untuk aktivitas outdoor yang menghibur berupa teater anak.

Lokasi: Jl Menteng Raya No. 31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

17. Rumah si Pitung Jakarta

Wisata Rumah si Pitung Jakarta
Photo by @ameliasonata85

Siapa yang tak kenal dengan Si Pitung, tokoh jawara asli Betawi yang namanya melegenda sebagai sosok yang selalu membela kaum tertindas pada masa penjajahan Belanda.

Nah, bagi kamu yang ingin napak tilas jejak Si Pitung, bisa mengunjungi Rumah Si Pitung.

Konon rumah panggung yang diyakini menjadi tempat tinggal Si Pitung ini merupakan milik saudagar kaya H. Syaifuddin yang dirampok oleh Pitung dan kawan-kawannya untuk membantu rakyat miskin.

Rumah ini telah ditetapkan sebagai salah satu benda cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah.

Di Rumah Si Pitung ini kamu bisa menyaksikan perabotan kuno di area ruang tamu dan juga patung dengan pakaian khas Betawi, serta lampu gantung kuno di atas meja.

Sebuah tulisan yang ada dalam ruangan tersebut menceritakan bagaimana sepak terjang Si Pitung yang selalu lolos dari kejaran penjajah Belanda, termasuk aksinya yang suka merampok saudagar kaya antek Belanda untuk membantu rakyat miskin yang menderita.

Meskipun mengalami beberapa kali renovasi dan benda-benda yang dipajang merupakan replika.  Namun ornamen dinding dan lantai kayu bernuansa coklat, serta perlengkapan rumah yang terlihat kuno seolah membawa kamu untuk kembali pada masa-masa dahulu ketika Si Pitung masih ada dan melawan penjajahan.

Lokasi: Jl. Kampung Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

18. Cibubur Garden Diary (Cibugary)

Cibubur Garden Diary Jakarta
Foto by Wisataterindah.net

Objek wisata Cibubur Garden Diary menyajikan konsep wisata dengan nuansa alam peternakan dan perkebunan di kawasan Cibubur.  Bisa kamu jadikan destinasi wisata edukasi yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburan.

Ada banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh pengunjung, terutama anak-anak yaitu memberi makan ternak, memerah susu sapi, ikut memandikan hewan ternak dan juga melihat bagaimana proses setelah memanen susu sapi.  Di kawasan wisata ini pengunjung bisa menikmati lezatnya susu segar dan juga yoghurt aneka rasa yang menyehatkan.

Lokasi: Kompleks Peternakan DKI Blok C Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

19. Taman Wisata Lebah

Taman Wisata Lebah Jakarta
Photo by @twl_madupramuka

Taman wisata ini resmi dibuka pada bulan Februari 2005 dengan mengusung konsep edukasi dan training center.

Area taman yang cukup luas dengan pepohonan yang rindang menyajikan suasana alam yang menyejukkan.  Di beberapa tempat terlihat kotak-kotak kayu yang digunakan sebagai sarang lebah.

Di lokasi wisata ini juga terdapat area bermain bagi anak-anak dengan alat permainan yang cukup standar.  Kolam air dan beberapa tempat bertenduh seperti goa menjadi pemandangan yang cukup menarik.

Selain terbuka untuk pelatihan bagi masyarakat yang ingin membudidayakan lebah, di tempat wisata ini juga tersedia fasilitas terapi sengatan lebah yang konon berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.  Di tempat wisata ini juga tersedia berbagai macam jenis madu yang bisa dibeli sebagai buah tangan.

Lokasi: Kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

20. Museum Kehutanan Manggala Wanabakti

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta
Foto by Klikalamat.com

Museum Kehutanan Manggala Wanabakti menyajikan konsep kehutanan yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu mengenai segala yang ada di hutang.

Berbagai jenis koleksi kayu dari hutan Indonesia bisa disaksikan di museum ini, termasuk diantaranya adalah hasil hutan yang cukup beragam.

Di museum ini dijelaskan tentang aneka jenis dan tipe hutan yang ada di Indonesia.  Mengunjungi museum ini bisa menjadi sarana untuk mengenal lebih jauh tentang kehutanan di Indonesia.

Termasuk menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan hutan.

Lokasi: Kompleks Kementrian Kehutanan atau di samping Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD.  Tepatnya di Jalan Jend. Gatot Subroto, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

21. Kawasan Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua Jakarta
Photo by @wijafajar

Kawasan Kota Tua Jakarta menjadi salah satu lokasi strategis untuk menyaksikan berbagai peninggalan sejarah, bangunan bergaya Eropa pun tidak luput dari pandangan mata bila ada di sini.

Selain menikmati suasana “tempo doeloe” yang begitu kental, kamu juga bisa menjelajahi beberapa objek lainnya seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Toko Merah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Menara Syahbandar, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari dan Petak Sembilan Pecinan.

22. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta
Photo by @ridvandani.dwipa

Serunya wisata bareng keluarga bisa dilengkapi dengan singgah ke Masjid Istiqlal untuk wisata religi yang menenangkan.

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini dibangun sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan RI setelah dijajah selama ratusan tahun oleh Kolonial Belanda.

Bangunan yang megah dengan gaya arsitektur yang indah membuat masjid ini semakin terlihat menakjubkan.

Berlokasi di tempat strategis memudahkan akses jamaah yang ingin melaksanakan ibadah di masjid ini.

Masjid ini berada di Jalan Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat dan berhadapan dengan Gereja Katedral.

Baca: 30 Tempat Wisata di Bandung yang Kecenya Kebangetan

Itulah beberpa tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi bareng keluarga saat liburan tiba.

Selain 22 objek wisata tersebut, tentunya masih ada ragam wisata lainnya yang tak kalah menarik. Jadi, apakah sudah ada rencana liburan akhir pekan ini mau kemana?