9 Tempat Wisata di Luwu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Luwu
Bukit Tiromanda taken by @nidha_thaleco

Nyero.ID – Bingung mencari tempat wisata di Luwu? Jangan khawatir, karena ulasan di bawah ini dilengkapi dengan berbagai macam destinasi hits pilihan yang rekomended dikunjungi.

Secara geografis, Kabupaten Luwu berbetasan dengan Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Tana Toraja di sebelah Utara, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Wajo di sebelah Selatan, Kabupaten Tana Toraja dan Enrekang di sebelah Barat, dan Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di sebelah timur. Uniknya, wilayah kebupaten Luwu terbagi dua yang dipisahkan oleh Kota Palopo, sebuah daerah otonom.

Dari kondisi geografis tersebut, ada beragam destinasi wisata yang menarik di kunjungi di Luwu. Seperti wisata alam, tempat bersejarah, tempat nongkrong, tempat hunting foto, hingga spot wisata istagramable kekinian.

Nah apa saja objek wisata tersebut? Berikut daftar tempat wisata di Luwu terbaru dan paling hits dikunjungi saat liburan:

Pantai Ponnori

Wisata Hits Pantai Ponnori Luwu
Photo by @azhar.firdaus

Pantai berpasir putih ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat setempat. Selain murah meriah, pantai ini juga telah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai termasuk beberapa gazebo untuk bersantai.

Lokasi: Temboe, Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Buntu Matabing

Wisata Hits Buntu Matabing Luwu
Photo by @mustika_diana_pratiwi

Perpaduan antara panorama pegunungan dan pantai di Buntu Matabing menjadi sebuah daya tarik yang sangat memikat. Tidak mengherankan jika objek wisata bahari ini selalu ramai pengunjung di akhir pekan dan masa liburan. Tempat wisata ini juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti villa, cottage, gazebo, play ground, water sport dan fasilitas lainnya yang bikin betah.

Lokasi: Desa Buntu Matabing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Sarambu Massiang

Wisata Hits Air Terjun Sarambu Massiang Luwu
Photo by @firmansyah_thaleco03

Destinasi wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan pemandangan air terjun yang menyejukkan mata. Aliran airnya yang cukup deras di antara tebing bebatuan yang kokoh menciptakan hawa sejuk yang menyegarkan pikiran.

Lokasi: Desa Kaladi Darussalam, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Andulan Luwu

Wisata Hits Air Terjun Andulan Luwu
Photo by @sumarlin_saad

Aliran air yang lumayan deras dari atas tebing bebatuan menimbulkan percikan air dan hawa sejuk yang membuat pikiran kembali fresh. Selain bermain air dan menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa berselfie di atas bebatuan.

Lokasi: Desa Siteba, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Sarassa

Wisata Hits Air Terjun Sarassa Luwu
Photo by @zlfikarmldi22

Dengan ketinggian air sekitar 100 meter, aliran air dari atas tebing terlihat memutih diantara hijaunya dedaunan. Perpaduan warna yang terlihat sejuk di mata menciptakan suasana alam yang sangat menenangkan.

Lokasi: Dusun Gamaru, Desa Ulusalu, Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Riwang Selatan

Wisata Hits Air Terjun Riwang Selatan Luwu
Photo by Portalmakassar.com

Air Terjun Riwang Selatan bisa menjadi destinasi wisata alam selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi saat liburan di Kabupaten Luwu. Nuansa alam yang masih sangat asri semakin memikat dengan pesona air terjunnya yang eksotis.

Lokasi: Desa Riwang Selatan, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Gua Ilan Batu

Wisata Hits Gua Ilan Batu Luwu
Photo by @iswantoarif

Tempat wisata ini menyimpan peninggalan prasejarah pada zaman batu dengan beberapa ornamen unik menyerupai meja dan kursi. Konon penunggu goa ini adalah ular sawah besar yang akan menampakkan diri pada pengunjung yang baru pertama kali datang.

Lokasi: Desa Ilan Batu, Kecamatan Wilanreng Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Taman Hijau Andi Benni

Wisata Hits Taman Hijau Andi Benni Luwu
Photo by @zulky_asmin

Taman ini menjadi salah satu tempat favorit warga untuk menikmati waktu senggang.  Keberadaan kolam dan air mancur dengan lampu led warna warni membuat suasana taman semakin meriah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Museum Batara Guru

Wisata Hits Museum Batara Guru Luwu
Photo by Triptrus.com

Museum ini merupakan bekas Istana Raja Luwu yang didirikan pada tahun 1920. Setidaknya ada sekitar 831 koleksi bersejarah yang disimpan di museum ini, mulai dari benda pra sejarah, keramik, etnografi, dan koleksi lainnya.

Lokasi: Jl. Andi Jemma No. 1, Kelurahan Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Baca: 12 Tempat Wisata di Soppeng Terbaru & Paling Hits Dikunjungi