29 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Magelang Terbaru
Balkondes Borobudur taken by @wisata_magelang

Nyero.ID – Dengan motto “Kota Sejuta Bunga” tempat wisata di Magelang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Tengah.

Destinasi wisata di Kota Magelang memiliki nilai sejarah yang sangat berarti, terdapat juga wisata alam yang masih sangat alami dan beberapa tempat bermain yang cukup dibanggakan.

Selain terkenal dengan destinasi Gunung Andong dan Candi Borobudur, Magelang juga mempunyai objek wisata baru yang tidak kalah cantiknya.

Tidak ingin kalah dengan Jogja, Magelang pun terus berbenah diri memperbaiki setiap potensi wisata yang telah ada, terbukti dengan perbaikan beberapa fasilitas diberbagai tempat.

Selain itu, terdapat pula destinasi terbaru yang turut meramaikan dunia Parawisata kekinian. Seperti gardu pandang yang belakangan mulai banyak dibicarakan.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Magelang, berikut rekomendasi tempat wisata di Magelang terbaru dan paling hits dikunjungi wisatawan:

Punthuk Mongkron

Wisata Hits Punthuk Mongkron Magelang
Photo by @go.hunt

Punthuk Mongkrong, mungkin kurang familiar di telinga kamu bila disandingkan dengan destinasi lainnya. Namun panorama cantik yang ada di sana tidak akan mengecewakanmu.

Bukit dengan ketinggian 624 Mdpl ini tidak kalah indah dengan Punthuk Setumbuk, Punthuk Gupakan, maupun Punthuk Setumbuk.

Berada di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur.

Di atas puncak terdapat jembatan berbentuk huruf v yang menjorok ke arah yang cukup curam dengan backround alami area sekitar.

Jembatan inilah yang menjadi lokasi strategis untuk berburu spot foto dengan pemdangan cantik di bawah sinar sunset maupun sunrise.

lokasi: Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Giripurno, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Gunung Gono

Wisata Hits Bukit Gunung Gono Magelang
Photo by @zunita23

Bukit Gunung Gono merupakan destinasi bersejarah yang belakangan dikembangkan menjadi objek wisata kekinian di Magelang.

Di sana, kamu akan disuguhi dua gunung fenomenal yaitu Merapi dan Merbabu, Panggung Bambu dangan hamparan sawah yang luas, peninggalan bersejarah dari Agama Hindu berupa Arca Genesha dan Yoni, dan peninggalan penyebaran agama Islam oleh Kyai Mukri yang dimakamkan di bukit ini.

Tempat ini, bisa kamu jadikan sebagai destinasi untuk berburu foto sunrise maupun sunset dengan landscape alam yang indah.

Lokasi: Banyubiru, Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

Gardu Pandang Silancur

Wisata Hits Terbaru Gardu Pandang Silancur Magelang
Photo by @silancur

Gardu Pandang Silancur merupakan obyek wisata kekinian di Magelang yang baru dibuka sekitar pertengahan tahun 2017, tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing.

Berada di Gardu Pandang Silancur, kamu bisa menikmati panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

Bila cuaca mendukung, awan tipis yang menyelimuti kawasan kota Magelang akan terlihat di sini.

Hal yang sangat disayangkan bila tidak berfoto, karena dapat menghasilkan capture yang luar biasa dengan pemandangan yang cantik.

Lokasi: Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Grenden Pakis

Wisata Hits Bukit Grenden Magelang
Photo by @wisata_alam_grenden

Bukit Grenden Pakis tak hanya menawarkan panorama Gunung Merapi dan Merbabu, objek wisata yang baru diresmikan sekitar tahun lalu ini memiliki spot foto kekinian yang unik.

Masuk ke lokasi, kamu akan disambut dengan pepopohonan pinus yang menjulang tinggi hingga mendapati lembah hijau dengan berbagai spot foto kekinian.

Di sana, kamu bisa berfoto sembari ngobrol di berbagai sudut seperti: Spot Love, Menara Pohon, Bulan Sabit, Rumah Terbalik dan Rumah Kurcaci.

Bila kamu ingin menghasilkan foto instagramble kamu bisa menyewa jasa fotografer yang berada di lokasi.

Lokasi: Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Sukmojoyo

Wisata Hits Terbaru Punthuk Sukmojoyo Magelang
Photo by @epenk_29

Punthuk Sukmojoyo murupakan destiasi wisata yang terbilang baru di Magelang dengan ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Seperti wisata bukit lainnya, hamparan pepohonan hijau tersaji indah di depan mata dengan view sunrise maupun sunset bila cuaca mendukung. Tidak jarang kabut tipis akan nampak di area sekitar.

Spot yang unik yang bisa kamu coba di sini berupa rumah pohon, perahu dan jembatan menjorok ke jurang.

Udara yang sejuk dengan pemandangan gunung yang indah membuat lokasi ini selalu hits dikunjungi saat weekend maupun hari libur lainnya.

Lokasi: Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Top Selfie Pinusan Kragilan

Wisata Hits Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang
Photo by @top_selfiepinusankragilan

Wisata Hutan Pinus Kragilan sudah diresmikan sejak tahun 2015 Silam, hanya saja baru hits akhir-akhir ini di kalangan wisatawan karena ada peningkatan fasilitas yang mengikuti trend wisata masa kini.

Terdapat berbagai spot foto dalam bentuk yang unik di berbagai sudut, hingga lokasi ini lebih dikenal dengan Top Selfie Pinus Kragilan, jadi sangat cocok bagi kamu yang gemar berburu foto Instagramable.

Keindahan yang tersaji di sini tidak kalah dengan Hutan Pinus Pengger. Selain udara sejuk, terdapat juga beberapa objek foto menarik seperti sepeda langit, rumah pohon, ayunan langit, gardu pandang, sangkar burung, meja nongkrong dan yang lainnya.

Lokasi: Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Setumbu

Wisata Hits Terbaru Punthuk Setumbu Magelang
Photo by @vieqielennon

Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa kamu temukan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya merupakan area persawahan penduduk setempat.

Namun setelah pemandangan cantik sunrise Borobudur tersaji cantik di berbagai sosial media, tempat ini pun mulai hits dikunjungi wisatawan untuk menananti sunrise.

Bagi kamu yang ingin berkunjungi ke sini, disarankan menuju lokasi saat fajar tiba atau sekitar pukul 05.00 WIB. Waktu ini merupakan waktu terbaik menanti mentari yang menyembul perlahan dari Gunung Merapi.

Di sekitar lokasi terdapat kursi-kursi, gazebo dan rumah panggung yang bisa kamu gunakan untuk menanti mentari terbit dari timur.

Lokasi: Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Gardu Pandang Cepogo

Wisata Hits Terbaru Gardu Pandang Cepogo Magelang
Photo by @trikwahyuk

Gardu Pandang Cepogo merupakan destinasi unggulan terbaru di Girimulyo yang sedang ngehits di kalangan anak muda.

Denga ikon I Love (♡) U, tempat ini dijadikan sebagai lokasi berfoto bagi pasangan yang sedang kasmaran. Namun untuk berfoto di sini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.

Foto Gardu Pandang Cepogo sudah cukup banyak yang beredar di media sosial dan meskipun masih tergolong wisata baru namun wisatawan lokal telah ramai berkunjung ke sana.

Tidak jauh dari lokasi, kamu juga bisa berkunjung ke air terjun delimas yang berada tiak jauh dari lokasi.

Lokasi: Desa Girimulyo Kecamatan Windusari, Magelang, Jawa Tengah.

Omah Pring

Wisata Hits Terbaru Omah Pring Magelang
Photo by @omah__pring

Omah pring merupakan bangunan yang terbuat dari bambu yang awalnya digunakan sebagai kawasan rest area dan tempat membatik. Namun, belakangan dikembangkan menjadi hits destinasi kekinian yang cukup diminati.

Di sana, kamu bisa belajar membatik di area yang disediakan oleh warga, menikmati beberapa kegiatan outdoor yang seru, dan bila kamu suka dengan suasana petualangan bisa mencoba river tube.

Jangan lupa untuk menghasilkan beberapa foto cantik di sekitaran jembatan cinta Omah Pring.

Jl. Borobudur-Sendangsono Km. 3, Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Kendil

Wisata Hits Terbaru Punthuk Kendil Magelang
Photo by @magelang

Punthuk Kendil relatife masih baru dan sekitar tahun 2017 mulai hits dikunjungi wisatawan.

Awalnya, area sekitar merupakan milik Bapak Tijab. Namun diusulkan menjadi spot untuk menikmati sunrise seperti bukit sekitarnya yang telah hits terlebih dahulu, seperti Puncak Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong.

Akhirnya dibuatlah fasilitas tambahan untuk menikmati sunrise, antara lain rumah pohon, gardu pandang dan beberapa tempat duduk untuk istrahat sejenak.

Bagi kamu yang sedang hunting foto instagramable, jangan lewatkan tempat ini.

Lokasi: Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Mangir

Wisata Hits Terbaru Punthuk Mangir Magelang
Photo by @putri_pratonggopatii

Mengadopsi wisata kekinian, Punthuk Mangir juga memiliki spot-spot berswafoto wefie dengan beragam bentuk seperti gardu pandang, background payung merah, dan beberapa sudut cantik hutan pinus.

Berhubung destinasi ini masih baru, suasana disana masih sangat asri gaes. Deretan pepohon pinus dengan suara kicauan burung liar, menambah kesejukan di siang hari.

Jika kamu ingin jalan-jaln di sekitaran hutan pinus, usahakan datang pada pagi hari atau sebelum jam 12.00, agar kamu bisa meniikmati udara segar di bawah rimbunan pohon pinus.

Lokasi: Bulusari, Desa Bawang, Kecamatan Tempuran kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes Wringin Putih

Wisata Hits Baru Balkondes Wringin Putih Magelang
Photo by @yanubobz

Balkondes Desa Wringinputih berada sekitar 2,3 km dari komplek Candi Borobudur.

Di sana, visual kamu akan dimanjakan dengan lingkungan geografis khas pedesaan yang masih sejuk dengan pemandangan indah berlatar perbukitan Menoreh.

Desa Wisata Wringinputih mengembangkan Bale Bambu Klatakan sebagai destinasi unggulan. Awalnya, bale ini merupakan perkebunan bambu liar yang dikembangkan menjadi taman bambu yang cantik.

Bagi kamu yang suka berswafoto, cobalah untuk mengabadikan momen dengan berfoto di sana. salah satunya di beberapa bangunan yang terbuat dari bambu.

Lokasi: Dusun Bojong, Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes Ngadiharjo

Wisata Hits Terbaru Balkondes Ngadiharjo Magelang
Photo by @hendra_rian17

Desa Wisata Ngadiharjo menjadi garda terdepan untuk menikmati panorama alam khas Gunung Menoreh, termasuk area Balkondes Ngadirejo.

Selain menikmati bentang alam, Balkondes Ngadirejo juga merupakan tempat keren dengan arsitektur bangunan unik dan megah.

Di sini, terdapat spot foto kece yang bisa kamu explorasi lebih lanjut. Salah satunya jejeran tiang yang nampak instagramable.

Untuk mencapai lokasi, persiapkan kendaran sebaik mungkin karea jalan yang akan kamu lalu berlika-liku.

Lokasi: Unnamed Road, Ngadiharjo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes Majaksingi

Wisata Hits Baru Balkondes Majaksingi Magelang
Photo by @wisata_magelang

Desa wisata Majaksingi terletak sekitar 3 km dari kompleks Candi Borobudur dengan nuansa khas pedesaan yang masih alami.

Selain lahan pertanian (padi, ketela, mahoni, cengkih, cabai, jahe, albasia, junir, kapulaga, dan jati) Majaksingi dikelilingi oleh daerah pegunungan yang masih sangat alami.

Ekosistem alami pegunungan di sekitar Majaksingi dijadikan sebagai sarang bernaung monyet – monyet berekor panjang.

Uniknya, terdapat jembatan penjang yang terbuat dari bambu, nampak instagramable bila kamu berfoto di sana.

Lokasi: Jl. Badrawati No.184, Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Selain ketiga desa wisata di atas, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa balkondes lainnya yang berada di sekitaran candi borobudur. Seperti Balkondes Kenalan, Balkondes Tanjungsari, Balkondes Tuksongo dan Balkondes Wanurejo.

Ketep Pass

Wisata Hits Terbaru Gardu Pandang Ketep Pass Magelang
Photo by @nyanyio

Ketep Pass secara demografis berada di bukit Sawangan, Sawangan dalam bahasa jawa berarti melihat.

Karena Bukit ini berada di pertengahan Gunung Merbabu dan gunung Merapi, jadi kamu bisa memandang area sekitar dengan fasilitas gardu pandang yang disediakan.

Di sana, kamu bisa menikmati berbagai panorama alam yang menajubkan, dari pepohonan hijau hingga jajaran gunung dari berbabagi sisi.

Selain kedua gunung tersebut, gunung kembar lainya Sindoro dan Sumbing juga terlihat jelas bila suasana sekitar tidak diselimuti kabut.

Selain menikmati eksotisme alam, kamu bisa berkunjung ke Ketep Volcano Theater untuk film fenomena Gunung Merapi atau berkunjung ke museum vulkanologi yang letaknya di bawah Gazebo Gardu Pandang Ketep Pass.

Terakhir, jangan lupa menikmati kuliner khas Ketep yaitu jagung bakar pedas. Menikmati jagung bakar maknyuss di sudut bukit sambil menikmati landscape perbukitan bisa jadi pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Jl. Ketep, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Taman Kyai Langgeng

Wisata Hits Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by @devy0709

Jalan-jalan ke Magelang tidak akan lengkap tanpa singgah di Taman Kyai Langgeng. Spot wisata alam ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan.

Dengan luas mencapai kurang lebih 82 hektar, fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap dengan berbagai wahana yang ada.

Mulai dari wahana wisata edukasi, petualangan, permainan, wahana air hingga wisata religi. Tidak mengherankan jika destinasi ini selalu hits dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Jl. Cempaka No. 6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Tidar

Wisata Hits Bukit Tidar Magelang
Photo by @veronika.desi

Bukit Tidar merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di kompleks akademi militer.

Kawasan wisata ini menyajikan pesona alam yang begitu menggoda dengan suasana yang sejuk dan asri.

Dari atas bukit kamu bisa menyaksikan keindahan alam di bawahnya dengan lebih leluasa. Jangan lupa untuk mencari spot cantik sebagai background foto liburanmu di tempat ini.

Lokasi: Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kebun Bibit Senopati

Wisata Hits Kebun Bibit Senopati Magelang
Photo by @diniifellaa

Jalan-jalan sambil belajar bisa kamu lakukan di Kebun Bibit Senopati. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman rekreasi dengan pemandangan alam yang indah.

Dekorasi pepohonan dan tanaman bunga aneka warna menjadi daya tarik tersendiri yang memikat.  Sangat cocok untuk merefresh pikiran sekaligus berfoto ria dengan background yang menawan.

Di taman wisata ini kamu juga bisa menambah pengetahuanmu dalam hal bercocok tanam, seperti sistem belajar menanam bonsai, hidroponik dan lainnya.

Lokasi: Jurangombo Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Taman Badakan

Wisata Hits Taman Badakan Magelang
Photo by @wisatajateng

Taman Badakan bisa kamu jadikan destinasi alternatif di Magelang.

Ada banyak spot lucu dengan berbagai wahana permainan anak yang menarik untuk menghibur si kecil.

Sambil menemani buah hati atau keponakan, jangan lewatkan untuk mencicipi sajian bakso kerikil yang banyak dijajakan di tempat ini.

Lokasi: Jl. Pahlawan No. 190, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Alun-alun Magelang

Wisata Hits Alun-alun Magelang
Photo by @galanxious_

Berada di lokasi yang strategis, Alun-alun Kota Magelang sangat cocok dijadikan tempat bersantai untuk menikmati suasana Kota Magelang saat liburan.

Di tempat ini terdapat menara air peninggalan Belanda yang ikonik, selain itu juga terdapat air mancur menari yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Sambil bersantai dan kumpul bareng keluarga atau teman, kamu bisa mengabadikan momen liburanmu dengan beberapa foto keren di sini.

Lokasi: Jl. Alun-alun Utara, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Museum Diponegoro

Wisata Hits Museum Diponegoro Magelang
Photo by @andii.septiian123

Di museum ini terdapat beberapa koleksi bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa perundingan Pangeran Diponegoro dengan Jenderal De Kock.

Beberapa diantaranya adalah meja kursi, jubah berbahan kain shantung, cangkir, tempat sholat, dan koleksi lainnya.

Lokasi: Kompleks Keresidenan Kedu Magelang, Jalan Diponegoro No. 1, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Museum BPK RI

Wisata Hits Museum BPK RI Magelang
Photo by @lida_buaya

Museum ini menawarkan destinasi wisata edukasi yang menarik dengan beberapa ruangan di dalamnya.

Seperti Ruang Lobby, Ruang Wajah BPK, Ruang Sang Ketua, Ruang Rekam Jejak, Ruang BPK, Kids Museum dan ruangan lainnya.

Lokasi: Jl. Diponegoro No. 1, Kota Magelang, Jawa Tengah.

OHD Museum

Wisata Hits OHD Museum Magelang
Photo by @helloimmaru

Museum pribadi ini milik seorang kolektor seni bernama Oei Hang Djien (OHD). Ada lebih dari 2000 karya seni yang disimpan di museum ini, mulai dari lukisan, patung, pahatan hingga new media art.

Beberapa karya dari seniman besar seperti Affandi, Hendra Gunawan hingga S. Sudjojono dan Widayat ada di museum ini.

Museum ini termasuk museum seni terlengkap di Indonesia, jadi jangan lewatkan untuk mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Jenggolo No. 14, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Museum Sudirman

Wisata Hits Museum Sudirman Magelang
Photo by @wisatajateng

Museum ini menyimpan beberapa koleksi bersejarah termasuk beberapa benda pribadi Jenderal Sudirman, seperti kelengkapan dinas kemiliteran dan juga kursi tandu yang pernah digunakan untuk menggotong Jenderal Sudirman.

Berada di museum ini akan memberikan pengalaman wisata sejarah yang berarti untuk mengisi liburanmu.

Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kampung Tidar Campur

Kampung Wisata Tidar Campur Magelang
Photo by @tidarcampur_warnawarni

Jika di Malang ada Kampung Wisata Jodipan yang penuh warna, di Kota Magelang ada Kampung Wisata Tidar Campur yang tak kalah menarik.

Warna-warni yang terlukis di dinding rumah warga menyajikan pemandangan unik dan menarik.

Lokasi: Tidar Campur, Tidar Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kolam Renang Gladiol

Wisata Hits Kolam Renang Gladiol Magelang
Photo by @andilumutt

Kolam renang di pusat Kota Magelang ini menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan.

Air yang jernih dan suasana yang nyaman dengan fasilitas yang cukup memadai akan membuat waktu liburanmu semakin mengasikkan.

Lokasi: Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Sleker Asri

Wisata Hits Bukit Sleker Asri Magelang
Photo by @annelydiasusant

Melipir sejenak dari Kota Magelang, kamu bisa menjelajahi Bukit Sleker Asri yang letaknya tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 8 km saja.

Ada banyak spot foto kece yang bisa kamu explore di lokasi wisata ini. Selain berburu foto keren, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru di lokasi outbound dan mencoba wahana flying fox.

Lokasi: Grenjeng, Gandusari, Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Gending Sukorejo

Wisata Hits Gending Sukorejo Magelang
Photo by @satya_yuki

Lokasinya yang tidak jauh dari Kota Magelang bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya untuk melengkapi liburanmu.

Pemandian alami dengan air super jernih ini dibagi menjadi tiga, yaitu kolam untuk laki-laki, untuk wanita dan kolam campur untuk anak-anak.

Berada di lokasi pemandian, rugi rasanya jika tidak menceburkan diri dan menikmati sensasi airnya yang menyegarkan.

Lokasi: Jl. Ganjuran, Ganjuran, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Barede

Wisata Hits Terbaru Bukit Barede Magelang
Photo by @oeding.ding

Dengan menempuh perjalanan sekitar 30-40 menit dari Kota Magelang, kamu bisa menjelajahi keindahan Bukit Barede yang lagi hits di Magelang.

Salah satu spot sunrise yang sukses membuat banyak orang berdecak kagum.

Kamu bisa naik ke gardu pandang dan menikmati keindahan alam yang begitu luar biasa.

Lokasi: Sendaren 2, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca: 20 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Paling Hits Dikunjungi